TUHAN TELAH MENUNJUK PAUS FRANSISKUS SEBAGAI GEMBALA BAGI DOMBA2NYA DI DUNIA

mereka akan menjadi satu kawanan dengan satu gembala. Yohanes 10:16

Aku akan mengangkat satu orang gembala atas mereka , yang akan menggembalakannya,
Yehezkiel 34:23

Annuntio vobis gaudium magnum:
Habemus Papam;
Eminentissimum ac reverendissimum Dominum,
Dominum Georgium Marium Sanctæ Romanæ Ecclesiæ Cardinalem Bergoglio,
Qui sibi nomen imposuit Franciscum.

Saya mengumumkan kepada anda kegembiraan besar;
Kita memiliki Paus;
Tuan Yang Utama dan Terhormat,
Tuan Georgius Mario Kardinal Gereja Roma Yang Kudus Bergoglio,
Yang telah mengambil nama Fransiskus

Wajah Paus kita, Paus Fransiskus

http://timeglobalspin.files.wordpress.com/2013/03/1500_cover_0325.jpg?w=300

Sambutan Perdana Paus Fransiskus (dari Balkon Basilika Santu Petrus)

[i]"Saudara dan saudari, selamat sore ! kamu tahu bahwa tugas konklaf adalah memberikan seorang Uskup untuk Roma. Nampak bahwa saudara-saudaraku kardinal sudah pergi mengambilnya hampir dari ujung dunia. Tapi, kita sekarang ada di sini. Saya berterima kasih atas penerimaan, kepada komunitas diosis Roma, kepada Uskupnya, terima kasih. Pertama-tama saya ingin berdoa untuk Uskup Emiritus Bendiktus XVI. Kita semua berdoa untuk dia, semoga Tuhan memberkatinya dan semoga Maria melindunginya.”

Kemudian didoakan bersama doa Bapa Kami, Salam Maria dan Kemuliaan.
"Dan sekarang kita memulaikan perjalanan ini, Uskup dan Umat, perjalanan Gereja Roma, perjalanan dari Gereja yang memimpin dalam kasih semua gereja. Suatu perjalanan persaudaraan, cinta dan kepercayaan antara kita. Kita senantiasa berdoa untuk kita, satu sama lain, kita berdoa untuk dunia, agar dunia menjadi bagi kita suatu persaudaraan yang besar. Saya berharap agar perjalanan yang kita mulaikan saat ini – Kardinal Vicaris yang hadir di sini akan membantu saya – akan berbuah untuk karya penginjilan di kota yang senantiasa indah ini. Sekarang saya ingin memberikan berkat, namun pertama-tama saya memohon kebaikan anda. Sebelum Uskup memberkati umat, saya minta agar anda berdoa kepada Tuhan supaya Dia memberkati saya, doa dari umat yang memohon berkat bagi Uskupnya. Kita hening untuk doa anda bagi saya.

hening sejenak.

Sekarang saya akan memberikan berkat kepada anda dan kepada seluruh dunia, kepada semua orang (pria dan wanita) yang berkehendak baik.

kemudian didoakan rumus berkat dalam bahas Latin seraya memberikan Indulgensi .

“Terima aksih banyak atas penerimaan. Doakanlah saya dan kita akan berjumpa lagi sesegera mungkin. Besok saya ingin pergi berdoa kepada maria agar ia melindungi Roma seluruhnya. Selamat malam dan selamat beristirahat.”[/i]

Sesuatu yang berbeda ditampakkan oleh Yang mulia Bapa Suci Fransiskus saat tampik di balkon Vatican adalah dia menundukkan kepala dan Berdoa bersama umat Katolik seluruh dunia. Sebelum memberikan berkat perdananya sebagai Paus ke umat Khatolik, Bergoglio minta agar dirinya didoakan lebih dulu. “Saya minta tolong kepada Anda untuk berdoa, semoga Tuhan memberkati saya,” kata dia.

