Usaha Bermotifkan Kristen Gak Bakal Jalan?

Dear Teman2 sekalian,

saya mau sharing, mungkin

selama ini saya mencoba jadi pekerja kantoran yang baik dan disiplin, penghasilan memang bisa dibilang cukup. dan saya bersyukur akan hal itu.

tapi banyak teman-teman kantor yang punya usaha sampingan juga diluar yang dimana mereka bisa mendapatkan penghasilan tambahan dari usaha mereka diluar. ada yang bikin peternakan ikan lele, ada yang jualan online dan banyak hal.

dengan motifasi mereka, saya mencoba berpikir untuk membuat usaha sampingan juga. ceritanya ingin membuka toko online kristen gitu. tetapi selama saya utarakan ide saya ke teman-teman kristen yang lain, dan bahkan saudara, mereka menilai pesimis usaha itu berjalan. kata mereka, “gak banyak orang yang gk suka pake t-shirt bermotif kristen, jarang orang yang mau pakai kalung salib di lihat orang lain” jadi atas dasar penilaian itu, mereka menjustifikasi bahwa usaha seprti itu susah jalannya".

saya berpikir, ada benarnya juga pendapat mereka, tetapi dilain sisi saya berpikir, ini bukan sekedar bisnis, mungkin melalui usaha ini, saya bisa menginspirasi orang yang memakai produk-produk yang nanti akan saya jual.

sekarang saya tekatkan niat saya untuk mencoba terjun langsung dan udah membuat beberapa produk.

mohon pendapat dari teman2 yang pengalaman yang punya usaha sejenis dan pendapat teman2 tentang “koq ada saudara-saudara kita malu menunjukkan jati diri mereka di khalayak umum dengan memakai kalung salib misalnya?”

mohon maaf kalau ada bahasa saya yang kurang berkenan. Jesus Bless You.

saya pakai cincin bertanda salib dgn tulisan doa bapa kami.

Dikeluarga saya yg perempuan rata2 punya kalung salib yg ada ditoko2 emas itu ,klo kalung sepertinya banyak yg pake bro.

Peminat pasti ada asal produk bagus bernilai .

sebenarnya mudah saja sih bila mau memperhitungkan kemungkinan… kita hitung secara gampang aja yah… sekarang anda hitung saja brp jumlah orang yang beragama kristen di indonesia… dibanding seluruh penduduk… itu juga belum disaring brp orang yang fashionable… saya sendiri sih tidak begitu suka memakai aksesoris2… intinya anda harus banyak bekerja sama dengan berbagai gereja dan denominasi agar produk anda tepat sasaran… bila hanya ditawarkan seperti biasa akan sulit untuk menjaring pelanggannya… menurut saya sih lebih baik anda membuat produk2 umum yang diminati pelanggan… dan untuk yang bertemakan agama, anda bisa membuatnya berdasarkan season… mengapa tidak anda membuat baju bertema agama2 lainnya… anda kan seorang produsen… bukan retailer…

kalau menurut saya, pernak-pernik perhiasan bukan barang yang cocok untuk dijual online. :smiley:
karena penjual pasti akan kesulitan menyampaikan keindahan pernak-pernik tersebut, apalagi pangsa segmen yang fashionable biasanya tidak banyak berkutat dengan komputer :smiley:

GBU

Terus pernak perniknya jangan merupakan ciri khas denom tertentu , ntar ada yang kabur :ashamed0002:

GBU

Thank you bro, atas informasinya.
ada yang merasa malu memakai kalung salib, but why? itu yang jadi tanda tanya aja sama diri saya. bahkan orang-orang terdekat juga begitu bro.

Produk berlatar belakang denom tertentu pastinya ada bro, seperti contoh untuk kalung salib protestan biasanya polos aja, tp kalo katolik biasanya ada Yesus disalibnya.

mudah2an bisa bikin dua-duanya.

Thanks bro atas advice nya.

thanks bro atas advicenya,

memang sudah ada plan untuk kerja sama dengan toko ataupun gereja2. untuk saat ini masih mencari teman2 online yang mau jadi reseller dulu. untuk bikin produk agama lain rada gak berani bro, takut salah (dilarang atau gimana).

untuk pasar sebenernya ya bisa dibilang jutaan orang kristen, tp memang, yang online dan fashionable belum tentu 10 persennya.

ada referensi bro contact untuk toko2 kristen?

nah berarti anda sedang ingin mengambil kue yang sangat kecil… dibutuhkan keuletan yang sangat tinggi disini… siap2 aja yahh… ^^

sebenarnya sangat mudah sih melihat season2 untuk diambil kesempatan… misalnya imlek… sebagai pembelajaran anda tinggal jalan2 bbrp hari sebelum imlek iseng2 tanya aja sama penjaga tokonya ini itunya tentang imlek bila anda cukup ulet pasti ada yang bisa menerangkan tentang hal itu… anda akan melihat berbagai pernak pernik imlek dan bila ada yang bisa membuat anda tertarik dan menimbulkan ide untuk bikin t-shirt misalnya saya yakin akan cukup laku … bisa juga saat valentine… natal… apalagi yang baru lewat idul fitri…

kontak toko2 kristen… maaf jarang sekali saya membeli pernak pernik kristen jd tidak punya hehehe… sebagai permulaan sih bisa aja anda survey ke gereja2… biasanya disana ada toko2 rohani dekat gereja dan bahkan di dalam gerejanya pun ada yang menyediakan atau menjual barang2 rohani… anda bisa tanya2 dan ngobrol dengan mereka…

hmmm… ys begitulah mungkin yang dapat saya bantu … maaf klo tidak banyak yaa… ^^

Thank you mas bro atas advice nya.

ya kalau usaha harus netral supaya bisa diterima semua pihak, gitu lho
misalnya aja ada pernik bertuliskan Santa Maria :angel: ada orang yang baru melihat saja udah kabur :ashamed0002:

GBU

Di toko2 buku kristen banyak dijual yg spt itu Bro,
apakah sdh coba hubungi mereka?
Pada saat retreat/conference di gereja2 perlu kaos2 spt itu,
coba saja hubungi mereka yg suka ngurus acara2 tsb.
GBU

topik dilock karena FK bukan tempat untuk mendiskusikan bisnis meskipun ada usur “kekristenan”

TS harap maklum