"Tuhan YESUS tidak Pernah Meninggikan Maria"

Judul Trit ini mungkin saja membuat terkejut banyak member, akan tetapi itulah faktanya yang dituliskan Alkitab.
Lihat saja sapaan Tuhan Yesus kpd Maria sbg ibu-Nya:

  1. Lukas 2:49 Jawab-Nya kepada mereka: “Mengapa kamu mencari Aku? Tidakkah kamu tahu, bahwa Aku harus berada di dalam rumah Bapa-Ku?”
    Dari ayat itu terlihat Maria tidak mengenal dgn baik siapa Yesus dan apa tugas-Nya.

  2. Yohanes 2:4 Maka kata Yesus kepadanya, “Hai perempuan, apakah yang kena-mengena di antara Aku dengan engkau? Saat-Ku belum sampai.”(LAI-TL)
    (Luke 2:4 Jesus saith unto her, Woman, what have I to do with thee? mine hour is not yet come.)
    Di ayat tsb Tuhan Yesus hanya menyapa Maria dgn “perempuan”, tdk ada yg diistimewakan .

  3. Matius 11:11 Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya di antara mereka yang dilahirkan oleh perempuan tidak pernah tampil seorang yang lebih besar dari pada Yohanes Pembaptis, namun yang terkecil dalam Kerajaan Sorga lebih besar dari padanya.
    Ayat di atas jelas mengatakan bahwa Yohanes Pembaptis lebih besar dari Maria.

  4. Matius 12:50 Sebab siapa pun yang melakukan kehendak Bapa-Ku di sorga, dialah saudara-Ku laki-laki, dialah saudara-Ku perempuan, dialah ibu-Ku."
    Tuhan Yesus mengatakan siapapun permpuan yg melakukan kehendak Bapa-Nya merupakan ibun-Nya, itu diucapkan Tuhan Yesus ketika org2 mengatakan bahwa Maria ibu-Nya mencari Dia.

    Jadi adalah terlalu berlebihan apabila meninggikan Maria daripada yang seharusnya,
    Karena kata2 dlm ayat2 di atas adalah perkataan Tuhan Yesus sendiri berkenaan dgn Maria ibu-Nya.
    Apabila ada yang keberatan dan mau menyanggah, silakan sampaikan dgn maksud baik, Karena saya sampaikan Trit ini juga berdasarkan fakta2 Alkitab, bukan berdasarkan rekaan/penglihatan semata.
    Thx, GBU all

Sudah terjawab : Mengapa Jesus Memanggil Maria dengan Perempuan/Wanita ? - Diskusi Umum Kristen - ForumKristen.com

coba mas paul…

lo ngomong ke nyokap elo: “hai perempuan…”

coba…
gue pengen denger nyokap elo ngerasa gimana…
hehehhe…

eh. jangan-jangan… nyokap elo juga sangat alkitabiah & malah ngomong:
“luar biasa, anakku ini telah meneladani yesus dengan memanggil nyokapnya: hei perempuan”

btw…
“wahai perempuan…” itu kalo bhs sehari-hari: “woi… cewe…!!”
iya apa iya?

Ada tertulis, “semua keturunan akan menyebut aku (Maria) yang berbahagia”

Rupanya ada yang iri.

Salam

Betul. Tapi Yesus juga tidak pernah merendahkan Maria, bukan? :slight_smile:

Salam

Bunda: “Mereka kehabisan anggur”
Tuhan: “Mau apakah engkau dari pada-Ku, ibu? Saat-Ku belum tiba”
Bunda: to servants; “Apa yang dikatakan kepadamu, buatlah itu”

merah = (adelphos & adelphē) = saudara-Ku, saudari-Ku.
biru = (meter) = ibu-Ku, bukan ibu-ibu-Ku… imo; khusus bagi Bunda Maria.
ungu = cf Luk 1:38, 1:45, 2:19,…
justeru imo disini Tuhan memuji dan menghormati Bunda.

Sekalian…

Luk 8:21 Tetapi Ia menjawab mereka: “Ibu-Ku dan saudara-saudara-Ku ialah mereka, yang mendengarkan firman Allah dan melakukannya.”
coklat = (adelphoi) = saudara-saudara-Ku.
hijau = (meter) = ibu-Ku, bukan ibu-ibu-Ku.

Yesus yang anda gambarkan sesuai tafsiran anda diatas seolah-olah tampil sebagai sosok yang arogan! Berbeda dengan Yesus Kristus yang saya imani yang lemah lembut dan sangat mencintai Bunda-Nya.
Jika anda meyakini dan menafsirkan ayat2 diatas sebagai tanda Yesus tidak menghormati Bunda-Nya secara tidak langsung anda merendahkan TUHAN sebab TUHAN YESUS bukanlah seperti politikus kita jaman ini yang tidak se-ia Kata dengan perbuatan. Tidak mungkin TUHAN yang saya imani yang mengajarkan Hormatilah Ibumu, malah tidak mentaatinya. Beberapa kali di injil Yesus bersabda:

Sebab Allah berfirman: Hormatilah ayahmu dan ibumu; dan lagi: Siapa yang mengutuki ayahnya atau ibunya pasti dihukum mati. Mat 15:4

[i]Karena Musa telah berkata: Hormatilah ayahmu dan ibumu!   dan: Siapa yang mengutuki ayahnya atau ibunya harus mati. Mrk 7:10

[/i]
hormatilah ayahmu dan ibumu dan kasihilah sesamamu manusia seperti dirimu sendiri.
Mat 19:19

Bagiamana pula dia menyangkal apa yg dia ajarkan sendiri.

Kita percaya bahwa TUHAN kita adalah ALLAH yang konsisten. Dia mengajarkan apa, maka itu pulalah yang Dia taati, itupulah yang Dia buktikan. Dia mengajarkan jangan membenci musuh2mu melainkan berdoa untuk mereka (lih Lukas 6:28) Dia sendiri taati dan lakukan (lih Lukas 23:34). Dia mengajarkan kita untuk tidak melawan orang yang berbuat jahat kepada kita (Matius 5:39) Dia tunjukkan dan taati(lih Yoh 18:23). Apa makna dari ini semua? Artinya adalah; TUHAN KITA SE IA KATA DAN PERBUATAN!! Dia berfirman apa, dan itu yang ia lakukan!!! Jadi tidaklah mungkin jika Ia telah berkali2 berfirman bahwa manusia harus menghormati Ibunya namun Allah putra sendiri memandang rendah IbuNya. INI TIDAK MUNGKIN karena dia TIDAK MENGAJARKAN DEMIKIAN!!!

JIKA KITA SEMUA MURID2 TUHAN MENGATAKAN BAHWA YESUS MEMANDANG RENDAH MARIA IBUNYA MAKA KITA SEMUA TANPA SADAR TELAH MENGUTUK YESUS!!! Sebagaimana yang ditulis dalam Kitab Ulangan

Terkutuklah orang yang memandang rendah ibu dan bapanya. Dan seluruh bangsa itu haruslah berkata: Amin! Ulangan 27:16

Karena itu berhati-hatilah kita jika menafsirkan Alkitab dan mengatakan YESUS TIDAK MENGHORMATI MARIA karena itu kita telah mengutuk dan menuding YESUS!!

Pertanyaan anda sebenarnya sudah dijawab di Threat saya yg berjudul : TUHAN YANG MENTANG-MENTANG (Sikap YESUS kepada Maria) Link : TUHAN YANG MENTANG-MENTANG (Sikap YESUS kepada Maria) - Ajaran Kristen - ForumKristen.com

Daripada anda trs membuat threat baru lebih baik masuk saja ke diskusi yg sudah tersedia dengan topik yang sama.

TUHAN YESUS TIDAK PERNAH TIDAK MENGHORMATI BUNDANYA, JUSTRU TUHAN TELAH MENINGGIKAN MARIA DIANTARA SEMUA WANITA (LUKAS 1:42), KARENA IA TELAH MEMILIH MARIA SEBAGAI BUNDANYA. MANUSIA TIDAK BISA MEMILIH IBU YG AKAN MELAHIRKANNYA TETAPI TUHAN MAMPU DAN YESUS TELAH MEMILIH SEORANG PEREMPUAN SALEH, MARIA. JADI JIKA KATOLIK MENGHORMATI MARIA KARENA MENELADANI YESUS! Anda boleh merengek2 pada TUHAN… whyyyy… Mengapa TUHANN… Mengapa Maria??? Mengapaaaaaaa??? Tetapi suka atau tidak suka TUHAN telah memilih Maria karena itu konsekwensinya Maria patut dan layak dihormati dan ditinggikan karena Ia telah menjadi Bunda Allah.

Kenapa anda harus iri hati karena hal itu? TUHAN bebas memilih siapa saja sekehendaknya, Sebab TUHAN oleh karena kemurahan hati-Nya memilih dia menjadi Bunda-Nya. Kita yang iri akan itu akan ditegur oleh TUHAN “Tidakkah aku bebas mempergunakan milikku menurut kehendak hatiku? Atau iri hatikah engkau, karena aku murah hati?” Matius 20:15

Penghormatan kepada Bunda Maria sudah ada sejak Zaman para rasul dan Bapa Gereja. Tidak pernah kita temukan kutipan atau ajaran para Bapa Gereja yang mengatakan bahwa penghormatan terhadap Maria adalah merupakan satu kesesatan.

Oleh karena itu sering saya katakan Umat Katolik TIDAK TAKUT untuk menerima MARIA sebagai IBU sebagaimana yang di WASIAT kan TUHAN YESUS sendiri menjelang wafatNya dikayu salib. Umat katolik juga TIDAK TAKUT menghormati Maria karena yakin tidak mungkin YESUS CEMBURU sebab Maria bukanlah sosok lain bagi YESUS, Maria adalah bunda Allah Putra.

Jika Katolik menghormati Maria, maka penghormatan itu tidak lebih dari buah pemenuhan nubuat injil
"Sesungguhnya, mulai dari sekarang segala keturunan akan menyebut aku berbahagia,". (Lukas 1:48) Dan dari semua penghormatan yang diberikan oleh Gereja Katolik kepada Maria tidak ada yang bisa menandingi penghormatan yang TUHAN berikan kepada Maria dengan memilih Ia sebagai BundaNya.

Tidak ada yang jauh dari kebenaran. Orang-orang Katolik hanya menyembah Allah, dan tidak takut menghormati Maria atau menyebabkan YESUS KRISTUS cemburu kepada ibunda-Nya.Kalau umat Katolik menghormati Bunda Maria maka umat Katolik meniru apa yang dilakukan oleh KRISTUS sendiri, yaitu menghormati ibu-Nya. Katolik melihat teladan mereka yang mengasihi KRISTUS secara luar biasa dan mereka adalah kawan sekerja Allah (1Kor 3:9), yang berarti adalah kawan sekerja kita. Dengan demikian, penghormatan ini akan senantiasa berpusat pada KRISTUS.

kalau elizabet yg kala PENUH DENGAN ROH KUDUS aza berkata “Diberkatilah engkau di antara semua perempuan dan diberkatilah buah rahimmu. Siapakah aku ini sampai ibu Tuhanku datang mengunjungi aku? Sebab sesungguhnya, ketika salammu sampai kepada telingaku, anak yang di dalam rahimku melonjak kegirangan. Dan berbahagialah ia, yang telah percaya, sebab apa yang dikatakan kepadanya dari Tuhan, akan terlaksana.”

so, kalau elizabet yg PENUH DENGAN ROH KUDUS aza, berkata gitchu… (engga main2 nich… ini dah ada kaitan dgn ROH KUDUS loh)…
teyus kalau sampe ada kawan yg mengolok-olok Bunda, gimana ntu yaaa ?

Mungkin TS berpikir Yesus Kristus akan cemburu karena kita menghormati Bunda-Nya. Padahal sebaliknya, semakin Bunda TUHAN dimuliakan semakin besarlah kemuliaan yang Yesus terima, karena penghormatan Katolik kepada Maria tidak pernah bisa lepas sendiri dan terpisah dari Yesus Kristus. Sebab penghormatan kita kepada Bunda Maria justru karena kita melihat Karya Allah dalam diri Maria. Kita kagum bagaimana manusia seperti Maria dapat selalu HIDUP SELARAS DENGAN KEHENDAK TUHAN, karena itu kita memuliakan TUHAN. Sebagaimana firman Yesus sendiri Demikianlah hendaknya terangmu bercahaya di depan orang, supaya mereka melihat perbuatanmu yang baik dan memuliakan Bapamu yang di sorga." Karena kita telah melihat perbuatan Maria yang baik maka kita memuliakan Bapa di sorga, jadi penghormatan kepada Maria tidak akan pernah terlepas terpisah dari penghormatan kepada Bapa, Putra dan Roh Kudus.

Bagaimana pula dengan orang-orang yang menganggap Bunda Maria lebih cepat mengabulkan doanya daripada orang tersebut berdoa langsung kepada Tuhan Yesus.

