Web Gratis

Sesuai Judul Forum Teknologi, ada baiknya bagi Anda yang ingin mengemukan pendapat disalurkan ke halaman web gratis seperti di http://www.wordpress.com. Beberapa menit web gratis muncul, kurang dari 24 jam dapat dicari via google.

Caranya sangat sederhana:

  1. ada pc/laptop
  2. dapat akses internet, seperti Speddy milik TELKOM, Modem Flash Smart Fren, atau provider lainnya. Khusus untuk Smart Fren, langganan Rp. 50.000,-/bulan untuk 2 GB sudah lebih dari cukup. Sekarang ini sudah dapat memakai Hp untuk akses internet tanpa perlu modem flash lagi. Jadi ada pc/laptop+hp sudah online.
  3. buat account email gratis sperti di yahoo atau google (gmail).
  4. buatkan beberapa halaman web gratis sesuai tujuannya.
  5. pendapat/usulan/karya Anda sudah dapat diakses di seantero dunia via internetmania.

saya kira apa hahahaha

saya buat di blospot … nah, ini blog saya yang dari blogspot ^^ ViperGoy Blog

thx

Saya masih bingung membedakan antara website, wordpress dan blog. :smiley:

Thx infonya :slight_smile:

Tulisan Orisinil dari dan gaya JadiForumKuSaja …

Home Page, Web Page, Website/Web Site/Site atau web adalah istilah yang berhubungan dengan dunia maya (internet/intranet/www/URL/link/hyperlink). Istilah yang umum dipakai di kalangan tabloid/majalah perangkat lunak/keras berbahasa Indonesia adalah halaman web yang merupakan singkatan dari World Wide Web (www/w3).
Sebelum istilah internet meluncur di pasaran Indonesia tahun 1994-1996, semua hal yang berhubungan dengan dunia maya dikenal dengan istilah BBS (Bulletin Board System) dan pemanfaatannya adalah didominasi oleh orang yang punya kemampuan keuangan yang cukup mapan dan sangat mahal termasuk pecinta ilmu komputer baik hardware maupun software. Di Indonesia pada waktu itu hadir Majalah Komputer yang ternama adalah MIKRODATA milik PT Elek Media. Pada waktu itu juga muncullah YAHOO pada bulan Januari 1994, dan ekspansi pada bulan Maret 1995 berikutnya muncul GOOGLE pada tanggal 4 September 1998.
Kemuncullan YAHOO dan GOOGLE ini membuat dunia maya bergigi taring dan pecinta hard/software lari kencang-kencang dengan berbagai gaya yang akhirnya persaingan di dunia maya tidak dapat dielakkan lagi.
Pembicaraan yang menyangkut dunia maya dalam istilah bahasa Inggris pada tahun 1990-an Home Page dan Web Page kemudian bergulir istilah Web Site yang ditulis menjadi Website, juga banyak yang menuliskannya menjadi Web dan Site saja. Penulisan/pemakaian Web menunjuk kepada istilah World Wide Web (disingkat menjadi www atau w3).
Setiap kali membaca/menulis Web berkonotasi kepada World Wide Web yang identik dengan pengertian internet/dunia maya penuh misteri.

Berbicara mengenai WORDPRESS yang muncul pada edisi pemberdayaan pertamanya pada tanggal 27 Mei 2003 melalui proses pengembangan B2/Cafelog (Desember 2011) yang sampai pada hari ini sangat terkenal sebagai halaman web pribadi dan profesional yang punya ciri khas tulisan yang dapat dikomentari/tidak dikomentari.

Istilah Blog menunjuk kepada sistimatikanya: terstruktur, ada posting pada halaman utama, juga ada halaman-halaman khusus lainnya. Blog lebih tertuju pada pribadi/personal. Selain Wordpress juga ada Blogger/Blogspot yang banyak digemari masyarakat didukung penuh oleh Google (dibeli oleh Google dan milik Google).
Bila pembicaraannya mengenai istilah Website/Web mencakup sangat luas (dunia maya seantero jagat dunia begitulah kira-kira maksud dan tujuannya). Misalnya Framework milik Zend atau Prado. Atau penataan halaman web memakai ASP, PHP, MySql, Jquery, dls… sangat-sangat dan sangat luas. Untuk membatasinya maka banyak orang memakai istilah Blog lebih ke personal atau di dunia maya saya punya info lohhh…
Sebagai penutup, Wordpress tidak sebatas istilah Blog dalam pengertian personal namun dapat dibuat luar biasa memanfaatkan versi PHP/MySql/JQuery atau pemanfaatan HTML/CSS.

Untuk menambah wawasan dapat membaca Ensiklopedia Umum Dunia Maya:

http://weblogtoolscollection.com/archives/2008/07/14/evolution-of-wordpress-b2cafelog-to-wordpress-10
http://cafelog.com

Cuman klo dibadingkan Wordpress dan blog lebih banyak kearah penulisan artikel2, juga bisa di update kapan saja. kadangkala juga bingung cari page homenya setiap halaman hampir mirip semua… Menurutku sedikit berbeda dengan website yang harus di host keserver secara manual juga sangat jarang di diupdate bahkan ada website yang halaman websitenya tidak pernah berubah sama sekali. pembuatan / desainnyapun secara offline bukan online. biasannya diperuntukkan untuk mengiklankan suatu produk ataupun jasa. nah ini yang membuat saya sedikit bingung :cheesy:

Thx

Catatan penting, mohon tidak mengutip/mengulangi posting secara utuh karena pemborosan di tempat ini. Kutip saja bagian kalimat penting yang buat bingungnya saja.

Nah… ini dia si jali jali jakarte…

Ada hal-hal yang perlu diketahui lebih rinci:

  1. Semua CMS (Content Management System) seperti PhpWebiste/PhpNuke/PostNuke termasuk forum diskusi online seperti Vbulletin sengaja diberikan fasilitas untuk diskusi interaktif artinya Tanya-jawab langsung online. Fasilitas ini dapat diaktifkan juga dapat dinonaktifkan sesuai keinginan dari moderator/pemilik CSM/Forum tsb. Blog seperti Wordpress dan Bogger/Blogspot bersifat personal dan ringan/kecil dan sangat mungil artinya cepat diakses oleh siapa saja, dimana saja, dan kapan saja asalkan terkoneksi dengan jaringan internet.
  2. Haruslah diingat bahwa Wordpress.com dan Blogspot.com disediakan sebagai media promosi dari perusahaan penyedianya agar orang memakainya sekaligus perusahaan mereka mendapatkan keuntungan finansial. Sekali memakai nama_blog.wordpress.com berarti sudah mempromosikan WORDPRESS.COM di mana-mana artinya iklan berjalan untuk promosi WORDPRESS demikian juga dengan Blogspot/Blogger.
  3. Semua sub domain yang dipakai gratis seperti Wordpress.com/Blogspot.com dibatasi fasilitas dan penataannya sesuai dengan theme atau plugin yang disediakan, namun demikian bila memakai domain sendiri diberikan kebebasan mengendalikan semua halaman web yang dikelola. Contohnya: bila Anda memakai Wordpress versi Php/MySql/JQuery maka Anda berhak penuh mengelolanya tanpa terbang ke sana ke mari….
  4. Sebagai media uji coba, saya membuat banyak halaman web di wordpress.com yang tidak dapat dikomentari karena tidak saya Approval/tidak diaktifkan fasilitas itu. Jadi, halamannya statis berbulan-bulan/bahkan bertahun-tahun. Tujuannya hanya tampil beda koq supaya orang lain tahu beritanya titik.
  5. Untuk mencari halaman lain di dalam satu blog/web, tentu ada kriteria yang harus diikuti, missal: masuk ke halaman depan istilah bahasa Inggris Home, bahasa Indonesianya Beranda, namun ada juga yang menempatakannya sebagai istilah khusus lainnya seperti Awal, Profile, dls sesuai pemiliknya. Kemudian di sana diatur halaman lain dan sub halamanya. Contoh sederhana coba Anda lihat di:
    http://isengisengrek.wordpress.com di sini sangat banyak sub halaman yang membuat pusing keliling. Dari contoh itu penulisnya ingin membuktikan bahwa menata halaman web harus memenuhi beberapa syarat, di antaranya: halaman depan dibuat sedemikian rupa menjadi singkat dan padat memakai beberapa kata kunci yang menarik perhatian pencari data, halaman depan disingkat sesingkat-singkatnya, menyediakan Daftar Isi Halaman Web seperti model dan gaya Daftar Isi Buku Cetak, Fleksibelitasnya serasi-seimbang-berkualitas. Setelah keliling dan pusing melalui URL isengiseng itu, sekarang coba masuk ke http://webmungil.wordpress.com di sini kelihatan lebih professional, bukan bahkan menggurui pembacanya. JadiForumKuSaja jago khan???..wah… PD buanget…

Terakhir, bila Anda belum mencoba Wordpress Versi Php/MySql silakan mencobanya di localhost artinya di laptop/pc yang dipakai, misalnya memanfaatkan AppServ/XAMPP sebagai Server. Apa yang dicoba di localhost akan sama pada waktu online. Kemudian masalah menata halaman web offline, bisa memanfaatkan software seperti CoralDraw/Adobe Photoshop/MS Office dan banyak sekali alat bantu ini. Harus diingat, penataan halaman web tidak akan bagus bila kurang menguasai HTML, CSS, Java Script, Php, MySql, atau JQuery. Iseng-iseng silakan melirik Zend Framework atau Pradosoft. Jangan putus asah, penataan di Wordpress.com dengan memanfaatkan berbagai theme dan widget akan membawa suasana indah yang menyenangkan, mencoba di wordpress.com kemudian utak-atik Php & MySql maka akan membawa pengalaman yang tidak habis-habisnya… heee… heee… promosi nhi yeee…. Ya dong wong ekstrim kanan dari Wordpress Versi Php & *.Com.

Ada yang kelupaan:

  1. Semua sub domain gratis *.com pasti ada unsuk promosi produknya, paling sedikit *.com itu sendiri seperti wordpress.com.
  2. Termasuk tulisan JadiForumKuSaja ini juga sedang promosi besar-besaran di Forum ini, coba lihat dan cari berapa banyak yang sudah dikirim dan masuk di forum ini, promosi khan??? Sedang promosi JadiForumKuSaja.
    Apa itu, tunggu tanggal mainnya di bioskop wong iseng.
    Untuk apa menulis dengan membuang waktu+uang+tenaga+pikirian kalau tidak ada unsur PROMOSI, benar TIDAK??? Menghabiskan pulsa HP harus bayar lagi… namun semuanya itu bagaikan sedang menabur, paling sedikit setiap orang membaca inisial JadiForumKuSaja akan tahu siapa pemiliknya nanti, saat itulah DAKU pamer kemampuan dan mencari keuntungan sebesar-besarnya???
    Ayo ikutan…
Catatan penting, mohon tidak mengutip/mengulangi posting secara utuh karena pemborosan di tempat ini. Kutip saja bagian kalimat penting yang buat bingungnya saja.
Hehe.. benar juga... cuman kadang malas :D itung2 ngasi garbage dikit. :ashamed0004:

Sepertinya hanya masalah penataan halaman saja ya?

Terakhir, bila Anda belum mencoba Wordpress Versi Php/MySql silakan mencobanya di localhost artinya di laptop/pc yang dipakai, misalnya memanfaatkan AppServ/XAMPP sebagai Server. Apa yang dicoba di localhost akan sama pada waktu online.
Bisa minta tolong dijelaskan lebih rinci bagaimana caranya? Apakah diuduh dari filezilla client kemudian di tempatkan di htdocs pada localhost (XAMPP)? kemarin coba gagal total Klo oot saya minta tautan saja. :ashamed0004:
Harus diingat, penataan halaman web tidak akan bagus bila kurang menguasai HTML, CSS, Java Script, Php, MySql
Karena masih awam, sejauh ini saya hanya bisa memakai web generator seperti web accapella dan web page maker. kemarin coba2 mengenal Jquery juga beberapa kode java script. cuman masih bingung karena masih awan :cheesy:

Thx

Ya nanti diberi air sejuk biar tidak kehausan dunia maya model dan gaya web programming… wah keren buanget nhiii… hiii… hiiii… berani tampil beda loh.
Sejak daku online di forum ini, belum kelihatan ada posting yg menunjukkan pengen utak-atik kode program/kode sumber /source code.

Biar keren dan supaya sy juga punya data online yg dpt diakses oleh siapa saja tanpa sebatas di forum ini saja, saya akan upload di halaman tersendiri sebagai media pembelajaran web programming awal/dasar, nanti kalau udah mapan … uuhhh… PD buanget ya…
Sabar sebentar, sdh ada beberapa snipping utk screenshoot-nya

Sabar ya… pokok eehhh JadiForumKuSaja dijamin berani tampil beda, ini namanya PROMOSI khannn…

hehehe…
Mungkin karena forum ini hanya membahas agama jadi sedikit yang berpatisipasi tentang teknologi… harap maklum saja. :smiley:

Thx

Untuk sementara udah terdaftar di: http://appservdanxampp.wordpress.com

nanti akan di-upload berkisar AppServ dan XAMPP.

