Waspadai Musim Pancaroba

Dear all,

Akhir-akhir ini udara terasa gerah. Ga pagi ga siang bahkan dimalam hari terasa gerah. Kondisi ini karena perubahan cuaca yang biasa disebut musim pancaroba. Jaga konsidi kita yuk biar ga gampang terkena penyakit musim pancaroba…

Regard,
Fina

Waspadai Musim Pancaroba

MUSIM Pancaroba! Demikian masyarakat menyebut iklim saat ini. Hal itu karena seringnya terjadi perubahan cuaca dari terik matahari yang panas di musim yang sudah masuk pada kemarau menjadi hujan lebat kadang disertai petir dan angin ribut dengan udara yang tiba-tiba dingin. Demikian sebaliknya. Suhu udara jadi sering berganti. Pagi dan malam hari yang biasanya dingin menjadi terasa sangat panas. Perubahan cuaca yang drastis ini tentu saja membuat tubuh harus pandai beradaptasi dengan cuaca. Untuk itu dibutuhkan stamina yang prima atau fit. Jika tidak, tubuh menjadi kurang dapat beradaptasi. Inilah yang dapat menimbulkan berbagai macam penyakit terutama bagi mereka yang sering bekerja keras dan kurang beristirahat.

Penyakit yang sering menyerang tubuh di musim pancaroba atau musim peralihan adalah flu, batuk, pilek, demam, gangguan saluran napas atau infeksi saluran pernapasan, radang tenggorokan, masuk angin, influenza, gangguan pencernaan seperti diare, dan tifus abdominalis. Kemunculan penyakit-penyakit tersebut kasusnya menjadi tinggi pada awal perubahan musim pancaroba disebabkan juga banyaknya bakteri atau virus yang mencemari lingkungan sekitar kita ditambah menurunnya daya tahan atau stamina kita pada musim peralihan ini. Berikut ini adalah solusi agar tubuh tetap fit di tengah cuaca yang kurang bersahabat :

  1. Konsumsi makanan bergizi. Daya tahan tubuh yang baik selain butuh makanan yang cukup jumlahnya, juga harus memenuhi semua unsur gizi yang dibutuhkan tubuh yaitu : karbohidrat, lemak,protein, vitamin,dan mineral. Istirahat yang cukup. Tidur 6-8 jam sehari. Kurang istirahat dapat menurunkan daya tahan tubuh kita.
  2. Sempatkan berolahraga secara rutin minimal 3 kali seminggu selama 30 menit.
  3. Konsumsi minuman sulpemen yang tepat. Sebagian besar dari kita sulit memenuhi kebutuhan gizi harian dengan diet yang seimbang, sehingga suplemen penambah stamina diperlukan terutama di musim pancaroba. Pilih minuman penambah stamina yang benar-benar mengandung vitamin B yang lengkap yang diperlukan untuk menjaga stamina tubuh seperti vitamin B1, B2, B3, B5, B6, B8 dan B12. Selain itu, makanan/minuman energi tersebut dalam kemasannya harus mencantumkan kandungan zat, aturan pakai, masa kadaluarsa dan nomor registrasi badan pengawasan obat makanan (BPOM).
  4. Kelola Stress dengan baik. Hanya dengan belajar mengelolanya secara tepat, kita dapat terhindar dari dampak negatif stress seperti sulit tidur, nafsu makan berkurang yang pada akhirnya mempengaruhi daya tahan tubuh kita.
  5. Perbanyak minum air putih minimal 8 gelas sehari.
  6. Menjaga kebersihan makanan dan minuman, membersihkan sesudah buang air besar atau menjelang makan serta menjaga kebersihan lingkungan, memberantas lalat, nyamuk, kecoa, semut.
  7. Bila terjadi keluhan yang serius, segera pergi ke dokter.

Lakukan tips diatas secara rutin dan berkelanjutan maka kita akan terhindar dari penyakit pancaroba untuk masuk ke dalam tubuh kita.

Sumber :
http://www.analisad aily.com/ index…php? option=com_ content&view=article&id=16141enyakit- penyakit- di-musim- pancaroba-&catid=131:artikel&Itemid=189

http://bondowoso. dinkesjatim. go.id/index. php?option= com_content&task=view&id=168&Itemid=2

Thanks buat infonya… sebelah kanan kiri saya di kantor udah mulai flu2 nich… mudah2an cepet sembuhnya… atau saya juga nanti bakalan kena… ^^

iya nih…temen2 kantor dah pada bersin2…bener2 harus jaga kesehatan…biar ga ketularan…

Kalau saya sich udah biasa jaga kondisi selain dengan tidur dan makan yang cukup, tak lupa mengonsumsi minuman penambah stamina yang halal dan lengkap jelas vitaminnya. Jadi lebih baik mencegah dari pada mengobati. :smiley: :smiley:

Selama ini menurut aku yang bagus dan aman mengonsumsi suplemen penambah stamina adalah Ex*** JO** Produksi PT Bin*** TOE***. Bagaimana menurut Bung Hamta ?

KLO SAYA Slalu fitnes untuk mnjaga kondisi badan saya

kalau aku biasanya
aktivitas cukup, tidur cukup, makan cukup, vitamin seimbang

Huaaa… aku sendiri udah flu… :onion-head30:
Bersin2, pilek, pusing banget… Tadi sempet panas dikit… :onion-head41:

Duh… telat baca thread ini… :monkeys40: