TUHAN (YHVH) BUKAN ALLAH (BAPA) & ALLAH (BAPA) BUKAN TUHAN (YHVH)

TUHAN (YHVH) adalah Jalan untuk sampai kepada ALLAH (BAPA).

TUHAN (YHVH) Berfirman:
Yoh. 14:6 Kata Yesus kepadanya: "Akulah jalan dan kebenaran dan hidup. Tidak ada seorangpun yang datang kepada Bapa, kalau tidak melalui Aku.


Yoh. 14:28 Kamu telah mendengar, bahwa Aku telah berkata kepadamu: Aku pergi, tetapi Aku datang kembali kepadamu. Sekiranya kamu mengasihi Aku, kamu tentu akan bersukacita karena Aku pergi kepada Bapa-Ku, sebab Bapa lebih besar dari pada Aku.

Apa tanggapan sodara-sodara sekalian? :slight_smile:

Siapa yang percaya bahwa Allah (BAPA) yang BAIK itu bukan TUHAN (YHVH)?

karena Aku pergi
สล็อตออนไลน์

Ayat Alkitab yang menggambarkan hubungan Bapa dengan Yesus bukan hanya Yoh 14:6 dan Yoh 14:28. Seluruh ayat-ayat Injil tidak saling menganulir. Seluruh ayat-ayat Injil merupakan satu kesatuan utuh.
Jika @sizxbn hendak membahas suatu hal hanya terpaku pada ayat tertentu saja, dengan mengabaikan ayat lain walau membicarakan hal yang sama, pengertian akan @Sizxbn simpulkan akan melenceng.

Salam olahraga.

Jika demikian, penjelasan yang seperti apa yang ingin kamu sampaikan? :slight_smile:

Manusia(kalau benar manusia) yang mengartikan hubungan Bapa dengan Yesus hanya berdasar pada Yoh 14:6 dan Yoh 14:28, berlatar keinginan hendak memberikan pengertian hubungan Bapa dengan Yesus secara melenceng dari yang dimaksudkan Injil. Sebab, hubungan Bapa dengan Yesus tidak hanya digambarkan oleh kedua ayat tersebut.

Salam olahraga.

Lah kok, penjelasannya cuma itu lagi-itu lagi?

Penjelasanmu mana???

Lhoh, emang @sizxbn membutuhkan penjelasan yang bagaimana?

Ini kuriviu sebentar:
Pos pembuka, @sizxbn menyatakan bahwa TUHAN adalah jalan menuju ALLAH. Yoh 14:6 dan 28.

Pos#1, @sizxbn nambah: Siapa yang percaya bahwa Allah (BAPA) yang BAIK itu bukan TUHAN (YHVH)?

Pos#2 dari @eieigoto, bagi @Cinta Bhinnekaa tergolong respon tidak jelas.

Pos#3, @Cinta Bhinnekaa berkomentar bahwa hubungan Bapa-Yesus bukan hanya Yoh 14:6, 28.

Pos#4, @sizxbn menanyakan penjelasan apa yang ingin @Cinta Bhinnekaa sampaikan.

Pos#5, @Cinta Bhinnekaa menegaskan, mengartikan hubungan Bapa dengan Yesus hanya berdasar pada ayat-ayat tertentu saja, akan melenceng dari maksud Injil.

Pos#6, @sizxbn bingung.

Luar biasa.
Dalam enam kali pos saja @sizxbn sudah bingung. Sebaiknya, @sizxbn istirahat lebih dahulu.

Salam olahraga.

Yesus itu manusia - terbatas dan corporeal. Ya jelas Bapa yang nggak ada di bumi yang tidak terbatas - non corporeal, lebih besar dari yang terbatas.

Yahweh BUKAN Allah Bapa.

Yesus BUKAN Yahweh.
Yesus itu nama seseorang yg hidup bernafas di bumi selama 33 tahun.

Yahweh itu BUKAN Yesus.
Yahweh itu dewa sesembahan-nya orang Yahudi (Judaisme).
Di pov Judaisme, Yahweh juga kadang mereka panggil/sebut bokap.

Simpel :smiley:

pergi = kembali menjadi satu dengan Bapa.

Yesus itu adalah Yahweh/TUHAN yang menjadi Manusia.

Yahweh atau TUHAN itu Allahnya orang Israel/Yahudi; Yahweh/TUHAN bagi orang Israel/Yahudi adalah Bapa mereka.

Simple kan?

Maksudnya vbn kayak gini bukan ? Sbb :

Ada satu (dimana satu ditambah satu = dua) makhluk supranatural/roh/non-corporeal bernama Yahweh.
Setelah sekian ribu tahun, blakangan makhluk supranatural ini menjadi manusia (corporeal).

oda :
Dengan demikian diketika ungu, tidak ada Yahweh yang non-corporeal.
Dengan kata lain, Yahweh yang tadinya non-corporeal - blakangan there is no more oranye. Puff! Gone. Yang ada blakangan ini adalah makhluk corporeal bernama Yesus.

Begitu bukan, vbn ?

Yahweh atau TUHAN itu Allahnya orang Israel/Yahudi;
So, Yahweh yang menjadi manusia di taon 33 BC itu sesembahannya Israel/Yahudi ato bukan ?

oda :
BUKAAAAANNN :D.

Kalo secara dari versi vbn, jawabnya apa ?

Yahweh/TUHAN bagi orang Israel/Yahudi adalah Bapa mereka.
Pertanyaannya idem. Yahweh yang menjadi manusia oak-oek di taon 33 BC itu, di pov Israel/Yahudi Bapa mereka ato bukan ?

oda :
BUKAAAAANNN :D.

Kalo secara dari versi vbn, jawabnya apa ?

Bukan begitu logikanya bro…

Logikanya sama dengan ketika Yahweh sedang memperlihatkan Wajah-Nya secara langsung kepada Musa di Gunung Horeb… pada saat yang bersamaan tidak berarti Yahweh tidak ada bersama-sama dengan orang-orang Israel yang menunggu di bawah gunung.

Jawaban saya: “Ya”… hanya saja orang-orang Israel/Yahudi tidak mengetahuinya/tidak memahaminya dan atau tidak mengenalinya.
:smiley:

Jawaban saya juga idem dengan yang di atas… :slight_smile:

Nah… itu dah maksud saya mengenai corporeal / non-corporeal, vbn.

Musa ngliat Yahweh dalam wujud di atas gunung.
Sementara dibawah gunung, Israel nggak ada itu ngliat Yahweh berwujud walopun Yahweh ada juga dibawah gunung.

Jawaban saya: [b]"Ya"[/b].... hanya saja orang-orang Israel/Yahudi tidak mengetahuinya/tidak memahaminya dan atau tidak mengenalinya.
Well... namun tetep ada kan itu Yahweh mereka yang tidak berwujud, vbn.

Lihatlah, Aku menyuruh utusan-Ku mendahului Engkau, ia akan mempersiapkan jalan bagi-Mu;

Menurut vbn,
siapa Aku dan siapa Engkau di pov nabi PL ketika dia menulis kalimat di ayat tsb ?


Persiapkanlah jalan untuk Tuhan, luruskanlah jalan bagi-Nya

Menurut vbn,
siapa Tuhan di pov Yohanes ketika dia berujar spt kalimat di ayat tsb ?


Bertobatlah dan berilah dirimu dibaptis dan Allah akan mengampuni dosamu

Menurut vbn,
siapa Allah di pov Yohanes ketika dia berujar spt kalimat di ayat tsb ?

Dalam gambaran penjelasan oda sebelumnya, oda menjelaskan bahwa diketika makhluk supranatural ini menjadi manusia (corporeal), tidak ada Yahweh yang non-corporeal. Dengan kata lain, Yahweh yang tadinya non-corporeal - blakangan there is no more oranye. Puff! Gone. Yang ada blakangan ini adalah makhluk corporeal bernama Yesus.

Penjelasan oda di atas itu tidak sama dengan logika yang saya jelaskan. :slight_smile:

Ya jelas tetap ada dong… hanya saja orang-orang Israel/Yahudi tidak mengetahuinya/tidak memahaminya dan atau tidak mengenalinya.

Allah dalam konteks di atas adalah Allah Israel alias Yahweh.

Yang gue edit di atas, berdasarkan apa yang tertulis di Alkitab gue dan sudah gue cek and ricek ke bahasa aslinya serta sudah gue konfirmasi ke sekitar puluhan terjemahan yang ada di situs biblehub dan sabda.

Jadi ga pake tafsir-tafsiran, bray.

Ayat-ayat sebelumnya pada perikop yang sama, dibaca-baca lagi, bray :

(19) Tinggal sesaat lagi dan dunia tidak akan melihat Aku lagi, tetapi kamu melihat Aku, sebab Aku hidup dan kamu pun akan hidup.

(20) Pada waktu itulah kamu akan tahu, bahwa Aku di dalam Bapa-Ku dan kamu di dalam Aku dan Aku di dalam kamu.

Yang gue edit di atas, berdasarkan apa yang tertulis di Alkitab gue dan sudah gue cek and ricek ke bahasa aslinya serta sudah gue konfirmasi ke sekitar puluhan terjemahan yang ada di situs biblehub dan sabda.

Jadi ga pake tafsir-tafsiran, bray.

Oh tidak sesimpel itu, bray :

(19) Karena itu pergilah, jadikanlah semua bangsa murid-Ku dan baptislah mereka dalam NAMA Bapa dan Anak dan ROH KUDUS,

Karena gue sudah dibaptis dalam NAMA Bapa dan Anak dan ROH KUDUS maka YHVH juga adalah NAMA Allah gue. Padahal sudah jelas, gue bukan orang atau keturunan Israel atau Yahudi.

Kamu percaya gak Yesus Kristus itu TUHAN (Yahweh) yang menjadi Manusia?

Maksud kamu itu apa dengan mengutip ayat-ayat itu? :rolleye0014:

Siapa yang menafsir?

Makanya baca Kitab Suci itu harus tuntas… Rasul Paulus menjelaskan bahwa Yesus itu adalah TUHAN (Yahweh) yang menjadi Manusia.

2:6 yang walaupun dalam rupa Allah, tidak menganggap kesetaraan dengan Allah itu sebagai milik yang harus dipertahankan,
2:7 melainkan telah mengosongkan diri-Nya sendiri, dan mengambil rupa seorang hamba, dan menjadi sama dengan manusia.
2:8 Dan dalam keadaan sebagai manusia, Ia telah merendahkan diri-Nya dan taat sampai mati, bahkan sampai mati di kayu salib.
2:9 Itulah sebabnya Allah sangat meninggikan Dia dan mengaruniakan kepada-Nya nama di atas segala nama,
2:10 supaya dalam nama Yesus bertekuk lutut segala yang ada di langit dan yang ada di atas bumi dan yang ada di bawah bumi,
2:11 dan segala lidah mengaku: “Yesus Kristus adalah TUHAN,” bagi kemuliaan Allah, Bapa!

Apa kamu mau katakan bahwa TUHAN itu Allah Bapa? seperti keyakinan orang-orang Israel/Yahudi… begitu? :slight_smile:

Dengan demikian, kita berpendapat sama. Yakni, disaat Yahweh berbentuk manusia (corporeal) - tetep ada Yahweh yang tidak berbentuk apa apa (non-corporeal).

Ya jelas tetap ada dong.... hanya saja [b]orang-orang Israel/Yahudi tidak mengetahuinya[/b]
Nah itu. Orang Israel/Yahudi saat itu tidak mengetahuinya karena Yahweh TIDAK KELIATAN. Idem sewaktu dibawah gunung, Israel tidak mengetahui bhw disitu ada Yahweh karena nggak keliatan. Mereka kirain Yahweh lagi ada di atas gunung ngobrol sama Musa.
Yahweh atau TUHAN itu Allahnya orang Israel/Yahudi
Nah itu. Allah/Bapa orang Israel itu Yahweh dan Yesus bilang, Allah/Bapa orang Israel itu iblis. Yesus memberi tau bahwa Yahweh itu iblis.
Bertobatlah dan berilah dirimu dibaptis dan Allah akan mengampuni dosamu
Allah dalam konteks di atas adalah [b]Allah Israel alias Yahweh[/b].
Ya, dimana Yahweh = iblis.
Yahweh bukan Allah Bapa
Yahweh itu [u]di pov orang Israel[/u] adalah Allah/Bapa. Dan Yesus kasih tau bhw Allah/Bapa mereka itu adalah iblis, vbn.

orang Israel :
Yahweh adalah Allah/Bapa kami.

Yesus :
whatever, pokok gue mao kasih tau bahwa yang di pov lu orang Allah/Bapa bernama Yahweh itu adalah iblis.

Di pov orang Israel, Yahweh itu adalah Allah/Bapa mereka. Dan Yesus kasih tau bhw Allah/Bapa mereka itu adalah iblis. So, Yahweh = iblis. Dengan kata lain, Yesus secara gak langsung lagi ngasih tau bahwa : yang di pov mereka (Israel) Allah/Bapa bernama Yahweh tsb —> ini bukan Allah/Bapa, melainkan IBLIS. 100 buat vbn :afro: :happy0062: :happy0025:

vbn bilang :
Yahweh BUKAN Allah/Bapa.

oda :
BETUL. Yahweh memang bukan Allah/Bapa.
Yahweh adalah iblis.

Lihatlah, Aku menyuruh utusan-Ku mendahului Engkau, ia akan mempersiapkan jalan bagi-Mu;

Menurut vbn,
siapa Aku dan siapa Engkau /Mu di pov nabi PL ketika nabi ybs menulis kalimat di ayat tsb ?


Persiapkanlah jalan untuk Tuhan, luruskanlah jalan bagi-Nya

Menurut vbn,
siapa Tuhan di pov Yohanes ketika dia berujar spt kalimat di ayat tsb ?

“YHVH” = “I AM” bukan nama diri dari Allah.

Selamat good Friday