TULIP bertantangan dengan ALKITAB?

sudah saya bilang, ini hanya akal akalan si TS, karena tidak mau menjawap pertanyaan tentang Yeh 33

13 Kalau Aku berfirman kepada orang benar: Engkau pasti hidup! — tetapi ia mengandalkan kebenarannya dan ia berbuat curang, segala perbuatan-perbuatan kebenarannya tidak akan diperhitungkan, dan ia harus mati dalam kecurangan yang diperbuatnya.
14 Kalau Aku berfirman kepada orang jahat: Engkau pasti mati! — tetapi ia bertobat dari dosanya serta melakukan keadilan dan kebenaran,
15 orang jahat itu mengembalikan gadaian orang, ia membayar ganti rampasannya, menuruti peraturan-peraturan yang memberi hidup, sehingga tidak berbuat curang lagi, ia pasti hidup, ia tidak akan mati.
16 Semua dosa yang diperbuatnya tidak akan diingat-ingat lagi; ia sudah melakukan keadilan dan kebenaran, maka ia pasti hidup.

AJARAN YESUS YANG ORISINIL. Izinkan saya memperkenalkan diri, bahwa kami sebagai muslim juga percaya Yesus Kristus (Isa al-Masih AS), namun bukan sebagai Tuhan atau Anak Tuhan, melainkan sebagai nabi dan rosul tidak lebih dari itu, jadi Yesus bukan Tuhan. Dia hanya salah satu utusan Tuhan Yang Esa sebagaimana Abraham, Ishak, Samuel, Yosef, Yakob, David, Solomon, Moses, dan berakhir pada Muhammad SAW.
Berkata Isa: "Sesungguhnya aku ini hamba Allah, Dia memberiku Al Kitab (Injil) dan Dia menjadikan aku seorang nabi “ (al-Qur’an Surat Maryam ayat 30).
Semua ajaran para utusan tersebut pada intinya sama, yakni monoteisme (tauhid),yakni keesaan tentang Tuhan, Yang tidak beranak atau diperanakkan, dan juga ajaran tentang keadilan sosial. Hanya saja rincian aturannya masing2 disesuaikan dengan kondisi masyarakat di zamannya, dari bentuk yang sederhana hingga terakhir yang komplit, yakni Islam yang diajarkan melalui Rasulullah Muhammad SAW.
Kitab suci dari Tuhan juga banyak diturunkan melalui para Rasul tersebut, seperti Kitab Zabur, Taurat, Injil dan al-Qur’an. Masing2 Kitab suci tersebut untuk menyempurnakan Kitab Suci sebelumnya untuk kebutuhan zaman yang makin maju,sekaligus untuk mengoreksi isi Kitab Suci yang telah diselewengkan oleh manusia. Misalnya, penyelewengan yang dilakukan Paulus CS dengan membuat-buat ayat dalam injil tentang ketuhanan Yesus, padahal Yesus tidak pernah sekalipun menyatakan dirinya Tuhan. Ini yang diluruskan oleh al-Qur’an. Bahkan dalam al-Qur’an jelas dinyatakan Yesus sangat malu pada Tuhan karena sebagian manusia menuhankannya,suatu keyakinan yg tidak pernah beliau ajarkan sekalipun.
Dalam al-Qur’an surat ayat 116-117 dinyatakan: Dan (ingatlah) ketika Allah berfirman: "Hai Isa putera Maryam, adakah kamu mengatakan kepada manusia: "Jadikanlah aku dan ibuku dua orang tuhan selain Allah?" Isa menjawab: “Maha Suci Engkau, tidaklah patut bagiku mengatakan apa yang bukan hakku (mengatakannya). Jika aku pernah mengatakannya maka tentulah Engkau telah mengetahuinya. Engkau mengetahui apa yang ada pada diriku dan aku tidak mengetahui apa yang ada pada diri Engkau. Sesungguhnya Engkau Maha Mengetahui perkara yang ghaib-ghaib”. Aku tidak pernah mengatakan kepada mereka kecuali apa yang Engkau perintahkan kepadaku (mengatakan) nya yaitu: “Sembahlah Allah, Tuhanku dan Tuhanmu”, dan adalah aku menjadi saksi terhadap mereka, selama aku berada di antara mereka. Maka setelah Engkau wafatkan (angkat) aku, Engkau-lah yang mengawasi mereka. Dan Engkau adalah Maha Menyaksikan atas segala sesuatu.
Juga mengenai penyaliban Yesus adalah ajaran yg sesat, itulah yg diluruskan. Coba perhatikan terjemahan ayat al-Qur’an berikut: “Sesungguhnya kami telah membunuh Al-Masih, Isa putera Maryam, Rasul Allah”, padahal mereka tidak membunuhnya dan tidak (pula) menyalibnya, tetapi (yang mereka bunuh ialah) orang yang diserupakan dengan Isa bagi mereka.” (QS. 4:157).

