UPDATE ! Bagaimana cara kita mengambil keputusan jika dapat masalah seperti ini.

Curhat dikit yah, Masalah ini terus menghantui hidup & masa depan gw juga slama ini.
Masalah gw begini : Saya sudah pacaran dng wanita beda agama hampir 5 thn pas, slama menjalani hubungan sama dia , saya sering sekali menanyakan kepastian masa depan hubungan kami.
pertanyaan yang sering saya ajukan sama dia :

  1. Bagaimana kalau kita kawin lari ? karna yang menjadi penghalang adalah agama. Siap tidak ? Supaya saya mulai nabung uang untuk beli rumah di luar kota ?
    saya tau yang namanya kawin lari harus punya persiapan yang matang.
    Jawab nya : Dia belum berani karena masih sayang sama keluarga dan adik adik nya. Saya terima jawabanya mungkin belum ada niat untuk merid.

  2. Saya tanya lagi saya Bukan memaksa kamu untuk melarikan kamu, tapi cuma dengan cara ini kita bisa sama kedepan nya, apapun keyakinan kamu silahkan jalani saya sampaikan. saya hanya mau tau kamu memang ada niat untuk berkeluarga sama saya tidak.

Jawab nya : Diam , Bisu & Tuli tidak ada response! mungkin belum ada niat juga.

  1. Saya tanya lagi : Jadi gmana hubungan kita ini sudah 5 tahun kita jalani , apa begini aja terus umur saya sudah 26 dan kamu sudah 25?
    saya juga gk mungkin bisa bertahan di kota ini hanya untuk menjalani hubungan yg gk jelas ini.
    berhubung saya sengaja jauh dari org tua karna untuk dekat sama dia. Jawab nya : DIAM!

  2. Saya tanyakan kembali. Ya sudah Begini saja. Bagaimana kalau kita jalani hidup kita masing2? maksud saya Putus !
    Jawabanya : JANGAN LAH ! kalau memang jodohkan nanti kita sama. saya tanya balik : Memang Iya, Tetapi kalau kita juga gk ada Usaha atau Niat untuk sama, Gak Mungkin Juga.

  3. Saya tanya Lagi : Ya sudah begini saja, Aku sabar menunggu kamu dapat laki laki yang seagama sama kamu dan juga yg punya tujuan untuk merid kedepan nya, silahkan lah cari mulai
    dari skrg. Aku janji gk akan marah, Tetapi dengan syarat Jujurlah kalau sudah ada.dan cerita sama saya.
    saya juga sering nasehatkan, umur kamu sudah 25, cobalah berfikir masa depan! aku udah pasrah lepaskan kamu kalau kamu sudah ketemu sama laki2 yang mau nikahi kamu.
    aku bicara begini karna aku sayang sama mu, aku juga gak mau hancurkan masa depan kamu, kamu wanita anak pertama lagi.
    Jawabnya : Tega kali kamu !Emank kamu bisa aku suruh begitu ? jawab saya, Ya sudah, jadi Bagaimana kalau kita kawin lari ? sudah siapkan ? aku bicara seperti itu kan karna tidak ada kepastian dari kamu ! sadarlah!
    kalau kamu juga udah siap dengan keputusan ku, kasih aku waktu untuk mempersiapkan semua. supaya kita atur rencana kita.

Jawabnya Balik : DIAM DIAM DIAM DIAM DIAM DIAM ! SUcks!!
Jadi begini gan, sis, Saya Jujur Strees 7 Keliling lihat pola pikir dan maksud nya bertahan sama saya slama ini apa.

Saya Bolak balik Putusin dia, Tetapi dia tetap gk terima, sampai nangis2 datang kerumah bolak balik. Mungkin udah seribu x saya putusin karna gk ada kepastian di hubungan ini.
Ketika lihat dia seperti itu, Hati saya Luluh dan saya terima lagi dia.Karna saya gk tegaan orang nya. Mungkin juga udah seribu x terjadi begitu.
Tetapi di sisi lain batin saya tertekan jalani balik hubungan ini. tetapi saya coba sabar jalani lagi hunbungan ini.
Saya coba merenung memikirkan semua tingkah laku baik atau buruk nya sama saya. supaya saya bisa jadi Super Tega untuk mengambil keputusan.
Disisi Negatif tentang dia yang saya benam dan juga yg menjadi tekanan batin saya adalah, Jujur dia datang sama saya Bukan Bersih ! Mungkin sis & gan sudah tau. Tetapi saya terus mencoba Terima dia apa adanya, Karna saya juga punya kekurangan!
Dia juga sering Berbohong dalam masalah hal yg kecil skalipun. dan berani bersumpah yang paling sadis apapun demi nutupi kebohongan nya.
Saya sudah pernah memeriksa HP nya dan kedapatan SMS Pakai kata YANK, YANK, NOTE : kejadian ini sebelum saya memberi ijin untuk mencari laki laki lain sama dia!

Disisi Positif lain nya, dia perhatian sama saya, dia juga gk pernah minta2 seseuatu dari saya, Bukan Type cew Matre. dia juga selalu sisahkan waktu nya tiap hari untuk datang kerumah saya untuk bantuin saya.
berhubung saya tinggal sendiri. dia juga sering bawakan makan siang & malam saya kadang juga mau masakin makanan untuk saya.
Kadang saya bingung sendiri, tipe cew seperti apa ini yah ? kadang bisa menjadi ular berkepala dua dan kadang bisa jadi dewi penolong yang maha suci di depan
pasangan nya.

saya juga tidak munafik saya juga punya kekurangan , Saya orang kasar untuk berbicara tetapi bukan berarti saya laki2 yang tidak penyanyang.
saya sering suka membuat humor atau becanda - canda untuk senangin dia, karena dengan cara ini saya suka menghibur nya.

saya suka mengajari dan mendidik dia, supaya dia bisa sukses di pekerjaan nya, mungkin banyak hal lain lagi.
sebenarnya saya cerita masalah ini, hanya mau sharing sama sis & gan. dan minta pendapatan apa yang sebenarnya saya lakukan dan type wanita seperti apakah dia ini.
dan apakah saya salah mendidik slama ini ?

Yang membuat saya bingung adalah :

  1. Kenapa dia masih mau bertahan jalani hubungan ini kalau dia tidak ada niat untuk berkeluarga kedepan nya ?
  2. Kenapa dia di Putusin TETAP gak terima ?
  3. APakah masih Pantas saya pertahankan hubungan INI ? karna dari sisi Agama juga sudah tidak mendukung ?
  4. Apakah ada Rasa penyesalan sama saya jika saya Jauhin dia dari hidup ku ? Atau saya salah mendidik pacar saya ?
  5. Bagaimana cara saya untuk menjauhkan dia dari saya ? Jujur ini yg sangat berat karna masih ada juga rasa sayang ! yg susah di hilangkan!
  6. Jika dia telfon saya kembali bagaimana cara saya merespon nya ? karna skarang saya sudah menjauhin dia !
    gw minta tolong nih gan & sis supaya tidak salah bertindak dan juga gak mau jadi penyesalan nanti nya, apalagi dapat karma!
    mungkin dari segi tingkah laku dia masih bisa gw terima karna itu masih bisa di rubah, yang saya bingunkan untuk kedepan nya hidup ini.
    supaya tidak ada penyesalan kedepan nya. Thank’s gan & sis. any suggestion is welcome. Need your help pliz!

Saudara ku, Terimakasih sudah meresponse curhat saya. Tapi saya ingin sekali menjelaskan lebih dalam lagi sekarang.

Sambungan UPDATE

Tepat Tgl 10 / Feb / 2011 dia mencoba menelpon saya kembali. untuk minta balikan. ( baca di atas ) . seperti yg saya katakan di atas, saya orang nya luluh dalam hati tetapi kasar di kata kata,. baik saya menerima dia kembali.

Selang 3 hari pada tgl 12/feb/2011, dia datang kerumah dengan niat menjumpai saya seperti biasanya. tetapi saya juga udah kurang srek dengan sikap sikap nya slama ini. saya response dia dengan baik dirumah.
saya mencoba untuk mengajak dia jalan2 ke suatu tempat untuk berbelanja. sebelum kami pergi, ada perasaan hati kecil saya seperti ada yang tidak baik dengan tingkah laku nya ketika dia dekat sama saya.

saya mencoba mencari apa sebenarnya lagi yg ia sembunyikan. diam diam saya periksa HP nya di dalam tas.
dan saya mendapat SMS : SAYANG LAGI DIMANA ?
Jujur saudara saya SHOCK sekali bacanya. baru saja 3 hari saya maafkan sudah saya dapat lagi masalah ini.

