Wujud Kasih Allah

Wujud Kasih Allah

1 Yohanes 4 : 7-8 Saudara-saudaraku yang kekasih , marilah kita saling mengasihi , sebab kasih berasal dari Allah ; dan setiap orang yang mengasihi , lahir dari Allah dan mengenal Allah . Barangsiapa tidak mengasihi , ia tidak mengenal Allah , sebab Allah adalah kasih .

Kita memperingati PASKAH kali ini dengan mengingat akan KASIH ALLAH yang luar biasa , YESUS datang kedalam dunia dengan satu tujuan MATI dikayu salib sebagai korban penebus dosa manusia , bukan hanya itu saja Tuhan juga MEMULIHKAN semua aspek kehidupan . Secara khusus kita akan membahas KASIH ALLAH ini , untuk itu kita melihat perbedaan kata Kasih ,

Dalam bahasa Indonesia kata KASIH kabur maknanya , Kadang disebut sayang , asmara tergantung kalimat pelengkapnya , secara umum kata kasih tidak terlalu spesifik , Contoh ;

• kasih anak kepada orang tua dan kasih orang tua kepada anaknya disebut KASIH ,
• kasih seseorang pria kepada wanita disebut KASIH , ( kadang sayang atau asmara)
• kasih guru kepada muridnya yang cerdas juga disebut KASIH .

Dalam bahasa Yunani kata KASIH lebih jelas pengunaan katanya contoh ;

• EROS , menjelaskan perasaan kasih , cinta seseorang kepada lawan jenisnya , karena pertemuan disuatu tempat dan karena melihat kecakapan lawan jenisnya membuat seseorang timbul kasih , kasih jenis ini muatannya sangat egois, ingin menguasai dan mengatur !
• FILEO , menjelaskan perasaan kasih dalam persaudaraan , bisa sesama saudara sedaging , saudara seiman , teman dan sahabat , orang tua dan anak , guru dengan murid yang berprestasi , Gembala dengan jemaat yang rajin dan tekun melayani , kasih ini masih bermuatan egois .
• STORGE , kasih , cinta ini muncul kalau seseorang mau jadi orang tua menjadi ayah maupun Ibu . ( perasaan kasih orang tua ) Bagi yang belum punya anak tidak bisa merasakan perasaan kasih , cinta storge ini . Terkadang kasih ini begitu indah sampai ada ibu yang rela mati bagi anaknya yang dikasihinya, tetapi kita juga melihat ada juga ibu yang menjual atau membuang anak yang baru dilahirkan . Jadi ini bukan kasih yang teragung !

Model 3 macam kasih ini bisa dimiliki semua manusia tanpa ia menjadi orang PERCAYA lebih dulu , tetapi Kasih AGAPE merupakan kasih TUHAN sendiri , Unsur Kasih , cinta ini tidak ada unsur egoisnya sama sekali , Contoh : Misionari yang memberitakan injil kepada suku-suku terasing di Afrika dllnya . Kasih jenis ini tanpa memiliki hubungan lebih dulu , karena KASIH AGAPE inilah membuat ia rela pergi memberitakan injil ! ( inilah Kasih ter Agung )

Kasih AGAPE ini dicurahkan Tuhan dalam hati setiap manusia yang menjadikan YESUS sebagai TUHAN dan RAJA dalam hidupnya . Roma 5 : 5 , … Karena KASIH ALLAH telah dicurahkan didalam hati kita oleh ROH KUDUS yang telah DIKARUNIAKAN kepada kita .

Unsur Kasih AGAPE dalam diri umat Tuhan membuatnya memiliki HATI dan cara MELIHAT seperti YESUS bukan hanya melihat kejelekan , kelemahan dan keterbatasan manusia tetapi melihat bahwa mereka juga JIWA-JIWA yang perlu di KASIHI , DISELAMATKAN .

Kasih Agape inilah yang memungkinkan manusia bisa mengasihi dan hormat kepada YESUS dan tentunya mau menyengakan hati Tuhan dengan MELAYANI untuk menyenangkan hati Tuhan dan kalau seseorang memiliki Kasih Agape ini ia pasti mengasihi juga sesama manusia . 1 Yohanes 4 : 7 – 8 ,

Melalui KEBENARAN ini kita tahu , Manusia bisa mengasihi dan hormat kepada YESUS sebagai Tuhan dan juruselamat hidupnya karena ;

• Tuhan sudah memberi anugrah KasihNya sehingga memungkinkan manusia bisa mengasihi dan TAAT akan perintah-perintahNya , Yohanes 14 : 21 .
• Karena TAAT kepada junjungan hidupnya , ia mengalami perubahan HATI dan cara PANDANG baru , BUAH Hidup hasil karya ROH KUDUS . Galatia 5 : 22-23 .
• Karena hidup dijalan-jalan dan perintah-perintahNya , maka KEPRIBADIAN lama yang EGOIS menjadi BARU penuh KASIH dan pengabdian baik kepada Tuhan dan sesama manusia yang membutuhkan uluran tangannya . Yohanes 12 : 1-3 .

Bersambung …


Sambunagn " Wujud Kasih Allah

Kasih AGAPE yang Tuhan berikan membuat seseorang disamping mengasihi Tuhan tetapi juga sesamanya . 1 Yohanes 4 : 20 , Jikalau seseorang berkata : “ Aku mengasihi Allah “ dan ia membenci saudaranya , maka ia adalah berpendusta , karena barangsiapa tidak mengasihi saudaranya yang dilihatnya , tidak mungkin mengasihi Allah , yang tidak kelihatan .

Melalui perjalanan waktu seseorang bisa TIDAK lagi TEKUN dan SETIA hidup di jalan-jalan dan perintah-perintah yang Tuhan tunjukkan membuat ;

• Hatinya tidak lagi melekat kepada Tuhan , ( hubungan tidak intim lagi dengan Tuhan ) bahkan cenderung mengabaikan ajaran dan bimbinganNya , sehingga tanpa disadari hidupnya BERHENTI DARI RENCANANYA dan tidak bisa menjadi seperti yang Tuhan rencanakan sejak semula . Ulangan 28 : 1-13 ; Amsal 4 : 18-19 ; 2 Korintus 3 : 18 .

• KASIH ALLAH ( Agape ) dalam dirinya akan makin pudar sehingga ia tidak lagi bisa mengasihi dan peduli kepada kehendakNya , mungkin masih pelayanan tetapi tanpa KASIH , semuanya menjadi sia-sia . 1 Korintus 13 : 3-13 dan tidak bisa lagi mengasihi sesamanya ( pasangan hidupnya ) yang DILIHAT hanya kejelekannya dan bukan kebaikannya !

• HIDUP tidak bisa menjadi BERKAT untuk membawa pengaruh KERAJAAN SORGA dan BUDAYANYA dalam dunia ini ! ( karena mengabaikan rencana dan kehendakNya )

• Hidup tidak bisa menghasilkan BUAH-BUAH ROH yang bisa mencerminkan Pribadi Kristus dan tentu akhirnya hidup tidak bisa MEMULIAKAN NAMANYA !

Tuhan saat ini tinggal di Sorga , Sampai rencana memulihkan seluruh aspek kehidupan umatnya seperti yang dinubuatkan oleh para Nabi digenapi dulu , Kisah para Rasul 3 : 21 , Kristus itu harus tinggal disorga sampai waktu pemulihan segala sesuatu , seperti yang diFirmankan Allah dengan perantaraan Nabi-NabiNya yang kudus di Zaman dulu . baru setelah itu YESUS datang kembali dalam dunia untuk menjemput umatNya !

NUBUAT NABI YERMIA

Karena tidak TAAT akan jalan-jalan dan perintah-perintahNya , ( tidak INTIM lagi dengan Tuhan ) membuat umat bisa kehilangan keharmonisan dalam rumah tangga atau keluarganya . Yermia 16 : 9 ; 25 : 10 , Mengatakan ; Aku akan melenyapkan dari antara mereka suara kegirangan dan suara sukacita , suara pengantin laki-laki dan pengantin perempuan , bunyi batu kilangan dan cahaya pelita .

NUBUAT RASUL YOHANES

Wahyu 18 : 22-23 , Juga mengatakan ; Dan suara pemain-pemain kecapi dan penyanyi-penyanyi dan peniup-peniup seruling dan sangkakala , tidak akan kedengaran lagi didalammu , dan seseorang yang ahli dalam sesuatu kesenian tidak akan ditemukan lagi didalammu , dan suara kilangan tidak akan kedengaran dialammu . Dan cahaya lampu tidak akan bersinar lagi didalammu , dan suara mempelai laki-laki dan perempuan tidak akan kedengaran lagi didalammu . …

Kalau bertobat dan hidup dalam kehendakNya lagi maka Tuhan akan memulihkan keluarga yang TIDAK harmonis MENJADI harmonis Yermia 33 : 11 . “ Akan terdengar lagi suara kegirangan dan suara sukacita , suara pengantin laki-laki dan suara pengantin perempuan , suara orang-orang yang mengatakan :

Bersyukurlah kepada Tuhan semesta alam , sebab Tuhan itu baik , bahwasanya untuk selama-lamanya kasih setia-Nya , sambil mempersembahkan korban syukur di rumah Tuhan . Sebab AKU akan MEMULIHKAN keadaan negeri ini seperti dahulu , Firman Tuhan .

• KELUARGA sejahtera INI merupakan prinsip KEHIDUPAN Tuhan dalam kapasitasnya sebagai ALLAH TRI TUNGGAL yang selalu harmonis , walau tiga PRIBADI yang berbeda tetap bisa kompak bersatu . Sebagai anak-anakNya kita juga diwajibkan untuk bisa mencerminkan keharmonisanNya !
• Pemulihan negeri ( kota dan penghasilan ) sesuai rencanaNya sejak semula , Membawa hidup umat kepada masa depan yang penuh pengharapan bukan kecelakaan , Yermia 29 : 11 . sebelum umat tidak TAAT dan dikutuk !

Bersambung …


Sambungan Wujud Kasih Allah

Marilah kita merespon kehendak Tuhan ini , “ Hidup harmonis “ dengan dasar KASIH ALLAH yang sudah Tuhan curahkan dalam HATI kita langkah yang harus kita ambil adalah ;

• Mengasihi kembali Tuhan yang diwujudkan hidup dalam KETAATAN dijalan-jalan dan perintah-perintahNya dan sujud menyembah YESUS sebagai RAJA junjungan hidup yang berdaulat atas semua aspek kehidupan , Sehingga melalui hidup kita muncullah BUAH-BUAH ROH , salah satunya adalah Kasih Agape !

• Lewat kehidupan kita yang mengalami perubahan dari manusia LAMA menjadi manusia BARU , ( Buah-buah ROH nampak ) bisa hidup selalu dijalan KEMENANGAN untuk membawa HARUM nama kristus dimana-mana . 2 Korintus 5 : 17 ; 2 Korintus 2 : 14 .

• Setelah HATI dipulihkan , Pasti bisa saling mengasihi satu dengan yang lain baik sebagai TUBUH KRISTUS melayani dan bukan menuntut dilayani , berkorban dan bukan minta Tuhan untuk terus berkorban bagi dirinya . Lukas 7 : 47 .

• Dalam KELUARGA saling mengasihi , melayani dan bukan menuntut dilayani terus , berkorban dan bukan menuntut pasangan untuk terus berkorban bagi dirinya , semua dilakukan bukan dengan maksud memanfaatkan untuk kepentingan diri sendiri saja , tetapi bagi Kemuliaan dan kebesaran nama Tuhan . Filipi 2 : 1-5 .

Keluarga yang mungkin kecewa kepada pasangannya yang belum dipulihkan sehingga tidak melakukan KEWAJIBANNYA , Kalau ia dipulihkan HATINYA dan kasih AGAPE melimpah maka ia bisa melupakan apa yang sudah terjadi dan tidak mengingat dosa dan salahnya lagi , dan tetap melakukan KEWAJIBANNYA dengan pemahaman bahwa apa yang dilakukan UNTUK TUHAN bukan untuk manusia , sebab Tuhan itu ADIL sehingga yang siapa yang salah pasti akan menerima ganjaran sesuai dengan perbuatannya . Kolose 3 : 23 – 25 .

Ingat perintah Tuhan dalam Matius 18 : 21- 35 , Kita harus bisa MENGAMPUNI orang yang berbuat salah kepada kita sampai 70 X 7 ( setiap harinya ) kalau tidak maka kita justru akan hidup dalam BELENGGU seperti dipenjara pikiran dan perasaannya DIKUASAI kepahitan hatinya . Hati yang penuh dengan kasih AGAPE memungkinkan kita bisa mengampuni terus menerus !

Sebaliknya seorang yang dipulihkan tidak DIBELENGGU pikiran dan perasaannya , ia akan memiliki WAWASAN YANG LUAS menyadari bahwa dirinya sendiri yang manusia ini juga cenderung mudah berbuat salah dalam hidup ini ! Sebab kalau kita tidak suka mengampuni BAPA diSorga akan memperhitungkan itu dan kitapun tidak diampuni kalau bersalah !

Umat yang merespon rencana dan kehendakNya , Tuhan akan memerintahkan BERKAT- Nya , Mazmur 133 : 1-3 , Sungguh alangkah baiknya dan indahnya , apabila saudara-saudara diam bersama dengan rukun ! Seperti minyak baik diatas kepala meleleh kejanggut Harun dan keleher jubahnya . Seperti embun gunung Hermon yang turun keatas gunung-gunung Sion . Sebab kesanalah TUHAN AKAN MEMERINTAHKAN BERKAT , KEHIDUPAN untuk selama-lamanya .

Kalau kita renungkan KASIH Tuhan , … Sungguh luar biasa , !! Diselamatkan dari hukuman kekal menjadi hidup kekal , diberkati dan di PEMULIHKAN dalam semua aspek kehidupan dengan cara TAAT diubahkan dari kehidupan yang lama produk DAGING menjadi hidup baru produk ROH KUDUS , agar lewat hidup maupun keluarganya bisa memuliakan namaNya . Tuhanpun memerintahkan berkat , kehidupan untuk selama-lamanya . Amin .