wahyu 17 menubuatkan tentang Roma?

Antikris sudah ada di cina, pendiri TJC :smiley:

Sekedar share:

:slight_smile:

@ bro yopi , cuma mau tanya aj surat penebus dosa itu kesalahan atau tidak ? klo kesalahan , kesalahan siapakah itu?

Kesalahannya apa? Coba tunjukkan kesalahannya, nanti bdk dengan Sakramen Tobat Katolik yang masih ada sampai sekarang (saya kasih clue biar gak bingung) :smiley:

maksudnya bisnis surat pengakuan dosa !

pura2 tidak tau lagi !

saya taunya hanya sedikit , itu loh surat penebus dosa yg bisa dibeli dgn sejumlah uang, bro sendiri tau kan ? dalam khatolik itu kesalahan atau memang tidak bro?

Penebus Purgatory, coba pelajari dulu baik2 ya bro :slight_smile:

Pada saat Luther mengajukan 95 dalil, dia tidak tahu arti indulgensi, sama seperti bro, mengira bisa menebus dosa dengan uang :smiley:

Coba ketik purgatory dan indulgensi di om google atau tante wiki, nanti jelas sehingga tidak salah kaprah seperti menuduh Katolik “menyembah patung & Maria” :smiley:

@bro yopi saya tidak membahas purgatory , tp surat penebus dosa yg dijadikan bisnis dimana bisa dibeli dgn sejumlah uang, kita tidak bicara bagaimana penebusan dosa , tp knp surat itu bisa diperjual belikan , apa menurut paus ini suatu kesalahan atau kesalahpahaman saja soalnya saya ingat mengetahui hal ini dari pelajaran sejarah.

Biasa Bro Yopi… tanya bapa gereja dulu…
Katolik tidak mungkin salah, kl salah… katolik benar, sekalipun ada salah… khan ada pope…
Gengsi donk kl salah…

Salam.

Kau ini ngarti gak seh? Dibilangin Surat itu adalah untuk penebusan di purgatory, bukan dosa sekarang!

Indulgensi berbeda dengan Pengampunan Dosa:

INDULGENSI SEBAGIAN : Berikut adalah doa-doa yang mendatangkan indulgensi sebagian: 1. Semua Litani yang ada di Puji Syukur 2. Doa Iman 3. Doa Harapan 4. Doa Kasih 5. Doa Tobat 6. Syahadat (Panjang maupun pendek) 7. Doa Jiwa Kristus 8. Doa Malaikat Tuhan (Ratu Surga pada masa Paskah) 9. Doa untuk panggilan 10. Veni Creator Spiritus (Datanglah ya Roh Pencipta) 11. Te Deum bila diucapkan dengan syukur 12. Tantum Ergo (Mari Kita memadahkan) 13. Kidung Maria 14. Mazmur 50 menurut numerisasi Ibadat Harian (Mzm 51 menurut numerisasi umum>>>Kasihanilah aku, ya Allah, dst) 15. Mazmur 129 menurut numerisasi Ibadat Harian (Mzm 130 menurut numerisasi umum>>>Dari jurang yg dalam,dst)

Catatan:
Nomor 10, jika didoakan pada 1 Januari dan Hari Raya Pentakosta dan disertai terpenuhinya syarat umum indulgensi penuh, maka umat dapat menerima indulgensi PENUH
No.11 bila didoakan/dinyanyikan secara publik pada 31 Desember (Misa Malam Tahun Baru) dan disertai terpenuhinya 3 syarat umum indulgensi penuh, maka umat dapat menerima indulgensi PENUH
Nomor 12, bila didoakan pada Kamis Putih atau Pesta Tubuh dan Darah Kristus dan disertai terpenuhinya 3 syarat umum indulgensi penuh, maka umat dapat menerima indulgensi PENUH

Perbuatan yang mendatangkan indulgensi sebagian:

  1. Membuat tanda salib (tentunya dibuat dengan penuh hormat, tidak asal-asalan)
    
  2. Mendoakan novena yg dilakukan secara publik.
    
  3. Memakai benda-benda rohani (salib,rosario,medali,skapulir) >>harus disertai devosi karena benda rohani bukanlah jimat
    
  4. Seruan saleh dalam hati (doa batin) seperti “Yesus, kasihanilah kami”, “Yesus,Engkau Andalanku”, dan sebagainya
    
  5. Mengajarkan atau belajar ajaran Gereja
    
  6. Membaca Kitab Suci dengan penghormatan yang sepatutnya diberikan pada Sabda Tuhan (>>>misalnya pada saat menjadi lektor)
    
  7. Mengunjungi/adorasi Sakramen Mahakudus kurang dari setengah jam
    

Catatan :
Nomor 3, menjadi INDULGENSI PENUH apabila benda-benda rohani tersebut diberkati oleh Uskup, digunakan pada Pesta Sto.Petrus dan Paulus (29 Juni) dengan mendoakan Syahadat (3 syarat umum INDULGENSI PENUH harus terpenuhi)
Nomor 6, menjadi INDULGENSI PENUH Membaca Kitab Suci minimal setengah jam (3 syarat umum INDULGENSI PENUH harus terpenuhi)
Nomor 7, menjadi INDULGENSI PENUH bila dilakukan minimal setengah jam (3 syarat umum INDULGENSI PENUH harus terpenuhi)

INDULGENSI PENUH
Berikut adalah syarat umum INDULGENSI PENUH (Jika hendak mendapat INDULGENSI PENUH tidak bisa didapat dengan melakukan 3 hal ini saja, namun harus disertai perbuatan/doa untuk mendapat indulgensi penuh tersebut):

  1. Mengaku dosa (pengakuan dilakukan dalam rentang 20 hari sebelum atau sesudah perbuatan yg mendatangkan indulgensi penuh dilakukan)
    
  2. Komuni
    
  3. Mendoakan Paus (minimal dengan 1 kali Bapa Kami dan Salam Maria).Selain 3 syarat ini, indulgensi penuh mengandaikan seseorang tidak lagi lekat pada dosa ringan
       Harap diingat bahwa apabila salah satu dari syarat di atas tidak terpenuhi, maka seorang Katolik tidak menerima INDULGENSI PENUH melainkan INDULGENSI SEBAGIAN.
    

Perbuatan-perbuatan berikut mendatangkan INDULGENSI PENUH APABILA 3 syarat umum INDULGENSI PENUH di atas terpenuhi (Komuni dan mendoakan Bapa Suci sebaiknya dilakukan bersamaan dengan dilakukannya perbuatan-perbuatan ini) :

  1. Menerima KOMUNI PERTAMA
    
  2. Menghadiri/mendampingi komuni pertama
    
  3. Menghadiri/mendampingi Misa pertama seorang imam
    
  4. Menghadiri pemberkatan Gereja dan berdoa Bapa Kami dan Syahadat di tempat itu
    
  5. Menerima berkat Urbi et Orbi dari Bapa Suci sekalipun lewat televisi atau radio pada Natal dan Paskah
    
  6. Retreat selama 3 hari penuh (sebaiknya pergunakan kesempatan mengaku dosa pada waktu retreat)
    
  7. Jalan Salib (dengan berpindah dari satu pemberhentian ke pemberhentian lainnya) Jika terhalang untuk berpindah dari satu pemberhentian ke pemberhentian lain, minimal membaca renungan sengsara dan wafat Tuhan selama setengah jam.
    
  8. Membaca Kitab Suci selama minimal setengah jam
    
  9. Penghormatan Salib pada Jumat Agung dengan mencium salib
    
  10. Pembaharuan janji baptis pada Vigili Paskah
  11. Mengunjungi makam pada Hari Arwah, atau dalam rentang waktu 1-8 November dan mendoakan arwahnya.(INDULGENSI PENUH bagi arwah)
  12. Menghadiri Misa Minggu Paskah II (Minggu Kerahiman Ilahi)>>>Pemakluman Indulgensi Penuh pada Minggu Kerahiman Ilahi berakar pada devosi Kerahiman Ilahi. Namun, indulgensi penuh juga dapat diterima oleh mereka yang bukan devosan Kerahiman Ilahi selama 3 syarat umum indulgensi penuh terpenuhi.

Kalo mo lebih jelas itu ada link dari sarapan pagi:
http://www.sarapanpagi.org/apakah-ada-surat-pengampunan-dosa-vt3104.html

... Sekarang tentang indulgensi sendiri:

Bagi orang yang sudah selamat dan lepas dari api Neraka, mereka biasanya ke Api Penyucian (mungkin cuma Santo-santa yang langsung ke Surga). Di api penyucian ini orang dibersihkan dari dosa kecil dan akibat-akibat dosa.


Baca agar kau ngarti perbedaan PENGAMPUNAN DOSA dengan INDULGENSI!!!

Kalo gak ngarti jangan asal buka mulut lah…

Yang Katolik kau atau saya seh!!!

@om yopi

jangan2 yang dimaksud pengakuan dosa ke romo… mungkin…
http://www.laymark.com/i/o/77.gif

tapi perasaan pengakuan dosa ga pernah pake duit deh dari kmrn2…
http://www.laymark.com/i/o/20.gif

Kalo jaman sekarang, bisnis indulgensi itu mungkin dapat dibandingkan dengan bisnis perpuluhan?

:smiley:

Pengakuan Dosa ke Romo termasuk salah satu Indulgensi untuk mengurangi masa purgatory :slight_smile:

:slight_smile:

waduh ud di marahin bro yopi ,ni td saya baca dari link sarapan pagi yg dikasih bro yopi.

50. Christians are to be taught that if the pope knew the exactions of the pardon-preachers, he would rather that St. Peter's church should go to ashes, than that it should be built up with the skin, flesh and bones of his shee

Orang Kristen harus diajarkan bahwa jika Paus tahu bahwa Surat-surat indulgensi itu dijual oleh oleh pengkotbah indulgensi (oknum2 Gereja), Paus akan memilih Gereja St. Petrus (Katolik) menjadi abu daripada harus dibangun diatas kulit, daging, dan tulang dari domba-dombanya.

garis besarnya yg pengen saya tanyakan ada tidk kesalahan paus2 terdahulu , bukan saya mau membela kaum protes , kaum protes juga jauh jauhhh dari sempurna.

Yang lengkap, jangan dipotong2 lah bro:

50. Christians are to be taught that if the pope knew the exactions of the pardon-preachers, he would rather that St. Peter's church should go to ashes, than that it should be built up with the skin, flesh and bones of his shee

Orang Kristen harus diajarkan bahwa jika Paus tahu bahwa Surat-surat indulgensi itu dijual oleh oleh pengkotbah indulgensi (oknum2 Gereja), Paus akan memilih Gereja St. Petrus (Katolik) menjadi abu daripada harus dibangun diatas kulit, daging, dan tulang dari domba-dombanya.

Bagian yang sejalan dengan iman Katolik
Jika Surat-surat berharga itu dijual oleh oleh pengkotbah indulgensi (oknum2 Gereja), Paus tidak akan setuju. Memang Gereja Katolik tidak pernah mengajarkan untuk menjual surat itu, maka dari itu Luther memastikan bahwa Paus tidak akan menyetujuinya (dengan perkataan Luther sendiri, “Paus akan memilih Gereja St. Petrus (Katolik) menjadi abu daripada harus dibangun diatas kulit, daging, dan tulang dari domba-dombanya.”)

Bagian yang tidak sejalan dengan iman Katolik:
Paus akan memilih Gereja St. Petrus (Katolik) menjadi abu. Mungkin ini hanya gaya bahasa Hiperbola dari Luther saja untuk menggambarkan ketidaksetujuan Paus terhadap penyalahgunaan surat Indulgensi. Jika memang hanya Hiperbola, maka perkataan Luther masih sejalan dnegan iman Katolik. Tetapi jika dipahami secara harafiah, maka perkataan Luther tidak sejalan dengan iman Katolik karena Paus tetap tidak akan menginginkan Gereja yang didirikan Yesus ini binasa.


Kalo masih nanya lagi berarti belum lulus membaca :smiley:

kyanya saya blm lulus membaca XD , saya tanya lagi ga apa2 ya bro , kita lupakan masalah Surat-surat indulgensi , pertanyaan saya apakah ada kesalahan paus2 terdahulu ?

Sepanjang EX CATHEDRA dan IMAN tidak bro, kalo “hal lain” mereka semua sampai Yang Mulia Benedict XVI adalah “manusia” bro…

Semoga cukup jelas ya…

ya mereka hanya manusia , malaikat pun bisa jatuh dan nabi bisa melakukan kesalahan , tadinya saya kira bro yopi akan bilang kehidupan para paus itu suci tp benarkan mengenai “hal lain” mereka hanya manusia saja.

salam

@TOby,

Beberapa paus memang banyak melakukan kesalahan namun sifatnya personal.
Sedangkan ajaran iman yang infallibel diyakini tetap dilindungi TUhan dari kesesatan.

Dalam alkitab tertulis demikian :
Mat 23:2-3
23:2 "Ahli-ahli Taurat dan orang-orang Farisi telah menduduki kursi Musa.
23:3 Sebab itu turutilah dan lakukanlah segala sesuatu yang mereka ajarkan kepadamu, tetapi janganlah kamu turuti perbuatan-perbuatan mereka, karena mereka mengajarkannya tetapi tidak melakukannya

Jadi orang katolik akan melakukan hal yang diatas kalau menjumpai tindakan2 paus yang salah .

Contoh apakah paus pertama : santo Petrus pernah melakukan kesalahan…jelas wong tertulis penyangkalannya di kitab suci.

TEtapi apakah yang diajarkan Petrus pada jemaat dan yang ditulisnya dalam suratnya kemudian dimasukkan dalam kitab suci itu salah?

TIdak karena apa yang diajarkannya dilindungi TUhan dari kesalahan.

Kitab suci adalah fakta bagaimana kuasa infallibel itu bekerja pada pribadi2 penulis kitab suci yang dapat bersalah (dapat berbuat dosa).

Mereka dapat salah/ berbuat dosa tetapi pada saat mereka mengajarkan pada umat dan menulis kitab suci , mereka dilindungi dari kesalahan.

Umat katolik percaya bahwa kuasa infallibilitas dalam Gereja ini tetap disertai TUhan dalam dogma2, konsili2 Gereja.

hope that helps.

salam :slight_smile:

itu sangat membantu sekali bro , kesalahan yg bersifat persoanl ini lah yg kadang kurang dimengerti oleh saya .

dalam kasus galileo yg di sidang dan dinyatakan bersalah oleh paus sebelumnya , apa ini bentuk personal atau tidak menurut bro?

kura kura dalam perahu…
pura pura makan tahu…

;D ;D ;D