TULIP dari Calvinisme

Adapun paham yang dicetuskan oleh pemikir Kristen pada abad pertengahan yang begitu terkenal dan dia adalah seorang yang cerdas, dan mengakui kedaulatan Allah sepenuhnya serta yang selalu melakukan pendekatan yang akurat dalam mengenal prinsip Alkitab yaitu John Calvin, dia adalah salah satu bapa gereja reformasi. Dia mencetuskan kelima dasar predestinasi (pemilihan sejak semula yang Allah lakukan) yang sering disebut TULIP.

  1.  Total Depravity.
    

Ketika manusia belum terjatuh dalam dosa, manusia itu baik dimata Allah, murni dihadapan Allah, Allahpun melihat diri-Nya sebagai gambar dan rupa-Nya. Namun itu tidak bertahan lama juga akhirnya, ternyata manusia jatuh dalam dosa. Allah yang dulunya dekat dan bergaul dengan manusia kini mulai memisahkan diri dari manusia, karena Dia tidak hendak kekudusan-Nya dikotori. Manusia yang jatuh kedalam dosa, maka kehilangan kemuliaan yang Allah berikan kepada mereka. Mereka berdosa dan tidak dapat melihat Allah lagi. Dimata Allah manusia sudah rusak, sudah tercemar, dan kotor total dan begitu murtad. Manusia tidak dapat bertanggung jawab atas dosanya.
2. Unconditional Election.
Pemilihan yang Allah lakukan ini adalah hanya semata-mata karena kehendak-Nya. pemilihan yang tidak bersyarat ini sebagai bukti bahwa Allah penuh kasih dan adil. Manusia itu dipilih-Nya sejak semula agar menjadi warga kerajaan-Nya. lalu bagaimana dengan yang tidak dipilih? Yang tidak dipilih akan binasa dalam kebinasaan, mereka adalah orang-orang yang murtad
3. Limited Atonement.
Yesus yang tersalib adalah Yesus Kristus. Dia yang mati dikayu salib dengan makna pengampunan dosa, itu bukan untuk semua manusia berdosa, tetapi untuk orang-orang berdosa yang dipilih Allah. Penebusan ini bersifat terbatas karena bukan untuk semua orang tetapi kepada setiap orang pilihan saja.
4. Irresistible Grace.
Pada waktu Tuhan Allah menyelamatkan seseorang maka orang itu tidak dapat menolak kasih karunia Allah yang memilih Dia sebagai umat-Nya. Dengan demikian orang berdosa itu bertobat dan ia kembali kepada Allah yang memilihnya dan disinilah rencana Allah digenapi.
5. Preseverance Of The Saints.
Orang Kristen yang sejati benar-benar sejati, dia tidak akan pernah berhenti menjadi orang Kristen, meskipun ia murtad dan pergi dari Kristennya kemudian ia kembali lagi kepada Allah, murtad lagi keselamatannya tidak hilang, namun suatu kali ia akan menjadi Kristen lagi. Sebab peranan Roh Kudus begitu kuat untuk menginsafkan dia dari dosa. Apa gunanya Injil? Injil adalah kekuatan Allah yang akan menyelamatkan orang yang percaya. Injil mengandung kuasa ilahi. Tugas kita hanyalah menyampaikannya, maka Roh Kuduslah yang akan berperan mempertobatkan orang itu, kita hanya sebagai alat untuk memberitakannya, sebab Amanat Agung harus dilakukan.

        Banyak orang Kristen menolak paham ini, padahal paham ini punya banyak bukti dalam ayat-ayat Alkitab dan melalui penyampaian rasul Yesus.

Mulai dari Total Depravity dulu deh…

Paham predestinasi ini seakan menghapus penebusan bagi orang yg tidak terpilih dan seakan selain mereka tak ada lagi pengampunan .

Iya mana ayatnya yg mendukung “TOTAL DEPRAVITY” (BEJAT TOTAL), mana ayatnya?

Alkitabiahnya tidak diperlukan karena ane juga bukan pendukung paham ini , terlalu keras seakan tidak ada pengampunan selain yg sdh ditentukan ( predestinasi )

Lha Anda tadi bilang: “paham ini punya banyak bukti dalam ayat-ayat Alkitab”

Ya mari kita bahas, mulai point 1, yaitu TOTAL DEPRAVITY - BEJAT TOTAL.

Karna istilah ini seru banget udah “bejat” ditambahi “TOTAL” pula :slight_smile:

buset
itu mah serem bro
udah bejat, total pula

gak bisa komen,
nonton aja
gak ngerti tentang tulip

Keliatan belangnya, gak tahu tapi cuma mau ngadu domba.
Ayat2 Alkitab sj gak pernah pake, gmn mau ngasih tunjuk?
Sdhlah mending anda bongkar2 lg Trit lama yg udh bejibun.

yang ada bukti ayat kalau bejat total itu salah

Roma 6

  1. Jika demikian, apakah yang hendak kita katakan? Bolehkah kita bertekun dalam dosa, supaya semakin bertambah kasih karunia itu?

Mgkn maksudnya bukan ‘rusak total’ mlainkan ‘rusak meluas’.

makanya wajar…

anda rusak total… :onion-head54:

pengampunan dan keselamatan itu menurut kamu cuma dibaptis doang kan?
nah itu lbh2 rusak lagi, krn mm sangat tdk Alkitabiah

Ini mmg untuk nambah wa2asan bro , untuk denom protestan Calvin diakui sbg bapak Reformed tapi ajaran predestinastinya krg diikuti karena terlalu ekstrim. Trit ini sbg melanjutkan trit brbrp waktu lalu mengapa ajaran Calvin ada yg diikuti dan ada yg tidak ( yg menunjukan bhw pengikut reformed ini hanya mengambil/ mengikuti yg enak2 saja ) . Tulisan ini copas dari situs internet dan seharusnya dipotong sampai pada ajaran kelima sedang pernyataan sesudah itu merupakan statement dari penguploadnya .

Salam

Jadi ?

makanya wajar…

anda rusak total… :onion-head54:

Bacalah lebih lanjut di situs sarapanpagi biblika

oke bro
saya juga berharap 3 sesepuh FK, bro sp, siip dan hen2 turun ke sini
jadi bisa membantu menambah wawasan untuk awam seperti saya

untuk calvinis saya jelas blur banget, jadi saya akan lebih banyak diam, kecuali ada pertanyaan yang mengganjal di hati ya bro
mudah2an dari penganut calvinis ada yang masuk juga bro
jadi diskusi bisa berkembang
bisa membantu menambah wawasan

thanks
salam

sdh pasti gak akan ada yg mau, krn tau TS nya mau mengadu domba, bukan bertanya
members Calvinist tdk akan masuk kedlm jebakan batman abal2 gini

ya namanya juga mudah2an kok bro
ya kita tunggu saja
minimal kita berharap saudara sp, siip dan hen2 mengemukakan tanggapannya beserta penjelasannya

soal TS saya thinking positive dl bro
kita lihat perkembangan
saya tidak mau prejudice dl
sebelum terbukti bersalah, terdakwa pun belum bisa dikatakan bersalah

saya hanya berharap diskusi berlangsung kondusif

mereka bkn dari Calvinist :slight_smile:

Nyatanya dia gak tahu apa2 soal TULIP, cm copas dari situsnya SP :smiley:
jadi terbukti dia cm mau cari gara2 spt Tritnya yg lain tt Tuaian

saya tahu mereka bukan calvinist kok
tapi saya tahu pengalaman mereka banyak
dan saya mengharapkan mereka share pengalaman dan pandangan, untuk menambah wawasan rekan2
itu saja

och gitu
saya kurang tahu
baiklah

kita lihat saja perkembangan berikutnya