[warning] MENGENALI SETAN - IBLIS.

Shalom teman… :happy0025:
Iblis merupakan suatu pribadi jahat yang memiliki kuasa supranatural atas kosmos. Menurut sejarahnya, setan (dalam bahasa Latin disebut Lucifer) adalah penghulu malaikat yang memberontak kepada Tuhan. Sejak kekal, sebelum Adam dan Hawa diciptakan, Tuhan memerintah bersama para malaikatnya. Pemberontakan Lucifer terlihat dari keinginannya untuk menjadi penguasa yang melampaui Tuhan. Hal itu terungkap dari kata-kata ”aku hendak” seperti dicatat oleh nabi Yesaya (Yes 14:13-14): aku hendak naik ke langit; aku hendak mendirikan tahtaku mengatasi bintang-bintang; aku hendak duduk di atas bukit pertemuan jauh di sebelah utara; aku hendak naik mengatasi ketinggian awan-awan; aku hendak menyamai Yang Mahatinggi.

Sebelum jatuh dalam dosa pemberontakan, Lucifer memiliki kepribadian yang sangat luar biasa. Menurut Ryrie (1991), Yehezkiel membandingkan kelebihan raja Tirus dengan kelebihan Lucifer sebelum kejatuhannya (Yeh 28:12-15). Lucifer memiliki kesempurnaan hikmat dan keindahan, tempat tinggal yang mulia, kemegahan busana, fungsi yang hebat, dan kesempurnaan integritas yang tak bercela.

Karena memberontak, Tuhan menghukum Lucifer dan melemparkannya ke bumi. Ia jatuh seperti kilat dari langit (Luk 10:18). Dalam kejatuhannya itu, Lucifer mempengaruhi sepertiga dari malaikat-malaikat yang lain. Karena itu, dalam keberadaannya kemudian, setan memiliki kerajaannya sendiri. Setan mempunyai sistem pemerintahan yang besar dan rapi (Ef 6:12). Mereka menjadi kelompok kekuatan besar yang selamanya berseteru dengan Tuhan dan Kerajaan-Nya.

Dalam Alkitab berbahasa Indonesia, dipakai beberapa istilah seperti setan, iblis, dan si jahat. Setan berasal dari kata Ibrani (satan) yang berarti musuh atau lawan [adversary] (Za 3:1; Mat 4:10; Why 12:9; 20:2). Iblis berasal dari kata Yunani (diabolos) yang mengandung arti pemfitnah (Mat 4:1; Ef 4:27; Why 12:9; 20:2). Yohanes menyebutnya sebagai si jahat (Yoh 17:15; 1 Yoh 5:18-19). Sifat iblis itu sangat jahat.

Paulus menggambarkan sifat-sifat iblis dalam suratnya kepada jemaat di Efesus (Ef 6:10-12) sebagai berikut.

[u][b]Pertama[/b][/u], iblis sangat licik. Pada ayat 11, Paulus menekankan soal “tipu muslihat iblis”. Dengan cara itu, iblis menghalangi karya Tuhan dalam kehidupan manusia. Iblis membuat manusia terombang-ambing dalam permainan palsu dan segala bentuk kelicikan[b] (Ef 4:14).[/b]
[u][b]Kedua[/b][/u], iblis adalah musuh yang mempunyai kuasa supranatural. Ketika Paulus menandaskan supaya kita menjadi kuat di dalam kekuatan kuasa Tuhan, sesungguhnya ia sedang berbicara tentang kekuatan dan kuasa si iblis itu (ayat 12). Iblis mempunyai system pemerintahan dan organisasi kekuasaan yang kokoh. Ketika para murid gagal mengusir setan yang menguasai seseorang (dalam pelayanan pelepasan), Yesus memberi penjelasan bahwa itu terjadi karena mereka kurang beriman [b](Mat 17:17)[/b] dan karena pelayanan pengusiran itu membutuhkan doa dan puasa [b](Mat 17:21)[/b]. Menurut Thomas J. Sappington (1998), para murid waktu itu agak meremehkan kekuatan setan. Kenyataannya, setan mempunyai kuasa dan kita harus melawannya dengan persiapan rohani yang khusus.
[u][b]Ketiga[/b][/u], iblis adalah musuh yang sangat jahat. Pada ayat 12, Paulus menunjuk pada masalah “roh-roh jahat”. Ini merupakan sifat dasar iblis, yaitu sangat jahat. Sappington (1998) memperingatkan supaya kita tidak terpengaruh oleh ajaran-ajaran lain. Mereka mengatakan adanya roh-roh gaib yang jahat dan yang baik. Ilmu gaib pun ada dua, putih (white magic) dan hitam (black magic). Pengajaran Alkitab tentang dunia mahkluk halus sangat jelas, semua iblis jahat, apapun bentuk dan manifestasinya!

Tambahan :

Charles Ryrie (1991) mengklasifikasi kejahatan setan sebagai berikut :

Pertama, dalam hubungannya dengan Kristus, setan berusaha menggagalkan misi Yesus untuk mati bagi penebusan dosa manusia. Hal itu jelas sejak Herodes berusaha membunuh bayi-bayi yang baru lahir (Mat 2:16).

Kedua, dalam hubungannya dengan Tuhan, setan melawan Tuhan dengan cara mengembangkan segala bentuk kepalsuan. Jangan heran jika sekarang muncul banyak agama palsu (2 Tim 3:5), hamba-hamba Tuhan palsu (2 Kor 11:15), ajaran-ajaran palsu (1 Tim 4:1-3). Puncak pemalsuan adalah kemunculan Antikris yang akan menyesatkan banyak orang dengan tipu muslihatnya (2 Tes 2:9-11).

Ketiga, dalam hubungannya dengan bangsa-bangsa, setan menyesatkan mereka (Why 20:3). Akibatnya, bangsa-bangsa mengembangkan sistem ideologi dan politik yang menghalangi pemberitaan Injil. Pada akhir jaman, iblis akan menipu sehingga bangsa-bangsa menyembah Antikris (Why 13:2-4).

Keempat, dalam hubungannya dengan orang-orang yang tidak percaya, setan membutakan pikiran mereka sehingga tidak mau menerima Injil (2 Kor 4:4). Mereka mengedepankan akal budi dan pikiran rasional sehingga sulit untuk percaya. Mereka terjerat dalam ajaran agama-agama palsu, penyembahan berhala, dan okultisme.

Kelima, dalam hubungannya dengan orang-orang percaya, setan mencobai supaya berbuat jahat (Kis 5:1-11), menyerang usaha pemberitaan Injil (1 Tes 2:18), dan menuduh kita di hadapan Tuhan (Why 12:10).

Nah, dari referensi di atas, gw pribadi masih bertanya2 sebenarnya…
malaikat adalah mahluk ciptaan. Dan mempunyai tugas utk melayani Allah di surga…

Apakah “murtad” nya Lucifer itu memang sudah “di tentukan” oleh Allah dari dulu??
dan kenapa tidak di “game over” saja si Lucifer sama Allah ea???
dan kira2…lebih dulu mana : Manusia jatuh dalam dosa, atau Lucifer yg lebih dulu murtad???

monggo… :happy0025:

SUMBER REFERENSI

tidak, tetapi ada aturan…

sama juga dgn aturan kepada adam / hawa, jangan makan… klo makan mati.

ALLAH TIDAK MAU ATURAN NYA DILANGGAR

Apakah “murtad” nya Lucifer itu memang sudah “di tentukan” oleh Allah dari dulu??
iyah.

dan kenapa tidak di “game over” saja si Lucifer sama Allah ea???
sebagai objek murka.

dan kira2…lebih dulu mana : Manusia jatuh dalam dosa, atau Lucifer yg lebih dulu murtad???
hmm… kagak tau apa Lucifer murtadnya di dalam kekekalan atau di dalam waktu, kalau di kekekalan, gak ada kata ‘lebih dulu’.

TUHAN sumber segala kebaikan, tidak pernah TUHAN inginkan kebinasaan bagi makhluk ciptaanya. Setan menolak TUHAN atas dasar kehendak dirinya bukan sudah ditentukan oleh TUHAN,

Ada masa penciptaan ada masa penghakiman. Saat nya nanti Setan akan dibinasakan, Baca kisah perumpamaan lalang di antara gandum. Matius 13:24-30

13:30 Biarkanlah keduanya tumbuh bersama sampai waktu menuai. Pada waktu itu aku akan berkata kepada para penuai: Kumpulkanlah dahulu lalang itu dan ikatlah berberkas-berkas untuk dibakar; kemudian kumpulkanlah gandum itu ke dalam lumbungku.

[email protected]

DIkarenakan ada tambahan seperti dibawah inilah…

Tambahan :

Apakah “murtad” nya Lucifer itu memang sudah “di tentukan” oleh Allah dari dulu??
dan kenapa tidak di “game over” saja si Lucifer sama Allah ea???
dan kira2…lebih dulu mana : Manusia jatuh dalam dosa, atau Lucifer yg lebih dulu murtad???

monggo…

Maka Allah menciptakan manusia…Dimana si Manusia CIPTAAN ALLAH ITU LEBIH MULIA DARI CIPTAAN ALLAH SEBELUMNYA YAITU MALAIKAT. TERMASUK LUCIFER didalamnya.

Sehingga dng Manusialah Allah secara ADIL DAN BIJAKSANA untuk menunjukan dan membuktikan bahwa Lucifer dapat di hukum karena sudah nyata jelas perbuatannya sepanjang zaman ( saat di sorga maupun di dunia ini )…,mereka menentang KEDAULATANNYA ALLAH SANG PENCIPTANYA dan akhirnya Allah pun memiliki alasan yang hakiki untuk menghukum Lucifer dan para pengikutnya yang lain untuk dimasukkan kedalam api neraka jika dunia sudah kiamat.

Slam GBU…

waduh ciri kahs ajaran yg mengerikan … wwiizzzzz …

apakah benar si luci sdh ditentukan untuk murtad ?? :coolsmiley:

sama aje dgn apakah benar manusia yang selamat sdh ditentukan ?? :coolsmiley:

alasannya apa bray :slight_smile:

Tidak, tentu saja tidak.

Disini menunjukkan bahwa Allah itu adil dan konsekuen, Allah tidak mau bertindak sewenang-wenang, akan tetapi kalau masih diterus-teruskan, Allah akan bertindak tegas tiada ampun dan di siksa.

Tentu saja Lucifer lebih dulu, kalau tidak tentunya tidak ada setan.

hm…bertolak blkang dgn jawaban mlequi… :slight_smile:

bandingkan dgn ini :

iblis sdh jatuh ke bumi…berarti setelah penciptaan bumi beserta isinya kah mksdnya???