Tujuan perjamuan kudus

Menurut teman2, apakah tujuan perjamuan kudus di gereja?
Apakah utk mengenang pengorbanan Tuhan Yesus, atau untuk merubah kelemahan di dalam tubuh kita?
Di gereja saya setelah selesai perjamuan kudus sering diikuti deklarasi: yang sakit di sembuhkan, yang lemah di kuatkan, dan yang2 lainnya.

Saya pernah datang ke grj katolik, dalam perjamuan kudusnya kok jemaat tidak minum anggur, cuma antre ambil roti saja? sedangkan romonya mencelupkan roti ke dalam piala berisi anggur dan memakannya.
Bukankah di alkitab pada malam sebelum Yesus di salib, perjamuan kudusnya semua makan roti dan minum anggur?

Tujuannya adalah untuk memakan Kristus, karena Kristus sendiri berkata:

Joh 6:55 Sebab daging-Ku adalah benar-benar makanan dan darah-Ku adalah benar-benar minuman.
Joh 6:56 Barangsiapa makan daging-Ku dan minum darah-Ku, ia tinggal di dalam Aku dan Aku di dalam dia.

Jadi jika anda berpikir bahwa “tinggal dalam Aku dan Aku dalam kamu” dalam

Joh 15:1 "Akulah pokok anggur yang benar dan Bapa-Kulah pengusahanya.
Joh 15:2 Setiap ranting pada-Ku yang tidak berbuah, dipotong-Nya dan setiap ranting yang berbuah, dibersihkan-Nya, supaya ia lebih banyak berbuah.
Joh 15:3 Kamu memang sudah bersih karena firman yang telah Kukatakan kepadamu.
Joh 15:4 Tinggallah di dalam Aku dan Aku di dalam kamu. Sama seperti ranting tidak dapat berbuah dari dirinya sendiri, kalau ia tidak tinggal pada pokok anggur, demikian juga kamu tidak berbuah, jikalau kamu tidak tinggal di dalam Aku.
Joh 15:5 Akulah pokok anggur dan kamulah ranting-rantingnya. Barangsiapa tinggal di dalam Aku dan Aku di dalam dia, ia berbuah banyak, sebab di luar Aku kamu tidak dapat berbuat apa-apa.

adalah berarti melakukan saat teduh, praise worship dll, maka Yohanes 6:56 diatas sudah memberikan jawaban yang tegas dan jelas dari Kristus sendiri, bahwa untuk “tinggal di dalam Aku dan Aku di dalam engkau” maka anda harus ikut Perjamuan Kudus.

Tidak ada alternatif lain.

menyatu dg Kristus
daging kita … ditundukkan dg daging Yesus
darah kita ditundukkan dg darah Yesus

Mengingatkan kita semua untuk selalu hidup berkenan, bergaul karib dengan Dia, istilah lainnya keintiman dengan Tuhan.

1 Kor 11:23-25 Sebab apa yang telah kuteruskan kepadamu, telah aku terima dari Tuhan, yaitu bahwa Tuhan Yesus, pada malam waktu Ia diserahkan, mengambil roti dan sesudah itu Ia mengucap syukur atasnya; Ia memecah-mecahkannya dan berkata: “Inilah tubuh-Ku, yang diserahkan bagi kamu; perbuatlah ini menjadi peringatan akan Aku!” Demikian juga Ia mengambil cawan, sesudah makan, lalu berkata: “Cawan ini adalah perjanjian baru yang dimeteraikan oleh darah-Ku; perbuatlah ini, setiap kali kamu meminumnya, menjadi peringatan akan Aku!

Dari yang bergaris bawah kiranya jelas, bahwa menurut Paulus, perjamuan kudus adalah untuk mengenang Tuhan Jesus Kristus yang telah mati disalib, bangkit dari alam maut dan naik ke surga, serta menantikan kedatanganNya.

Yoh 6:53 Maka kata Yesus kepada mereka: "Aku berkata kepadamu, sesungguhnya jikalau kamu tidak makan daging Anak Manusia dan minum darah-Nya, kamu tidak mempunyai hidup di dalam dirimu. Dari Yoh 6:53 itu kiranya jelas bahwa perjamuan kudus adalah untuk makan daging Kristus dan minum darah Kristus. Itu dilakukan agar para pengikut Kristus memperoleh hidup kekal.

Terus, mnrt tmn2 apakah valid kalau abis acara perjamuan kudus mendeklarasikan bahwa oleh darah Kristus kita telah berubah? Lemah>kuat, Sakit>sembuh, dll

Biasanya aliran pantekosta dan kharismatik yang demikian.
Tujuan perjamuan kudus bukan sekedar ‘ngalap berkat’.
:azn:

Semakin anda dewasa dalam iman biasanya anda akan semakin tidak memikirkan tentang kuat, sembuh, berkat dll.

Kalau menurut saya darah lebih terutama untuk membasuh dosa-dosa kita sih…
Banyak cerita di Alkitab yang sakitnya tidak disembuhkan juga kok seperti Paulus en Timotius.

bukan biasanya, tapi hukum alamnya demikian…

@Yung Sen
ya sebenarnya yang dideklarasikan itu semua sudah ada terkandung dalam perjamuan, tetapi tidak semua jemaat memiliki pengertian yang lengkap, maka dibuat deklarasi supaya ada pengertian yang nyantol.
saya yakin kalo semua jemaat disana sudah tahu arti perjamuan, ya ga usah pake deklarasi.

kemungkinan kedua : deklarasi utk mengingatkan kembali, kadang jemaat ke greja pun dengan kondisi pikiran yang semrawut, pikiran ke sana-sini, itu sangat menolong sekali utk mengingatkan kembali dengan singkat.

Valid maksudnya apa nih? Saya menganggap perjamuan kudus itu lambang saja, sebagai pengigat kematian Kristus untuk kita semua. Tuhan suruh kita melakukan itu sampai Dia datang lagi.

Ga ada embel-embel tambahan lain bro… :smiley:

Untuk mengingat kematian TY, sebagaimana TY telah mati maka kitapun yg mengaku sebagai pengikut Kristus harus mati juga sama seperti Dia spy mendapat hidup yg Dia janjikan

Kalau kita mengakui bahwa yang kita makan itu adalah tubuh Kristus maka akan ada efek menyembuhkan dan menguatkan.

1 Kor 11:29 Karena barangsiapa makan dan minum tanpa mengakui tubuh Tuhan, ia mendatangkan hukuman atas dirinya.
11:30 Sebab itu banyak di antara kamu yang lemah dan sakit, dan tidak sedikit yang meninggal.

Yang tidak mengakui tubuh Tuhan telah berdosa, kalau yang mengakui tubuh Tuhan tidak disebutkan akan sembuh dan kuat. Jangan direkayasa FT itu bro… :smiley:

jadi nurut anda Perjamuan Kudus itu mengandung kutuk? Siapa yang makan tapi gak mengakui tubuh Kristus kena kutuk gitu?

Anda sendiri yang bilang, yang makan dan minum tetapi tidak mengakui tubuh Tuhan akan berdosa, saya tidak bilang kena kutuk. Anda itu sukanya asal jebreeet kalau bicara, tidak ada isinya.

Berdosa disini memangnya identik dengan kutuk? Disitu dijelaskan berdosa kalau makan dan minum secara sembarangan tanpa mengakui tubuh Tuhan.

Anda malah rekayasa kalau ikut perjamuan menguatkan dan menyembuhkan…ga usah suka nambah-nambahi mas bro.

Salam… :smiley:

Jurus muter-muter terus…bosen…
Jelasin aja langsung nurut anda apa artinya:
1 Kor 11:29 Karena barangsiapa makan dan minum tanpa mengakui tubuh Tuhan, ia mendatangkan hukuman atas dirinya.
11:30 Sebab itu banyak di antara kamu yang lemah dan sakit, dan tidak sedikit yang meninggal.

Kalau pendapat saya, orang normal itu bisa sakit, lemah dan meninggal sebelum waktunya. Paulus mengajarkan bahwa dengan makan perjamuan kudus dengan mengakui tubuh Kristus, menghindarkan jemaat dari lemah, sakit dan meninggal.

Itu ada di ayat 34 penjelasannya.
“Kalau ada orang yang lapar, baiklah ia makan dahulu di rumahnya, supaya jangan kamu berkumpul untuk dihukum.”

Jadi pada masa itu banyak orang ikut perjamuan Tuhan hanya untuk makan dan minum doang, makan sembarangan, minum sembarangan, makanya disebut banyak yang sakit, lemah dan meninggal. Karena dalam perjamuan kudus mereka berkumpul bersama, makan dan minum bersama.

Ayat itu tidak menyebutkan, ikut perjamuan kudus supaya sembuh dari penyakit, saya tidak pernah menemukan ayatnya mas aleph. Anda saja yang punya ilham baru, terus anda cocok-cocoki dengan ayatnya.

Salam… :slight_smile:

Maksudnya gimana? kalau ada yang lapar pas makan perjamuan akan dihukum jadi sakit, lemah dan meninggal?
Tolong jelasin yang jelas, jangan cuma kebiasaan mau silat kata.

Mas Aleph yang jebreet ahaaay, pada masa itu kemungkinan perjamuan kudus itu dibarengi dengan makan bersama, minum bersama, makanya dikatakan kalau ada yang lapar makan dulu di rumah, jangan makan waktu perjamuan.

Sebenarnya perjamuan kudus itu bukan ajang kumpul-kumpul untuk makan dan minum bersama secara sembarangan. Makanya banyak yang makan sembarangan pada saat itu, tidak fokus lagi kepada perjamuan kudus, jadi fokusnya sama makan-makannya itu, karena pada saat itu perjamuan, pastilah minumnya juga minum anggur.

Siapa yang tau setelah perjamuan kudus mereka langsung pesta anggur dan makan makanan yang memang disediakan pada saat itu, mereka makan sembarangan, minum sembarangan, makanya jadi lemah, sakit dan meninggal.

Perjamuan itu sendiri tidak ada unsur menyembuhkannya, tetapi kalau perjamuan itu dipandang secara sembarangan menurut saya berdosa, itu salah.

Salam… :slight_smile: