Ukuran Yerusalem Baru

Mengacu pd Wahyu 21:15 sebagai dasar perhitungan, sbb: “Kota itu bentuknya empat persegi, panjangnya sama dengan lebarnya. Dan ia mengukur kota itu dengan tongkat itu: dua belas ribu stadia; panjangnya dan lebarnya dan tingginya sama.”

Seberapa besar kota itu? menurut ayat tadi adalah 12.000 stadia panjang dan lebar, di mana panjang 1 stadia = 607 feet = 1400 mil. Ini berarti 2.253 kilometer panjang dan lebarnya, berbentuk empat persegi dan pastinya lebih besar dari India. Pengukuran ini boleh diambil secara literal karena digambarkan sebagai pengukuran manusia (Wahyu 21:17).

Bahkan lebih mencengangkan adalah tinggi yang juga setidaknya 1.400 mil (Wahyu 21:16). Ini melampaui atmosfer bumi dan sampai ke ruang angkasa. Jika ianya sebuah gedung bertingkat dgn tinggi 3.5m per lantai maka gedung itu akan mempunyai lebih dari 600.000 lantai!

Karena kota ini setidaknya 1.400 mil panjang, lebar dan tinggi, itu bisa berbentuk seperti kubus atau piramida. Tapi bentuk kubus agaknya lebih tepat karena seperti tempat Maha Kudus di bait Salomo (1 Raja-raja 6:20) yg berbentuk kubus.

http://www.purechristiangraphicdesign.com/wp-content/uploads/The-New-Jerusalem-golden-city-667x798.jpg

Untuk memberikan gambaran yang lebih baik seberapa besar Yerusalem Baru akan terlihat di Bumi dgn kota yg berbentuk kubus.

Di Amerika Utara:

Di Timur Tengah:

Jika posisi anda cuma 1.5 km jauhnya dari kota, Anda tidak akan bisa melihat bagian atasnya, tapi dimungkinkan jika anda berada 150 km dari kota. Pada 8000 km, maka akan tampak kota itu 130x lebih besar dari bulan. Agar tampak seukuran bulan, Anda harus pada posisi 258.000 km jauhnya.

Sebelum disalibkan, Tuhan Yesus memberitahu Petrus:
Di rumah Bapa-Ku banyak tempat tinggal jika tidak demikian, tentu Aku mengatakannya kepadamu. Aku pergi untuk menyediakan tempat bagimu (Yohanes 14:2)

Berapa banyak? Wahyu 7:09 menyebutkan jumlah tak terhitung orang di Surga.

Dalam ayat ini Yesus juga mengatakan tempat akan disiapkan untuk kita. Tentunya kita semua memiliki bayangan tentang sebuah rumah yang ideal. Sebagian dari kita ingin rumah yg besar. Lainnya mungkin cukup senang dengan tipe kondominium atau townhouse. Pastinya kita akan menerima tempat yg pas sesuai selera kita.

Detailnya spt apa? suatu harta di Surga yang abadi (1 Pet. 1:4). Ini berlaku untuk rumah kita. Di Bumi Baru tidak akan ada lagi kutuk, sehingga rumah kitapun tidak akan tunduk terhadap keausan. Ini termasuk tidak adanya pelapukan atau kerusakan cat pd dindingnya.

Bagaimana dgn ruangannya? Alkitab mengatakan bahwa kita akan memiliki teman-teman yg mengunjungi tempat tinggal kekal kita (Lukas 16:09). Jadi kita mungkin akan punya ruangan khusus untuk ini, semacam guest room gitu. Bagaimana dgn kamar tidur untuk beristirahat? Istirahat tersirat (Ibr 4:1-11, Wahyu 14:13). Sebuah ruang makan untuk makan buah dari kebun-kebun anggur (Yesaya 65:21) juga dimungkinkan.

Yerusalem Baru adalah sebuah kota, dan kota memiliki rumah & fasilitas umum. Banyak rumah akan berada di kota ini. Berapa banyak rumah yg akan ada? dengan luas Yerusalem Baru yg 1.400 X 1.400 mil akan dapat memuat 10+ miliar rumah dengan jalan-jalan dan tempat-tempat lain.

Yerusalem Baru juga terbuat dari emas yang transparan (Wahyu 21:18). Apakah kita masih memiliki privasi jika dinding rumah kita transparan? Kitab Wahyu mengatakan kita akan diberi batu putih dengan nama masing2 (Wahyu 2:17) yang hanya diketahui oleh Tuhan dan penerima tanpa harus diketahui oleh umum. Ini menyiratkan sebuah hunian eksklusif yg tetap menjaga privasi kita.

Apakah akan ada rumah di luar Yerusalem Baru? Alkitab mengatakan kemuliaan dan hormat akan dibawa ke Yerusalem Baru dari bangsa-bangsa (Wahyu 21:26). Bangsa2 membutuhkan tempat untuk tinggal. Alkitab juga mengatakan bahwa kita akan membangun rumah (Yesaya 65:21). Jadi kayanya kita akan bisa membangun rumah di luar Yerusalem Baru (atau bahkan di planet lain.)

sumber: New Jerusalem

Ilustrasinya cukup bagus TAPI kita tidak tau ukuran BUMI YANG BARU itu? siapa tau jauh lebih besar dari bumi yang skr, misal sebesar jupiter saja (~ 1300x ukuran bumi) maka Yerusalem baru tidak aneh bentuknya.

n.b : Gara-gara berita Trump mengakui yerusalem menjadi ibu kota israel, akhirnya mampir ke sini :smiley:

Thanks bro, atas penjelasannya…

saya Pribadi Percaya Surga itu adalah Tempat yang

  • Real
  • benar benar ada,
  • nyata dan bukan simbol…

betul betul ada dan berwujud sebagai sebuah kota Allah…

Jangan takut tidak ada tempat di sorga, Tuhan Yesus berjanji menyediakan tempat bagi kita, jangan takut kehabisan tempat…

surga bukan hoax,
surga bukan angan angan,

Surga itu ada, nyata, literal…
dan Semua manusia yang mau diselamatkan muat di dalamnya… :smiley: :smiley: :smiley:

salam
TYM

Sebagai tambahan informasi.

Ketika saya mencoba membandingkan ukuran kota tersebut yg dijabarkan dalam kitab Wahyu dengan peta dunia.

Kalau dibandingkan dengan peta dunia saat ini, Kota Yerusalem Baru ini 1/3 luas Indonesia, hampir memenuhi Australia, hampir 1/2 kali USA.
Dan bila ada di Timur tengah, kota ini bisa menutupi wilayah Mesir, Yordania, Israel, Palestina, Libanon, Suriah, Irak , 2/3 Turki dan sebagian Arab Saudi.

Sumber :


https://alkitab.sabda.org/dictionary.php?word=Stadia