Dalam keheningan dan kekhusyukan, ribuan umat Khatolik yang membanjiri lapangan Basilika kemudian berdoa bagi pemimpin mereka. Usai itu, Bergoglio pun menepati janjinya dan memberkati umatnya.

http://cdn2.spectator.co.uk/files/2013/03/163615880.jpg

Tuhan telah menunjuk seorang gembala di dunia ini agar mengembalakan kawanan dombanya hingga kedatangannya yang kedua.

Kata Yesus kepadanya: "Gembalakanlah domba-domba-Ku Yohanes 21:15

Homily Paus Fransiskus
Sistine Chapel
Kamis, Maret 14, 2013
Bacaan Pertama: Yesaya 2:2-5
Bacaan Kedua: Mazmur 97
Bacaan Ketiga: 1 Petrus 2:4-9
Injil: Matius 16:13-19

"Ketika kita melakukan perjalanan tanpa salib … dan ketika kita mengakui Kristus tanpa salib, kita bukan murid Tuhan”

Di dalam tiga bacaan, saya melihat satu elemen yang sama: yaitu elemen pergerakan. Dalam bacaan pertama terdapat pergerakan dalam suatu perjalanan; di bacaan kedua, pergerakan dalam membangun Gereja; dan di yang bacaan ketiga dan Injil, terdapat pergerakan dalam pengakuan iman. Perjalanan, pembangunan, dan pengakuan.

Perjalanan. “Hai kaum keturunan Yakub, mari kita berjalan di dalam terang TUHAN! (Yesaya 2:5). Ini juga hal pertama yang Tuhan katakan kepada Abraham: berjalanlah di dalam kehadiran-Ku dan hiduplah tak bercela. Perjalanan: hidup kita adalah suatu perjalanan, dan ketika kita berhenti berjalan, maka hal-hal menjadi tidak beres. Selalulah berjalan, di dalam kehadiran Tuhan, di dalam terang Tuhan, mengejar suatu kehidupan dengan tak bercela yang Tuhan minta dari Abraham dalam janji-Nya.

Membangun. Membangun Gereja. Kita kadang berbicara mengenai batu (ketika membangun): batu yang padat; tapi juga batu hidup, batu yang diurapi oleh Roh Kudus. Membangun Gereja, Pengantin Kristus, di atas batu penjuru yang adalah Tuhan sendiri. Inilah pergerakan lain dalam hidup kita: membangun.

Ketiga, pengakuan. Kita dapat berjalan sebanyak yang kita mau, kita dapat membangun banyak hal, namun kalau kita tidak mengakui (mengimani) Yesus Kristus, hal-hal menjadi tidak benar. Kita mungkin menjadi organisasi nirlaba yang dermawan, tapi bukanlah Gereja, Pengantin Tuhan. Ketika kita tidak berjalan, kita berhenti bergerak. Ketika kita tidak membangun di atas batu-batu, apa yang terjadi? Hal yang sama yang terjadi dengan anak-anak di pantai ketika mereka membangun istana pasir; semuanya akan tersapu, karena tidak ada ketahanan. Ketika kita tidak mengakui Yesus Kristus, perkataan Léon Bloy muncul di pikiran: “Siapa yang tidak berdoa kepada Tuhan berdoa kepada iblis.” Ketika kita tidak mengaku Yesus Kristus, kita mengakui keduniaan si iblis, suatu keduniaan yang jahat.

Berjalan, membangun, mengakui. Tapi semua tidak selalu berjalan mulus lurus, karena dalam berjalan, membangun, dan mengaku, kadang-kadang ada goncangan, pergerakan yang tidak sepantasnya jadi bagian perjalanan: pergerakan-pergerakan yang menarik kita mundur.

Bacaan Injil (Matius 16:13-19) berlanjut dengan satu situasi yang spesifik. Petrus yang sama yang mengakui Yesus Kristus, sekarang berbicara kepada-Nya: Engkaulah Kristus, anak dari Tuhan yang hidup. Aku akan mengikutimu, tapi janganlah kita berbicara tentang Salib. Salib itu tidak ada hubungannya dengan itu. Aku akan mengikutimu dalam hal ihwal lain, namun tanpa Salib. Ketika kita berjalan tanpa Salib, ketika kita membangun tanpa Salib, ketika kita mengakui Kristus tanpa Salib, kita bukanlah murid Tuhan, kita adalah duniawi: kita mungkin uskup, imam, kardinal, paus, tapi bukan murid Tuhan.

Keinginan saya adalah agar kita semua, setelah hari-hari anugrah ini, akan mempunyai keberanian, ya, keberanian, untuk berjalan dalam kehadiran Tuhan, dengan Salib Tuhan; membangun Gereja di atas darah Tuhan yang tertumpah di Salib; untuk mengakui satu kemuliaan: Kristus tersalib. Dan dengan cara ini, Gereja akan bergerak maju. Doa saya untuk kita semua adalah agar Roh Kudus, melalui perantaraan Perawan Maria yang Terberkati, Ibu kita, akan memberi kita anugrah ini: untuk berjalan, untuk membangun, dan untuk mengakui Yesus Kristus yang tersalib. Amin.

sebetulnya Yesus dalam Yohanes 21:15 menyuruh semua org menjadi gembala, bukan hanya petrus…
tetapi ini tidak tercatat saja… semoga mencerahkan… :slight_smile:

Sesudah sarapan Yesus berkata kepada Simon Petrus: “Simon, anak Yohanes, apakah engkau mengasihi Aku lebih dari pada mereka ini?” Jawab Petrus kepada-Nya: "Benar Tuhan, Engkau tahu, bahwa aku mengasihi Engkau. " Kata Yesus kepadanya: "Gembalakanlah domba-domba-Ku
Yohanes 21:15

mereka akan menjadi satu kawanan dengan satu gembala. Yohanes 10:16

Aku akan mengangkat satu orang gembala atas mereka , yang akan menggembalakannya,
Yehezkiel 34:23

Yesus sang Gembala yang Baik mempercayakan domba-dombaNya kepada Petrus dan mempercayakan tugas untuk meneguhkan iman para rasul yang lain, agar iman Gereja jangan sampai sesat (Luk 22:3-32). Petruslah yang kemudian menjadi pemimpin para rasul setelah hari Pentakosta, mengabarkan Injil, membuat keputusan dan pengarahan (Kis 2:1-41, 15:7-12). Para penerus Rasul Petrus ini dikenal sebagai uskup Roma, yang dipanggil sebagai ‘Paus’ yang artinya Papa/ Bapa.

Yesus mendirikan GerejaNya di atas Rasul Petrus (Kepha, Petros) -yang artinya batu karang- (Mat 16:18) dan memberikan kuasa yang khusus kepadanya di atas para rasul yang lain, untuk menggembalakan domba-domba-Nya (Yoh 21:5-7). Walaupun Kristus juga memberikan kuasa kepada rasul-rasul yang lain (Mat 18:18), hanya kepada Petruslah Ia memberikan kunci- kunci Kerajaan Surga (Mat 16:19) yang melambangkan kuasa untuk memimpin GerejaNya di dunia.

Cardinal Newman, dalam bukunya “The Development of Christian Doctrines”, meneliti bahwa Gereja yang mempunyai pengajaran yang benar adalah Gereja yang perkembangan ajarannya dapat ditelusuri sampai kepada jaman awal Kekristenan, yang bersumber pada Yesus sendiri. Ini berarti harus ada konsistensi dalam pengajaran, sama seperti perkembangan pohon kecil ke pohon yang besar. Yang dimaksudkan dari kecil ke besar adalah ajaran yang sama, namun perkembangannya hanya untuk memperjelas pengertian bukan mengubah ajaran. Hal inilah yang ditemukan oleh Kardinal Newmann dalam Gereja Katolik, sehingga untuk menempatkan kebenaran di atas segalanya, dia berpindah dari Anglikan ke Gereja Katolik.

Jelaslah bahwa secara struktural, Paus (penerus Rasul Petrus) memegang kepemimpinan tertinggi, diikuti oleh para uskup (penerus para rasul lainnya) di dalam persekutuan dengan Paus. Para uskup ini dibantu oleh para imam dan diakon. Dalam hal ini, para Paus memegang kuasa Rasul Petrus, yang menerima perintah dari Yesus sendiri

Hoax ^^^ … :slight_smile:

GBU


Ada lagi pada-Ku domba-domba lain, yang bukan dari kandang ini; domba-domba itu harus Kutuntun juga dan mereka akan mendengarkan suara-Ku dan mereka akan menjadi satu kawanan dengan satu gembala.

Yoh 10:16

Re: TUHAN TELAH MENUNJUK PAUS FRANSISKUS SEBAGAI GEMBALA BAGI DOMBA2NYA DI DUNIA

NYA :

  1. domba2nya paus didunia. [katolik]
  2. domba2nya Tuhan Yesus didunia. [kristen katolik]

yang mana ?

diayat itu:
yang menuntun sape; Tuhan Yesus atawa paus ?
domba2 itu akan mendengarkan suara Tuhan Yesus atawa paus ?
jadi satu kawanan dengan satu gembala; gembala itu Tuhan Yesus atawa paus ?

kalu paus satu2nya gembala dengan otoritas tertinggi, begimane dengan patriach eastern orthodox ?
kenape mereka anggepnya sama sederajat ?

Tepat sekali :afro:

“…mereka akan mendengarkan suara-Petrus suara-Ku dan mereka akan menjadi satu kawanan dengan satu gembala.”

Jelas di situ bahwa gembala yang dimaksud adalah Yesus bukan Petrus.

Lihat juga :
Joh_10:27 Domba-domba-Ku mendengarkan suara Petrus suara-Ku dan Aku mengenal mereka dan mereka mengikut Petrus Aku,

GBU

Barangsiapa mendengarkan kamu, ia mendengarkan Aku; dan barangsiapa menolak kamu, ia menolak Aku; dan barangsiapa menolak Aku, ia menolak Dia yang mengutus Aku. " Luk 10:16

Amen.

10:1 Kemudian dari pada itu Tuhan menunjuk tujuh puluh murid yang lain, lalu mengutus mereka berdua-dua mendahului-Nya ke setiap kota dan tempat yang hendak dikunjungi-Nya.
10:2 Kata-Nya kepada mereka: “Tuaian memang banyak, tetapi pekerja sedikit. Karena itu mintalah kepada Tuan yang empunya tuaian, supaya Ia mengirimkan pekerja-pekerja untuk tuaian itu.
10:3 Pergilah, sesungguhnya Aku mengutus kamu seperti anak domba ke tengah-tengah serigala.
10:16 Barangsiapa mendengarkan kamu, ia mendengarkan Aku; dan barangsiapa menolak kamu, ia menolak Aku; dan barangsiapa menolak Aku, ia menolak Dia yang mengutus Aku.”
10:17 Kemudian ketujuh puluh murid itu kembali dengan gembira dan berkata: “Tuhan, juga setan-setan takluk kepada kami demi nama-Mu.”

Barangsiapa mendengarkan kamu, ia mendengarkan Aku; dan barangsiapa menolak kamu, ia menolak Aku; dan barangsiapa menolak Aku, ia menolak Dia yang mengutus Aku."
kamu: 70 murid atawa paus ?