Perlu waktu utk upload dan beberapa modifikasi data lama.

Oke tak tunggu uploadnya… :smiley:

Thx

Coba download XAMPP versi terakhir 1.8.1 atau 1.8.0 kemudian pasang/install ke PC/Laptop.
Dapat melihatnya di http://appservdanxampp.wordpress.com

Setelah berhasil proses instalasi, ketik http://localhost di Address Bar Internet Explorer/Firefox Mozilla.

Bila berhasil, ketik http://localhost/phpmyadmin bila berhasil berarti sudah siap menjalankan file *.Php di PC/Laptop dengan bantuan Server Apache sebagai pengganti server webhosting.

Versi dulu bisa gak 1.7.3 udah keinstal di PC. mau download koneksi rada lemot… kecuali klo pagi.

Thx

Nah ini baru keren… jadi lebih leluasa berkreasi :slight_smile:

http://img259.imageshack.us/img259/7933/37505103.jpg

Ini masih masih bingung. Masih memerlukan riset :mad0261: (XAMPP 1.8.0)

http://img266.imageshack.us/img266/6858/31395435.jpg

Sepertinya mudah klo mau membuat web gratis ( Wordpress)

Thx

Coba menjalankan kalender.php di localhost yang sudah terinstalasi itu.

Baca di sini: http://wp.me/P2No1b-D

Coba pasang kalender… Masih dilocalhost. Di bilah sisi ( Wordpress-3.4.2 alih ke bahasa lokal / indonesia-edit Wp-config ) Sedikit terkendala dengan bhs UK :mad0261: walau kedengarannya masih asing seperti uduh, unggah dan galat… ;D

http://img208.imageshack.us/img208/7139/62919276.jpg

Footer ( Tabel hilang :smiley: )

http://img15.imageshack.us/img15/802/82459474.jpg

Disela2 waktu luang dan dengan batuan google akhirnya berhasil juga meng-onlinekan Wpnya. Sedikit mumet juga menyetting ulang databasenya.

http://img10.imageshack.us/img10/7589/74398928.jpg

http://img585.imageshack.us/img585/8643/78052495.jpg

Untuk plugin apa saja yang harus dipasang masih belum mengetehui fungsi2nya. (Untuk perluasan fitur :ashamed0004: )
Juga manampilkan Slideshow dan thumnail recent post menggunakan jquery+Css. Sepertinya banyak yg harus dipelajari.

Thx

Coba jalankan file *.php ini Contoh 1 dan Contoh 2 : Kalender | Php & MySql

Bila dapat menjalankan file *.php di wordpress versi php/mysql, lanjutkan dengan banyak eksperimen: masukkan sebanyak-banyaknya file *.php, kemudian jalankan file .htm/.html, *.pdf, *.doc, *.png, dls…

Plugin, widget, tag html, source code bertujuan untuk pemberdayaan wordpress versi php termasuk web yang berbasis php/mysql.

Setelah banyak mengutak-atik plugin siap pakai untuk berbagai tujuan, coba belajar cara menyusun/menata/membuat plugin sendiri sesuai keinginan sekalipun baru tahap sangat sangat SANGAT sederhana. Yang paling penting+utama untuk menguasai konsep dasarnya.

Cari dan manfaatkan URL soureforge/phpclass/wordpress.
Jangan melupakan/meninggalkan http://www.php.net

Banyak investasi waktu untuk utak-atik PASTI menambah banyak wawsan baru+berdinamika di dunia maya penuh misteri ini.

Luangkan banyak waktu untuk membaca dan menelurusi semua link yang tercatat di:

URL di atas tampil penuh keyakinan yang sudah dipromosikan/dimasukkan ke berbagai forum diskusi PHP yang dianggap forum ternama. Lihat dan perhatikan betapa PD-nya posting tsb.
Melalui URL itu punya tujuan: eksperimentasi butuh waktu/tenaga/dana+waktu online yang cocok.
Di sana ada link ttg memanfaatkan TCPDF untuk berbagai keperluan, salah satunya menampilkan huruf bahasa Han (Chinese). Juga tidak kalah pentingnya ttg cara penataan halaman web memakai tag html untuk tabel/kolom/baris berbagai bentuk/ukurannya. Cukup banyak tag html ditampilkan sebagai contoh dasarnya.

GBU