Kira-kira bagaimana perasaan Tuhan Yesus atas tingkah laku orang semacam itu?

Saya pribadi turut sedih melihat bahwa tidak sedikit orang-orang yang semacam itu.

So kalau begitu dari ayat-ayat Alkitab yang dikutip TS seharusnya kita dapat melihat bahwa Tuhan Yesus sudah menempatkan Bunda Maria pada posisi yang seharusnya.

Demikian juga kita seharusnya mengikuti Tuhan Yesus dalam menempatkan Bunda Maria sesuai dengan kodratnya.

Bukannya malah meninggikan Bunda Maria secara berlebihan (berdoa kepada Bunda Maria).

Tuhan Yesus mengajarkan Doa Bapa Kami bukan doa ibu kami.

loh ???
Bunda ntu as an intercessor, kk…

Pertanyaan buat para pemuja Bunda Maria.

Adakah anda merasa lebih mengetahui cara yang paling tepat dalam menghormati Bunda Maria dibandingkan dengan Tuhan Yesus sendiri???

Adakah Tuhan Yesus mengajarkan kita untuk meninggikan Bunda Maria?

Bacalah Alkitab. Coba tanyakan hal itu pada diri anda sendiri dengan pikiran yang terbuka.

Apakah dalam pandangan kk peribadi menilai umat Katolik itu menganggap Theotokos sebagai Allah ???

Luk 1:48 sebab Ia telah memperhatikan kerendahan hamba-Nya. Sesungguhnya, mulai dari sekarang segala keturunan akan menyebut aku berbahagia,

ini ayat alkitab… how about you ?

Luk 2:51 (KJV) And He (Jesus) went down with them, and came to Nazareth, and was subject unto them: but his mother kept all these sayings in her heart.

ini ayat alkitab… JESUS SUBJECT TO THEM… how about you ?

bisa kk carikan ayat, Tuhan tidak disusui oleh Bunda ketika masih bayi… ceritakan kehidupan Yesus kala inkarnasi sejak bayi sampai dewasa dan buktikan bahwa Tuhan tidak menghormati bundaNya please ?

:slight_smile:

Yang Tuhan Yesus ajarkan itu memuja Bunda Maria atau menghormatinya?

Coba direnungkan lagi.

Yang ada sekarang ini dikalangan Katolik bukanlah penghormatan yang tulus kepada Bunda Maria.

Melainkan sudah berubah menjadi pemujaan kepada Bunda Maria.

Adakah seseorang yang menghormati Bunda Maria secara tulus :

  1. Mengharapkan berkat dari Bunda Maria
  2. Mengharapkan pembebasan dari api penyucian oleh kuasa Bunda Maria
  3. Mengharapkan kesembuhan dari Bunda Maria
  4. Mengharapkan perlindungan dari Bunda Maria

Jika orang tersebut benar-benar menghormati Bunda Maria menurut apa yang Tuhan Yesus contohkan. Tidak akan ada itu yang namanya doa novena tiga salam Maria, salam Maria, maupun sejumlah pemujaan Bunda Maria seperti yang dilakukan orang-orang di Kuba.

setahu wa, orang Katolik tidak menyembah Maria, tapi menghormatinya.

wa peribadi jugak engga menyembah Theotokos, kk…
apakah wa mesti merenungkan seolah2 wa itu penyembah Theotokos padahal enggak ?

hehe

Sebaliknya… jika elizabet aza yg saat itu PENUH DENGAN ROH KUDUS berseru dengan suara nyaring: “Diberkatilah engkau di antara semua perempuan dan diberkatilah buah rahimmu. Siapakah aku ini sampai ibu Tuhanku datang mengunjungi aku?”

dan ini ayat alkitab… ini sudah tahap kaitan dgn ‘ROH KUDUS’… how about you ?