St. Cyprian dari Carthage (258)

Menuliskan:

Tuhan berkata kepada Petrus: “Aku berkata kepadamu,” Ia berkata, ‘bahwa engkau adalah Petrus dan di atas batu karang ini Aku akan mendirikan Gereja-Ku, dan alam maut tidak akan menguasainya. Dan kepadamu aku akan memberikan kunci Kerajaan Surga: dan apapun yang kamu ikat di dunia akan terikat di surga dan apapun yang kamu lepaskan di dunia akan terlepas di Surga.” Dan lagi Ia berkata kepadanya setelah kebangkitan-Nya, “Gembalakanlah domba- domba-Ku.” Atasnya Ia mendirikan Gereja-Nya, dan kepadanya Ia memberikan perintah untuk menggembalakan domba- domba-Nya; dan meskipun Ia memberikan kuasa serupa kepada semua rasul-Nya, namun Ia mendirikan [hanya] satu kursi kepemimpinan; dan Ia mendirikan dengan kuasa-Nya sendiri sebuah sumber dan alasan mendasar untuk kesatuan itu. Memang para rasul yang lain ada di mana Petrus berada, namun keutamaan diberikan kepada Petrus, di mana sudah dinyatakan dengan jelas bahwa hanya ada satu Gereja dan satu kursi kepemimpinan. Demikian pula, semua gembala dan kawanan dombanya dinyatakan satu, yang diberi makan oleh semua Rasul dengan pemikiran yang satu. Jika seseorang tidak berpegang pada kesatuan dengan Petrus ini, dapatkah ia membayangkan bahwa ia masih memegang iman? Jika ia mengabaikan kursi kepemimpinan Petrus yang atasnya Gereja didirikan, dapatkah ia masih yakin dan percaya bahwa ia berada di dalam Gereja?”

Hanya ada satu Tuhan dan satu Kristus, dan satu Gereja dan satu kursi kepemimpinan yang didirikan di atas Petrus, oleh perkataan Tuhan Yesus. Tidaklah mungkin untuk membangun altar yang lain atau imamat yang lain di samping altar yang satu dan imamat yang satu itu. Siapapun yang berkumpul di luar kesatuan itu, akan tercerai berai.

[Origen (185- 254)

http://www.google.com/url?sa=i&source=images&cd=&docid=uW0MUbI-FUMTQM&tbnid=e8SzVR-xeK6ujM:&ved=0CAUQjBwwAA&url=http%3A%2F%2Fpreviews.agefotostock.com%2Fpreviewimage%2Fbajaage%2F6353ef540282acd13b23516981f34ebc%2FXY2-912440.jpg&ei=2lxIUcynJImPrge6lYDoDQ&psig=AFQjCNHLq8WCWJo4TKNXKTVrhyhY1_LrOQ&ust=1363783258750141

Menulsikan:

Petrus, yang di atasnya dibangun Gereja Kristus, yang tidak akan dikalahkan oleh alam maut, meninggalkan hanya satu Surat ….”“Lihatlah pondasi Gereja yang kuat, batu karang yang besar dan kokoh itu, yang kepada siapa Kristus mendirikan Gereja-Nya!…”

“Meskipun ada banyak orang yang percaya bahwa mereka sendiri memegang ajaran Kristus, namun ada di antara mereka berpikir lain daripada para pendahulu mereka. Ajaran Gereja telah memang diturunkan melalui urutan suksesi dari para rasul, dan tetap ada di Gereja bahkan sampai sekarang…

kalu diturunkan melalui urutan suksesi dari para rasul and telah mendapat otoritas resmi dari Tuhan kepada paus sekarang atawa yang terdahulu terus menyusun alkitab kanon… kenapa kudu tunggu taon 1546 in the Council of Trent, to officially add the Apocrypha to the Canon? why did they[pope] not get it right the first time?

PARA GEMBALA GEREJA TUHAN

Dari PETRUS

http://www.google.com/url?sa=i&source=images&cd=&docid=sVV17S6dqD1DGM&tbnid=5UMTWarMzJeRQM:&ved=0CAUQjBwwAA&url=http%3A%2F%2Fwww.arthermitage.org%2FPainting%2FRepentance-of-St-Peter.jpg&ei=MWNIUa7wD8XTrQeJ1oGoDQ&psig=AFQjCNFTCZeaoCBQWbk1fn_tr4px-TNiYg&ust=1363784881341853

Hingga

Fransiskus


[Yesus] berkata kepadanya, “Gembalakanlah domba- domba-Ku”. Dan mengapa… ia berkata demikian kepada Petrus? Ia adalah seorang yang dipilih dari para Rasul, [menjadi] juru bicara bagi para murid, pemimpin kelompok; karena itu juga Paulus pergi mengunjunginya untuk bertanya kepadanya dan bukan kepada orang lain. Dan pada saat yang sama…. Yesus meletakkan ke dalam tangannya otoritas tertinggi di antara para saudara; …. “Jika kamu mengasihi Aku, gembalakanlah saudara- saudaramu.”

[i]“Untuk apa Ia menumpahkan darah-Nya? Adalah agar Ia dapat memenangkan domba- domba-Nya yang dipercayakan-Nya kepada Petrus dan para penerusnya.”

Petrus sendiri adalah pemimpin kepala para Rasul, yang pertama di dalam Gereja, sahabat Kristus, yang menerima wahyu bukan dari manusia tetapi dari Allah Bapa, sebagaimana dikatakan Tuhan Yesus dengan berkata, “Diberkatilah engkau Simon anak Yohanes, sebab daging dan darah tidak menyatakannya kepadamu, tetapi Bapa-Ku yang di surga; inilah Petrus, dan ketika Aku menamai dia Petrus, Aku menamakan batu karang yang tidak terputus, fondasi yang kuat itu, Rasul yang besar yang pertama dari para murid, yang pertama dipanggil dan yang pertama taat.” -[/i] Homily St. John Chrysostom

Suksesi Apostolik

Tahu bahwa DiriNya akan meninggalkan dunia dan naik ke Surga dalam kemulianNya TUHAN YESUS telah menitipkan domba-dombanya dalam pengembalaan PETRUS baca Yohanes 21:15

Rasul yang kudus Petrus setelah mengembalakan domba-domba TUHAN yang pada masa itu mengalami pembantaian oleh Kaisar Nero , menyerahkan kursi keuskupan kepada Linus. Paulus menyebutkan tentang Linus ini dalam surat kepada Timotius (2 Timotius 4:21). Dia digantikan oleh Anacletus, dan setelahnya, pada urutan ketiga dari para Rasul, Clement diangkat sebagai uskup. Dia telah bertemu muka dengan para Rasul yang kudus dan bersama-sama mereka. Boleh dikatakan bahwa dia masih mendengar gema kotbah para Rasul, dan menyaksikan tradisi-tradisi mereka dengan mata kepalanya sendiri. Dan tidak hanya dia, karena masih ada banyak lagi yang lain, yang telah diajarkan langsung oleh para Rasul.

…Setelah Clement, Evaristus menggantikan, dan Alexander menggantikan Evaristus. Lalu, yang keenam setelah Rasul, Sixtus diangkat, setelahnya Telesphorus, yang juga menjadi martir dengan mulia. Lalu Hyginus, dan setelahnya, Pius, dan setelahnya Anicetus. Soter menggantikan Anicetus, dan sekarang, di tempat kedua-belas setelah Rasul, kedudukan uskup jatuh kepada Eleutherus. Dalam urutan ini, dan melalui ajaran para Rasul yang diteruskan dalam Gereja, kotbah kebenaran telah sampai kepada kita. Pengembalaan ini berlangsung terus hingga jaman sekarang dimana Paus Franciskus mengambil tangung jawab pengembalaan domba2 TUHAN.

Dan hingga sekarang GEREJA KRISTUS tetap berdiri kokoh dimana kawanan domba TUHAN dipercayakan dalam pengembalaan PETRUS dan penerusnya hingga kedatangan Yesus yang kedua.

Gereja yang mempunyai pengajaran yang benar adalah Gereja yang perkembangan ajarannya dapat ditelusuri sampai kepada jaman awal Kekristenan, yang bersumber pada Yesus sendiri.
Cardinal Newman,

Sebab Gereja yang didirikan Kristus di atas Petrus ini kini masih eksis di dalam Gereja Katolik yang dipimpin oleh Paus yang dapat ditelusuri kepemimpinannya sebagai penerus Rasul Petrus. Karena hal ini adalah kebenaran

[i][b]mereka akan menjadi satu kawanan dengan satu gembala. Yohanes 10:16

Aku akan mengangkat satu orang gembala atas mereka , yang akan menggembalakannya, Yesaya 34:23[/b][/i]

Ahh itu kan akal-akalan orang aja supaya namanya naek, dengan menjadikan Petrus sebagai kambing hitam. :smiley:

GBU

@bro Arcade: Misal jumlah manusia di dunia ini ada 3 orang, dan sesuai postingan anda semua orang disuruh oleh Alkitab utk mjd gembala. Berarti secara logika si A menggembalakan si B dan si B menggembalakan si C. Trus si C mau menggembalakan siapa?

bro kok akal2an sih?Emang kenapa?Itukan hirarki gereja Katolik

Bersyukurlah umat Katolik memiliki seorang Paus sebagai gembala, yang selalu membimbing umat Katolik untuk berada pada kebenaran hingga akhir. Kasihan umat lain yang tercerai berai terpecah pecah tidak beraturan. Kpan kiranya Tuhan mau menyadarkan para domba domba yang tersesat untuk kembali ke kandang Nya?

Re: TUHAN TELAH MENUNJUK PAUS FRANSISKUS SEBAGAI GEMBALA BAGI DOMBA2NYA DI DUNIA
selamat atas pengangkatan paus francis… semoga Tuhan memberkatinya.

na yang ini [bukan mewakili paus]… maksudnya ngomong gereja non katolik anggep salah apa ne ?
mana ne bukti evidence gereja gw anggep salah ?

kalu gene betul kaga???

Gereja Katolik memiliki Paus dan menyembutnya PENGGANTI TUHAN [VICAR CHRIST] DIDUNIA YANG THE INFALLIBLE ITU… eh dianggap BENAR oleh Katolik. hehehehe. ???

TUHAN TELAH MENUNJUK PENGGANTINYA DIDUNIA YANG THE INFALLIBLE YAITU PAUS ???

betul kaga seh NURUT KATOLIK?

ini bentuk pertanyaan.
jawab aje YA jika YA, TIDAK jika TIDAK.

kalu gene betul kaga???

Gereja Katolik memiliki Paus dan menyembutnya PENGGANTI TUHAN [VICAR CHRIST] DIDUNIA YANG THE INFALLIBLE ITU… eh dianggap BENAR oleh Katolik. hehehehe. ???

TUHAN TELAH MENUNJUK PENGGANTINYA DIDUNIA YANG THE INFALLIBLE YAITU PAUS ???

betul kaga seh NURUT KATOLIK?

Pengganti Tuhan? Dengar gossip dari mana ling?
Apakah Tuhan bisa digantikan? Coba jawab?

Vicar berarti mewakili.
Tuhan sendiri yang memerintahkan dan menunjuk Petrus.

Apakah kita mau percaya dan patuh pada wakil Tuhan yang bisa salah dalam membimbing kita?
Sedangkan Tuhan sendiri yang berkata, bahwa Ia akan menyertai gerejaNya hingga akhir.

Jadi? Kalau anda masih sebagai domba yang hilang, belum terlambat untuk kembali kepada kandang yang benar.
Itu kalau mau, kalau milih keluyuran gak jelas sendiri, itu hak dan tanggung jawab anda pribadi koq, sis.

Syalom