Umat dan Tuhan saling MENUNGGU

Banyak umatNya yang menunggu berkat dan kasih karunia Tuhan lain dalam hidupnya , sedangkan Tuhan juga sedang menunggu tindakan umat yang katanya MEMPERCAYAKAN hidupnya kedalam tangan Tuhan tetapi faktanya masih hidup menurut jalan-jalannya sendiri tidak mau hidup dijalan TERANG yang Tuhan tunjukkan , “ Jadi antara umat dan Tuhan saling menunggu ”

Rencana Tuhan bagi umatNya adalah untuk memulihkan segala sesuatu , Kisah para Rasul 3 : 21 dan itu pasti digenapi karena Tuhan tidak pernah lalai menepati janji-janjiNya . Bilangan 23 : 19 . Soal cepat dan lambat PEMULIHAN sebetulnya tergantung dari KETAATAN umat MAU atau TIDAK hidup dalam KEBENARAN untuk dibawa kepada rumput yang hijau dan air yang tenang . Yohanes 10 : 10b . Seperti bangsa Israel ketika mau berbalik dari jalan hidup yang tidak berkenan ( masih ada ikatan berhala dalam hidupnya ) , maka Tuhan memulihkan hidup mereka . 1 Samuel 7 : 3 .

Lewat kebenaran Firman Tuhan yang tertulis dalam , Yesaya 30 : 18- 22 , kita melihat ;

1. Tuhan menanti-nantikan saatnya hendak menunjukkan kasihNya kepada umat , Artinya Tuhan justru menantikan langkah hidup umat mau diarahkan dan dituntun untuk menuju PEMULIHAN SEGALA SESUATU apa tidak ?? , walau mungkin saat ini langkah jalan hidup umat entah kekanan atau kekiri , maksudnya walau sebelumnya tidak mau taat hidup dijalanNya kalau mau BERTOBAT dan berbalik kejalan yang Tuhan tunjukkan pasti Pemulihan akan terjadi Sama seperti perjalanan bangsa Israel dari Mesir menuju Kanaan sebetulnya tidak terlalu jauh , kalau bangsa Israel mau TAAT untuk hidup dijalan-jalanNya , maka perjalanan menuju Kanaan tidak sampai menunggu 40 tahun !

2. IA akan bangkit hendak menyayangi umat , mungkin selama ini umat menantikan kapan Tuhan mau menyatakan kasih sayangNya , Sekaranglah waktunya Tuhan mau menyatakan kasih setiaNya asal berbalik dari cara hidup lama ke cara hidup yang Tuhan berikan !

3 Langkah yang harus kita lakukan ;

  1. BERTOBAT , berbalik dari jalan hidup semau gue , kepada jalan hidup yang Tuhan tunjukkan , sama seperti bangsa Israel mengalami pemulihan ketika mereka mau berbalik meninggalkan berhala atau ilah lain yang sebelumnya mengikat hidupnya .1 Samuel 7 : 3 .

  2. Umat harus berseru-seru , ( berdoa ) supaya pada saat berkenan Ia akan menjawab , ini berbicara bagaimana sikap HATI setelah mendengar cara “ Pemulihan segala sesuatu “ dengan berdoa terus menerus untuk mengingatkan Tuhan agar memulihkan GerejaNya atau Sion , seperti yang Tuhan rencanakan sejak semula ! ( Hakim-hakim 3:15 ; 4:3 ; Yesaya 62:6-7 )

3. Walau saat Ini Tuhan memberi roti dan air serba sedikit , maksudnya walau mungkin saat ini hidup hanya CUKUP saja belum berlimpah , asal tetap tekun hidup dijalan-jalanNya dan sabar menantikan saat pemulihan segala sesuatu . Sebab Tuhan sebagai pengajarmu tidak akan menyembunyikan diri lagi , tetapi mau menyatakan diriNya . Maka kita akan mendengar perkataan “ Inilah JALAN , berjalanlah MENGIKUTINYA “ Yesaya 30 : 21 .

Kita tahu Tuhan setia adanya . 2 Timotius 2 : 13 . Sekaranglah waktunya Tuhan menggenapinya , Bagi umat yang berbalik dari jalan hidup Lama ( pengaruh dunia dan dagingnya ) ke Baru ( hidup dijalanNya ) , Masalahnya RESPON umatNya yang lambat menanggapiNya !


BERTOBAT > Meninggalkan masa lalu yang menguasai HATI

[i]Filipi 3:13-14 , Paulus mengajarkan bagaimana kita meninggalkan masa lalu ,
[/i] Sebab masa lalu bisa menjadi penghalang hidup untuk mengalami pemulihan segala sesuatu , menyesali kegagalan , kerugian atau terobsesi hidup dimasa lalu . Berbicara untuk meninggalkan , pola pikir kita dengan ukuran-ukuran tertentu seperti , Kalau saja aku punya pendidikan tinggi … Kalau saja aku menikah dengan gadis yang tepat … Jika saja aku telah mengambil pekerjaan lain … Kalau saja aku tidak membuat kesalahan bodoh …kalau saja aku punya modal …dllnya . ( kalau terus tenggelam dimasa lalu , menunjukkan Gambar diri belum dipulihkan )

Perhatikan jalan hidup Paulus . Jika setan terus mengingatkan perbuatan Paulus yang menganiaya Jemaat Tuhan dan menyebabkan kematian banyak orang , termasuk Stefanus , dan Paulus tenggelam dalam penyesalan atas apa yang telah dilakukannya maka Ia tidak akan menjadi Rasul yang dipakai Tuhan luar biasa !

Paulus telah melakukan hal-hal mengerikan yang sulit untuk dilupakan .[i] Tapi ia tahu anugrah pengampunanNya yang MULIA telah menghapus masa lalunya dan FOKUS ke arah tujuan panggilan dalam Kristus Yesus untuk mendapatkan hadiah-hadiah yang Tuhan sediakan baginya . Demikian juga kita tidak boleh terjebak penyesalan dan kesalahan masa lalu saja , mulailah FOKUS kemasa depan .[/i]

Pertobatan masalah keuangan , Maleakhi 3 : 10-12 , Tuhan menguji umatNya apakah setia mengembalikan HAK Tuhan , yaitu 10 persen dari penghasilan bersih kita setiap bulannya , kalau setia maka Tuhan yang akan menghardik belalang pelahap , gambaran unsur yang menggerogoti keuangan kita , ( penipuan , sakit penyakit , kerugian dan kebocoran lainnya ) Tuhan yang memagarinya , membuat kita bisa menikmati yang 90 persen .

Pertobatan dari cara makan yang tidak sehat . Amsal 23 : 2 , Tuhan ingin kita menjaga BAIT SUCINYA dengan mengkonsumsi makanan yang sehat , sehingga dengan tubuh yang sehat kita bisa memuliakan dan memasyurkan namaNya . 1 Tesalonika 5 : 23 .

Pertobatan dari hidup tidak TAAT Kebenaran FirmanNya yang selama ini didengar dan dibaca ,
Akibat tidak TAAT membuat hati kita jauh dari Tuhan , ibadah merasa segan ( malas tidak haus ) dengar Firman makin hampa , kosong sebab terus menerus menolak ajaranNya dan akhirnya mundur dari hadiratNya , ibadah hanya rutinitas datang dan pulang tidak mendapat apa-apa .

Pertobatan membawa Pemulihan kerugian yang terjadi dimasa lalu .

Tuhan tidak melupakan masa lalu , justru Tuhan ingin memulihkan , Tuhan tidak pernah mengingat dosa kita dimasa lalu , yang Tuhan lihat HARI INI apakah sudah meninggalkan cara hidup lama atau belum , kalau sudah Tuhan akan memulihkan hidup kita . Mazmur 130 : 3-4 ; Yesaya 1 : 18 . yang Tuhan pulihkan ;

Kerugian usaha , kesalahan dimasa lalu yang melukai hati kita , Ayub menyesali pandangan hidupnya yang salah tentang Tuhan , Ayub 42 : 5-6 maka Tuhan mengembalikan semua kerugian yang hilang dimasa lalu dengan mengganti dua kali lipat . Ayub 42 : 10 .

Firman Tuhan mengatakan, “ Kemuliaan Tuhan akan menjadi barisan belakangmu … “ Yesaya 58 : 8. kemuliaan-Nya akan menutupi masa LALUMU . asal mengarahkan jejak kaki kita kepada JALAN-JALAN yang Tuhan tunjukkan untuk masa DEPAN . Tidak lagi trauma dan ketakutan mengejar hidupnya , karena kemuliaan-Nya telah menghapus masa lalu ! Jadi jangan biarkan masa lalu merampok kebahagiaan dan menghalangi masa depan kita !

Pemulihan kepada mereka yang BERSERU-SERU ( DOA )

Suatu peristiwa dalam Lukas 7 : 13 , Dikisahkan Tuhan Yesus melihat seorang ibu yang sudah ditinggalkan suaminya menangisi anak satu-satunya yang selama ini menopang keluarga dengan sedihnya , saat Tuhan berpapasan dijalan timbul belas kasihanNya terhadap ibu tersebut dan berkata kepadanya ” Jangan menangis ibu “ Hari ini Tuhan juga berkata berkata kepada kita jangan menangis apa yang menjadi beban masalahmu AKU mau mengulurkan tangan bagimu !

Tuhan Yesus dapat mengidentifikasi diriNya dengan masalah kita , termasuk saat mengalami cobaan, karena ketika Yesus ada didunia telah dicobai seperti kita juga , tetapi IA tidak berbuat dosa . Jadi Tuhan bisa merasakan apa yang sedang kita alami saat ini . Ibrani 4 : 15 .

Belas kasih Yesus bagi kita adalah belas kasih yang sama saat melihat masalah janda di Nain ketika HATI Tuhan tergerak karena tangisan janda yang ditinggalkan anak satu-satunya sumber penghasilan keluarga , demikian juga bagi kita yang sungguh-sungguh berseru- seru kepada Tuhan maka Tuhanpun akan menyatakan belas kasihanNya !


Semua telah diatur SEMPURNA menjadi INDAH pada WAKTUNYA

Pengkhotbah 3 : 11 , Tidak ada yang kebetulan terjadi dalam hidup ini , ketika kita sudah ada didalam Kristus tidak ada kata “ KEBETULAN “ mungkin saat bertemu dengan seseorang yang memberi peluang usaha yang menguntungkan kita , peristiwa manis maupun pahit semua itu merupakan bagian dari rencana-Nya untuk menggerakkan berkat-Nya , kalau DIA sanggup mengatur alam semesta ini dengan sempurna IA juga sanggup mengatur hidup kita dengan sempurna tentunya bagi kita yang mengasihiNya ( bukti mengasihi adalah TAAT hidup dalam kebenaran . ) Roma 8 : 28 .

CONTOH ; Dalam perjalanan hidup Elisa bukan KEBETULAN bertemu dengan seorang perempuan dari Sunem . Bukan kebetulan beberapa saat kemudian Elisa menyampaikan berita suka cita kepada perempuan Sunem yang memperhatikan kebutuhan ELISA dengan membuatkan tempat tinggal khusus saat datang kedaerahnya . bukan kebetulan Elisa menyampaikan ia akan melahirkan seorang anak , meskipun ia mandul dan suaminya sudah tua . 2 Raja-raja 4 : 8-17 .

Beberapa tahun kemudian anaknya mendadak sakit dan meninggal , bukan KEBETULAN , kalau Tuhan menyatakan mujizatNya dengan membangkitkan kembali anak tersebut dari kematian , semua itu adalah untuk rencanaNya dikemudian hari . 2 Raja-Raja 4 :18-37 .

Ketika kelaparan melanda negeri Israel dengan seijin Tuhan karena umat Israel menyakiti hati Tuhan dengan penyembahan berhalanya , keluarga perempuan Sunem itu tidak ikut menderita karena Elisa telah memberitahu untuk meninggalkan tanah Israel . Mereka pergi ke tanah orang Filistin dan tinggal di sana selama tujuh tahun kelaparan . 2 Raja-Raja 8 : 1-2 .

Allah dapat menempatkan kita di tempat yang tepat pada waktu yang tepat , bukan KEBETULAN . Perempuan Sunem kembali kerumahnya kembali setelah masa kelaparan berakhir . Saat itu ia naik banding kepada raja Israel untuk mendapatkan kembali rumah dan tanahnya , yang secara ilegal diakuisisi oleh orang lain selama dia mengungsi ke Filistin .

Keputusan naik banding tersebut[b] bukan KEBETULAN dihari , jam dan menit [/b] dimana Raja Yoram pada hari itu sedang berbicara dengan Gehazi hamba Elisa , Raja sedang mendengar semua tentang mujizat yang dilakukan oleh Elisa . Momen tersebut memberi kesempatan perempuan Sunem itu untuk menceritakan secara langsung bagaimana Elisa telah membangkitkan anaknya dari kematian . Raja senang sekali dan kemudian memerintahkan untuk mengembalikan rumah dan tanahnya , termasuk SEMUA hasil ladang dari hari ia meninggalkan rumahnya . 2 Raja-raja 8:3-6 . Betapa luar biasa JALAN-JALAN yang Tuhan atur bagi umatNya semua diatur dengan indah pada waktunya .

Kalau sekian waktu lamanya kita belum terima HAK-HAK seperti yang Tuhan janjikan karena sedang di Proses Tuhan , jangan kuatir semua harta warisan yang menjadi HAK kita pada waktunya akan dipulihkan , diberikan Tuhan kepada kita anak-anakNya UTUH asal kita mau bertobat dari dosa . Yesaya 59 : 1-2 ; Yohanes 9 : 31 .

Allah membuat segala sesuatu indah pada waktunya , tentunya BAGI kita yang MENGASIHINYA . Roma 8 : 28 . Tuhan menyatakan janji-janjiNya pada situasi dan waktu yang tepat . Contoh ; Kalau kita berani tutup hari minggu untuk Ibadah maka hari senin Tuhan akan mengembalikan berkat , hak , jatah dihari minggu . !!

Tuhan peduli doa yang dinaikkan SUNGGUH-SUNGGUH

Filipi 4:6 , Jangan kuatir tentang apapun juga, tetapi nyatakanlah segala masalahmu lewat doa dan permohonan dengan ucapan syukur , biarkan permohonan doamu diketahui oleh Allah ;

Tuhan tidak ingin kita menjadi takut , gelisah atau cemas atas apa yang mungkin saat ini sedang terjadi ( gawat sekalipun ) . Sebaliknya , Tuhan ingin kita nyatakan lewat doa dan permohonan dengan UCAPAN SYUKUR bukan dengan putus asa atau gerutu ( doa seperti itu baru didengar Tuhan ) , sehingga masalah kita dijawab Allah , belajar dari DAUD , Mazmur 118 : 1- 4 .

Jadi, ketika kita mengidap penyakit yang menakutkan atau sesuatu yang mengkuatirkan akan masa depan , bawa semua ke dalam DOA dengan SYUKUR karena Yesus sudah memberi jaminan atas kesembuhan bagi penyakit atau persoalan hidup apapun , sebab Tuhan sejak semula mempersiapkan keberhasilan dan kemenangan bagi yang hidup dalamNya . Roma 8 : 37 .


b]Berapa lama harus berdoa ?. [/b]

Terus berdoa dan jangan berhenti sampai jawaban diberikan . Berdoa terus dalam Roh sampai kekuatiran dalam hati diganti dengan damai sejahtera yang melampaui segala akal memenuhi hati dan pikiran kita . Filipi 4 : 7 .

Jadi sekarang kita harus merubah CARA PANDANG terhadap Allah dengan MENUNGGU kapan Kasih setiaNya dinyatakan tetapi tanpa pertobatan . Yesaya 59 : 1-2 ; Yohanes 9 : 31 . ( berbalik dari cara hidup yang tidak berkenan ) maka penantian kita jadi SIA-SIA , Sebab Justru Tuhan yang sedang MENUNGGU Pertobatan dari cara hidup LAMA ( konsep dunia atau hidup tidak taat ) ke BARU ( Taat hidup di jalan-jalanNya )

DIA mau menggenapi semua rencanaNya untuk memulihkan semua aspek kehidupan kita , tetapi DIA ingin kita melupakan masa lalu yang merintangi masa depan kita dan FOKUS kepada apa yang Tuhan rencanakan , KASIH Tuhan tertuju kepada umat yang SUNGGUH-SUNGGUH berseru-seru ( DOA ) dengan tidak jemu-jemu kepadaNya karena percaya dan hanya YESUS satu-satunya PENGHARAPAN hidupnya , maka kita akan mengalami pemulihan segala sesuatu seperti yang Tuhan rencanakan sejak semula saat memanggil kita jadi umatNya . Amin .