Utusan Tuhan tidak kenal Tuhannya

Lukas 7:18-19 Ketika Yohanes mendapat kabar tentang segala peristiwa itu dari murid-muridnya, ia memanggil dua orang dari antaranya dan menyuruh mereka bertanya kepada Tuhan (Yesus): “Engkaukah yang akan datang itu atau haruskah kami menantikan seorang lain?”

Merupakan suatu pelecehan kalau Utusan-Nya sendiri tidak mengenal Tuhan yang mengutusnya… Embarassed
aneh ya… sampai-sampai Utusan Tuhan (Yohanes) perlu mengutus muridnya untuk bertanya tentang jati diri Tuhannya sendiri… Wink

Apakah Yohanes itu utusan?
Apa definisi utusan?

Apa mohamat itu juga utusan alloh? berarti mohamat harusnya tau alloh itu rambutnya lurus atau ombak, kulitnya putih atau hitam?

Kalo doi menggambarkan bak gunung… :smiley: :smiley:

Sepertinya gak gitu deh …
Yang disembahkan zat! Mungkin gambarannya misalnya seperti H2SO4, atau NHCl. :smiley:

muhamad aja masih di doain bro klo dia pengen ke surga… berarti dia gag kenal tuhannya… masih ragu . .

Belum tentu bro, mungkin beliau cuma bingung naik yang nomor berapa. Mau tanya sama sahabat-sahabat nabi juga susah, wong beliaunya saja gak tahu kok? Bagaimana umatnya ya? :cheesy:
Makanya tolong dukung doa, semoga saja benar jurusan yang diambilnya itu.

jurusan dunia - surga ,… atau dunia - neraka bro ?

Menurut saya sih insya Allah surga.

emang dia dah terima Yesus bro ?

Percaya, tapi dengan pengertian yang berbeda barangkali, makanyakan insya Allah; tdk pasti gitu bro.

Iman semoga krn memang ada banyak jalan dimana orang sangka lurus ttp masuk jurang maut :coolsmiley:

Pr 14:12 Ada jalan yang disangka orang lurus, tetapi ujungnya menuju maut.

Sementara ada banyak orang meminta pentunjuk Tuhan :’(

Ps 143:8 Perdengarkanlah kasih setia-Mu kepadaku pada waktu pagi, sebab kepada-Mulah aku percaya! Beritahukanlah aku jalan yang harus kutempuh, sebab kepada-Mulah kuangkat jiwaku.

Ketika Tuhan menunjuk jalan itu… :mad0261:
Joh 14:6 Kata Yesus kepadanya: "Akulah jalan dan kebenaran dan hidup. Tidak ada seorangpun yang datang kepada Bapa, kalau tidak melalui Aku.

Manusia malah berpikir negative terhadap jalan itu :undecided: :sad:

Sama toh dengan orang Yahudi? Mereka cuma tidak terima hanya karena Mesias datang dengan gaya “low profile”, pikirnya:“Loh kok bukan Superman?”. :cheesy:

superman , batman… yang menciptakan karakter tsb kan orang2 YAHUDI yang percaya / masih menunggu messias “hero” mereka… hehe

Bro Ajun tdk tanggapi ni…, mungkin karena pokok pertanyaannya belum terjawab. Ok, sorry bro; kita back to the topic.

Begini …

Pertama, kita perlu selidiki latar belakang masyarakat Yahudi yang sudah mengenal kitab-kitab para nabi itu. Mereka memiliki pimikiran, bahwa mesias yang dijanjikan itu akan memberikan kelepasan atas semua krisis yang melanda mereka secara jasmaniah. Tetapi apa yang dilihat mereka dari kesaksian Yohanes tentang Yesus, hanyalah seorang manusia berpotongan biasa saja tanpa terlihat “super”, “powerfull”, atau gambaran lainnya yang biasa melekat pada seorang pejuang gagah perkasa.

Kedua, Maria ibu Yesus adalah sanak saudara dari Elizabeth ibu Yohanes pembaptis. Mereka berdua mendapatkan pernyataan malaikat tentang anak yang akan dilahirkan mereka masing-masing. Lebih daripada itu, Maria dengan pemberitahuan malaikat, telah mengetahui siapakah yang akan dilahirkan oleh sanaknya itu.
Lukas 1:36
Dan sesungguhnya, Elisabet, sanakmu itu, iapun sedang mengandung seorang anak laki-laki pada hari tuanya dan inilah bulan yang keenam bagi dia, yang disebut mandul
Sebaliknya, Elisabet dengan dorongan Roh Kudus juga telah mengetahui siapakah yang sedang dikandung oleh Maria sanaknya itu.
Lukas 1:43
Siapakah aku ini sampai ibu Tuhanku datang mengunjungi aku?

Setelah kita mengetahui dua latar belakang di atas, barulah kita bisa menafsirkan ayat yang diajukan oleh bro Ajun dengan benar. Berdasarkan latar belakang kedua, kita tahu bahwa sewajarnyalah Yohanes pembaptis tidak memiliki keraguan apapun mengenai siapakah Yesus itu. Bukti dapat terlihat dari dilaksanakannya tugas Yohanes pembaptis dalam hal menyatakan Mesias di hadapan bangsa Yahudi, berikut ini:
Yohanes 1:26-29
26 Yohanes menjawab mereka, katanya: “Aku membaptis dengan air; tetapi di tengah-tengah kamu berdiri Dia yang tidak kamu kenal, 27 yaitu Dia, yang datang kemudian dari padaku. Membuka tali kasut-Nyapun aku tidak layak.” 28 Hal itu terjadi di Betania yang di seberang sungai Yordan, di mana Yohanes membaptis. 29 Pada keesokan harinya Yohanes melihat Yesus datang kepadanya dan ia berkata: “Lihatlah Anak domba Allah, yang menghapus dosa dunia.
Bagaimana Yohanes pembaptis tahu akan hal ini? Kita kembali kepada pemberitaan mengenai kelahiran Yohanes pembaptis yang disampaikan oleh malaikat Gabbriel dalam ayat berikut ini:
Lukas 1:15-17
Sebab ia akan besar di hadapan Tuhan dan ia tidak akan minum anggur atau minuman keras dan ia akan penuh dengan Roh Kudus mulai dari rahim ibunya;
Perhatikan, sama dengan ibunya, ia juga dipenuhi Roh Kudus. Jelaslah bahwa Yohanes pembaptis tahu dengan pasti siapakah Yesus itu; bukan hanya dari ibunya saja, tetapi juga karena dia dipenuhi oleh Roh Kudus. Untuk apa? kita baca lebih lanjut yang berikut ini:
Lukas 1:16-17
16 ia akan membuat banyak orang Israel berbalik kepada Tuhan, Allah mereka, 17 dan ia akan berjalan mendahului Tuhan dalam roh dan kuasa Elia untuk membuat hati bapa-bapa berbalik kepada anak-anaknya dan hati orang-orang durhaka kepada pikiran orang-orang benar dan dengan demikian menyiapkan bagi Tuhan suatu umat yang layak bagi-Nya.”
Hal inilah yang dilaksanakan oleh Yohanes pembaptis bagi bangsa pilihan TUHAN, yang kepada mereka dinyatakan oleh Yohanes pembaptis secara terbuka mengenai siapakah Yesus itu.

Lalu kenapa beliau mengutus dua orang muridnya untuk bertanya kepada Yesus? Jawabanya dapat dimengerti dari pemahaman kita yang terurai dalam latar belakang yang pertama; yaitu, hanya untuk memberikan kesempatan kepada murid-murid Yohanes pembaptis untuk menanyakannya secara langsung. Biginilah seharusnya kita memahami ayat yang diajukan oleh bro Ajun itu

Demikian bro Ajun, silahkan tanggapannya lebih lanjut.
Salam

gw traktir MCd klo bro ajun bales postingan lu. hahha !!

Superman??
Kenapa superman hanya bisa terbang yah??

Ada yang sponsorin lagi jun, nanti kita bagi dua …, bagaimana?

hayoo makan MCD…sambil lanjut debat … hahahaha !!

Gue stuju dg pendapat ini.

Mnrt gue pribadi,
Yohanes tau dia di penghujung hidupnya,
Sebab itu,
Dia mngarahkan agar murid2Nya datang pd Yesus dg btanya dan mlihat sendiri karya2 Yesus.

Stelah Yohanes mati,
Bukankah mreka tidak lagi bgembala?

So,
Paling tepat adl mbrikannya pd Gembala Agung.