"UNDANGAN : MARILAH KEPADA-KU . . . UNTUK SIAPA?"

Marilah kepada-Ku, semua yang letih lesu dan berbeban berat,
Aku akan memberi kelegaan kepadamu.
Matius 11:28

Kehidupan di dunia ini sangat sulit,
itu adalah akibat dosa yang telah dilakukan manusia pertama karena ketidak taatannya kepada Allah.
Segala kesusahan itu adalah pilihan manusia sendiri yang lebih taat kepada keinginan matanya yang telah terkena bujuk rayu dan tipuan Iblis.

Akan tetapi Allah yang telah menciptakan manusia adalah Allah yang sedari awal sangat mengasihi manusia,
oleh sebab itu Dia menjanjikan penebusan atas segala masalah dan dosa melalui Yesus.

Di dalam Injil Matius Tuhan Yesus memberikan suatu undangan yang sangat indah :
Marilah kepada-Ku, semua yang letih lesu dan berbeban berat, Aku akan memberi kelegaan kepadamu.- Matius 11:28
Undangan ini berlaku bagi siapa saja yg merasa letih dan lesu akibat hukuman dosa kejatuhan manusia pertama,
tidak mungkin Tuhan Yesus mengucapkan undangan ini hanya untuk sekelompok orang2 ttt saja.

Terpujilah Tuhan Kita Yesus Kristus yang tidak memandang muka dan asal usul kita, undangan itu berlaku untuk semua orang yang mau percaya kepada-Nya.
GBU all.

Kalau sdr Paul maksudkan Firman Tuhan ini terdengar, ini adalah benar karena benih (Firman) yang ditaburkanNya selain jatuh ke tanah yang subur ada pula yang jatuh dipinggir jalan shg dimakan burung.
Tetapi bila yang sdr maksudkan efektif, menjadi tidak demikian, karena FirmanNya memang diperuntukkan bangsa pilihanNya, krn disinilah benih ini memungkinkan beruah ( berhasil guna/efektif ),

Yes6:10 Buatlah hati bangsa ini keras dan buatlah telinganya berat mendengar dan buatlah matanya melekat tertutup, supaya jangan mereka melihat dengan matanya dan mendengar dengan telinganya dan mengerti dengan hatinya, lalu berbalik dan menjadi sembuh.

Yoh17:9 Aku berdoa untuk mereka. Bukan untuk dunia Aku berdoa, tetapi untuk mereka, yang telah Engkau berikan kepada-Ku, sebab mereka adalah milik-Mu.

Adalah baik kalau kita mau merenungkan dari awal penciptaan, apakah fungsi pohon pengetahuan yang baik dan yang jahat itu, bila semua manusia yang memberontakNya mendapat Anugerah?, Mengapa Allah menciptakan manusia dalam keadaan MULIA ( segambar dan serupa dengan Allah )?, mengapa tidak manusia yang rusak saja sebab toh mereka semua dapat Anugerah?.

Juga ketika bgs yang di pimpinNya ( lewat Musa ) dikeluarkan dr Mesir : mengapa harus bangsa Isrl saja, sedang bgs Mesir tidak?.

Jadi kuncinya adalah " PERASAAN LEMAH LETIH LESU DAN BERBEBAN BERAT ITU" tidak terjadi pada semua manusia, hanya milikNya lah yg di karuniai.Gby

@Adhi,

jadi perasaan derita dan beban berati itu adalah sebuah KARUNIA SALIB juga ya.

jika demikian, saya bersyukur telah diijinkan menderita derita yang menghasilkan keselamatan tersebut. :afro:

salam

Fil1:29 Sebab kepada kamu dikaruniakan bukan saja untuk percaya kepada Kristus, melainkan juga untuk menderita untuk Dia,

Kerelaan memberitakan Injil yg asli, menemukan domba sesat yang SATU itu, menempatkan kewajiban lebih dr hak dll bisa diartikan menderita unt Dia, ttp masuk bui krn korupsi merup tuaian dr tindakannya.Gby

Pilihan-nya itu yg mana? ciri2nya spt apa?

Bro, Tuhan tdk sekejam itu, maksud ayat tsb adalah bahwa Tuhan sdh tahu dgn kemaha-tahuan-Nya bahwa mereka tetap akan menolak pemberitaan yg disampaikan oleh nabi Yermia, bahkan hati mereka semakin keras menentang Tuhan. Jadi hati2 kalau menafsir suatu ayat spy kita tdk bersalah dihadapan Tuhan, utk itu diperlukan media2 pendukung, karena keterbatasan pemahaman kita akan firman-Nya.

Saya lebih memahami arti “mereka” dlm ayat ini sbg org2 yg mau datang dan percaya kpd YESUS.

saya tdk memahami apa yg anda maksudkan?

Siapa bilang hanya bangsa Israel Bro? coba periksa ayat dibawah ini, makanya harus telliti dlm menelaah Alkitab :slight_smile:
Keluaran 12:
37 Kemudian berangkatlah orang Israel dari Raamses ke Sukot, kira-kira enam ratus ribu orang laki-laki berjalan kaki, tidak termasuk anak-anak.
38 Juga banyak orang dari berbagai-bagai bangsa turut dengan mereka; lagi sangat banyak ternak kambing domba dan lembu sapi.

Bukan begitu Bro, undangan itu berlaku untuk semua org krn yg mempunyai perasaan spt itu semua org, tapi Dia hanya memberikan kelegaan kpd mereka yg mau datang dan percaya YESUS,
itu sangat sesuai dgn azas ke-maha adilan Tuhan yg tdk memandang bulu kan?
GBU

Sebab banyak yang di undang , tapi hanya sedikit yang terpilih, sepertinya ada ayatnya yah… :char11:

@adhi dharma

menanggapi tulisan anda = coba saya katakan kalimat kalimat dalam Alkitab

  1. upah dosa adalah kematian … kesusahan … derita … bencana dll
  2. semua manusia telah berdosa
  3. "bebanKu pun ringan " = perkataan Tuhan Yesus

dari kesimpulan diatas pernyataan anda

Jadi kuncinya adalah " PERASAAN LEMAH LETIH LESU DAN BERBEBAN BERAT ITU" tidak terjadi pada semua manusia, hanya milikNya lah yg di karuniai.Gby

sepertinya telah gugur saudaraku — tp kurasa anda pny dasar jg mengatakan hal ini.

terjadilah menurut iman yang benar dari "sang KEBENARAN’ yah.amin :slight_smile:

Perkataan ini dikatakan Yesus kepada bangsa Yahudi yang ada di bawah hukum taurat. Beban berat yang dimaksud adalah tuntutan taurat. Mereka lelah karena usaha mereka mentaati taurat. Yesus memberikan kelegaan dengan menggenapi hukum taurat untuk manusia. Manusia cuma perlu percaya, yang digambarkan sebagai kuk yang ringan, karena Kristus sudah menanggung semuanya.

Kata “beban” di sini adalah “phortizo”. Hanya muncul 2 kali di alkitab, yaitu di sini dan di Luk 11:46
Tetapi Ia menjawab: "Celakalah kamu juga, hai ahli-ahli Taurat, sebab kamu meletakkan beban-beban yang tak terpikul pada orang, tetapi kamu sendiri tidak menyentuh beban itu dengan satu jaripun.

Jadi salah kaprah kalau ayat ini diartikan Yesus memberikan “karunia untuk menderita”.

Trus? Kalo ayat ini?

5:11 Berbahagialah kamu, jika karena Aku kamu dicela dan dianiaya dan kepadamu difitnahkan segala yang jahat.
5:12 Bersukacita dan bergembiralah, karena upahmu besar di sorga, sebab demikian juga telah dianiaya nabi-nabi yang sebelum kamu."

mang kenapa ayat itu. Ikut Kristus memang pasti ada penderitaan, tapi ayat di atas bukan tentang “karunia untuk menderita”.
Liat ini:
Mat 10:23 Apabila mereka menganiaya kamu dalam kota yang satu, larilah ke kota yang lain; karena Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya sebelum kamu selesai mengunjungi kota-kota Israel, Anak Manusia sudah datang.

;D ;D ;D

Intinya OSAS itu tidak ada!

;D ;D ;D

@ Sdr Paul.
Pilihan-nya itu yg mana? ciri2nya spt apa?Bro,

jwb:ketika mns memilih memberontak, mk matilah secara rohani semua mns
Kej2:17 tetapi pohon pengetahuan tentang yang baik dan yang jahat itu, janganlah kaumakan buahnya, sebab pada hari engkau memakannya, pastilah engkau mati.", dari yg mati itu Allah ambil menurun Kasih KaruniaNya dan kerelaanNya mrk yang nantinya akan di murnikan shg MENANG
Ef1:4 Sebab di dalam Dia Allah telah memilih kita sebelum dunia dijadikan, supaya kita kudus dan tak bercacat di hadapan-Nya.
Secara fisik umatNya ini tdk berbeda dg yg binasa ( niscaya binasa ), hanya secara rohani mrk ini telah diberi telinga dan mata yang pada saatNya akan digunakan untuk merespon Allah, di PL DIGAMBARKAN sbg bgs Israel.
Rm9:11 Sebab waktu anak-anak itu belum dilahirkan dan belum melakukan yang baik atau yang jahat, – supaya rencana Allah tentang pemilihan-Nya diteguhkan, bukan berdasarkan perbuatan, tetapi berdasarkan panggilan-Nya –
9:12 dikatakan kepada Ribka: “Anak yang tua akan menjadi hamba anak yang muda,”
9:13 seperti ada tertulis: "Aku mengasihi Yakub, tetapi membenci Esau.

Bro, Tuhan tdk sekejam itu, maksud ayat tsb adalah bahwa Tuhan sdh tahu dgn kemaha-tahuan-Nya bahwa mereka tetap akan menolak pemberitaan yg disampaikan oleh nabi Yermia, bahkan hati mereka semakin keras menentang Tuhan. Jadi hati2 kalau menafsir suatu ayat spy kita tdk bersalah dihadapan Tuhan, utk itu diperlukan media2 pendukung, karena keerbatasan pemahaman kita akan firman-Nya.Saya lebih memahami arti “mereka” dlm ayat ini sbg org2 yg mau datang dan percaya kpd YESUS.

Jwb:
Yes6:10 Buatlah hati bangsa ini keras dan buatlah telinganya berat mendengar dan buatlah matanya melekat tertutup, supaya jangan mereka melihat dengan matanya dan mendengar dengan telinganya dan mengerti dengan hatinya, lalu berbalik dan menjadi sembuh."
Justru lewat ayat ini kita boleh MENGERTI tentang KASIH KARUNIA, adalah bukan Kasih Karunia kalau setiap orang dg kehendaknya dpt memperolehnya.

Ef2:8 Sebab karena kasih karunia kamu diselamatkan oleh iman; itu bukan hasil usahamu, tetapi pemberian Allah,
2:9 itu bukan hasil pekerjaanmu: jangan ada orang yang memegahkan diri.
Seperti ayat Rm diatas sangat berbeda esistensi Esau dimata Tuhan dengan Yakub.

Saya lebih memahami arti “mereka” dlm ayat ini sbg org2 yg mau datang dan percaya kpd YESUS.

Jwb:
Yoh17:9 Aku berdoa untuk mereka. Bukan untuk dunia Aku berdoa, tetapi untuk mereka, yang telah Engkau berikan kepada-Ku, sebab mereka adalah milik-Mu.
Benar, mrk adl org2 yang mau datang dan percaya kpd Yesus, ttp kita harus ingat:
Yoh6:44 Tidak ada seorang pun yang dapat datang kepada-Ku, jikalau ia tidak ditarik oleh Bapa yang mengutus Aku, dan ia akan Kubangkitkan pada akhir zaman.

saya tdk memahami apa yg anda maksud

Jwb:Pohon pengetahuan yang baik dan yang jahat, ada sbg test case thd mns yang diciptakan MULIA itu, sekaligus untuk menunjukkan bhw CIPTAAN adalah berbeda dengan PENCIPTA.
ternyata mns memilih “mati” , keadaan mati ini tdk pernah ada kalau pohon itu tidak ada, kalau setelah “mati” mns itu SEMUANYA mendapat ANUGERAH, mk apa fungsi pohon itu?, kenapa Allah tdk menciptakan saja mns yang telah rusak = “mati”? toh mrk semua dapat Anugerah!.

Siapa bilang hanya bangsa Israel Bro? coba periksa ayat dibawah ini, makanya harus telliti dlm menelaah Alkitab :slight_smile:
Keluaran 12:
37 Kemudian berangkatlah orang Israel dari Raamses ke Sukot, kira-kira enam ratus ribu orang laki-laki berjalan kaki, tidak termasuk anak-anak.
38 Juga banyak orang dari berbagai-bagai bangsa turut dengan mereka; lagi sangat banyak ternak kambing domba dan lembu sapi.Bukan begitu Bro, undangan itu berlaku untuk semua org krn yg mempunyai perasaan spt itu semua org, tapi Dia hanya memberikan kelegaan kpd mereka yg mau datang dan percaya YESUS,

Jwb:Maksud saya , mengapa bgs Mesir tidak, mewakili siapa bgs Mesir tsb?.
Kel12:27 maka haruslah kamu berkata: Itulah korban Paskah bagi TUHAN yang melewati rumah-rumah orang Israel di Mesir, ketika Ia menulahi orang Mesir, tetapi menyelamatkan rumah-rumah kita." Lalu berlututlah bangsa itu dan sujud menyembah.
Anak sulung adalah gambaran roh manusia yg nantinya bersatu dg Allah = yang dipersembahkan sbg milik Allah.
mengapa anak2 sulung bgs Mesir dibunuh?, sedang anak2 sulung bgs Isrl tidak? , ini juga membantu kita untuk MENGERTI mengenai Kasih Karunia.

Bukan begitu Bro, undangan itu berlaku untuk semua org krn yg mempunyai perasaan spt itu semua org, tapi Dia hanya memberikan kelegaan kpd mereka yg mau datang dan percaya YESUS,
itu sangat sesuai dgn azas ke-maha adilan Tuhan yg tdk memandang bulu kan

Jwb:Kalau semua org bisa merespon menurut kehendaknya mk bukan lagi Kasih Karunia, dan ini memang tdk bisa shg berlakulah Yes6:10. tsb Gby

Perkataan ini dikatakan YESUS kepada bangsa Yahudi yang ada di bawah hukum taurat. Beban berat yang dimaksud adalah tuntutan taurat. Mereka lelah karena usaha mereka mentaati taurat. YESUS memberikan kelegaan dengan menggenapi hukum taurat untuk manusia. Manusia cuma perlu percaya, yang digambarkan sebagai kuk yang ringan, karena KRISTUS sudah menanggung semuanya.

Jwb:Betul, Kuncinya lagi adalah PERCAYA itu, PERCAYA itu tdk datang serta merta, ttp ada suatu rasa ketidak berdayaan yang mendahuluinya setelah berupaya.
Ambil contoh bgs Isrl diberinya Hk Taurat yg SEPULUH itu, mrk spy kudus kan meresponnya dg melakukannya, walau jatuh berkali2 tetap saja mrk melakukannya dg harapannya akan berhasil, sangat2 sedikit dr mrk yg melihat ketidak mampuannya shg berbalik minta ampun kpd Allah:" Ya Allah hamba ini orang yang tdk berguna jangankan untuk melakukan HukumMu yg SEPULUH ITU, satu saja saya tidak mampu", perasaan rendah hati ini kan muncul setelah dia melihat demikian buruknya keadaan dia dibandingkan dg sarat Kudus dr Allah, diperjelas dg kemustahilannya unt memenuhi hk Turat dr pengalamannya se-hari2, perasaan Lega yg kemudian diKaruniakanNya (kmdn stl tdk mampu ) itu antara lain adalah MENGERTInya dia bhw Hk Taurat TIDAK DIMAKSUDKAN ALLAH UNTUK DILAKUKAN MANUSIA, manusia yang MULIA ( segambar dan serupa dengan Allah) saja tdk mampu untuk memenuhi SATU laranganNya , apalagi dia manusia yang telah mati rohaninya untuk memenuhi Hk Taurat yg SEPULUH itu, dan mereka yang berbahagia ini adalah mereka yang memperoleh AnugerahNya.Gby

8:5 Dan Filipus pergi ke suatu kota di Samaria dan memberitakan Mesias kepada orang-orang di situ.
8:6 Ketika orang banyak itu mendengar pemberitaan Filipus dan melihat tanda-tanda yang diadakannya, mereka semua dengan bulat hati menerima apa yang diberitakannya itu.
8:7 Sebab dari banyak orang yang kerasukan roh jahat keluarlah roh-roh itu sambil berseru dengan suara keras, dan banyak juga orang lumpuh dan orang timpang yang disembuhkan.
8:8 Maka sangatlah besar sukacita dalam kota itu.
8:9 Seorang yang bernama Simon telah sejak dahulu melakukan sihir di kota itu dan mentakjubkan rakyat Samaria, serta berlagak seolah-olah ia seorang yang sangat penting.
8:10 Semua orang, besar kecil, mengikuti dia dan berkata: “Orang ini adalah kuasa Allah yang terkenal sebagai Kuasa Besar.”
8:11 Dan mereka mengikutinya, karena sudah lama ia mentakjubkan mereka oleh perbuatan sihirnya.
8:12 Tetapi sekarang mereka percaya kepada Filipus yang memberitakan Injil tentang Kerajaan Allah dan tentang nama Yesus Kristus, dan mereka memberi diri mereka dibaptis, baik laki-laki maupun perempuan.
8:13 Simon sendiri juga menjadi percaya, dan sesudah dibaptis, ia senantiasa bersama-sama dengan Filipus, dan takjub ketika ia melihat tanda-tanda dan mujizat-mujizat besar yang terjadi.
8:14 Ketika rasul-rasul di Yerusalem mendengar, bahwa tanah Samaria telah menerima firman Allah, mereka mengutus Petrus dan Yohanes ke situ.
8:15 Setibanya di situ kedua rasul itu berdoa, supaya orang-orang Samaria itu beroleh Roh Kudus.
8:16 Sebab Roh Kudus belum turun di atas seorangpun di antara mereka, karena mereka hanya dibaptis dalam nama Tuhan Yesus.
8:17 Kemudian keduanya menumpangkan tangan di atas mereka, lalu mereka menerima Roh Kudus.
8:18 Ketika Simon melihat, bahwa pemberian Roh Kudus terjadi oleh karena rasul-rasul itu menumpangkan tangannya, ia menawarkan uang kepada mereka,
8:19 serta berkata: “Berikanlah juga kepadaku kuasa itu, supaya jika aku menumpangkan tanganku di atas seseorang, ia boleh menerima Roh Kudus.”

Terima Kasih teman-teman untuk renungannya, ini bekal juga bagi saya untuk mengatakan kepada teman saya agar dia mengenal Tuhan Yesus itu untuk apa! :happy0158:

Betul krn melihat suatu tanda, org percaya, dan ini memang dilakukanNya saat itu dan juga ditujukan untuk domba milikNya unt beroleh Anugerah ( saat itu Allah berkehendak supaya orang2 percaya bhw Kristus =Mesias), maksud saya adalah di era kita sekarang di mana hal2 tsb semakin langka ( krn Iblis bisa berbuat tanda2 heran, spy milikNya tidak dibuat bingung ), diera spt ini berlakulah " berbahagialah mereka yang percaya sekalipun tidak melihat", mk tentu Allah dalam menurunkan AnugerahNya tdk lewat tanda2 spt itu, Allah akan membawa milikNya untuk datang kpdNya lewat hati yang hancur dan perasaan tak berdaya.Gby

Ayat-ayat tersebut berbicara mengenai Penumpangan Tangan Rasuli :smiley:

Ketika kita sepakat bahwa kita telah berada pada penghujung dari akhir zaman, mk seyogianya kita memperhatikan apa yang dinasihatkanNya pada akhir zaman ini:

Mt24:2 Ia berkata kepada mereka: "Kamu melihat semuanya itu? Aku berkata kepadamu, sesungguhnya tidak satu batu pun di sini akan dibiarkan terletak di atas batu yang lain; semuanya akan diruntuhkan.

Lk21:6 “Apa yang kamu lihat di situ – akan datang harinya di mana tidak ada satu batu pun akan dibiarkan terletak di atas batu yang lain; semuanya akan diruntuhka”

Yes24:1 Sesungguhnya, TUHAN akan menanduskan bumi dan akan menghancurkannya, akan membalikkan permukaannya, dan akan menyerakkan penduduknya.
24:2 Maka seperti nasib rakyat demikianlah nasib imam, seperti nasib hamba laki-laki demikianlah nasib tuannya, seperti nasib hamba perempuan demikianlah nasib nyonyanya, seperti nasib pembeli demikianlah nasib penjual, seperti nasib peminjam demikianlah nasib yang meminjamkan, seperti nasib orang yang berhutang demikianlah nasib orang yang berpiutang
ak di atas batu yang lain; semuanya akan diruntuhkan."Gby

2:19 Demikianlah kamu bukan lagi orang asing dan pendatang, melainkan kawan sewarga dari orang-orang kudus dan anggota-anggota keluarga Allah,
2:20 yang dibangun di atas dasar para rasul dan para nabi, dengan Kristus Yesus sebagai batu penjuru.

Ayat di Efesus tersebut menjadi dasar bagi Gereja yang benar :
yaitu berdiri di atas :

  • Yesus Kristus sebagai batu penjuru / dasar bangunan
  • ajaran Para Rasul yang secara sempurna ditemukan dalam Alkitab PB
  • ajaran Para Nabi yang secara sempurna ditemukan dalam ALkitab PL

salam