"Tuhan tdk memberikan kemuliaan dan kemasyhuran kpd PATUNG?? (Yes 42:8)

Apakah ayat dalam Yesaya 42 : 8
berarti kita manusia tidak boleh membuat patung2 yang menyerupai Tuhan dan bahkan berdoa di HADAPAN PATUNG ??

cekidot :

42:8 Aku ini TUHAN, itulah nama-Ku; Aku tidak akan memberikan kemuliaan-Ku kepada yang lain atau kemasyhuran-Ku kepada patung.

EEIIHH…??? MUKA TUHAN/YAHWE SEPERTI APA ITU…?? ADAKAH MANUSIA YANG SUDAH PERNAH MELIHATNYA…? HEBAT KALI ACHH…

MUKA DAN RUPA TUHAN/YAHWE TERMANIFESTASIKAN via REINKARNASI
PADA ANAK-NYA YANG TUNGGAL YANG TURUN KE DUNIA DARI SORGA SANA, UNTUK MENEBUS DOSA MANUSIA DI DUNIA INI…MUKANYA ADALAH KASIH ( DALAM HAL ROHANIAH YA…),
JADI SIAPAPUN MANUSIA YANG TIDAK BISA MELIHAT “KASIH” TSB…YA OTOMATIS TIDAK BISA MELIHAT TUHAN SAMA SEKALI…HEHEHE

APALAGI NIH…?? MAU MEMBUAT PATUNG TUHAN…??..WOW…!!
kalau mau membuat patung tuhan ( huruf kecil neh ), pasti itu tuhan yang ada di dunia ini dan itu ya ciptaan manusia toh…?? pasti bisalah manusia …juaranya ya manusia tsb…tapi … Itu artinya si manusia tsb sudah melakukan perslingkuhan rohani terhadap TUHAN SANG PENCIPTA ALAM SEMESTA INI. Hukumannya adalah BINASA…Hal ini terbukti dalam cerita di Alkitab pada bangsa ISRAEL yang keluar dari pembuangan di negeri Mesir.

Kalau mau membuat patung wajah TUHAN, YA BUATLAH DALAM HATIMU DAN PIKIRANMU…SEHINGGA FIRMANNYA ADA DALAM DIRIMU…

Gimana mnurut kamu broo…?? hehhe

Patung yang dimaksudkan oleh firman Tuhan di atas tidak seperti pengertian kita sekarang tentang patung; berbentuk seperti manusia atau bentuk-bentuk mahkluk hidup lainnya… bukan hanya itu.
Pengertian patung disana bisa dalam bentuk perlambangan-perlambangan, spirit, kuasa atau roh-roh.
Oleh sebab itu firman Allah mengingatkan kita supaya kita hidup seturut firman-Nya.

Ibr. 4:12 Sebab firman Allah hidup dan kuat dan lebih tajam dari pada pedang bermata dua manapun; ia menusuk amat dalam sampai memisahkan jiwa dan roh, sendi-sendi dan sumsum; ia sanggup membedakan pertimbangan dan pikiran hati kita.

Eh… Banyak thread ya… Tapi kok sama judulnya… Hihihihihi… Capek juga harus ngejawab semuanya ;D

Patung sih tidak masalah, kalau diberhalakan ya itu yang dosa, jangan patung hal2 di luar patung saja kalau kita berhalakan ya kita menjadi dosa

Yesaya 40:18-19a; Jadi dengan siapa hendak kamu samakan Tuhan, dan apa yang dapat kamu anggap serupa dengan Dia? Patungkah?

Tuhan yang Hidup dan Pencipta tidak memberikan kemulianNya kepada yang lain atau kemashyuranNya kepada patung, Tuhan yang Hidup dan Maha Kuasa juga tidak mau disamakan dengan patung, yang hanya benda mati buatan tangan manusia. Jelas beda antara yang Maha Hidup dengan yang mati.

Dan sebagai orang percaya tidak diperbolehkan membuat dan menyembah patung, sekalipun patung Yesus dengan dalih apapun juga, karena menyamakan Tuhan dengan patung adalah kekejian bagi Tuhan.

Menyembah Tuhan dalam Perjanjian Baru harus dalam roh dan kebenaran yang dipimpin oleh Roh Kudus (Penolong yang dijanjikan, Yoh 14:16-17, 16:7) yang tinggal dalam hati setiap orang percaya. Sehingga ada pada kita roh pengenalan dan takut akan akan Tuhan, hikmat dsb. Tidak memerlukan benda-benda atau patung sebagai alat bantu dalam ibadah.

Tuhan kita di sorga; Ia melakukan apa yang dikehendaki-Nya!
Berhala-berhala mereka adalah perak dan emas, buatan tangan manusia, mempunyai mulut, tetapi tidak dapat berkata-kata, mempunyai mata, tetapi tidak dapat melihat, mempunyai telinga, tetapi tidak dapat mendengar, mempunyai hidung, tetapi tidak dapat mencium, mempunyai tangan, tetapi tidak dapat meraba-raba, mempunyai kaki, tetapi tidak dapat berjalan, dan tidak dapat memberi suara dengan kerongkongannya. Seperti itulah jadinya orang-orang yang membuatnya, dan semua orang yang percaya kepadanya. Mazmur 115:3-8

Tuhan yang telah menjadikan bumi dan segala isinya, Ia, yang adalah Tuhan atas langit dan bumi, tidak diam dalam kuil-kuil buatan tangan manusia, dan juga tidak dilayani oleh tangan manusia, seolah-olah Ia kekurangan apa-apa, karena Dialah yang memberikan hidup dan nafas dan segala sesuatu kepada semua orang.

Dari satu orang saja Ia telah menjadikan semua bangsa dan umat manusia untuk mendiami seluruh muka bumi dan Ia telah menentukan musim-musim bagi mereka dan batas-batas kediaman mereka,
supaya mereka mencari Dia dan mudah-mudahan menjamah dan menemukan Dia, walaupun Ia tidak jauh dari kita masing-masing. Sebab di dalam Dia kita hidup, kita bergerak, kita ada, seperti yang telah juga dikatakan oleh pujangga-pujanggamu: Sebab kita ini dari keturunan Tuhan juga.

Karena kita berasal dari keturunan Tuhan, kita tidak boleh berpikir, bahwa keadaan ilahi sama seperti emas atau perak atau batu, ciptaan kesenian dan keahlian manusia. Dengan tidak memandang lagi zaman kebodohan, maka sekarang Tuhan memberitakan kepada manusia, bahwa di mana-mana semua mereka harus bertobat. Kisah Para Rasul 17:24-30

tapi asli ya ,. sedikit curhat :smiley: gw rada phobia sama patung… ga tau kenapa… klo liat patung , kaya patung tuh bergerak dan mengedipkan mata ke gw… :smiley: jadi ga pernah ada patung di rumah… walaupun itu patung Sexy/binatang

intermezo–

Kalo menyembah patung gak boleh, menyembah PRIBADI YANG DILAMBANGKAN boleh :slight_smile:

Bdk dgn TABUT PERJANJIAN :slight_smile:

Patung atau foto Yesus atau simbol salib ngga masalah asalnya jangan disembah atau tempat dimana kita minta pertolongan.

Dalam Perjanjian Lama, Tuhan memang menyatakan kehadiranNya kepada Bangsa Israel seperti dengan Tabut Perjanjian, Tiang awan dan Api. (dari luar)

Dalam Perjanjian Baru, setelah penebusan Yesus di kayu salib, Tuhan menyatakan kehadiratNya pada setiap orang percaya dengan memberikan Roh KudusNya, yang tinggal dalam hati orang percaya.

Galatia 3:14 Yesus Kristus telah membuat ini, supaya di dalam Dia berkat Abraham sampai kepada bangsa-bangsa lain, sehingga oleh iman kita menerima Roh yang telah dijanjikan itu.

I Korintus 6:19 Atau tidak tahukah kamu, bahwa tubuhmu adalah bait Roh Kudus yang diam di dalam kamu, Roh Kudus yang kamu peroleh dari Tuhan, --dan bahwa kamu bukan milik kamu sendiri?

Jadi pola ibadah dalam PL dan PB berbeda;

Kata Yesus kepadanya: "Percayalah kepada-Ku, hai perempuan, saatnya akan tiba, bahwa kamu akan menyembah Bapa bukan di gunung ini dan bukan juga di Yerusalem. Yohanes 4:21

Tetapi saatnya akan datang dan sudah tiba sekarang, bahwa penyembah-penyembah benar akan menyembah Bapa dalam roh dan kebenaran; sebab Bapa menghendaki penyembah-penyembah demikian. Tuhan itu Roh dan barangsiapa menyembah Dia, harus menyembah-Nya dalam roh dan kebenaran." Yohanes 4:23-24

Roh Tuhan memimpin ibadah dan kehidupan orang percaya, dengan memberi hikmat, pengertian, pengenalan dan takut akan Tuhan dari dalam hati.

Yesaya 11:2 Roh TUHAN akan ada padanya, roh hikmat dan pengertian, roh nasihat dan keperkasaan, roh pengenalan dan takut akan TUHAN;

eh gw ada deh… tempelan Ukiran Batu yang berbentuk salib di ruang tengah :smiley: . klo melihat Salib itu jadi inget2 lagi pengorbanan Yesus dan malu akan diri sendiri yang kadang2 gak setia :slight_smile: