tutup forum ini

baca ya titus3:9-10 baca aja deh diri
sy mau tanya apkah yg dibicarakan itu sperti FK ini??
tapi sbenerny asik FK ini … tapi klo dilarang bgini gmn paulus yang mengatkan itu

sbnrnya bukan dtutup kok tp hatinya masing2 member yg di koreksi. forum ini sebatas memberikan wadah tp kl membernya demannya spt itu…hehe

peace member

:afro:
apkah ini forum perdebatan???

Kis 9:28 Dan Saulus tetap bersama-sama dengan mereka di Yerusalem, dan dengan keberanian mengajar dalam nama Tuhan.
Kis 9:29 Ia juga berbicara dan bersoal jawab dengan orang-orang Yahudi yang berbahasa Yunani, tetapi mereka itu berusaha membunuh dia.

Berdebat itu biasa dalam kekristenan. Bahkan jika sampai terancam nyawanya.
:slight_smile:

Setdah :cheesy: anak2 Tuhan moso ‘cengeng’ ? :cheesy: …
katanya ‘militan’ :char11: koq masih bisa2nya maen hati (jd sakiit atii :cheesy: )… katanye udah se-gambar en serupe DIA, koq ga “sama” ?? :char11:
cqcqcq khan keciaan saia yg masih perlu belajaarr bwanyaq di mareee - - - ^^

“But avoid foolish controversies and genealogies and arguments and quarrels about the law, because these are unprofitable and useless. Warn a divisive person once, and then warn them a second time. After that, have nothing to do with them.”

Peringatkan mereka satu kali, lalu dua kali, jika tidak didengar ya jangan diteruskan, yang jadi masalah di FK, sudah tau beda dan tidak bisa disatukan, masih saja dibahas dan coba cari jalan tengahnya, makanya jadi “useless”

Contoh nyata ya debat Katholik dan Protestan di FK ini.

shut up ajah biar kagak padha berantem =)

Mungkin karena protestannya kurang berkualitas. Kalo yg berkualitas seperti bro SP, bro CB, bro Sipp, bro nuansa dll dulu, nyatanya asik-asik aja. Debatnya tingkat tinggi dan bisa dinikmati. Gak mudah ad hominem dan bisa memberi insight dan tambahan ilmu. Tapi coba bandingkan sama member-member yang suka ngeblog sembari ngatain member lain sampah dan penyembah berhala. Beda banget kan “isi” nya?

:slight_smile:

Ini forum diskusi, memberikan argumentasi . Bukan ajang untuk memperingati (memberi warning) orang lain. :slight_smile:

GBU

titus3:9-10
jauhilah perdebatan-perdebatan yang tidak berguna cerita asal-usul
:slight_smile:

berdebat tidak dilarang, Allah sendiri bisa mengajak manusia “berdebat” (beperkara) :

* Yesaya 1:18
LAI TB, Marilah, baiklah kita beperkara! – Firman Tuhan – Sekalipun dosamu merah seperti kirmizi, akan menjadi putih seperti salju; sekalipun berwarna merah seperti kain kesumba, akan menjadi putih seperti bulu domba.
KJV, Come now, and let us reason together, saith the LORD: though your sins be as scarlet, they shall be as white as snow; though they be red like crimson, they shall be as wool.
Hebrew,
לְכוּ־נָא וְנִוָּכְחָה יֹאמַר יְהוָה אִם־יִהְיוּ חֲטָאֵיכֶם כַּשָּׁנִים כַּשֶּׁלֶג יַלְבִּינוּ אִם־יַאְדִּימוּ כַתֹּולָע כַּצֶּמֶר יִהְיוּ׃
Translit, LEKHU-NA VENIVAKHKHAH YOMAR YEHOVAH 'IM-YIHYU KHATAEIKHEM KASYANIM KASHELEG YALBINU 'IM-YADIMU KHATOLA KATSEMER YIHYU

Marilah, baiklah kita beperkara!”, sebuah istilah lain dalam pengadilan “marilah kita saling menuntut” sebagai penggugat dan tergugat.

Dalam perkara ini Allah meski menunjuk dosa-dosa Israel, namun Ia tidak langsung “ketok palu” pokoknya kamu berdosa titik! Tapi sebaliknya Ia mempersilahkan umat beperkara denganNya, sehingga keluar statement : “—Sekalipun dosamu merah seperti kirmizi, akan menjadi putih seperti salju; sekalipun berwarna merah seperti kain kesumba, akan menjadi putih seperti bulu domba”. Pada ayat-ayat selanjutnya Allah menuntut respons mereka terhadap tawaran anugerah pengampunan, yaitu jika mereka mau meninggalkan kejahatan mereka.

Meski Allah bisa melakukan kehedakNya secara absolut, tapi Allah tidak “memprogram” Yesaya seperti robot atau seperti budak yang tidak boleh mempertanyakan setiap tugas yg diberikan. Sebaliknya seperti dua orang yang bercakap-cakap secara “equal” Ia berkata “Marilah, baiklah kita beperkara!”, (Ibrani VENIVAKHKHAH, harfiah : kita saling mengkoreksi). Emangnya Yesaya yang juga manusia itu siapa, sampai bisa punya pekara/ saling tuntut/ saling mengoreksi sama Tuhan?.

Asyik, kan…

TUHAN Allah memperlakukan manusia yang punya free-will, punya akal, punya hati nurani untuk menelaah apa yang diinginkan Allah. Jangan takut menghadapi suatu pemahaman Alkitab yang berbeda, karena walaupun berbeda, akan selalu ada kemungkinan perbedaan itu akan menuju kepada pemahaman yang sama.

Silahkan Alkitab diperdebatkan, ajaran2nya dipertanyakan, didiskusikan terus-menerus, kalau tak pernah bertanya, artinya tidak pernah belajar.

* Amsal 27:17
Besi menajamkan besi, orang menajamkan sesamanya.

Sikap kritis itu baik, saya pribadi menghargai sikap yang orang2 Kristen yang demikian, ini lebih baik daripada jadi Kristen hanya telen mentah semua ajaran pendeta di mimbar.
Dengan belajar terus-menerus, dan saling mengoreksi satu sama lain, suatu hari kita akan mendapat jawabannya, karena Roh Kuduspun mengajar umat secara pribadi.

yang harus diwaspadai adalah sikap masa bodoh dan mau gampangnya saja.
A =perdebatan
B = perdebatan YANG TIDAK BERGUNA

apakah lantas A = B dan B = A?

dalam alkitab versi bahasa indonesia sehari-sehari
ayat 9 jauhilah perdebatan-perdebatan yang tidak berguna, cerita asal usul, pertengkaran dan perkelahian mengeni hukum agama semuanya itu tidak ada gunanya dan untungnya
nah mugnkin itu yang dimaksud itu perdebatan yang kurang sehat … kalo fk kan enggak

Tuhan Yesus sendiri memperdebatkan hukum agama, masa pengikutNya tidak boleh?

Re: tutup forum ini
daripada nutup FK ini lebih gampang nutup ID
TS mau daftar? :slight_smile:

Ya capee deh…jadi di dalam forum diskusi tidak ada ajang peringatan antar sesama? Anda itu cuma mau cari gara-gara saja dengan saya, kalau anda merasa jiwa anda terganggu oleh saya, ga pa-pa, itu masalah anda. Daripada anda dendam sama saya lebih baik energinya dipakai masak telur bro.

Kalau anda tidak dendam terhadap saya, anda tidak akan reply tiap postingan saya, apapun postingan saya pasti anda reply, ujung-ujungnya dihapus moderator.

Bro, tau malu sedikit, sudah tua… ;D

Ngakunya tahun lalu masih mahasiswa di Bandung koq bro. Jadi masih muda lah. Kliatan darah mudanya…
hehehe…

tutup koneksi ke forum ini aje
pis psi =)

Loh saya hanya mengatakan ini adalah forum diskusi. Bukan ajang untuk memperingati (memberi warning) orang lain. ( kecualli moderator).

Koq mas jadi sewot begini :tongue:
Jangan suka bawa-bawa perasaan melankolis kalau berdiskusi, koq kayak ceweq lebay aja. Cobalah fokus pada alur diskusi bukan fokus pada perasaan yang gak-gak :coolsmiley:

GBU