Ular Beludak

Ada org yg menggugat mengenai kisah pembabtisan di sungai Yordan ketika Yohanes memanggil orang-orang Farisi dan Saduki yang minta dibabtis dengan julukan sarkasme “Hai kamu keturunan ular beludak!” (Matius 3:7, Lukas 3:7) kira2 ada yg bisa mencerahkan gak maksud sebenarnya.

Yesus Sang pencipta manusia mengetahui siapa siapa yang keturunan Adam dan siapa siapa yang keturunan ULAR BELUDAK

GBU

dari om wiki…

Ular Beludak adalah sekelompok ular berbisa, familia Viperidae. yang ditemukan hampir di seluruh bagian dunia kecuali Antartika, Australia, Irlandia, Madagaskar, Hawaii, berbagai pulau terisolasi, dan kawasan dingin di atas Lingkar Kutub. Semua jenis ular beludak memiliki taring yang panjang yang berguna menyuntikkan bisa (racun). Diketahui terdapat empat sub-familia.

Semuanya dikategorikan keluarga beludak. Beludak biasanya memakan binatang mengerat dan binatang kecil lainnya, melumpuhkan mereka dengan gigitan berbisa. Kebanyakan binatang kecil langsung mati karena bisa ini.

Eksperimen menyimpulkan bahwa ular ini mampu memutuskan berapa banyak bisa yang akan ia suntikkan bergantung kepada situasi. Dalam banyak kasus jumlah bisa ditentukan berdasarkan ukuran ular, makin besar ukurannya makin banyak bisa yang dikeluarkannya. Kebanyakan jenis beludak bila tidak merasa terancam akan berusaha menghindar dari manusia, namun hal ini tergantung dari jenisnya. Untuk menghindari gigitan beludak, dianjurkan menggunakan sepatu bot dan celana panjang dari kulit atau kanvas. Gigitan beludak dapat menyebabkan kematian, namun bila ditangani dengan penangkal racun secara cepat, tingkat kematian dari gigitan beludak adalah kurang dari 4%.

mengutip dari beberapa penafsir:

Beberapa penafsir mengatakan bahwa ini mungkin mengacu kepada ular gurun yang bertanduk dari Arabia dan Mesir. Kepalanya berbentuk segitiga dan berkulit kasar.

yang sedikit mirip deskripsinya dengan HORNED VIPER BERIKUT…

Ditemukan di padang pasir Afrika Utara dan Timur Tengah, ular ini memiliki tanduk kecil, biasanya berukuran 50 cm. Mereka memiliki sepasang tanduk di atas mata, tetapi ada juga beberapa individu yang tidak punya atau hanya tumbuh sedikit.

Viper bertanduk ini secara resmi bernama “Cerastes Cerastes”.

Gigitannya menyebabkan kesulitan bernafas, pembekuan darah, rasa sakit dan bengkak, sampai kematian. Untungnya, ular beludak ini biasanya tinggal jauh dari pemukiman manusia, sudah sangat langka dan salah satu ular yang dilindungi.


di matius 3 :7 kita lengkapi dengan ayat 9 nya karena memang objek dan proses penyebutannya ada disana…

Matius 3:7-9

3:7 Tetapi waktu ia (Yohannes pembabtis) melihat banyak orang Farisi dan orang Saduki datang untuk dibaptis, berkatalah ia kepada mereka: "Hai kamu keturunan ular beludak. Siapakah yang mengatakan kepada kamu, bahwa kamu dapat melarikan diri dari murka yang akan datang?

3:8 Jadi hasilkanlah buah yang sesuai dengan pertobatan.

3:9 Dan janganlah mengira, bahwa kamu dapat berkata dalam hatimu: Abraham adalah bapa kami! Karena aku berkata kepadamu: Allah dapat menjadikan anak-anak bagi Abraham dari batu-batu ini!

yah sesuai dengan ayat itu…
bila scara kasat mata… bahwa mereka terlalu menganggap Abraham adalah bapa mereka, bapa orang percaya dan bapa yang mengikat perjanjian langsung dengan Allah…

ibaratnya beberapa orang anak dalam keluarga, yang memiliki ayah yang kaya, terpandang terhormat dan disegani banyak orang, namun anaknya bandel2… jadi anak-anaknya tersebut memanfaatkan ayahnya yang terpandang, sehingga layak bagi mereka untuk bandel…

bgitu mungkin pemahaman scara sederhananya…

namun Yohannes melanjutkan… jangan kamu sangka kalau Allah tidak sanggup menjadikan dari batu2 ini, anak2 dari Abraham…

mengapa Yohannes begitu…? menyebut mereka keturunan ular beludak…?? (yang menurut sedikit sarkasme?)

yah karakter mereka orang farisi dan saduki yang sedikit banyak sperti ular beludak…
:smiley: yang fatal, mematikan dan menyakitkan…
jadi bukan sarkasme, melainkan lebih tepat mungkin karena sesuai dengan sifat mereka…
sperti ular yang menancapkan bisanya, agar targetnya ga bisa bernafas, dan mati…

bukankah dari pihak orang2 farisi dan saduki yang membuat pertanyaan2 motivasinya agar bisa menjerat Yesus?? pertanyaan2 dan prasangka2 buruk yang tujuannya untuk menjerat Yesus seperti dibawah ini…

lukas 12:13 : kemudian disuruh beberapa orang farisi dan horidian kepada Yesus untuk menjerat Dia dengan pertanyaan

Luk 11:53
Dan setelah Yesus berangkat dari tempat itu, ahli-ahli Taurat dan orang-orang Farisi terus-menerus mengintai dan membanjiri-Nya dengan rupa-rupa soal.

Luk 5:30
Orang-orang Farisi dan ahli-ahli Taurat bersungut-sungut kepada murid-murid Yesus, katanya: “Mengapa kamu makan dan minum bersama-sama dengan pemungut cukai dan orang berdosa?”

Mat 22:23
Pada hari itu datanglah kepada Yesus beberapa orang Saduki, yang berpendapat, bahwa tidak ada kebangkitan. Mereka bertanya kepada-Nya:

Mat 16:1
Kemudian datanglah orang-orang Farisi dan Saduki hendak mencobai Yesus. Mereka meminta supaya Ia memperlihatkan suatu tanda dari sorga kepada mereka.


Yang pasti saya ini keturunan Adam ya sista :onion-head23:

GBU

Coba atuh urutkan silsilahnya
Tapi biasanya sih orang yang pro perpuluhan wajib adalah keturunan orang parisi (yang takut bakul nasinya di jungkirbalikan oleh Yesus melalui kematianNya.

GBU

bang, BTT aje dah, ntar rame lagi ;D ;D ;D ;D ;D :happy0025:

Lha kan ini masih dalam topic dimana orang parisi yang dimaki sebagai keturunan Ular beludak, maka keturunan orang parisi adalah keturunan ular beludak juga tentunya bukan ??
GBU

Kalau sista keturunan siapa ? :onion-head33:
Sekarang jadinya ada tiga teori : keturunan monyet (teori darwin), keturunan ular beludak, keturunan Adam.

Tetapi Adam adanya di PL, sedangkan PL sudah habis masa berlaku dan sudah batal.
Tersisa dua teori sista, keturunan monyet ama keturunan ular beludak :smiley:

GBU

“Ular”, disamping memiliki makna-makna negatif, istilah figuratif “ular” juga bisa bermakna positif. Diberikan sebagai lambang berkat, misalnya :

* Kejadian 49:17
LAI TB, Semoga Dan menjadi seperti ular (NAKHASY) di jalan, seperti ular beludak (SYEFIFON) di denai yang memagut tumit kuda, sehingga penunggangnya jatuh ke belakang.
KJV, Dan shall be a serpent by the way, an adder in the path, that biteth the horse heels, so that his rider shall fall backward.
Hebrew,
יְהִי־דָן נָחָשׁ עֲלֵי־דֶרֶךְ שְׁפִיפֹן עֲלֵי־אֹרַח הַנֹּשֵׁךְ עִקְּבֵי־סוּס וַיִּפֹּל רֹכְבֹו אָחֹור׃
Translit, YEHI-DAN NAKHASY {ular} 'ALEY-DEREKH SYEFIFON {horned snake/ ular bertanduk} 'ALEY-'ORAKH HANOSYEKH 'IQEVEY-SUS VAYIPOL ROKHEVO 'AKHOR

(Bandingkan gelar “Keledai” bagi Ishakar juga bermakna positif, lihat di http://www.sarapanpagi.org/suku-isakhar-vt264.html#p1592 dan bagi Ismael juga dalam makna positif, di http://www.sarapanpagi.org/ismael-keledai-liar-vt265.html )

saya tidak mengurung diri untuk figuratif ular juga ada yang bermakna positif

PlL yang sudah habis masa berlakunyal, kan masih saya simpan, uang 50.000 seri pak ato juga msih sata simpan :angel:

Perlu buat ngebuktiin pada keturunan ular beludak bahwa mereka adalah keturunan ular yang diciptakan hari ke lima, nah kalau sis ga bisa buktiin silsilahnya pake PL yang sis anggap masih berlaku jadinya sis itu keturunann apa ya !!!

GBU

Saya keturunam manusia Adam dong, sista :onion-head23:

DNA saya kan manusia Lain dong dengan DNA ular beludak.
Justru bagi sista ini, PL sudah habis masa berlaku dan sudah batal. Jadi teori manusia keturunan Adam bagi sista tidak berlaku lagi.

Adanya 2 teori yaitu teori Darwin: yaitu keturunan monyet, dan keturunan ular beludak.
Sista ini keturunan mana di antara dua itu (pilihan Adam bagi sista sudah tidak berlaku loh sis ). :smiley:

GBU

Lha dari PL kan sis ngga bisa ngebuktiin bahwa sis keturunan adam bukan ??/
karena silsilahnya engga tertulis disana, jadi sis cuma ngaku ngaku saja keturunan Adam :tongue:

Ayau maksud sis , sis mau ngaku bahwa sis adalah keturunan DAUD yang dalam bahasa inggrisnya [b] DAVID [/b} ???
itu sih bukan keturunan tapi kloningan atau ber evolusi darwin :tongue: :rolleye0014:

GBU

Istri dari Adam dikasih nama Hawa oleh Tuhan, karena Hawa itu ibu dari semua manusia. Dan Adam sendiri artinya adalah manusia.
Jadi jelas bahwa semua yang disebut manusia adalah keturunan Adam dan Hawa. Getoo…

Kalau ular beludak, boleh tahu sejarahnya hingga bisa melahirkan manusia ?

GBU

Salam damai sejahtera dalam Kristus Yesus

Orang-orang Farisi dan Saduki diumpamakan keturunan ular beludak, karena mereka akan menjadi orang-orang yang mencobai.

Orang-orang yang menerima baptisan air dari Yohanes Pembaptis seharusnya akan menjadi orang yang percaya bahwa tidak ada manusia yang benar dan mereka semua berbuat dosa.
Tetapi orang-orang yang menaruh harapan kepada hukum Taurat percaya bahwa setelah memberikan persembahan korban maka mereka menjadi suci dan benar kembali.

Yang diinginkan Yohanes Pembaptis dari orang-orang Farisi dan orang-orang Saduki adalah mereka percaya bahwa hukum Taurat tidak membawa keselamatan dan mereka tidak mencobai setiap orang lagi dengan hukum Taurat.

kalau sis mengakui Yesus sebagai Tuhan , tentunya sis akan percaya bahwa setiap perkataam yaesus adalah “Kebenaran” karena Yesus berperan serta pada waktu penciptaan sehingga beliau itu Tahu siapa siapa yang keturunan ular beludak.
Adanya keturunan ular beludak tidak perlu disangsikan lagi , firman yang keluar dari mulut Yesus adalah benar benar Firman allah, karena Yesus adalah sang Firman itu sendiri

Yesus adalah BENAR BENAR TUHAN, dan bukan TUHAN GAYA MUSA

GBU

Jadi sis marcell percaya bahwa teori evolusi darwin benar gitu?? :onion-head33: :smiley:

saya sih percaya sama perkataan yesus , bahwa perkataan Yesus adalah Firman allah yang sebenarnya , bukan perkataan iblis atau perkataan --dugaan tokoh alkitab yang diangkat menjadi “Firman Tuhan”
lihat saja signature saya

GBU

Kalau begitu, harusnya sista percaya juga donk bahwa Petrus adalah rasul jelmaan iblis di ayat ini : :smiley:

Mat_16:23 Maka Yesus berpaling dan berkata kepada Petrus: “Enyahlah Iblis. Engkau suatu batu sandungan bagi-Ku, sebab engkau bukan memikirkan apa yang dipikirkan Allah, melainkan apa yang dipikirkan manusia.”

GBU