TULIP bertantangan dengan ALKITAB?

maaf teman2 saya sibuk sekali hari ini, belum punya waktu menulis panjang lebar mengenai tulip

sabar ya, saya carikan copy paste yang sip :char11:

Ada tanggapan? :azn:

tidak perlu ditanggapai karena tidak melanggar yg dibold merah :

peraturan :

  • sopan tidak boleh ada caci maki
  • tidak boleh menyanggah dg ayat saja, harus ayat + argumentasi / penjelasan
    - tidak boleh OOT

halaman pertama sudah saya update,

ingat peraturan :

  • sopan tidak boleh ada caci maki
  • tidak boleh menyanggah dg ayat saja, harus ayat + argumentasi / penjelasan
  • tidak boleh OOT
    kita murid KRISTUS, bukan orang bar-bar yg tidak punya etika :wink:

hehehe kimz telah berhasil menarik perhatian baik pencinta maupun bukan pencinta bunga TULIP, sayangnya ianya nggak nongol2 lagi …

kalo kimz pemegang duit dan catatan arisan Natal lalu main kabur aje padahal dah mau natalan besok … ugh… ia kita lapor ke polisi, tapi sebelumnya kita jitak rame2 … hahahaha … :char11:

“Limited atonement”: Also called “particular redemption” or “definite atonement”, this doctrine asserts that Jesus’s substitutionary atonement was definite and certain in its purpose and in what it accomplished. This implies that only the sins of the elect were atoned for by Jesus’s death. Calvinists do not believe, however, that the atonement is limited in its value or power, but rather that the atonement is limited in the sense that it is designed for some and not all. Hence, Calvinists hold that the atonement is sufficient for all and efficient for the elect. The doctrine is driven by the Calvinistic concept of the sovereignty of God in salvation and their understanding of the nature of the atonement.

Penebusan terbatas atau “penebusan yang pasti” (Inggris: limited atonement atau “definite atonement”) adalah doktrin dalam teologi Kristen yang terutama berkaitan dengan tradisi Reformed dan merupakan salah satu dari lima poin Calvinisme. Doktrin ini menyatakan bahwa penebusan substitusionari Yesus Kristus di kayu salib adalah terbatas hanya pada lingkup untuk orang-orang pilihan yang telah dipredestinasikan Allah untuk keselamatan. Para Calvinis berpendapat bahwa penebusan itu cukup untuk semua manusia tetapi efisien untuk umat pilihan.

Doktrin mengenai lingkup terbatas (atau luasnya) dari penebusan berkaitan erat dengan doktrin sifat dari penebusan itu. Doktrin ini juga berhubungan dengan skema Calvinis umum mengenai predestinasi. Para Calvinis mendukung teori pemenuhan penebusan, yang dikembangkan dalam tulisan Anselmus dari Canterbury dan Thomas Aquinas. Secara singkat, penyempurnaan Calvinis dari teori ini, dikenal sebagai pengganti hukuman, yang menyatakan bahwa penebusan Kristus membayar hukuman yang disebabkan oleh dosa-dosa manusia - yakni, Kristus menerima murka Allah atas dosa-dosa manusia dan dengan demikian membatalkan penghukuman yang disebabkan oleh dosa-dosa itu.
Pandangan Calvinis mengenai predestinasi mengajarkan bahwa Allah menciptakan sekelompok orang, yang tidak akan dan tidak mampu untuk memilih Dia (lihat kebejatan total), untuk diselamatkan terlepas dari usaha-usaha mereka atau kerjasama mereka, dan orang-orang dipaksa oleh kasih karunia tak dapat ditolak dari Allah untuk menerima tawaran keselamatan yang dicapai dalam penebusan oleh Kristus.
Penebusan Calvinis disebut pasti oleh beberapa karena mereka percaya bahwa itu secara pasti mengamankan keselamatan mereka yang kepadanya Kristus telah mati, dan ini disebut terbatas luasnya karena efek keselamatannya hanya untuk orang pilihan saja. Para Calvinis percaya bahwa kekuatan penebusan adalah tidak terbatas, yang berarti bahwa tidak ada dosa yang terlalu besar untuk dibersihkan oleh pengorbanan Kristus, dalam pandangan mereka. Di antara penganut Baptis Calvinis Inggris, doktrin ini biasanya dikenal sebagai pelunasan tertentu (particular redemption), yang menamai penganutnya dengan Baptis Partikuler (Particular Baptist). Istilah ini menekankan maksud Allah untuk menyelamatkan orang-orang tertentu melalui penebusan, sebagai lawan dari seluruh umat manusia secara umum seperti yang General Baptist percayai.

TULIP runtuh hancur lebur berhadapan dengan Firman Tuhan :slight_smile:

sudah baca peraturan? argumentasi anda mana? kok cuma co pas pendapat orang lain? :

  • sopan tidak boleh ada caci maki
    - tidak boleh menyanggah dg ayat saja, harus ayat + argumentasi / penjelasan
  • tidak boleh OOT
    kita murid KRISTUS, bukan orang bar-bar yg tidak punya etika :wink:

;D ;D ;D :2funny: :2funny: :2funny: :party0048: :party0048: :party0048: :jumping0048: :happy0071:
Penjelasan sepanjang itu kamu gak paham?
;D ;D ;D :2funny: :2funny: :2funny: :party0048: :party0048: :party0048: :jumping0048: :happy0071:

mana ayat yg mendukung teori itu?

ingat :

  • sopan tidak boleh ada caci maki
  • tidak boleh menyanggah dg ayat saja, harus ayat + argumentasi / penjelasan
  • tidak boleh OOT
    kita murid KRISTUS, bukan orang bar-bar yg tidak punya etika :wink:
saya carikan copy paste yang sip
carikan copy paste yg bisa menjelaskan argumen / ayat penolakan P (Perseverance saint) dari TULIP berikut:

Sedikit review tentang point P (Perseverance saint) dari TULIP:

Poin terakhir dari TULIP membahas tentang kepastian keselamatan orang pilihan. Poin ini menegaskan bahwa orang yang sudah selamat pasti akan tetap selamat.
Dari point ini kemudian muncul ajaran OSAS singkatan dari Once Saved Always Saved.

Benarkah demikian?

Banyak ayat Alkitab menentang ajaran ini:

Keluaran 32:33 Tetapi TUHAN berfirman kepada Musa: "Siapa yang berdosa kepada-Ku, nama orang itulah yang akan Kuhapuskan dari dalam kitab-Ku.

Mazmur 69:29 Biarlah mereka dihapuskan dari kitab kehidupan, janganlah mereka tercatat bersama-sama dengan orang-orang yang benar!

Nama org yg telah tercatat di dlm Kitab Kehidupan, ternyata bisa dihapus, jika mereka berdosa.

“Freewill” :coolsmiley:

;D ;D ;D :2funny: :2funny: :2funny: :party0048: :party0048: :party0048: :jumping0048: :happy0071:

pertanyaan saya :

  • apakah anda tahu kitab kehidupan seperti apa ?

kemungkinan :
A. hanya berisikan orang percaya … mendukung argumentasi anda
B. berisikan nama semua orang, dan tuhan hapus satu persatu yg tidak ditentukan selamat … tdk mendukung argumentasi anda

kemungkinan masih 50% 50%,
kecuali anda bisa membuktikan alkitab menegaskan bahwa kemungkinan A yg benar maka anda yg benar
bila tidak, argumentasi anda kurang kuat

“Freewill” :coolsmiley:

;D ;D ;D :2funny: :2funny: :2funny: :party0048: :party0048: :party0048: :jumping0048: :happy0071:

- apakah anda tahu kitab kehidupan seperti apa ?

kemungkinan :
A. hanya berisikan orang percaya … mendukung argumentasi anda
B. berisikan nama semua orang, dan tuhan hapus satu persatu yg tidak ditentukan selamat … tdk mendukung argumentasi anda

kemungkinan masih 50% 50%,
kecuali anda bisa membuktikan alkitab menegaskan bahwa kemungkinan A yg benar maka anda yg benar
bila tidak, argumentasi anda kurang kuat

Ini buktinya (yg mendukung point A) :

Kitab kehidupan mencatat nama-nama orang yang percaya kepada YESUS dan diselamatkan, BUKTI dari ALKITAB: Luk 10:20 Fil 4:3 Wah 20:12,15 Wah 21:27.

Nah saya telah memberikan bukti, jadi argumentasi saya punya dasar yg kuat.

Sekarang silahkan tanggapi argumentasi yg punya dasar yg kuat tsb (yg sudah saya tunjukan bukti tsb).

Tambahan: Point B jelas tidak sesuai dgn Alkitab

B. berisikan nama semua orang, dan tuhan hapus satu persatu yg tidak ditentukan selamat.
Penulisan nama dalam kitab kehidupan sudah dilakukan sejak dunia belum dijadikan (jadi ga ada perihal hapus-menghapus). Ini bisa terlihat dalam 2 ayat Kitab Suci yaitu Wah 13:8 dan Wah 17:8.
  1. Wah 17:8 - “Dan mereka yang diam di bumi, yaitu mereka yang tidak tertulis di dalam kitab kehidupan sejak dunia dijadikan, akan heran, apabila …”.

  2. Wah 13:8 - “Dan semua orang yang diam di atas bumi akan menyembahnya, yaitu setiap orang yang namanya tidak tertulis sejak dunia dijadikan di dalam kitab kehidupan dari Anak Domba, yang telah disembelih”.

Dgn terbuktinya point A DANTIDAK TERBUKTINYA point B, maka ini menguatkan dasar argumen saya.

B. berisikan nama semua orang, dan tuhan hapus satu persatu yg tidak ditentukan selamat
oh jadi awalnya rencananya Allah menyelamatkan semua org, makanya dicatat semuanya,[b] lalu kemudian Allah mengkoreksi rencanaNya[/b] tsb, dan menghapusnya?

Emangnya Allah bisa salah berencana sehingga Ia perlu menghapus rencanaNya semula?hahaha…

luk 10:20 Namun demikian janganlah bersukacita karena roh-roh itu takluk kepadamu, tetapi bersukacitalah karena namamu ada terdaftar di sorga."
fil 4:3 Bahkan, kuminta kepadamu juga, Sunsugos, temanku yang setia: tolonglah mereka. Karena mereka telah berjuang dengan aku dalam pekabaran Injil, bersama-sama dengan Klemens dan kawan-kawanku sekerja yang lain, yang nama-namanya tercantum dalam kitab kehidupan.
wah 20:12 Dan aku melihat orang-orang mati, besar dan kecil, berdiri di depan takhta itu. Lalu dibuka semua kitab. Dan dibuka juga sebuah kitab lain, yaitu kitab kehidupan. Dan orang-orang mati dihakimi menurut perbuatan mereka, berdasarkan apa yang ada tertulis di dalam kitab-kitab itu.
wah 20:15 Dan setiap orang yang tidak ditemukan namanya tertulis di dalam kitab kehidupan itu, ia dilemparkan ke dalam lautan api itu.
wah 21:27 Tetapi tidak akan masuk ke dalamnya sesuatu yang najis, atau orang yang melakukan kekejian atau dusta, tetapi hanya mereka yang namanya tertulis di dalam kitab kehidupan Anak Domba itu.

silahkan baca baik2, kemungkinan B juga tidak ditentang oleh ayat2 diatas,
jadi kemungkinan A & B posisinya 50% 50%

B. berisikan nama semua orang awalnya, dan tuhan hapus satu persatu yg tidak ditentukan selamat … tdk mendukung argumentasi anda

silahkan baca baik2, kemungkinan B juga tidak ditentang oleh ayat2 diatas,

B. berisikan nama semua orang awalnya

Emangnya Allah bisa salah berencana sehingga Ia perlu menghapus rencanaNya semula?hahaha…

B. berisikan nama semua orang awalnya,
jadi pada awalnya, tidak ada rencana utk "Predestinasi"(tidak ada rencana menyelamatkan sebagian org saja)? jadi pada awalnya Tuhan ingin menyelamatkan semua manusia (tidak ada rencana "Predestinasi")?

“Freewill” :coolsmiley:

;D ;D ;D :2funny: :2funny: :2funny: :party0048: :party0048: :party0048: :jumping0048: :happy0071:

kok yg 2 ayat lagi ga anda masukkan fren… mau menghindar yaa… :char11:

Wahyu 13:8 Dan semua orang yang diam di atas bumi akan menyembahnya, yaitu setiap orang yang namanya tidak tertulis sejak dunia dijadikan di dalam kitab kehidupan dari Anak Domba, yang telah disembelih.

Wahyu 17:8 Adapun binatang yang telah kaulihat itu, telah ada, namun tidak ada, ia akan muncul dari jurang maut, dan ia menuju kepada kebinasaan. Dan mereka yang diam di bumi, yaitu mereka yang tidak tertulis di dalam kitab kehidupan sejak dunia dijadikan, akan heran, apabila mereka melihat, bahwa binatang itu telah ada, namun tidak ada, dan akan muncul lagi.

bukankah sudah tertulis jelas bahwa… nama-nama org di tulis atau tidak di kitab kehidupan, dilakukan setelah dunia di jadikan.. :coolsmiley:
atau anda mau mengatakan… saat seseorg dipredestinasi selamat sebelum dunia ini di ciptakan, nama mereka sudah di tulis dalam kitab kehidupan… :coolsmiley:

ehmmmm…

  1. Wah 17:8 - “Dan mereka yang diam di bumi, yaitu mereka yang tidak tertulis di dalam kitab kehidupan sejak dunia dijadikan, akan heran, apabila …”.
  2. Wah 13:8 - “Dan semua orang yang diam di atas bumi akan menyembahnya, yaitu setiap orang yang namanya tidak tertulis sejak dunia dijadikan di dalam kitab kehidupan dari Anak Domba, yang telah disembelih”.

disana ada kata sejak dunia dijadikan bukan kata sebelum dunia dijadikan,
apakah saya betul dalam hal ini? ya sejak dunia dijadikan

bukankah predestinasi sebelum dunia dijadikan?
kan ada kemungkinan penghapusannya sebelum dunia dijadikan?
sehingga saat dunia sudah dijadikan yg tersisa adalah mereka yg pasti selamat

jadi point B tidak melawan alkitab

“Freewill” :coolsmiley:

;D ;D ;D :2funny: :2funny: :2funny: :party0048: :party0048: :party0048: :jumping0048: :happy0071: