Video orang terluka,tanpa diperdulikan orang lain

Kecelakaan, bagaimanakah andai diri kita sendiri, pantaskah membiarkan?
klik tulisan yang ada diatas ini!
Nenek Terbang.mp4
klik tulisan yang ada diatas ini!
Yue Yue 2-year old girl hit by car twice in China and ignored by 18 people
klik tulisan yang ada diatas ini!
Mari kita lihat Video orang terluka,tanpa diperdulikan orang lain?
apakah hal ini termasuk Krisis kasih?
sebagai orang Kristen saat ada orang butuh,tolongin orang yg butuh itu dulu,tanpa mengikuti aturan?
atau mengikuti aturan dari pihak petugas/aturan hukum yang berlaku di negara?

wah mengerikan…

video yang di indonesia,mungkin ada sebab2:

  1. orng mau nolong, cuma gk boleh sm polisi
  2. orng yg mw nolong jijik/gk kuat liat korban
  3. nunggu petugas medis datang…

ada kasus:Di Indonesia serba salah kalau menolong orang kecelakan,ingat kejadian di Tomang Raya, seorang dokter menolong orang kecelakaan,malahan dia jadi tersangka oleh polisi.Habis diperas dan malahan masuk bui.Ini betul2 kejadian.Kalau anda yg bawa korban dirumah sakit dan tidak ada saksi,bisa2 anda ditahan oleh Satpam rumah sakit ,disuruh tanggung segala biaya rumah sakit,baru korban ditolong,ini kenyataan.

video yang di hongkong/di cina/di LN ,katanya ada peraturan klo ada orang celaka tidak boleh ikut campur dalam menolong,ada peraturan hukumnya karena bisa dikenakan sangsi apa gitu.

copas dari sebuah sumber lain :

kasus di Nanjing th 2006 ketika Peng Yu coba menolong seorang wanita tua yang mengalami kecelakaan. Wanita tua yang ditolong itu plus keluarganya justru menuduhnya sebagai penabrak. Pengadilan kemudian memerintahkan si penolong itu membayar ganti rugi sebesar 45.000 yuan.Berapa tuh?

“Hakim pada kasus Peng Yu di Nanjing itu sudah menghancurkan kebaikan hati seluruh bangsa, dan kini sulit sekali untuk membangunnya kembali,” kata seorang pengguna weibo (semacam twitter di China)

jujur ndak kaget gan liatnya..ane pernah 1 taon tinggal di Beijing, pas lagi jalan ke Carfour ma temen ane yg orang Jepang, ada kecelakaan sepeda motor lawan sepeda, yg pengendara sepeda motor sampe jatuh ga bisa bangun di tengah jalan, ga ada yg nolongin sampe ane ma temen Jepang ane yg nolong... uda gitu pas di pinggir jalan ane ma temen jepang ane kan mao coba nelpon polisi ato ambulance, secara kita ber 2 bukan penduduk asli, bahasa juga baru belajar..kita minta tolong orang2 sana yg lewat buat telponin polisi ato ambulance, tpi mereka NDAK MAU! malah cuek lewat aja...untung temen Jepang ane skill mandarin nya lumayan, jadi dengan agak susah dan berbelit belit akhirnya dia berhasil nelp ambulance. Parahnya, ada polisi yg datang saya cegat, tu polisi cuma liat, trus bilang "o ini bukan tugas saya, sudah tlp ambulance kan? o ya tunggu saja sampai ambulance nya datang" trus tu polisi pergi @[email protected]

Kembali ke diri sendiri, kalo dihadepin situasi serupa, berani gak ambil resiko dituntut setelah menolong ?

Baru-baru ini ada berita heboh, di China ada anak kecil yang ditabrak 2 kali oleh mobil, tapi tidak ditolongin oleh si penabrak. Dan juga banyak orang yang lewat juga tidak menolong, berikut beritanya:

Sebagai penolong sebenarnya juga tidak bisa asal menolong karena kita tidak tau bagaimana keadaan luka khorban, bisa-bisa malah makin parah, kecuali memang pernah dilatih. Jadi ada sebaiknya cepat menelpon ambulance.

kata orang:jangan menyalahkan orang-orang sekitar korban, itu bukan berarti mereka tidak punya rasa kemanusiaan, apalagi polisi yang ada itu bukan berarti gak tau diri, ada beberapa prosedur dalam penanganan kecelakaan terutama dalam hal melihat kondisi korban yang ada, hal ini dimaksudkan untuk menghindari bila korban diselamatkan (ditolong) tanpa adanya tenaga profesional malah akan membuat korban semakin parah dan dapat berakibat fatal, kalo diluar negeri, menolong korban bukan ahlinya bisa di denda.

menurut sodara seiman Kristen,lebih baik menuruti hukum yang telah dibuat oleh tiap negara,atau ambil inisitf sendiri untuk menolong orang?bagaimana tindakan sodara seiman,kalau orang yang mau menolong tidak tahu cara tindakan yang terbaiknya gimana agar si korban tidak lebih parah lukanya,saat itu si korban butuh pertolongan yang cepat?

sekarang, kalo yang mengalami kecelakaan orang yang kita kasihi, apa masi mau mikir soal prosedur ? :tongue:

sedih lihatnya,orang begitu dingin,krisis kasih,cuek,tidak peduli,tidak ada belas kasih?
ada apa dengan orang-orang ini???apakah takut kepada hukum??tidakkah melakukan sesuatu …untuk yang membutuhkan?

Kalau memang punya keahlian, ya pasti di tolong lah.
Masalahnya kalau gak pandai, kan bisa-bisa luka khorban jadi makin parah, misalnya yang tadinya tulangnya bergeser dan dalam keadaan pingsan, tau-taunya salah tolong, jadi patah tulang… :mad0261:

Tapi kalau cuma luka ringan, bisalah cepat-cepat dibawa ke rumah sakit, tidak perlu nunggu sampai datang ambulance.

pada umumnya orang mau menolong sama orang yang kita kasihi,cintai,dan kita kenal dengan baik. baru mau menolong…tapi kata pepatahan dunia bila tak kenal maka tak sayang…tapi kata FT: Kasihilah seorang akan yang lain.
tergantung kita mau menuruti hukum Tuhan/dunia.itu pilihan kita masing2!

jadi yang terbaik menurut kamu gemana?

Mungkin takut harus berurusan, takut harus keluar uang, dan mungkin sikap egois hanya peduli diri sendiri sudah menjadi suatu budaya. :’( :’( :’(

Kalo di kisah orang Samaria, dia justru keluarin duit buat nolong :afro:

IMO, lihat kondisi kejadian. Kalau memungkinkan memberikan pertolongan dan sekiranya tidak membahayakan khorban, ya ditolong, misalnya bawa ke rumah sakit, tapi siap-siap harus keluar duit :smiley:

Kalau lukanya cukup parah, sebaiknya panggil ambulance saja…

ya teringat yang dikatakan Tuhan YESUS:siapakah sesamamu…yaitu orang yang mau menolong itulah sesamamu.
orang samaria itu memberi dan menolong dengan tulus.siapkah kita menjadi orang samaria ini???
pendeta hanya berdoa saja,orang yg suci satu lagi takut ada perampok sebaiknya kabur.
orang samaria ini termasuk orang yang berani…padahal perampok kapan aja bisa datang merampok dia serta membunuhnya…tapi orang samaria ini berani hadapi semua resiko oleh karena KASIH dan BELAS KASIH yang dimilikinya.Ada FT yang bunyinya:Tuhan memberikan Roh keberanian yang adalah Kasih.

Sikap orang samaria yang baik hati harus diteladanin. Kadang saya juga bertanya pada diri sendiri, kalau mengalami hal seperti itu, apakah akan tertindak seperti orang samaria yang baik hati… :rolleye0014:

tidak semua orang tahu no telp ambulance?jadi gimana ?

Cari tau lah, nanya ke informasi atau telpon ke rumah sakit, asal mau cari pasti dapat kok… :smiley:

BEIJING, KOMPAS.com — Yue Yue, bocah China yang dua kali terlindas mobil dan dibiarkan oleh 18 orang yang lewat, akhirnya meninggal. Yue Yue meninggal pada Jumat (21/10/2011) pukul 00.32 waktu setempat.
Lebih pantas untuk melembagakan sistem pemberian penghargaan kepada orang-orang yang menolong ketimbang menjatuhkan hukuman kepada orang yang tidak memberi pertolongan.

Dalam konferensi pers yang diadakan delapan jam kemudian, kepala RS itu, Su Lei, mengatakan, pihaknya sudah melibatkan dokter terbaik, baik dari sipil maupun militer, untuk menyelamatkan nyawa bocah asal Foshan itu.

Su Lei menjelaskan, penyebab kematian bocah dua tahun itu adalah kegagalan otak yang mengakibatkan semua organ tubuhnya berhenti berfungsi.

“Kami sangat menyesal atas kehilangan ini, tetapi kami berterima kasih atas perhatian dan simpatinya,” kata Su Lei.

Sebelumnya para dokter yang merawatnya mengatakan, kecil kemungkinan Yue Yue bisa selamat, seperti dilansir Shanghaiist.

Kabar kematian Yue Yue kembali menjadi berita paling banyak dibicarakan di sejumlah weibo, situs microblogging semacam Twitter di China. Orang-orang kembali menyatakan keprihatinan atas nasib yang dialami bocah yang koma sejak peristiwa 13 Oktober itu.

“Selamat jalan, Yue Yue kecil. Di surga tidak ada mobil,” tulis seorang pemilik akun di situs microblogging Sina.

“Selamat jalan, dan jangan lagi dilahirkan di China di kehidupanmu selanjutnya,” tulis pengguna lain.

Banyak komentator yang berspekulasi bahwa keengganan orang-orang untuk menolong Yue Yue didorong kekhawatiran mereka akan dipersalahkan atas kecelakaan yang dialami bocah itu.

Kekhawatiran itu muncul setelah ada kasus di Nanjing pada 2006 ketika seorang lelaki justru didenda setelah dia menolong seorang perempuan yang mengalami kecelakaan. Perempuan yang ditolong itu bahkan menuduhnya sebagai penabrak. Pengadilan kemudian memerintahkan si penolong itu membayar ganti rugi sebesar 45.000 yuan.

“Hakim pada kasus Peng Yu di Nanjing itu sudah menghancurkan kebaikan hati seluruh bangsa, dan kini sulit sekali untuk membangunnya kembali,” kata seorang pengguna weibo.

Sebuah opini di Global Times yang terbit hari ini mengatakan, insiden Yue Yue telah mengungkap “sisi gelap” masyarakat China. Namun, penulisnya tidak setuju jika harus ada hukuman bagi orang-orang yang gagal membantu korban.

“Lebih pantas untuk melembagakan sistem pemberian penghargaan kepada orang-orang yang menolong ketimbang menjatuhkan hukuman kepada orang yang tidak (memberi pertolongan). Peristiwa Yue Yue mengingatkan kita pada posisi China di tangga perkembangan moral,” demikian opini si penulis.

Polisi Foshan mengatakan, dua pengemudi kendaraan yang melindas Yue Yue sudah ditahan dan segera diadili. Salah seorang pelaku ditahan malam setelah kejadian, sementara pengemudi lain menyerahkan diri tiga hari kemudian.

ada kasus:saya tinggal di guan dong gan… di cina ke jadian ini jg bukan pertama kali… masih banyak hal yg ain… saya sendiri jg gk berano bantuin orang di sini…semenjak melihat berita tentang nenek2 yg terpeleset di bus, kemudian seorang pemuda yg baik hati menolongnya.tp nenek itu bilang ke orang laen kalo pemuda ini yg menjatuh kan dia… masalah ini sampe ke persidangan… tp jaksa memutuskan pemuda ini yg bersalah… bahkan hrs membayar uang yg banyak…

menurut Fk sebagai umat kristen?