Wahyu Ilahi Katolik?

Ajaran Gereja Katolik, baik Wahyu Ilahi lisan maupun tertulis, dapat dibagi dalam 5 kategori (5D) menurut tingkat kepastian yg mengikat sebagai Firman, yaitu:

5D dalam Gereja Katolik

[ol]- Deposit Iman:
Kitab suci dan Tradisi Suci yg dikenal dan diterima oleh Magisterium. INFALIBLE sebagai Firman yg diterima langsung dari Allah melalui ajaran para rasul. TIDAK DAPAT DITAMBAH ATAU DIKURANGI.

  • Dogma:
    Ajaran iman dan moral yang INFALIBLE, yg bersumber dari deposit iman. Diikat oleh organ Infabilitas Gereja, yaitu melalui keputusan Paus secara ex-cathedra atau melalui konsili ekumenis para Uskup dalam persatuan dengan Paus (Magisterium). Tidak dapat bertentangan dengan Deposit iman atau dogma2 pendahulunya.
    Dogma ditegaskan seiring berjalannya waktu utk menjaga kemurnian ajaran yg berasal dari deposit iman, ketika ajaran2 ini berhadapan dengan bidaat2 yg menentangnya. Contoh: dogma Tritunggal yg ditegaskan di konsili Nisea di tahun 325 AD dan dogma dwi-natur YESUS yg ditegaskan di konsili Kalsedon tahun 451 AD. Jadi bukan hal yg aneh kalo dogma purgatory ataupun Mary’s assumption ditegaskan setelah abad ke 15, karena memang baru di waktu itulah ajaran ini mendapat perlawanan dari bidaat2 yg menyangkal Iman Katolik. Tapi dogma2 ini dapat dengan mudahnya dibuktikan bahwa ajarannya sudah ada sejak awal gereja, sesuai dan tidak bertentangan dengan deposit iman.

  • Doktrin:
    Ajaran iman dan moral yang TIDAK INFALIBLE (bisa salah). Mengikat semua umat katolik yang menerimanya. Dapat berubah, diubah, dibuang, bahkan dinyatakan bidaat/sesat jika ditemukan bertentangan dengan deposit iman. Doktrin jarang ditetapkan menjadi dogma.

  • Disiplin:
    Aturan dan pedoman dalam hidup beriman yang TIDAK INFALIBLE (bisa salah), mengikat semua umat katolik yg menerimanya. Disiplin iman dibuat utk menjaga umat utk tetap di jalan yang lurus (orthodox), termasuk di dalamnya adalah aturan pantang dan puasa, hidup selibat para biarawan/wati, dll. Disiplin dapat dikompromikan, diubah, atau bahkan dihapus jika keadaan mengharuskan.

  • Devosi:
    Praktek berdoa, meditasi, dan disiplin rohani, sesuai dengan restu Gereja. TIDAK INFALIBLE (bisa salah). Termasuk di dalamnya adalah devosi2 kepada Maria (e.g. rosario, novena), devosi pada org kudus yg dijadikan santo santa, devosi Sabtu Pertama utk Hati Kudus Maria, Liturgy jalan salib, dll. Tidak mengikat umat, boleh dilakukan jika dapat mendukung pertumbuhan iman, boleh ditolak jika menjadi batu sandungan.[/ol]

Di thread ini akan khusus dibahas mengenai ajaran yang diwartakan oleh bapa gereja melalui Gereja Katolik ke seluruh penjuru bumi. Banyak orang memiliki pemahaman yg salah akan ajaran Paus i.e magisterium GK ini. Bahkan di kalangan katolikers sendiri byk yg tidak mengerti ajaran GerejaNya.

Gereja Katolik mengajarkan Gereja Katolik itu Kudus dan Apostolik, juga selalu menyuarakan ajaran yang SAMA sepanjang segala abad, sebab ia adalah tiang penopang dan dasar kebenaran. Magisterium terdiri dari PAUS (pewaris Takhta Apostolik) dan dewan uskup yang tunduk padanya.

Segala ajaran yang diajarkan Paus i.e magisterium melalui GK dikatakan sebagai ajaran dari ROH KUDUS sendiri.

Tradisi Suci, Paus i.e magisterium punya otoritas atas kitab suci, ketiganya adalah SETARA dalam Iman Katolik. Gereja Katolik sebagai gereja yang apostolik mengklaim mengabarkan Injil yang diajarkan para rasul murid YESUS tanpa pernah berubah maupun terputus ke seluruh penjuru bumi, sebab Paus adalah ASAS dan DASAR yang kekal bagi kehidupan seluruh umat manusia.

"Oleh karenanya apabila ada orang, semoga Tuhan tidak membiarkannya ada, yang berani secara sengaja untuk menolak atau mengundang keragu- raguan akan hal yang telah kita (Bapa Gereja) putuskan, biarlah ia tahu bahwa ia telah terlempar keluar secara sepenuhnya dari Tuhan dan Iman Katolik."
~Paus Pius XII dan Munificentissimus Deus~

“Ada gereja” yg tetap menjalankan ajaran para rasul itu termaksud menjalankan ajaran YESUS juga atau tidak?

Dan para rasul ini maksudnya para suksesor apostolik (Paus) atau 12 rasul murid YESUS?

Bisa tolong disebutkan nama Gerejanya?

Saya kutipkan point ke-5 dari 5 D Gereja Katolik:

Devosi:
Praktek berdoa, meditasi, dan disiplin rohani, sesuai dengan restu Gereja. TIDAK INFALLIBLE (bisa salah). Termasuk di dalamnya adalah devosi2 kepada Maria (e.g. rosario, novena), devosi pada org kudus yg dijadikan santo santa, devosi Sabtu Pertama utk Hati Kudus Maria, Liturgy jalan salib, dll. Tidak mengikat umat, boleh dilakukan jika dapat mendukung pertumbuhan iman, boleh ditolak jika menjadi batu sandungan.

Jadi sesuai ajaran Gereja Katolik sendiri kalau devosi2 kepada Maria (e.g. rosario, novena) itu sifatnya BISA SALAH namun diajarkan pada umat dalam GerejaNya.

Baik, mari kita lihat apakah kita akan membicarakan pemahaman menurut GK atau mau memaksakan pemahaman apples yg bertolak belakang dengan ajaran GK!

Okay, masih sejalan dengan ajaran GK…

Sudah mulai ada penyimpangan dari ajaran GK yg sebenarnya!!!
Silakan kembali ke definisi Deposit Iman dan Dogma!
TIDAK SEMUA ajaran Paus / magisterium adalah ajaran Roh Kudus yg infallible!!

Lagi2 ada penyimpangan dari ajaran GK!!!

Tradisi Suci bersama2 dgn Kitab Suci adalah Deposit Iman yg merupakan SABDA.
Magisterium adalah pelayan SABDA.
Jelas Magisterium tidak dapat dibandingkan dengan SABDA itu sendiri.

Mengikuti analogi yg aku berikan di thread Tradisi Suci dalam Gereja Katolik - Ajaran Kristen - ForumKristen.com , jika Tradisi Suci dianalogikan sebagai listrik dan Kitab Suci dianalogikan sebagai baterai yg murni, maka Magisterium diibaratkan sebagai PLN yg melayani LISTRIK.

Suatu kesalahan besar kalo membandingkan bahwa PLN setara atau punya otorias terhadap LISTRIK.
Sama errornya dengan mengatakan bahwa Magisterium setara dengan SABDA yang dilayaninya.

Seperti dogma EENS yg Anda permasalahkan, silakan Anda tidak ambil pusing dengan perkataan Paus Pius XII, karena ajaran ini ditujukan uk umat GK, dan Anda jelas2 bukan umat GK!!

Sebelum Anda menyatakan hal ini kepada kami, silakan Anda protes dulu pendeta Anda.

Pendeta Anda itu fallible kan? Apa yg diajarkannya dalam kotbah di gereja itu bisa salah kan?
Apa bedanya dengan kami kalo gitu? Ajaran yg bisa salah kok boleh diajarkan kepada umat???

Dibawah ini adalah ajaran yg diwartakan oleh Paus i.e magisterium melalui Gereja-Nya (Katolik)
a. Paus
b. Maria
c. Gereja Katolik (sebagai ‘nama diri’, bukan sebagai ‘kata sifat’)
d. Orang Kudus
e. Simbol dan ritual…

Oh, saya kira SEMUA yang diajarkan Paus/ magisterium itu ajaran ROH KUDUS. Rupanya ada yang BUKAN ajaran ROH KUDUS. Terima kasih untuk koreksinya.

Tradisi Suci, Paus i.e magisterium dan Kitab Suci adalah tiga pilar dalam Gereja Katolik. Dan ketiganya adalah SETARA yg menjadi tiang penopang dan dasar kebenaran Gereja Katolik.

Dogma EENS dipermasalahkan oleh perwakilan katolik di FK Bruce yg mengatakan tidak jelas Dogma itu ajaran agama apa. Jadi bukan saya yang mempermasalahkan Dogma GK.

Saya sendiri tidak sampai merasa pusing dengan perkataan Vikar KRISTUS Pius XII seperti pernyataan anda.

Apa yg perlu diprotes dari kenyataan Pendeta adalah manusia biasa yg bisa salah? Hanya Tuhan dan Firman-Nya yang benar.

Saya mengutip point ke-5 yaitu Devosi kepada Maria sehubungan dengan pertanyaan anda berikut:

“Satu lagi, Devosi BERBEDA dengan Doktrin.
Jadi entah apa yg Anda maksud dengan devosi kepada Maria dan santo/a BISA SALAH/ FALLIBLE?”

Jadi sesuai ajaran Gereja Katolik sendiri kalau devosi2 kepada Maria (e.g. rosario, novena) itu sifatnya BISA SALAH namun tetap diajarkan pada umat dalam GerejaNya.

Gereja Katolik mengajarkan Gereja Katolik itu Kudus dan Apostolik, juga selalu menyuarakan ajaran yang SAMA sepanjang segala abad, sebab ia adalah tiang penopang dan dasar kebenaran. Apakah devosi pada ratu sorga Maria yang BISA SALAH/ FALLIBLE ini juga diajarkan oleh para rasul apostolik?

Tidak perlu heran bro, protestan tidak menyandarkan imannya pada manusia absolut infallible.

Gereja Katolik memang punya Paus sebagai asas dan dasar yang kekal.

KGK (Katekismus Gereja Katolik) 882
Paus, Uskup Roma dan pengganti Petrus, merupakan ASAS dan DASAR yang kekal dan kelihatan bagi kesatuan para Uskup maupun segenap kaum beriman" (Luman Gentium 23)

betul bro Ond3, protestan tidak menganggap semua benar absolut. Hanya Tuhan dan Firman-Nya yang absolut benar.

Paus Roma memang jelas asal-usulnya, yaitu pewaris takhta apostolik.

Untuk yang ini anda salah bro Ond3

Ajaran gereja katolik seperti devosi2 kepada Maria (e.g. rosario, novena), devosi2 pada org kudus yg dijadikan santo santa, devosi Sabtu Pertama utk Hati Kudus Maria, Liturgy jalan salib, doktrin2 dll merupakan ajaran yang FALLIBLE (BISA SALAH) namun diajarkan pada umat katolik dalam GerejaNya.

Kalau ajaran yang sifatnya Infallible (absolut benar) adalah Dogma. Contohnya adalah Dogma EENS.

Mengenai ajaran bapa gereja yang jelas asal-usul dan juntrungannya (Paus), ajaran GK yang bisa salah ini berasal dari rasul apostolik ataukah rasul murid YESUS?

Bro Ond3, ada pertanyaan mengenai kebenaran absolut Paus dan ajarannya loh :coolsmiley:

Bro Ond3, ajaran Katolik yang absolut benar (Infallible) HANYA Deposit Iman dan Dogma.

Contoh ajaran yang absolut benar adalah Dogma EENS dan terangkatnya Maria ke Sorga.

Sedangkan ajaran yang diwartakan oleh bapa gereja ke seluruh penjuru bumi melalui Gereja Katolik seperti praktek berdoa, meditasi, dan disiplin rohani TIDAK INFALIBLE (bisa salah) sifatnya.

Termasuk di dalamnya adalah devosi2 kepada Maria (e.g. rosario, novena), devosi pada org kudus yg dijadikan santo santa, devosi Sabtu Pertama utk Hati Kudus Maria, Liturgy dll.

Mungkin bro Ond3 bisa menjelaskan lebih lanjut mengenai ajaran Paus i.e magisterium yang ABSOLUT BENAR?

Ajaran reform mula2 itu maksudnya ajaran Rasul Petrus atau bagaimana? terutama terkait dengan ayat Matt 16:18 yang anda kutip diatas?

Yesus sudah datang kembali untuk menjemput Bunda Maria dan menjadikan Bunda sebagai Ratu yang memerintah Sorga adalah Wahyu Ilahi Katolik dalam Tradisi Suci dan merupakan Dogma Infallible.

Apakah Yesus itu Allah? Sila jawap.

Teman kamu yg satu ini (adik cutz) sudah tidak bisa lagi diskusi di board ini. Bilangnya Yesus itu cuma seorang manusia biasa. Nah itu. Saya mahu kepastian.

yap… ini kan sudah masuk kedaerah iman umat GK, buat saya, hal seperti diatas bisa dan mampu dilakukan oleh Yesus, ini hal yang tidak mustahil dilakukan… Tentunya anda tidak perlu percaya dengan hal ini, sebenarnya anda juga tidak perlu mendiskusikannya hihihi…

pel , apel, mau tanya nih

kalau patung cabul najis, itu adalah inspirasi roh kudus atau inspirasi ROH CABUL ???

kasih tahu ya, sama ayatnya sekaligus.

Bejobejo, thread ini tidak membahas patung2 yg tidak digunakan untuk keperluan ibadah.

Kalau anda mau membahas soal patung2 hiasan atau yg lain, sudah ada threadnya bukan?

Sedang banyak pertanyaan yg sesuai topiknya saja belum terjawab kok

Bro Cosmic, thread ini tidak membahas ketidaktahuan anda mengenai YESUS adalah Mesias yg datang dalam wujud manusia sebagai KRISTUS yang adalah jalan, kebenaran dan hidup.

Yang dibahas di thread ini adalah Wahyu Ilahi Katolik dan ajaran2 bapa gereja katolik yang APOSTOLIK.

kelihatannya kaum pembenci grj grj lainnya ini takut untuk menjawab ya ? ckckckckck

takut ketahuan ya ??? Tidak usah takut deh, kita kan mau belajar teologi dari kamu pel. Apakah benar kalau percabulan itu datang dari roh kudus ? ada ayatnya tidak ???

Pel tanya lagi ya pel. Kalau kita print foto gambar cewek telanjang bugil gil gillll, kelihatan anu-nya, terus kita tempelkan di ruang tamu kita, sebagai hiasan dinding, menurut kamu, boleh tidak ???

kalau boleh, ada ayatnya tidak pel ?? kasih tahu ya pel, gw newbie, masih dalam tahap belajar pel. Kalau boleh, nanti kita semua bisa rame rame pasang poster cewek bugil telanjang naked 100% naked ya pel. asyik dong.

sama ayatnya juga ya pel. newbie lagi mau belajar agama kristen sama apple yang pandai teologia.

thank you ya pel.

Bro Limited, ajaran Rasul itu Rasul yang mana dulu maksudnya?

Apakah Rasul murid Yesus ataukah para Paus yg juga mengaku menjabat sebagai Rasul?

wah bro bejo jangan memulai OOT dong :smiley: