tuntutan usia

salam kenal semua aku baru di fk,pgn sharing sekaligus curhat,n perlu jawaban yang bijaksana to helpme.thank b4

this the question:
“wanita karena tuntutan usia harus menikah karena takut di bilang perawan tua apalagi tinggal di kampung dan masyarakat yg amat sangat “peduli”,akan gimana sih sikap kita sebagai orang kristen saat menghadapinya??”

bilang aja belum ketemu orang yang tepat hehehhe…

thank for replay, tapi kalau udah blg gitu n tetep aja maksa gmna :mad0261:

Kalo dari sudut ke-Kristen-an nih baca aja nasehat dari Yesus dan juga dari Paulus di Al-Kitab. (cari sendiri yah… :)) orang-orang yang kaga menikah/single seumur hidup pun diberkati TUHAN karena lebih fokus dalam melayani TUHAN.

Yang penting jangan memaksakan diri… kalau belum ketemu yang cocok, jangan dipaksain, nanti kalo terlanjur udah nikah malah jadi tertekan batin & menyesal… apalagi sampe cerai…

Kalau kamu merasa harus menikah, alasannya apaan… kalo dipaksain orang tua/ tuntunan masyarakat mah bukan berarti tuntutan itu akan berakhir setelah kamu menikah… setelah menikah kamu kemungkinan besar akan dituntut juga oleh suami, mertua, anak2 untuk begini/begono…

Intinya, cuma kamu yang tahu jawabannya, bahkan TUHAN juga hanya bisa membimbing/menuntun kamu mengambil keputusan yang paling tepat :slight_smile:

thank for ed boey bt tanggapannya,
emang apa yang kamu bilang bener, lagian juga gk gampang sih kalau entar udah merit, n resiko itu juga pastinya bisa aja terjadi, tapi semua emang kembali lagi pada Tuhan
Kalau semua terjadi atas kehendak dan rencana Tuhan pasti indah pada waktunya tinggal bisa sabar atau enggak mengunggu.

nah tuhhh dah tau jawabannya heheheh… semoga ketemu yang tepat yaaaa… wait & see…
TUHAN YESUS memberkati…

shalom sahabat~ :angel:

sahabat… aku bisa rasain sih klo diposisi km… coz aku juga kurang lebih sama diposisi km… walaupun dari segi umur mungkin aku msh tergolong aman tapi ortu udah nuntut utk segera merit… :ashamed0004: ada beberapa faktor yg buat ortu ku minta cpt nikah, pertama karena faktor usia mereka yg memang udah sangat tua. kedua krn aku anak bungsu, cwe satu"nya, dan sisa aku aja yg blm nikah… aku slalu berpikir yg positif aja… semua itu mereka lakukan krn mereka mau liat anaknya bahagia… terkadang klo duduk berdua dgn mamaku, mamaku slalu bilang… kapan mau nikah?? mama kan udah tua… selagi mama n papa ada, kami mau liat km bahagia… kata" ini yg slalu membuat aku nangis dihadapan BAPA tentang PH… bukannya aku slama ini gak berusaha,aku udah berusaha semampu aku… aku udah menjalani hub yg serius dgn seseorang tetapi akhirnya harus kandas juga… trakhir aku menjalin hub dgn seseorang yg takut akan Tuhan,kami juga udah komitmen… tetapi akhirnya kandas karena ortunya ga setuju (beda ras)… akhirnya dia memilih utk taat ke ortunya dan mengakhiri hubungan… :slight_smile:
tetapi setiap ortu ku tanya, kapan aku mau nikah? udah ada calon belum?.. aku hanya bisa jawab, belum ma… aku mau bahagiain papa mama dulu… nanti klo udah saatnya tiba pasti aku akan nikah…
sejauh ini kita hanya bisa berdoa sist utk PH dan usaha (dalam arti belajar membuka hati utk yg lain)… terkadang kita sbg wanita susah utk membuka hati krn trauma akan masa lalu… takut disakiti lagi… klo kita ga bisa hapus trauma akan masa lalu kita, kita gak akan bisa melihat kedepan…

Jesus Bless you~

berat amat sis…, ada gak pertanyaan yg lebih gampang gitu…? :char12:

ini persoalan yg rumit…krn ini bukan masalah benar atau salah
tp bagaimana hidup kita bisa di terima org lain dan keluarga kita khususnya

kalaupun blom ada yg nyalonin yaudah bikin partai sendiri aja (dunk…lu kira ini pemilu capres?)
ibarat org politik bilang itu jemput bola…maksudnya yah tunjukkan aja ketertarikan lu sama seseorang
cth:
cew;“mas, masih sendiri ya?”
cow;“loh koq tau?”
cew;"pantesan…soalnya tampangnya kriminal "
cow; &%#^$…(mana nih jurangnya gw pengen lompat dahh ahh…)
maaf…saluran kami terganggu, ada kesalahan dlm tayangan… :smiley:

iya loh… yg merasa senasib post disini ;D
ampun abang sudunk… :love0030: :happy0025: peace ya… damai…
kabur ah sblm orangnya comment… :onion-head86:

aiihh… lempar batu tunjuk tangan lagi… :mad0261:
gw lompat nih…hayoo gw beneran lompat nih… (koq gw yg lompat ya? :ashamed0004: )

^
^
^
pendaftaran dah tutup… tahun depan di buka lagi :rolleye0014:

Sista renawida,
Memang sih org2 sok tahu dan sok menghakimi, emangnya cari pasangan yg cocok itu gampang?ngapain punya pasangan kalo cm spy diliat org? jangan spt itulah mending tyunngu dulu sampai bener2 ketemu yg bener2 cocok, shg pasti diberkati Tuhan.

Usulin aja sama bang mod supaya dibuka Board Kontak Jodoh, siapa tahu melalui Board ini bisa saling mempertemukan.
GBU

khusus buat yg blm punya jodoh, yg sdh punya VERBODEN gt.

Masih banyak ikan dilaut… banyak yg udah ngomong…

Wah…sama nih sist… :smiley:
Yang bisa kita dilakukan terutama itu doa…
Doa supaya Tuhan yang meyakinkan dan melembutkan hati orang tua sehingga mau ngerti keadaan kita dan mau ikut bersabar bersama kita.
Trus doa juga supaya Tuhan yang ngasi kita kekuatan dan kepekaan untuk tau kehendak Tuhan dalam hidup kita soal PH.

Smangat yaaa :happy0025:
skalian nyemangatin diri sendiri :ashamed0004:

Bingung juga ya, aku sendiri gak lagi tinggal di masyarakat yg usil.

Tapi ya entahlah aku masih kecil jadi masih lom berkapasitas memberi jawaban :*

blm 20tahun ya?