(lih. Luk 1:46-55):
Lalu kata Maria: “Jiwaku memuliakan Tuhan, dan hatiku bergembira karena Allah, Juruselamatku, sebab Ia telah memperhatikan kerendahan (hati) hamba-Nya. Sesungguhnya, mulai dari sekarang segala keturunan akan menyebut aku berbahagia, karena Yang Mahakuasa telah melakukan perbuatan-perbuatan besar kepadaku dan nama-Nya adalah kudus.
Dan rahmat-Nya turun-temurun atas orang yang takut akan Dia.
Ia menurunkan orang-orang yang berkuasa dari takhtanya dan meninggikan orang-orang yang rendah; Ia melimpahkan segala yang baik kepada orang yang lapar, dan menyuruh orang yang kaya pergi dengan tangan hampa;
…”

ntu ungu = Bunda bukan ?

ntu ayat alkitab… Allah meninggikan Bunda atau TIDAK nurut kk ku daniel ?
jika kk menyatakan TIDAK, maka kk menanggap Maria berbohong ? alkitab ada SALAH TULIS ?
jika kk menyatakan YA, maka kan cudah jelas lah wong ALLAH SENDIRI YG MENINGGIKAN Maria, masa kita nie sapa sich mau komplain ??? emang kita nie sudah lebih kudus daripada Allah atau gimana ???

nie komentar dari salah seorang umat Katolik:
http://www.santoyakobus.org/page/content/article/88/Mengapa-orang-Katolik-menyembah-Maria--sederajad-dengan-Tuhan-Yesus-.html

Maria bukan Tuhan-Ibu yang melahirkan Tuhan-Anak. Dia itu manusia biasa. Maria pun bukan pengantara segala rahmat. Sebab pengantara kita pada Allah Bapa hanya Yesus saja (1 Tim 2:5). Hanya Yesus penyebabnya: surga menyatu dengan dunia, Allah dengan manusia, dan rahmat melimpah kepada pendosa (Rom 5:20).

nie link lainnya, yg mirip2 dgn pertanyaan kk…
http://katolisitas.org/3761/tanggapan-terhadap-tuduhan-penyembahan-maria

Disamping itu… Peristiwa di Kana (Yoh 2) ketika Yesus mau menuruti permintaan ibunda-Nya, walaupun waktu-Nya belum tiba ?

nurut kk, Tuhan sayangi mamaNya tidak ?

nie komentar dari salah seorang umat Katolik:
http://www.santoyakobus.org/page/content/article/88/Mengapa-orang-Katolik-menyembah-Maria--sederajad-dengan-Tuhan-Yesus-.html

(lih. Yoh 19:26-27) ketika Yesus menyerahkan murid-Nya kepada ibunda-Nya; dan ibunda-Nya kepada murid-Nya. Maka umat Katolik tak akan pernah lupa ”menerima” Maria di rumahnya dan dalam hatinya; dan tak akan pernah lupa mohon kepada Yesus melalui Maria.

do you accept Mary as your mother ?

wa gak lihat apa yg dilakukan org2 di kuba.
gak bisa jugak misalnya, ada org denom kk membunuh, lalu denom kk dicap sebagai denom yg mengajarkan pembunuhan…

patokannya ialah doktrin, dogma Gereja, katekismus.

so, sila tunjukkan KGK yg mau dibahas.

Saya tidak mengatakan menyembah melainkan memuja Bunda Maria (levelnya masih dibawah menyembah Allah). Namun sayangnya Tuhan Yesus juga tidak pernah mengajarkan untuk memuja Bunda Maria.

Baguslah kalau @Seek d Truth tidak menyembah Bunda Maria. Dalam hal ini memang kita memiliki perbedaan pandangan yang cukup jauh perihal menghormati Bunda Maria. Kalau kakak lebih pilih ikut cara Tuhan Yesus aja dalam menghormati Bunda Maria. Tidak lebih dan tidak kurang.

Kakak hanya berharap hal tersebut jangan sampai menjerumuskan @Seek d Truth kepada hal-hal yang lebih dari pada itu. Demikian. GBU. :slight_smile:

ntu posting wa ada edit kk…

nie link lainnya, yg mirip2 dgn pertanyaan kk.. http://katolisitas.org/3761/tanggapan-terhadap-tuduhan-penyembahan-maria

wa gak lihat apa yg dilakukan org2 di kuba.
gak bisa jugak misalnya, ada org denom kk membunuh, lalu denom kk dicap sebagai denom yg mengajarkan pembunuhan…

patokannya ialah doktrin, dogma Gereja, katekismus.

so, sila tunjukkan KGK yg mau dibahas.

okay kk… makaci kk…

Betul dan setuju,
jadi perlakukan biasa2 saja spt Tuhan Yesus memperlakukan
Thx, GBU

Arogan atau tidak, itulah fakta yg dikutip langsung dari Alkitab
Itu bukan hasil penerawangan, tafsiran ataupun hasi penglihatan
Setuju atau tidak itulah yg Alkitab katakan utk anda, sbg pengingat