TULIP dari Calvinisme

Jangan lupa pake Al-kitab ya sebagai acuannya…

Jangan pake buku yang lain. :2funny:

oke dech

jangan lupa anda belajar membca dl ya
biar ngerti apa yang sedang dibicarakan TS :coolsmiley:

kalo TS nya sesama protestan baru mau,
krn tdka da jebak2an

Orang sok ingin ditinggiksn , ya jadinya direndahkan
Sok ingin terkemuka dan sok ingin diakui ngerti Alkitab

Cuma sok , tong kosong kelontangan

wach soal TS protestan atau tidak
saya kurang mengerti
lihat saja dari jawaban TS
akan keliahatan kok
dia protestan atau bukan
yang pasti sich saya gak ngerti apa2

kalau saya sich cuma pengen nambah wawasan
kalau tidak kondusif ya saya lebih baik jadi silent reader
toch ada momod yang ngawasin
kalo bandel2 juga ntar di setrum momod

kosong klontangan itu ketika ditanya gak tahu apa2
coba liat2 kagi jawabanmu di atas sana ;D

Salut bro , ane jg ingin terus nambah wawasan .
Tuh ane sudah munculkan tulisan di trit yg lain paham yg mungkin nambah wawasan yaitu ( paham ) DEisme . Mudah2an ada yg mau nambahkan seluk beluk paham ini .
Ane sih non denom dan itu berarti ane ngambil dan ngikuti denom manapun yg benar berdasarkan kasih walaupun ane aktif di salah satu denom .

Salam

Ya klo begitu…
Silahkan anda bantuin si TS menunjukan ayat pendukungnya bro…
Karena si TS tidak mampu…

:onion-head43:

Krn Alkitab mnuliskan bhw tidak ada seorangpun yg benar, tidak ada yg mcari Tuhan, ksalehan spt kain kotor, yg timbul dari hati adalah jahat,
Maka pendiri calvinism mnyebut bhw yg mnyebabkan itu smua krn dosa mbuat manusia totally depraved.

kirain ada diskusi apa ini thread ditinggal udah jadi 3 halaman…

makanya
dibilang belajar baca
gak mau denger sich

tuch pembicaraan saya dengan TS
kalo susah baca
dieja dulu gich

ayo dong puh
bagi2 ilmu dan wawasan :slight_smile:

TOTAL DEPRAVITY Kerusakan Total
artinya manusia rusak total, tetapi bukan rusak sampai serusaknya, rusak di dalam arti
TIDAK MENCAPAI STANDARD TUHAN YANG MAHA KUDUS.

Apakah manusia yang telah kehilangan kemuliaan Tuhan dapat mencapai standar BAIK DAN KUDUS, di mata Tuhan ??

Roma 1 : 18 - 32

Bahkan bangsa Israel , mendapat kecaman dari Allah, dimana Allah mengatakan , bangsa ini hanya di bibir saja menyembah AKU, tetapi HATI NYA TIDAK.

Benar, banyak sekali orang melakukan kebaikan, budha, contohnya, tujuan dia melakukan perbuatan baik supaya dia dapat menjadi BUDHA, ini yang namanya MOTIVASI UNTUK DIRI SENDIRI.

Manusia berdosa melakukan perbuatan baik hanya untuk diri sendiri dan keinginannya sendiri,
tidak ada satupun manusia berdosa melakukan perbuatan baik UNTUK PENCIPTANYA, ALLAH TRITUNGGAL.

Hanya orang percaya yang telah di lahir barukan oleh Allah yang mampu melakukan perbuatan untuk Allah, itupun belum sempurna.

Ibr 10
10:22 Karena itu marilah kita menghadap Allah dengan hati yang tulus ikhlas dan keyakinan iman yang teguh,
oleh karena hati kita telah dibersihkan dari hati nurani yang jahat dan tubuh kita telah dibasuh dengan air yang murni.

1 Timotius 4:2
4:2 oleh tipu daya pendusta-pendusta yang hati nuraninya memakai cap mereka.

Lukas 6 : 33
Sebab jikalau kamu berbuat baik kepada orang yang berbuat baik kepada kamu, apakah jasamu? Orang-orang berdosapun berbuat demikian.

Inilah yang di katakan motivasi yang rusak, orang berbuat baik padamu, barulah kamu berbuat baik pada orang.

Itulah yang di tegor Tuhan YESUS, MOTIVASI BERBUAT BAIK, sebagai orang percaya,
Kita berbuat baik, bukan untuk membalas kebaikan orang, itu yang hendak dididik Tuhan YESUS.

BERBUAT BAIKLAH TANPA MOTIVASI YANG NEGATIF, TETAPI BERBUAT BAIK TANPA PAMRIH.

Hati yang batu, hati yang telah tercemar, banyak lagi yang di katakan Alkitab.

Bagaimana kita dapat mengatakan orang berdosa mempunyai hati yang murni dan mau mencari Tuhan???

Seluruh Alkitab mengatakan, Roma tidak ada manusia yang mencari Allah

Manusia bukan saja ingin meninggi kan manusia, manusia juga menolak Firman yang mengatakan , manusia telah tercemar dan rusak.

Total depravity, menyadarkan kita akan ketidak mampuan manusia untuk datang pada Tuhan.

Alkitab mencatat bagaiman manusia yang telah jauh menyeleweng dan kecendrungannya berbuat dosa.

Hanya ketika Tuhan mengulurkan tangan Nya, menarik kita keluar dari lobang dosa, barulah kita dapat menerima anugerah keselamatan Tuhan , melalui lahir baru.

Ini uraian mengacu pada versi ajaran reformed yg mana sis ?

Reform biasa bukan yang extremis.

Dari Bapa gereja dan reformis lain seperti R. C. Sproul, dll

wich
tinggal nunggu bro sp, siip dan hen2 masuk

gak ngerti dan gak mo komen dl
jadi pembaca aja dl

Jadi untuk ttl depr masih bs diselamatkan dg lahir baru menurut versi ini ya, berarti sdh ada jalan tengah untuk predes item 1 ttl depr. Bgmn dg U nya ?

Sebenarnya gampang sekali mengertinya.

Pada saat Adam jatuh kedalam dosa, dosa menjalar ke semua manusia .

Roma 5 : 12

5:12 Sebab itu, sama seperti dosa telah masuk ke dalam dunia oleh satu orang, dan oleh dosa itu juga maut, demikianlah maut itu telah menjalar kepada semua orang, karena semua orang telah berbuat dosa.

5:12 Wherefore, as by one man sin entered into the world, and death by sin; and so death passed upon all men, for that all have sinned:

Semua manusia keturunan Adam dan Hawa telah dijalar dosa, termasuk dunia ini.

Itulah yang disebut Total depravity, dimana manusia tidak mampu mencapai standard Tuhan yang kudus.

Manusia benar2 menjadi :

1 Kor 15 MATI ROHANI
15:22 Karena sama seperti semua orang mati dalam persekutuan dengan Adam, demikian pula semua orang akan dihidupkan kembali dalam persekutuan dengan Kristus.

Kisah Para Rasul 26:18
untuk membuka mata mereka,

  • supaya mereka berbalik dari kegelapan kepada terang dan dari kuasa Iblis kepada Allah,
  • supaya mereka oleh iman mereka kepada-Ku memperoleh pengampunan dosa
  • dan mendapat bagian dalam apa yang ditentukan untuk orang-orang yang dikuduskan.

Maaf ya bro, besok saya teruskan lagi, sementara ini biar total depravity yang didiskusikan.

Terima kasih , semoga berguna.

PREDESTINASI ALKITAB Ef 1 : 4,5 ; Rom 8:29,30

PRE adalah menunjuk pada waktu, yaitu SEBELUMNYA.

DESTINY menunjuk pada tempat tujuan kita.

Didalam kekekalan Allah telah menetapkan keselamatan bagi orang orang pilihan.

Peranan kedaulatan Allah sangat penting di dalam predestinasi.

Pada waktu kita berbicara tentang kedaulatan Allah, kita sedang berbicara tentang OTORITAS ALLAH DAN KUASA ALLAH.

Allah adalah penyebab dari segala sesuatu yang berada di bawah KEDAULATAN ALLAH.

Segala sesuatu hasil ciptaan Allah tunduk pada otoritas Allah.

Bahkan setan dan kejahatannya juga tunduk pada KEDAUALATAN ALLAH , JUGA KEJAHATAN MANUSIA .

Allah dari kekekalan, telah bertindak secara bebas dan tidak berubah untuk menentukan segala sesuatu yang terjadi berdasarkan kehendak kerelaan Nya yang maha bijak dan maha kudus.

Allah berdaulat atas ciptaan Nya, Allah dapat menetapkan hal hal yang belum terjadi dengan cara cara yang berbeda, namun segala sesuatu terjadi atas se ijin Nya.

Segala sesuatu berada di bawah kontrol Allah, tanpa kedaulatan, Allah tidak dapat menjadi Allah, Allah adalah Allah.

Allah didalam kekekalan, bertindak berdasarkan kehendak dan kerelaan Nya yang bijaksana dan kudus , dan tanpa perubahan menentukan segala sesuatu yang akan terjadi.

Namun demikian itu sama sekali bukan berarti bahwa Allah adalah penyebab atau pencipta dosa, dan penyebab dari kejahatan yang ada dalam kehendak ciptaan.

Kebebasan manusia dan kejahatan ada di bawah kedaulatan Tuhan.

Kejahatan masuk melalui kebebasan manusia, manusia adalah penyebab dari dosa.

Allah mengijinkan kejahatan masuk kedalam dunia,namun kejahatan yang di ijinkan Allah itu adalah tetap jahat.

Keterlibatan manusia di dalamnya adalah jahat.

Fakta Allah mengijinkan manusia jatuh ke dalam dosa, tidak membebaskan manusia dari tanggung jawab manusia atas dosa.

Tindakan dosa pertama manusia adalah suatu misteri yang artinya sesuatu yang tidak dapat di mengerti oleh kita.

Adakah suatu alasan bagi Allah untuk mengasihi ciptaan Nya,
yang membenci Nya dan secara terus menerus memberontak melawan otoritas dari kekudusan Nya ???

Apabila ANUGERAH di wajibkan di berikan pada semua orang , berarti itu bukan lagi suatu anugerah.

Karena essensi dari ANUGERAH adalah TIDAK LAYAK DI TERIMA.

Allah selalu mempunyai HAK untuk memberi belas kasihan kepada siapa ia berkenan,
Allah tidak mempunyai HUTANG KEMURAHAN kepada manusia.

Jikalau keputusan terachir bagi keselamatan orang orang berdosa, berada di tangan orang orang berdosa, maka kita akan kehilangan semua pengharapan bahwa ada orang akan di selamatkan.

Allah tidak perlu mendapatkan ijin dari orang berdosa untuk berbuat sesuatu terhadap orang berdosa sesuai dengan kehendak Nya.

Jikalau memang Allah hanya berkenan untuk menyelamatkan sejumlah orang dan tidak semuanya , Rom 9

Hal ini adalah KEDAULATAN DAN HAK PREGROGATIF ALLAH YANG TIDAK DAPAT DIGANGGU GUGAT OLEH MANUSIA CIPTAAN ALLAH Rom 9

Allah tidak berkewajiban untuk menyelamatkan semua orang.

Jikalau Allah memilih untuk menyelamatkan sejumlah orang, itu tidak berarti Allah berkewajiban untuk menyelamatkan orang lain juga.

Alkitab mempertahankan HAK PREROGATIF ALLAH untuk menaruh belas kasihan kepada siapa Ia berkenan untuk berbelas kasihan.

Kalau kita mengatakan bahwa itu tidak adil, kenapa tidak di sama ratakan.

Maka kita harus sadari bahwa memang Allah tidak memperlakukan semua manusia sama rata.

Kita dapat mempelajarinya di dalam Alkitab.

Bagaimana Allah pada mulanya memilih BANGSA ISRAEL DARI ANTARA BANGSA BANGSA, menjadikan Israel satu contoh teladan bagi bangsa bangsa lain

Demikian pula dengan orang orang pilihan Allah, menjadi teladan contoh bagi orang dunia ini.

Sehingga pada hari penghakiman , orang orang dunia tidak mempunyai dalih atas penghakiman mereka.

Mereka melakukan dosa atas keinginan mereka sendiri, bukan dipaksa , tetapi nature mereka adalah berbuat dosa.