White lie..

Apakah kekristenan mengenal kebohongan untuk tujuan yang baik (white lie) ?
Apakah semua kebohongan adalah jahat menurut Alkitab?

Bila karena suatu keadaan mendesak kita dalam situasi yang harus berbohong, apakah kita harus jujur (walau taruhannya kehilangan nyawa orang yang dikasihi)?

Bohong agar nyawa orang kaga hilang, baik bagi dunia, tapi jadinya ilang rohnya pan kesian…

hmm…
mungkin klo scara sekuler tu bae,tp mnurut sy klo buat kristen tu tetep aj dosa…
mungkin tujuan kt bae,yaitu spy org tsb tdk tersinggung atopun kcewa dgn pendapat kt ato bs jg kt pengen jaga prasaan dia…
tp ad bae ny jg kt katakan yg sbenerny drpd kt boong walopun demi kebaikan dia,misal sbnernya potongan rambtut tmn kt jlek tp kt blg bgs,kan kasian dia…drpd nanti di luar sn dia diktawain am org2,mningan kt blgin dl klo potongan rambutny jlek…

Tidak ada.

Ntar yang lain ikut2an… White magic, white thief(Robin Hood) :mad0261:

hehe peace :happy0025:

GBU

tambah satu lagi…white lion :char14: :char14: :char14:

mau black lie, white lie, ato apapun. tetep aj namany lie kan?
tetep aja judulnya boong, dan bohong itu dosa.

White lie yg saya maksud …(Untuk kasus ekstrim).Misalnya ada pembunuh yang masuk rumah saudara yang ingin membunuh ibu saudara…Lalu dia bertanya kepada saudara di mana ibu saudara…Apakah saudara akan berkata jujur walau karena itu ibu saudara akan dibunuh? Atau saudara akan berbohong demi kebaikan ?? (white lie)

Seperti mencuci pakean kotor dengan air kencing bisa bersih ndak ??? :mad0261: :mad0261:

Ha…ha…ha…bisa ajah bro kalo air kencingnya mengandung deterjen dan butiran2 pembersih… ;D

Masih mikir, apa yaq relepansinya mencuci pakean kotor ama air kencing dengan white lie? :azn:

Diam itu juga adalah sebuah jawaban :afro:

jawaban? PILIHAN kaleeee?

Mungken maksud sista Alice, diam adalah salah satu pilihan dari banyaknya jenis jawaban… :cheesy:

dek LUKAS…cayank
jawaban itu menunjuk ke konteks VERBAL lho…
pilihan itu konteks CARA/SIKAP YANG DIPERBUAT
whatever… aq ga mo nyalahin Alice lho… sori ya… Alice

kan bohong untuk bertujuan baik seperti untuk nolong orang dalam kesulitan gitukan???

jadi kalo tujuan baik dengan cara salah itu sama saja seperti mencuci pakean dengan air bersih gitu om lukas 8) 8) 8)

Kalo seseorang nanya, apalagi nanya yang engga penting banget sih, kata orang gaul, suka engga dijawab, alias diam.

Gitu juga dengan kasus yang dibawa oleh TS. Salah satu pilihan jawaban adalah dengan diam. Kalo cara/sikap yang diperbuat bisa dengan anggukan kepala, gerakan bahu, gerakan tangan, ato bahasa tubuh yang laennya…

Tapi untuk jelasnya qta kembalikan kepada sang punya ide yaitu sista Alice untuk menerangkan lebih lanjot… :coolsmiley:

Oooh begitu bro…Tengkyu bro Jack sekarang udeh jelasan… :coolsmiley:

kayaknya ada yang ga ngerti kalo DIAM tu beda dengan bahasa tubuh dah…
ato emang YBS tersinggungkah? tolong pahami dalam konteks ilmu berkomunikasi
tks

Kadang kita merasa tahu apa yang akan terjadi karena itu kita mengatisipasi… kadang kita perlu berpikir yang mungkin tidak dipikirkan orang…
so… keep honest…

Salam

sebisa mungkin janganlah berbohong…walaupun itu menyangkut nyawa… yakinlah bahwa Tuhan akan menolong orang2 yang benar jalannya…kalo dari awal aja kita udah bohong, itu tanda kita gak bener, mana Tuhan tolong? kan udah jelas, pertolongan Tuhan nyata untuk orang yang berlaku lurus. hehe
CMIIW

Ini pertanyaan yang sulit dijawab.

Menurut saya, kalau kita berpikir secara realistis, manusia didunia kalau dalam keadaan terjepit dan membahayakan dirinya dan orang-orang yang dicintainya, mereka pasti memilih berbohong untuk keselamatannya.

Kita tidak bisa cuma menyimpulkan: Bohong = Dosa.
Yang penting motivasi kita berbuat kebohongan itu.
Motivasi adalah maksud dan tujuan yang berasal dari hati kita, dan Tuhan yang tahu.

Masalah pokok yang utama, yang kita tidak boleh bohong, yaitu menyangkal Yesus.
Yesus berkata: kalau engkau tidak mengakui Aku didepan manusia, Akupun tidak akan mengakui engkau.
Masalah ini kita harus belajar dari orang-orang pada jaman Romawi yang dijadikan mangsa singa.
Dan belajar dari peristiwa; Sadrakh, Mesakh dan Abednego, dalam keadaan apapun juga mereka tidak akan menolak Allah.

Masalah untuk tidak bohong ini sulit dihindari didunia usaha, promosi mencari langganan.
Sekalipun mereka tidak berkata, menyembunyikan kekurangannya dan cacat-cacatnya, tapi Tuhan tahu hati mereka tidak jujur, alias bohong secara diam-diam.
Bukankah Yesus pernah berkata: Sekalipun engkau tidak berbuat, akan tetapi kalau engkau melihat seorang wanita, dan…berarti engkau …

Demikian tanggapan saya,
Hiduplah secara normal biasa, jangan selalu dibayang-bayangi dengan dosa dan mengejar kekudusan.
Akan tetapi hendaknya kita mempunyai hati TAKUT akan ALLAH, sebab Allah mengetahui semua yang terkandung didalam hati kita dan hendaknya Yesus menjadi pusat hidup kita.
Apapun yang terjadi, serahkan pada Nya, hidup kita menjadi enteng tidak berbeban.
Sepertinya kita mendayung perahu mengikuti arus air.

Syalom.

Yakobus 5:12 Tetapi yang terutama, saudara-saudara, janganlah kamu bersumpah demi sorga maupun demi bumi atau demi sesuatu yang lain. Jika ya, hendaklah kamu katakan ya, jika tidak hendaklah kamu katakan tidak, supaya kamu jangan kena hukuman.

Berbohong tetap saja dilarang Tuhan walau dengan alasan apapun karena para martir juga tetap memegang teguh imannya tanpa bohong walau mempertaruhkan nyawanya.