Seluruh badan saya Panas, darah saya naik rasanya mau memecahkan semua barang di rumah. tetapi saya tetap berdoa di hati ngucap berikan aku kesabaran tuhan.

Baik, dia tidak tahu kalau saya periksa Hp nya. ketika ia datang, saya coba untuk rilex seperti tidak ada masalah.
saya cium dia saya rangkul dia, saya bisikan sama dia, APA KAMU MASIH SAYANG SAMA KU ? APA KAMU GK TAKUT UNTUK KEHILANGKU ?

Sentak dia heran dengan sikap saya , dia menjawab masih sayang , dan juga takut kehilangan saya, baik. saya terima dengan rasa pahit di hati ini dengar nya.

lalu saya katakan kembali, adakah pria lain yg kamu dekatin selain saya ? jawab nya tidak ada.bahkan bersumpah saya mati kalau ada. dalam hati saya ya tuhan wanita apa yg kamu berikan saya slama ini. saya mau nangis lihat kelakukan nya seperti itu. sudah jelas ketahuan masih berani bersumpah.

saya tanyakan, apa harus memakai bukti untuk pengakuan ? jujur lah, jangan sampai saya Emosi untuk berbicara. dia juga tetap tidak jujur.
baik, saya ambil HP di TAS nya dan berikan sama dia. coba baca, dan jelaskan isi SMS ini !!! Muka nya berbeda ketakutan, diam , bisu dan mau NANGIS. sama sekali tidak bisa berkata kata.

saudara sudah 3 X hal saya dapat dari dia ! dengan topic yang sama tetapi PRIA yang berdeda di dekati nya.

kembali ke topic saudara, sebelum nya saya suka membanting barang kalau pertengkaran ada. tetapi untuk yg ke 3 kali nya ini saya coba diam , bisu dan sambil melamum. hari rasa bagaikan tercabik cabik. saya diam slama 1 Jam, dan gk mau berkata kata, dia sudah tidak dapat menjelaskan sama saya.
akhirnya dia mengaku kalau ia mendekati sosok laki laki lain yang sudah beristri,
Jawab saya, Ya sudahlah, jalani hidup kamu yah., kamu sudah dewasa sudah tau membedakan mana yg benar dan salah. saya sudah tidak bisa lagi berkomentar apa apa. saya sudah merasa jijik melihat muka nya.

saya katakan, ya sudah Pulang lah kerumah kamu biarkan saya sendiri dulu yah, saya mau coba tenangkan pikiran saya, akhirnya dia pulang dengan muka malu dan mencoba untuk katakan kita jangan putus. Finish.

saudaraku yang seiman, please bantu saya menyikapi untuk menghadapi masalah ini. saya sudah cukup bersabar slama ini sama dia, saya juga masih punya harga diri, dan saya juga tidak pingin mendapat wanita seperti ini saudara,. saya tidak bisa menghindari nya, sangat susah untuk menjauhi nya walaupun sifat bejat bejat nya sudah di tunjukan sama saya. Doa saya terakhir sama TYK, tunjukan siapa dia sebenarnya tuhan. hanya ini doa saya terakhir x sama THN. apakah mungkin ini jawaban yg di atas saudara ?

Jujur saudaraku, bukan tidak banyak pula saya punya kenalan wanita2 lain yg lebih cantik dan lebih baik. TAPI ntah kenapa saya masih mau bertahan dengan wanita kurang ajar ini saudara. sudah jelas tabiat nya tidak bagus , saya tetap bisa sayang sama dia. dan bisa maafkan tingkah laku nya.

sebelum saya saya kenal dia, saya punya banyak pacar dan sering ganti2 pacar, banyak wanita datang sama saya tetapi saya tidak mau membuka hati untuk wanita lain. bahkan saya type laki laki pemilih untuk wanita, baik itu dalam profesi, penampilan dan lain nya, saya juga mempunyai keburukan sebelum nya, saya suka clubing dan lain nya, mungkin saudara sudah tau bagaimana kehidupan malam.

