TUHAN

topik ini khusus : untuk mengerti TUHAN
mengerti TUHAN , akan mengerti semua
semua = siapapun boleh kasih pendapat

GOD IS OMNIPOTENT : meaning having unlimited power , able to do anything ( + - ) , able to transform into anyform ( same forms or different forms ) , able present in anywhere , in the same time or in the different times , for same purpose or for different purposes , …

TUHAN MAHA KUASA : artinya punya kuasa tidak terbatas , bisa buat apapun ( + - ) , bisa berubah menjadi wujud apapun ( wujud2 sama atau wujud2 beda ) , bisa ada di mana2 , dalam waktu yang sama atau dalam waktu2 yang beda2 , untuk tujuan yang sama atau untuk tujuan2 yang beda2 , …

perkenalkan saya seorang muslim …
sedikit membandingkan … di dalam ISlam konsep tentang TUHAN itu ada 3 SIFAT POKOK Tuhan :

  1. Sifat Wajib Tuhan
  2. Sifat Mustahil Tuhan
  3. Sifat Jaiz (boleh ya boleh tidak) Tuhan

kalau saya lihat kekristenan hanya memiliki 2 konsep yakni nomor 1 dan 3 saja.
nomor 2 nya tidak ada, karena mungkin akan menjadi bertentangan dengan konsep inkarnasi, yang saya definisikan sebagai proses peralihan Sifat dari MAHA KUAT menjadi MAHA LEMAH …

wah kalo di Kekristenan sifat Tuhan itu ya smuanya ada, Tuhan ngga bisa dibatasi

ya itu tadi … Islam lebih logis bagi saya karena memang Tuhan mesti punya Sifat dimana dia tidak bisa menanggalkan atau melepaskan KEMAHAAN Nya …

Ya sudah
emang Kristen itu agama paling ngga logis di dunia koq

ya mas henhen … maka kalau kita bicara masa depan agama … saya kira hanya agama yang logis yang akan bertahan hingga hancurnya dunia. ke depan orang2 hanya akan menerima sesuatu yang logis, yang tidak logis akan ditinggalkan.

ya tak mengapa
saya sih ngga urusin hal itu

yang saya percaya Tuhan sanggup menjaga diriNya sendiri
kalo Tuhan sudah berkehendak suatu agama hancur, ya pasti hancur
kalo Tuhan berkehendak bertahan ya pasti bertahan
mau semua manusia meninggalkan Dia pun Dia tetap Tuhan, yang rugi manusianya

wah kalau begitu atheis yang akan dominan di masa depan dong ya
;D ;D ;D

Anda salah, di kristen tidak ada itu konsep 1,2,3. karena, sifat Tuhan dalam konsep Kristen bukan sebuah karangan/konsep yg dibuat manusia. maksudnya, dari alkitab kita mengetahui apa saja sifat Tuhan. Bukan manusia yg bikin konsep Tuhan itu harus seperti apa dan bagaimana. Sehingga dalam Kristen tidak ada kita menentukan Tuhan harus ini dan itu, mungkinnya bersifat begini dan tidak mungkin bersifat begitu. Dan menurut saya, muslim itu salah paham tentang apa yg diimani umat Kristen saat mengatakan Allah menjadi manusia alias umat muslim menggambarkan inkarnasi itu prosesnya adalah berubah wujud, berubah natur dan berubah sifat. Padahal inkarnasi dalam kristen itu adalah union dari 2 natur.

dalam konsep islam boleh tanya, apa2 saja yg termasuk dalam 1,2,3 dan dari mana dasar menentukan hal tsbt.

menurut saya sih keyakinan manusia akan terpolarisasi ke dalam 3 kelompok dominan.

  1. Penganut TAUHID MURNI
  2. Penyembah IBLIS
  3. Penganut Kepercayaan tanpa nama.

dgn logis sdr, Tuhan yang Maha Adil dan Maha pengasih, bagaimana cara Tuhan menegakan hukum namun tetap berbelas kasihan?

ah itukan ramalan anda
logiknya dari tulisan anda saja akan ada 6 kelompok
penganut tauhid murni berarti akan ada penganut tauhid tidak murni
penyembah iblis berarti akan ada penentang iblis
penganut kepercayaan tanpa nama berarti ada penganut kepercayaan dengan nama

;D ;D ;D

justru pertanyaannya DIMANA BELAS KASIH TUHAN ketika Tuhan membiarkan orang terzalimi begitu saja ???
apakah termasuk definisi BELAS KASIH TUHAN menutup mata kana kepedihan, kesengsaraan, kegetiran orang-orang yang terzalimi ???

selain MAHA KASIH Tuhan pun MAHA ADIL … Tuhan mencipta semesta dengan KASIH dan KEADILAN (NERACA).
lihat keseimbangan alam ini, lihat karunia kasih Tuhan di semesta raya ini pada kita.

keadilan dan belas kasihan Tuhan ada pada Yesus Kristus.

@ atas
ga nyambung mas/mba

tuh kan…ngga paham. Makanya dik, mending kamu belajar dulu teologia Kristen, bukan menduga2 teologia Kristen. belajar urut…setelah itu tahu baru protes krn sdh tahu apa yg sedang diprotes.

Yang penting dalam hidup manusia bagi Allah adalah PERTOBATAN. Kalau manusia benar2 dihakimi sesuai dengan hukum Allah, tidak akan ada yang tahan, karena Allah menuntut KESEMPURNAAN karena Allah itu sempurna. Masalahnya tidak ada manusia yg sanggup secara sempurna mengikuti hukum Allah.

Mengampuni mereka begitu saja, seperti konsep islam, jelas bertentangan dengan kesempurnaannya. Ibarat hukum di indonesia, melanggar lalin itu harus tilang. apapun alasannya, walaupun kamu tobat, tilang itu harus. dan allah tdk spt polantas kita, “punya kebijaksanaan” ;D jd mrk bisa diampuni lolos dari tilang, entah krn kenal, atau nyogok atau kasihan.

Dan Allah tahu itu sejakk mula…bhwa manusia tidak akan sanggup melaksanakan hukumnya, oleh karena itu Allah mempersiapkan sebuah cara…yaitu Yesus.
Ibarat seorang Presiden mengumumkan membebaskan semua denda pelanggar lalin, dengan syarat mereka mengambil surat bebas denda di kantor polres. Yang percaya sm pengumuman itu datang dan ambil ya bebas, yang ngga datang ya ngga bebas tetap harus bayar tilang.

Mengenai adil atau tidak sistem di atas…

1)Tetapi tuan itu menjawab seorang dari mereka: Saudara, aku tidak berlaku tidak adil terhadap engkau. Bukankah kita telah sepakat sedinar sehari? 2)Ambillah bagianmu dan pergilah; aku mau memberikan kepada orang yang masuk terakhir ini sama seperti kepadamu. 3)Tidakkah aku bebas mempergunakan milikku menurut kehendak hatiku? Atau iri hatikah engkau, karena aku murah hati?

biru dapat kita terapkan pula untuk menceritakan perjanjian Tuhan yg mengatakan, yg percaya Yesus diselamatkan.
jadi mau pcy paling akhir atau yg duluan, hadiahnya sama, diselamatkan. Jadi jangan protes, kata Tuhan, bukannya surga milikNya? yg penting dia sudah menetapkan aturan dan hukumnya…bagaimana seseorg bisa masuk surga.
Manusia bisa memilih menjalani jalan menuju surga berbekal buku manual, atau menjalaninya bersama guide yg berasal dari sana :smiley:

kalau bisa nyambung, maka sdr akan jadi Kristen donk mas…

karena sdr belum menemukan belas kasihan Tuhan pada orang yang terzalimi:

maka saya beritahu sdr, keadilan dan belas kasihan Tuhan ada pada Yesus Kristus. karena Yesus yang tidak berdosa namun terzalimi sampai mati, tetapi setelah tiga hari Dia bangkit dari kematian.

Dan Allah tahu itu sejakk mula...bhwa manusia tidak akan sanggup melaksanakan hukumnya, oleh karena itu Allah mempersiapkan sebuah cara...yaitu Yesus
maksudnya yesus sebagai uang tilang ya ??
maka saya beritahu sdr, keadilan dan belas kasihan Tuhan ada pada Yesus Kristus. karena Yesus yang tidak berdosa namun terzalimi sampai mati, tetapi setelah tiga hari Dia bangkit dari kematian.
konsep ini ga ada di alkitab mas ... ini addition ... ini akan sangat bertentangan dengan banyak ayat di alkitab.

ya