Ucapan selamat natal juga ada dalam al-Qur’an,bahkan ketika meninggal dan ketika dibangkitkan oleh Allah. Isa al-Masih berkata,” Dan kesejahteraan semoga dilimpahkan kepadaku, pada hari aku dilahirkan, pada hari aku meninggal dan pada hari aku dibangkitkan hidup kembali".(al-Qur’an Surat Maryam ayat 33).
Jadi, mengenai “kebangkitan” Yesus turun ke bumi kami juga mempercayainya, untuk apa beliau diturunkan lagi ke bumi oleh Allah? untuk menghakimi umat manusia. Siapa manusia itu? orang-orang yg menyelewengkan ajaran-ajaranya.
Siapa yg menyelewengkan? tentu Paulus Cs. Inilah beberapa contoh perbedaan ajaran2 Yesus dan Paulus:
a. Yesus sunat (Lukas 2:21), tetapi Paulus melarang sunat (Roma 2:29; Galatia 5:2).
b. Yesus menyuruh agar manusia menyembah Allah, tetapi Paulus mempertuhankan Yesus. Yesus pernah berdo’a kepada Tuhan,”Eloi, Eloi lamma sabakhtani (Tuhanku-tuhanku, kenapa Engkau tinggalkan aku). Do’a ini menunjukkan Yesus bukan Tuhan melainkan hamba Tuhan.
c. Yesus tdk pernah mengajarkn dosa waris pd manusia.Yesus mengajarkan orang untuk bertaubat sendiri, bukan pada diri Yesus (Matius 18:1-3 dan Lukas 16:19-29). Di Alkitab tertulis bahwa seseorang itu tdk menaggung dosa orang lain (Matius 16:21 dan Yehezkiel 18:20). Pauluslah yg mengajarkan dosa waris (lihat Surat Paulus di Rum 5:12-15). Maka jelaslah bahwa “dosa waris” tidak pernah diajarkan Yesus tapi pelopornya adalah Paulus.
d. Dari beberapa contoh ajaran2 yang telah diajarkan Paulus itu, ternyata hanya kebohongan belaka. Sebagaimana yang dikatakannya sendiri dalam suratnya kepada jemaat di Roma 3:7 seperti berikut: “Tetapi jika kebenaran Allah oleh DUSTAKU semakin melimpah bagi kemuliaan-Nya, mengapa aku masih dihakimi lagi sebagai orang berdosa?”(Roma 3:7).

RENUNGAN :
“Waspadalah supaya jangan ada orang yang menyesatkan kamu! Sebab banyak orang akan datang dengan memakai namaku dan berkata:‘Akulah Mesias’ dan mereka akan menyesatkan banyak orang.”(Matius 24:4-5).

"Bertobatlah, sebab Kerajaan Sorga sudah dekat! (Injil Matius 4:17)

Yang dimaksud kerajaan sorga yang sudah dekat saat itu adalah agama Islam yang di bawa Nabi Muhammad saw pada kurun waktu berikutnya setelah diutusnya Yesus, hal ini diperkuat dengan ayat berikut ini :

“Kerajaan Allah akan diambil dari padamu dan akan diberikan kepada suatu bangsa yang akan menghasilkan buah Kerajaan itu”,(Injil Matius 21:43). Ini artinya, ajaran Yesus akan diteruskan kepada Rasul penerusnya yakni Muhammad SAW agar lebih sempurna sebagai tuntunan agama sampai akhir zaman, agama yang paripurna, yakni Islam.
Dalam al-Qur’an dinyatakan: Dan (ingatlah) ketika Isa Putra Maryam berkata: “Hai Bani Israil, sesungguhnya aku adalah utusan Allah kepadamu, membenarkan kitab (yang turun) sebelumku, yaitu Taurat dan memberi kabar gembira dengan (datangnya) seorang Rasul yang akan datang sesudahku, yang namanya Ahmad (Muhammad)” Maka tatkala rasul itu datang kepada mereka dengan membawa bukti-bukti yang nyata, mereka berkata: “Ini adalah sihir yang nyata”. (AL-Qur’an surat. Ash-Shaff: 6)

Ya pasti dong…
Kehendak Allah terjadi melalui proses, di antaranya melibatkan free-will manusia juga. :slight_smile:

Salam bro nanda , lebih baik you maen maen lah ke islamexpose.blogspot.com sebelum dakwah disini…! :wink:

maaf teman2 saya sibuk sekali hari ini, belum punya waktu menulis panjang lebar mengenai tulip

sabar ya, saya carikan copy paste yang sip :char11:

Ada tanggapan? :azn:

tidak perlu ditanggapai karena tidak melanggar yg dibold merah :

peraturan :

  • sopan tidak boleh ada caci maki
  • tidak boleh menyanggah dg ayat saja, harus ayat + argumentasi / penjelasan
    - tidak boleh OOT

halaman pertama sudah saya update,

ingat peraturan :

  • sopan tidak boleh ada caci maki
  • tidak boleh menyanggah dg ayat saja, harus ayat + argumentasi / penjelasan
  • tidak boleh OOT
    kita murid KRISTUS, bukan orang bar-bar yg tidak punya etika :wink:

hehehe kimz telah berhasil menarik perhatian baik pencinta maupun bukan pencinta bunga TULIP, sayangnya ianya nggak nongol2 lagi …

kalo kimz pemegang duit dan catatan arisan Natal lalu main kabur aje padahal dah mau natalan besok … ugh… ia kita lapor ke polisi, tapi sebelumnya kita jitak rame2 … hahahaha … :char11:

“Limited atonement”: Also called “particular redemption” or “definite atonement”, this doctrine asserts that Jesus’s substitutionary atonement was definite and certain in its purpose and in what it accomplished. This implies that only the sins of the elect were atoned for by Jesus’s death. Calvinists do not believe, however, that the atonement is limited in its value or power, but rather that the atonement is limited in the sense that it is designed for some and not all. Hence, Calvinists hold that the atonement is sufficient for all and efficient for the elect. The doctrine is driven by the Calvinistic concept of the sovereignty of God in salvation and their understanding of the nature of the atonement.

Penebusan terbatas atau “penebusan yang pasti” (Inggris: limited atonement atau “definite atonement”) adalah doktrin dalam teologi Kristen yang terutama berkaitan dengan tradisi Reformed dan merupakan salah satu dari lima poin Calvinisme. Doktrin ini menyatakan bahwa penebusan substitusionari Yesus Kristus di kayu salib adalah terbatas hanya pada lingkup untuk orang-orang pilihan yang telah dipredestinasikan Allah untuk keselamatan. Para Calvinis berpendapat bahwa penebusan itu cukup untuk semua manusia tetapi efisien untuk umat pilihan.

Doktrin mengenai lingkup terbatas (atau luasnya) dari penebusan berkaitan erat dengan doktrin sifat dari penebusan itu. Doktrin ini juga berhubungan dengan skema Calvinis umum mengenai predestinasi. Para Calvinis mendukung teori pemenuhan penebusan, yang dikembangkan dalam tulisan Anselmus dari Canterbury dan Thomas Aquinas. Secara singkat, penyempurnaan Calvinis dari teori ini, dikenal sebagai pengganti hukuman, yang menyatakan bahwa penebusan Kristus membayar hukuman yang disebabkan oleh dosa-dosa manusia - yakni, Kristus menerima murka Allah atas dosa-dosa manusia dan dengan demikian membatalkan penghukuman yang disebabkan oleh dosa-dosa itu.
Pandangan Calvinis mengenai predestinasi mengajarkan bahwa Allah menciptakan sekelompok orang, yang tidak akan dan tidak mampu untuk memilih Dia (lihat kebejatan total), untuk diselamatkan terlepas dari usaha-usaha mereka atau kerjasama mereka, dan orang-orang dipaksa oleh kasih karunia tak dapat ditolak dari Allah untuk menerima tawaran keselamatan yang dicapai dalam penebusan oleh Kristus.
Penebusan Calvinis disebut pasti oleh beberapa karena mereka percaya bahwa itu secara pasti mengamankan keselamatan mereka yang kepadanya Kristus telah mati, dan ini disebut terbatas luasnya karena efek keselamatannya hanya untuk orang pilihan saja. Para Calvinis percaya bahwa kekuatan penebusan adalah tidak terbatas, yang berarti bahwa tidak ada dosa yang terlalu besar untuk dibersihkan oleh pengorbanan Kristus, dalam pandangan mereka. Di antara penganut Baptis Calvinis Inggris, doktrin ini biasanya dikenal sebagai pelunasan tertentu (particular redemption), yang menamai penganutnya dengan Baptis Partikuler (Particular Baptist). Istilah ini menekankan maksud Allah untuk menyelamatkan orang-orang tertentu melalui penebusan, sebagai lawan dari seluruh umat manusia secara umum seperti yang General Baptist percayai.

TULIP runtuh hancur lebur berhadapan dengan Firman Tuhan :slight_smile:

sudah baca peraturan? argumentasi anda mana? kok cuma co pas pendapat orang lain? :

  • sopan tidak boleh ada caci maki
    - tidak boleh menyanggah dg ayat saja, harus ayat + argumentasi / penjelasan
  • tidak boleh OOT
    kita murid KRISTUS, bukan orang bar-bar yg tidak punya etika :wink:

;D ;D ;D :2funny: :2funny: :2funny: :party0048: :party0048: :party0048: :jumping0048: :happy0071:
Penjelasan sepanjang itu kamu gak paham?
;D ;D ;D :2funny: :2funny: :2funny: :party0048: :party0048: :party0048: :jumping0048: :happy0071:

mana ayat yg mendukung teori itu?

ingat :

  • sopan tidak boleh ada caci maki
  • tidak boleh menyanggah dg ayat saja, harus ayat + argumentasi / penjelasan
  • tidak boleh OOT
    kita murid KRISTUS, bukan orang bar-bar yg tidak punya etika :wink:
saya carikan copy paste yang sip
carikan copy paste yg bisa menjelaskan argumen / ayat penolakan P (Perseverance saint) dari TULIP berikut:

Sedikit review tentang point P (Perseverance saint) dari TULIP:

Poin terakhir dari TULIP membahas tentang kepastian keselamatan orang pilihan. Poin ini menegaskan bahwa orang yang sudah selamat pasti akan tetap selamat.
Dari point ini kemudian muncul ajaran OSAS singkatan dari Once Saved Always Saved.

Benarkah demikian?

Banyak ayat Alkitab menentang ajaran ini:

Keluaran 32:33 Tetapi TUHAN berfirman kepada Musa: "Siapa yang berdosa kepada-Ku, nama orang itulah yang akan Kuhapuskan dari dalam kitab-Ku.

Mazmur 69:29 Biarlah mereka dihapuskan dari kitab kehidupan, janganlah mereka tercatat bersama-sama dengan orang-orang yang benar!

Nama org yg telah tercatat di dlm Kitab Kehidupan, ternyata bisa dihapus, jika mereka berdosa.

“Freewill” :coolsmiley:

;D ;D ;D :2funny: :2funny: :2funny: :party0048: :party0048: :party0048: :jumping0048: :happy0071:

pertanyaan saya :

  • apakah anda tahu kitab kehidupan seperti apa ?

kemungkinan :
A. hanya berisikan orang percaya … mendukung argumentasi anda
B. berisikan nama semua orang, dan tuhan hapus satu persatu yg tidak ditentukan selamat … tdk mendukung argumentasi anda

kemungkinan masih 50% 50%,
kecuali anda bisa membuktikan alkitab menegaskan bahwa kemungkinan A yg benar maka anda yg benar
bila tidak, argumentasi anda kurang kuat

“Freewill” :coolsmiley:

;D ;D ;D :2funny: :2funny: :2funny: :party0048: :party0048: :party0048: :jumping0048: :happy0071:

- apakah anda tahu kitab kehidupan seperti apa ?

kemungkinan :
A. hanya berisikan orang percaya … mendukung argumentasi anda
B. berisikan nama semua orang, dan tuhan hapus satu persatu yg tidak ditentukan selamat … tdk mendukung argumentasi anda

kemungkinan masih 50% 50%,
kecuali anda bisa membuktikan alkitab menegaskan bahwa kemungkinan A yg benar maka anda yg benar
bila tidak, argumentasi anda kurang kuat

Ini buktinya (yg mendukung point A) :

Kitab kehidupan mencatat nama-nama orang yang percaya kepada YESUS dan diselamatkan, BUKTI dari ALKITAB: Luk 10:20 Fil 4:3 Wah 20:12,15 Wah 21:27.

Nah saya telah memberikan bukti, jadi argumentasi saya punya dasar yg kuat.

Sekarang silahkan tanggapi argumentasi yg punya dasar yg kuat tsb (yg sudah saya tunjukan bukti tsb).

Tambahan: Point B jelas tidak sesuai dgn Alkitab

B. berisikan nama semua orang, dan tuhan hapus satu persatu yg tidak ditentukan selamat.
Penulisan nama dalam kitab kehidupan sudah dilakukan sejak dunia belum dijadikan (jadi ga ada perihal hapus-menghapus). Ini bisa terlihat dalam 2 ayat Kitab Suci yaitu Wah 13:8 dan Wah 17:8.
  1. Wah 17:8 - “Dan mereka yang diam di bumi, yaitu mereka yang tidak tertulis di dalam kitab kehidupan sejak dunia dijadikan, akan heran, apabila …”.

  2. Wah 13:8 - “Dan semua orang yang diam di atas bumi akan menyembahnya, yaitu setiap orang yang namanya tidak tertulis sejak dunia dijadikan di dalam kitab kehidupan dari Anak Domba, yang telah disembelih”.

Dgn terbuktinya point A DANTIDAK TERBUKTINYA point B, maka ini menguatkan dasar argumen saya.

B. berisikan nama semua orang, dan tuhan hapus satu persatu yg tidak ditentukan selamat
oh jadi awalnya rencananya Allah menyelamatkan semua org, makanya dicatat semuanya,[b] lalu kemudian Allah mengkoreksi rencanaNya[/b] tsb, dan menghapusnya?

Emangnya Allah bisa salah berencana sehingga Ia perlu menghapus rencanaNya semula?hahaha…

luk 10:20 Namun demikian janganlah bersukacita karena roh-roh itu takluk kepadamu, tetapi bersukacitalah karena namamu ada terdaftar di sorga."
fil 4:3 Bahkan, kuminta kepadamu juga, Sunsugos, temanku yang setia: tolonglah mereka. Karena mereka telah berjuang dengan aku dalam pekabaran Injil, bersama-sama dengan Klemens dan kawan-kawanku sekerja yang lain, yang nama-namanya tercantum dalam kitab kehidupan.
wah 20:12 Dan aku melihat orang-orang mati, besar dan kecil, berdiri di depan takhta itu. Lalu dibuka semua kitab. Dan dibuka juga sebuah kitab lain, yaitu kitab kehidupan. Dan orang-orang mati dihakimi menurut perbuatan mereka, berdasarkan apa yang ada tertulis di dalam kitab-kitab itu.
wah 20:15 Dan setiap orang yang tidak ditemukan namanya tertulis di dalam kitab kehidupan itu, ia dilemparkan ke dalam lautan api itu.
wah 21:27 Tetapi tidak akan masuk ke dalamnya sesuatu yang najis, atau orang yang melakukan kekejian atau dusta, tetapi hanya mereka yang namanya tertulis di dalam kitab kehidupan Anak Domba itu.

silahkan baca baik2, kemungkinan B juga tidak ditentang oleh ayat2 diatas,
jadi kemungkinan A & B posisinya 50% 50%

B. berisikan nama semua orang awalnya, dan tuhan hapus satu persatu yg tidak ditentukan selamat … tdk mendukung argumentasi anda

silahkan baca baik2, kemungkinan B juga tidak ditentang oleh ayat2 diatas,

B. berisikan nama semua orang awalnya

Emangnya Allah bisa salah berencana sehingga Ia perlu menghapus rencanaNya semula?hahaha…

B. berisikan nama semua orang awalnya,
jadi pada awalnya, tidak ada rencana utk "Predestinasi"(tidak ada rencana menyelamatkan sebagian org saja)? jadi pada awalnya Tuhan ingin menyelamatkan semua manusia (tidak ada rencana "Predestinasi")?