dan di awal nya juga saya kenal sama dia, saya tidak ada rasa suka sama dia, dia tetap ngasih perhatian sama saya. saya juga tidak sayang sama dia sebelum nya. akhirnya hati saya jatuh juga untuk nya.

dan Semenjak saya sudah menyanyangi nya , semua HAL yang tidak baik sudah lama saya Lepaskan, saya coba tetap fokus sama dia, bahkan semua teman2 saya tinggalkan. saya sudah memikirkan masa depan , cita cita, pekerjaan. saya sudah lakukan hal ini semua, dan sekarang saya mendapat masalah ini.

Sudah 3 X saya di buat seperti ini saudara, 3 X saudara, dengan Topic yang sama sama sama sama ! tetapi lelaki nya saja yg berbeda!

Masih pantaskah saudaraku saya pertahankan dia kembali ? masih pantaskah saudaraku saya mengenalkan TYK sama dia ? masih pantaskah saudaraku saya memperistrikan wanita seperti ini ? bagaimana cara nya meninggalkan dia saudara ku ? saya tetap gk bisa menjauhi dia biarpun tabiat kotor yg sudah jelas saya ketahui.

semangat hidup saya sekarang rasanya mulai hambar saudara, saya mengetik kata kata ini juga dengan perasaan sedih. hati saya berkata kenapa saya bodoh sekali bisa mempertahan wanita ini sudah jelas beda agama dan sifat nya juga tidak baik. saya sudah faham faham sekali kekurangan dia saudara., tetapi hati ini saja gk bisa bersikap nekat untuk meninggalkan nya. tolong bantu saya saudara di dalam doa. ataupun berikan nasihat kepada saya. jika saudara ingin berteman sama saya add fb saya : [email protected]

Salam saudaraku. GBU.

dobel topik…

tak hapus postinganku :slight_smile:

  1. hubungan dengan dua keyakinan seperti sedang berlayar dengan menggunakan 2 nakhoda. bingung mengambil keputusan. yg tersulit bahkan ketika punya anak. dan dari sisi firman Tuhan sudah tidak benar
  2. saya tidak tahu. mungkin karena 5 tahun bukanlah waktu yang lama. tentu hubungan kalian sudah sangat dekat, saling mengenal kelebihan dan kekurangan masing2. mungkin pun dia benar serius dengan anda. namun mungkinpun ia jauh lebih sayang keluarganya.
  3. 70% pendapat saya pantas untuk tidak dipertahankan, melihat umur yg masih 26, saya percaya kamu bisa mendapatkan wanita seiman yg sebenarnya jauh lebih mengerti dan bisa mengcover segala kebutuhan dan kekuranganmu. dan 30%nya jika anda memiliki iman dan keberanian untuk menarik dia mengenal Kristus.
  4. pertama menara perlindungan dan tembok pengharapan adalah Yesus kristus. kekuatan kita juga berasal dari Yesus. saya percaya pasti berat untuk melepaskannya karena hubungan yg dijalin sudah 5 tahun. namun hubungan 5 tahun juga belum tentu menjamin bahwa dia benar pasangan hidup anda. saya cuma mau sampaikan segala sesuatu yg berasal dari Tuhan pasti mendatangkan damai sejahtera. sebaiknya saudara berdoa dan biarkan Tuhan campur tangan akan masalah ini. jika memang dia bukan pasangan hidup anda, biarlah perasaan itu menjadi hambar dan Tuhan segera mempertemukan anda dengan tulang rusuk yg sebenarnya. yg akan menempati ruang kosong dalam hidup anda dan anda tidak perlu hancur karena patah hati. Tuhan Yesus sanggup melakukannya. Dia akan membalut luka anda jika anda izinkan Dia mengobatinya.
  5. berdoa dan berpuasa jika perlu
  6. anda bisa sesekali tetap menerima telponnya dan katakan alasan anda menjauhinya. berikan pilihan. dan dalam pilihan itu jangan ada abu2/ kompromi.

saya berdoa agar anda mampu melewati hal ini
http://www.laymark.com/i/m/m073.gif

Saya pernah ngalamin hal yang sama persis dengan kamu. lalu yang saya lakukan adalah saya berdoa kepada Tuhan apa benar, dia adalah jodoh yang diberikan kepada Tuhan kepada saya walaupun dia berbeda agama dengan saya. hampir setiap hari saya bertanya seperti itu, hingga suatu hari saya diberitahu bahwa dia bukan lah jodoh yang sepadan dengan saya lalu saya menyadari dan kemudian saya meminta putus dari dia, tapi dia tidak mau. akhirnya saya mencoba menghilang dari kehidupan sementara waktu yaitu dengan tidak menghubungi atau pun mengangkat telepon darinya selama beberapa bulan. akhirnya dia cape sendiri dan sejak itu dia tidak pernah menghubungi saya lagi. saya pernah kemukakan ini kepada pendeta saya, dia bilang itu adalah langkah yang bagus karena dia bukan bagian dari kita. terang dan gelap tidak akan pernah bersatu.
hanya perbedaan saya dengan beruang madu adalah ce saya dulu tidak pernah tahu rumah saya.

Jangan kawin lari, selain susah :slight_smile: nanti anaknya suka lari dari rumah :slight_smile:

Saran saya (kalo diterima):

Nikah gereja diam2 dulu, selanjutnya bawa dalam doa dan nazar. Tq

[email protected]

Mengamati cerita anda…wah…seru dan delematis sekali…dan sudah berlangsung lama lagi…5 thn…kan…?? tapi maslahnya karena anda berdua
masih berumur dibawah 28 thn…jadi kelihatannya kalian berdua pun terlena
dan tidak sam sekali mempunyai prinsip hidup yang jelas dalam diri kalian masing masing. Apalagi mencari solusinya…selalu berpijak pada sisi pandang kalian berdua saja…tidak memikirkan pihak laian ( keluarga masing masing pihak )…jadi semuanya serba gamang dan tidak ada kepastian. Malahan setelah berlanjut sekian lama…malah AGAMA menjadi
kambing hitamnya…ohh…Tidak demikian broo…!!!

Broo…boleh izinkan saya kasih saran…?? Menurut saya sperti ini ya…:

A). Kita lihat dulu sisi cowoklah ( @Kristrav… misalnya ), apa yang dia
punyai secara existensi pribadinya : ( SEBELUM KE JENJANG
PERNIKAHHAN…ATAUPUN MUNGKIN BISA BATAL )

1)- Seorang pria Kristen dng umur 26 thn, Rajin ke Greja …?? rajin Baca
Alkitab…??. Atau kalau dia Protestan …??sudah Getsasi atau
belum…?? ( karena disinilah nanti sebagai kuncinya )

2)- Apakah broo pria yang benar benar takut akan Tuhan atau tidak…??

3)- Anda sudah bekerja tetap dan berpenghasilan baik di tiap bulannya.
- Selama 5 thn berpacaran apakah wanita pacar anda sudah
diperkenalkan kepada keluaraga…?? dan sering datang kerumah anda
baik secara sendiri maupun disertai anda…??

4)- Selama 5 thn pacaran apakah broo sudah sesekali memperkenalkan
siapa itu TYK kepadanya…?? dan seperti apa responnya…??

5)- Sudah pernahkah pacar anda anda bawa ke perayaan hari natal ke
rumah anda…?? dan seperti apa sikapnya…?? maupun sikap keluarga
anda…??

6)- Sebaliknya apakah anda pernah juga diajak pacar wanita anda
kerumanya sewaktu hari raya lebaran…?? dan bagaimana sikap anda
dan sikap keluarga pacar wanita anda tsb…??

7)- Apakah sudah pernah anda di minta untuk menikah oleh orang tua
anda walau pun mereka mengetahui agama pacar anda…?? atau
orng tua anda tidak tau sama sekali agama pacar anda…??

8)- Apakah anda punya utang budi terhadap wanita pacar anda tsb
atauka terhdap keluarga pacara anda tsb…??

9)- Maaf mungkin ini pertanyaan yang kurang sopan ya tapi menjadi
faktor utama kedua pihak tidak bisa terpisahkan tapi ada kendala
juga jika untuk disatukan dalam suatau perkawinan. Artinya selama
umur hubungan pacaran selama 5 thn, Apakah sipria dan wanita
masih tetap menjaga keperjakkannya dan keperawannnya…?? sekali
lagi mohon maaf ya…? )

Menurut saya dengan 9 point diatas jika [email protected] bisa mengoreksi diri pribadi seperti itu, maka pasti suatau keputusan yang akan diambil dapat diambil secara bijaksana dan benar sesuai ajaran Alkitab. ada satu point yang saya simpan dan tidak saya sampaikan karena inilah yang menurut saya sebagai kartu truf terakhir dalam kita sebagai pria Kristen
untuk masuk ke jenjang pernikahan.

B). Jika existensi wanita pacar anda juga kita masukkan di 9 point sperti
diatas, maka nantinya kita lihat segi perbandingannya saja kan…??

Jadi mana yang lebih banyak positif bagi pribadi anda dan banyak positip bagi wanita pacar anda, begitu juga sebaliknya…
Mungkin cara ini menurut saya menjadi adil / fair…jika akhirnya keputusan finalnya…memang harus berpisah dan mengambil jalan sendiri sendiri…

Bagaimana mnurut anda [email protected]…?? mohon maklum apa yang saya sampaikan seperti ini kep anda ya…?? smoga ada renunGan dan jawaban dari anda. Terimakasih.

Salam GBU

Kebijakan muktlak diambil dalam situasi seperti ini.
Disni peran kita sebagai lelaki harus ditunjukan
Menjadi seorang yang bisa memutuskan sesuatu tampa ragu2.
Jika berlarut-larut, tentu tidak ada penyelesaiannya sama sekali.

Sebaiknya sudahi saja “pertemanan” kalian, memang terasa berat…tetapi akan bertambah berat lagi kalau kalian berpisah setelah “bersatu”.
Sudahi dengan cara2 baik, krn dasar/iman kalian tidak sama

menurutku, JANGAN KAWIN LARI, kalau bisa nikah baik2 knapa harus begitu?

disisi cewek, aq sangat memahami… kenapa dia begitu?

jawabannya:

DIA SAYANG KAMU, tapi dia jg melihat sisi agamanya dia yg berbeda sama kamu, itu membuat dia bingung apa harus mempertahankan kamu atau tidak. tapi di sisi lain, dia nggak bisa bohong kalau dia sayang sekali sama kamu meskipun sudah berapa laki-laki singgah dihatinya saat dia masih berpacaran dengan kamu. dia pun pasti berpikir untuk menjalani hubungan yg lebih serius, menikah, punya anak, hidup bersama sampai tua… tapi sekali lagi 1, dia bepikir agamanya berbeda dr kamu…

saran ku, kamu harus punya pendirian. Jawaban dia selalu ngambang. Kamu bisa menghindar, melihat dia menangis, memohon, kamu jangan terpengaruh, meskipun hati kamu sakit.
Sekali lagi tanya pada dia, apa kamu mau nikah? Kalau kali ini jawabannya masih ngambang, kamu mesti tinggalkan dia (maaf)…

bener kata lomeru, jangan berlarut2…

hidup itu adalah suatu pilihan…
pilihan mna yg anda akan ambil??
yg baik ato buruk??

KAwin lari bukanlah hal yg baik,justru tu da lah hal yg sangat buruk…
(semua tergantung pd org yg menyingkapinya)

BAwa dlm doa…dan tetap minta jawab Tuhan…
“Terang dan gelap tdk mungkin bersatu”

Terimakasih saudaraku atas nasihat nya, saya sangat senang dengan perhatian teman2.
seperti yang saudara katakan sebelum nya, jujur saya saudara semenjak saya berumur 15 tahun , saya tidak pernah lagi memijak gereja. saya berfikir bukan hanya di gereja saja tuhan itu berada. saya hanya aktif untuk berdoa di kamar sendiri di pagi hari.
hati saya juga mengakui rindu dengan gereja,

saya sudah mengenalkan TYK kepada dia, jawaban dia , DIa itu hanya manusia, tidak mungkin tuhan jadi manusia, tuhan itu tunggal bukan trinitas., saya sudah menjelaskan bagaimana peranan trinitas itu sebenarnya, saya semua menjelaskan apa itu Rohkudus, Bapa dan anak. semua hal di dalam alkitab saya dapat menjelaskan kepadanya. tetapi saya hanya dapat response seperti itu. baik lah ya sudah bagi saya. karena saya juga berfikir agama no.2 di dalam hidup saya. kalau dia tidak menerima TYK, itu pribadi dia saja, tetapi saya berupaya untuk menjelaskan.

Ketikan Natal saudaraku, dia mau ngucap selamat natal. berhubung saya tinggal sendiri bukan sama ortu, hari Natal itu kurang special bagi saya. tanpa bersama keluarga.

Yah, saudara, saya sudah merangkul dia dan mengajak dia untuk mengenal semua orang tua saya dan adik, abg, dan kakak saya. orang tua saya welcome. biarpun kami berbeda agama. bahkan orang tua saya sering katakan merid ajalah kalin daripada gitu gitu aja terus. pertahankan agama kelian masih masing kalau itu yg jadi masalah.

saya merasa salut sama orang tua karena dia bukan type yg fanatik.,

Di hari lebaran saudara, saya hanya mengucap selamat lebaran, tetapi untuk datang kerumah nya saya tidak bisa saudara, berhunbung dia sama sekali tidak pernah merangkul atau memaksa saya untuk bertemu orang tua nya. saya bagaikan barang simpanan dalam hati saya.

bahkan yg lebih pahit nya, saya sering juga di ancam sama sepupu2 nya untuk menjauhi dia, saya tidak perduli dengan ancaman ancaman gitu. saya tetap jalan sama dia biarpun kami sembunyi sembunyi, saya sembunyi2 jalan bukan karena takut sama orang tua nya atau sepupu nya yg menghalangi itu, saya hanya takut kalau ketahuan jalan pacar saya di Tampar atau di usir dari rumah nya. ini yg saya kwatirkan.

saya tidak mempunyai penghasilan tetap di dalam pekerjaan saudara, tetapi saya type orang pekerja keras untuk mencari uang, saya yakin saya bisa menghidupinya saudara.

Tidak saudara, saya tidak punya hutang budi sama keluarga nya, bahkan keluarga punya hutang budi sama saya didlm keuangan. tetapi tanpa di sadari orang tua nya bahwa saya yg membantu.

bagaimana saudaraku bisakah meresponse sedikit hal apayg saya lakukan kembali? saya sudah update topic di atas saudara , coba baca lagi saudaraku. Fb saya [email protected]

Salam kompak saudara., GBU.

Terimakasih saudara ku, memang benar yang anda sampaikan. memang benar banyak laki2 menghampiri diri nya, tetapi buat apalah di meresponse laki laki lain jika benar sayang sama saya. biarpun kami ada perbedaan agama.
coba baca update topic saya saudaraku. saya minta response dari anda lagi. Thx yah sudah response. FB : [email protected]

Terimakasih saudara, yang anda sampaikan benar, tetapi hati ini saja yg berlawan . saya sudah update topic coba di baca kembali saudara. GBU

@kristav…sori post anda saya potong2…supaya lebih singkat saja…

semoga bisa membantu.GBU

@Kristrav. Saya melihat problem yg kamu hadapi, dapat membawa kamu makin dekat dengan Tuhan.

Kasus cinta, tidak cukup hanya berdoa, karena banyak kasus cinta menyebabkan hati menjadi buta.

Tapi cobalah tekun dalam IBADAH. Ikutilah kebaktian minggu dan bersekutulah dengan teman2 pemuda seiman, serta pemudi tentunya :slight_smile: Persekutuan membawa kita lebih kuat.

Alihkan pikiran dan tenaga untukNya. Ini bukan bentuk pelarian, tapi adalah bentuk pendekatan diri agar bisa lebih mengerti kehendakNya. Bagaimana bisa mengerti kehendak Tuhan, bila kita sendiri berdiri jauh dariNya ?

Di dalam ibadah ada proses2 penyembahan, pengakuan dosa, khotbah, doa syafaat, dst. Semuanya itu akan menguatkan hati dan mempertegas batasan Terang dan Gelap, sehingga kamu bisa lebih jelas melihat perbedaan terang & gelap tersebut.