wujud manusia setelah meninggal?

wah saya gak ngerti maksud anda
“apa itu mati suri”

apakah seperti lazarus yang dibangkitkan oleh Tuhan Yesus ??
klo seperti lazarus, satu ketika dia pasti mati.

mati suri…secara medis kedokteran adalah kondisi koma…dimana frekwensi detak jantung perdetik paling berdenyut dalam hitungan puluhan kali…yang jelas syaraf otak masih berfungsi tapi dalam level kritis…Kondisi demikian alam bawah sadar manusia yang dominan berperan…disinilah kadang bermacam macam manusia tsb jika tersadar dan beranjak normal membawa venomena baru bagi dirinya dan disampaikan kepada orang lain bahwa ia sudah melanglang buana di alam yang bukan alam dunia fana…dan jika bagi orang yang beriman dan tidak beraiman ke pada Tuhan…pasti berlainlan pula cara pandangannya mengenai venomena tsb.

Wah kurang tahu.
Kalo mujur, bisa sempat mejeng di museum sebagai contoh fosil atau contoh manusia purba :char11:

@david
belum lagi klo dikremasi jd abu udah itu dimasukin kalung jadi JIMAT deh ha7

Ada daging dan tulang, kalo darah ada gak? :smiley:

kondisi demikian, berarti dia belum mati.
klo dia mati, maka “roh” nya akan keluar dan meninggalkan tubuhnya.

Percayakah teman-teman bahwa manusia hidup terdiri dari tubuh, jiwa, dan roh ???

lah…klo ndak percaya …emang ada tambahan /pengurangan dr 3 unsur tsb?

Shalom,

Terdiri dari apa manusia itu, kita lihat saja kisah penciptaannya. Kej 2:7 berkata sbb:

“ketika itulah TUHAN Allah membentuk manusia itu dari debu tanah dan menghembuskan nafas hidup ke dalam hidungnya; demikianlah manusia itu menjadi makhluk yang hidup.”.

Manusia = debu tanah + nafas hidup (roh)
Makhluk yg hidup = tubuh + nafas hidup (roh)
Jiwa = tubuh + roh

Perhatikan:

  1. nafas hidup (roh) bukan sesuatu yg bisa hidup (memiliki kesadaran) tanpa tubuh.
  2. makhluk yg hidup (jiwa) tdk ada bila salah satu (tubuh atau roh) tidak ada.

Demikian, semoga bermanfaat.

Salam, JBU, Jericho, J.

Sangat… :slight_smile:

Jadi kalau manusia mati, berarti tubuh ragawinya kembali menjadi debu ditanah, tetapi bagaimana dengan jiwa dan rohnya ??? Apakah jiwanya masih nempel ditubuh ragawi atau jiwanya nempel pada rohnya ?

Shalom,

Jiwa atau makhluk yg hidup = tubuh + roh (nafas hidup)

Makhluk yg hidup - roh (nafas hidup) = MATI

Pkh 12:7:
“dan debu kembali menjadi tanah seperti semula dan roh kembali kepada Allah yang mengaruniakannya.”.

Perhatikan:

  1. Ketika manusia mati, roh atau nafas hidup kembali kpd Allah. Cermati, yg kembali ke Allah adalah nafas hidup yg tdk memiliki kesadaran ketika terpisah dari tubuh.

  2. Bila roh (nafas hidup) pisah dr tubuh kembali ke Allah, manusia atau makhluk yg hidup atau makhluk yg memiliki kesadaran itu menjadi mati atau tdk lagi memiliki kesadaran. Artinya, jiwa itu menjadi tdk ada.

Ilustrasi:

Terang ada = bohlam + arus listrk
Jiwa yg hidup/sadar ada = tubuh + nafas hidup (roh)

Ketika arus listrik tdk lagi mengalir di bohlam itu, terang itu sirna.
Ketika nafas hidup (roh) kembali kepada Allah, jiwa itu menjadi tdk ada.

Jadi tdk ada yg hidup memiliki kesadaran ketika nafas hidup (roh) pisah dari tubuh. Roh (nafas hidup) sudah kembali kpd, tdk lengket dng tubuh.
Jiwa menjadi tdk ada, tdk lengket dgn tubuh, tdk kemana2 sebab sdh menjadi tdk ada.

PENIPUAN PERTAMA LUCIFER KEPADA MANUSIA ADALAH, IA MENGATAKAN BAHWA MANUSIA SEKALI-KALI TIDAK AKAN MATI (KEJ 3:4). PENIPUAN SETAN INILAH AWAL MULA ATAU CIKAL BAKAL DARI PENDAPAT ATAU AJARAN YG MENGATAKAN KALAU MAUNUSIA MATI, ADA BAGIAN DARI MANUSIA ITU YG TETAP HIDUP DAN MEMILIKI KESADARAN. PENDAPAT INI BERTENTANGAN DENGAN FIRMAN TUHAN DALAM ALKITAB. MEMANG LUCIFER SELALU MENENTANG ALLAH.

Demikian, semoga bermanfaat.

Salam, JBU, Jericho, J.

Nah, yang masuk neraka apa ya ? Jiwa atau roh manusia atau gabungan antara jiwa dan roh ?
Demikian pula seandainya masuk sorga, rohnya atau jiwanya atau gabungan antara jiwa dan roh ?

Ini saya tanyakan, karena saya punya pandangan konsep yang berbeda dengan Bro Jericho Jerusalem.

@ Bro Yopi, pandangan anda bagaimana tentang trikotomi ? Ini ada kaitannya dengan wujud orang setelah meninggal.

Kalau pengertian trikotominya jelas, berarti wujud orang setelah meninggal dapat dijelaskan.

Shalom,

Tidak apa2 Bro berbeda pandangan dgn saya, yg penting Bro tdk berbeda pandangan dgn FT dlm Alkitab-Nya. Saya hanya menyatakan apa yg dikatakan Alkitab.

Dalam membaca Alkitab, ada prinsip mendasar, salah satunya, yaitu ayat atau nas yg lebih gamblang atau jelas menjelaskan nas yang kurang gamblang, jangan sebaliknya.

Kisah penciptaan manusia di bagian-bagian paling awal kitab suci dgn sangat gamblang menunjukkan manusia terdiri dari debu tanah dan nafas hidup menjadi jiwa yg hidup. Ya sangat jelas, jiwa itu adalah makhluk hidup itu, manusia itu sendiri. Jadi jika nafas hidup itu pisah dari tubuh itu, jiwa itu sirna. Roh (nafas hidup itu bukan suatu entitas yg bisa hidup terpisah dari tubuh dan memiliki kesadaran.

Lalu apa yg masuk neraka (atau masuk sorga), roh, jiwa atau gabungannya? Barangkali pertanyaannya yg dimaksudkan adalah “Lalu ketika manusia mati, apa yg masuk neraka (sorga), roh, jiwa atau gabungannya?”.

Dari Kej 2:7 dan Pkh 12:7 itu jelas sekali tdk ada jiwa atau roh atau gabungannya dlm pengertian entitas yg memiliki kesadaran dan bisa hidup terpisah dari tubuh. Nas itu jelas menunjukkan yg kembali kpd Allah adalah nafas hidup (roh) yg hanya apabila diperstukan dgn tubuh menjadi jiwa atau makhluk yg hidup.

Seperti tlh saya katakan, anggapan bhw ada yg bisa hidup terpisah dari tubuh adalah bagian dari doktrin yg pertama kali dikemukakan Lucifer ketika menjatuhkan manusia (Kej 3:4). Ajaran kebakaan jiwa atau roh bisa memiliki kesadaran atau bisa hidup terpisah dari tubuh adalah turunan integral dari penipuan pertama kali oleh Lucifer itu.

Pkh 9:5 dgn jelas menyatakan:
“Karena orang-orang yang hidup tahu bahwa mereka akan mati, tetapi orang yang mati tak tahu apa-apa, tak ada upah lagi bagi mereka, bahkan kenangan kepada mereka sudah lenyap”.

Kej 2:7, Pkh 9:5, Pkh 12:7 dan banyak lagi ayat lainnya, adalah momok yg mengganjal bagi ajaran kebakaan jiwa atau roh.

Saat manusia mati, (kecuali nafas hidup yg bukan suatu pribadi kembali kpd Allah), tdk pergi kemana2. Ajaran yg menyatakan saat manusia mati, jika ia orang saleh maka ia lasung pergi ke sorga, jika ia orang jahat, ia langsung ke neraka atau melayang2 adalah turunan selanjutnya dari penipuan setan pertama kali itu.

Mendoakan orang mati juga turunan dari penipuan dari Lucifer pertama itu kpd kakek dan nenek moyang manusia itu.

Alkitab berkata bhw orang benar akan dibangkitkan, diubahkan dan dibawa ke sorga oleh Yesus saat kedatangan-Nya ke2x (1 Kor 15:51-52).

51 Sesungguhnya aku menyatakan kepadamu suatu rahasia: kita tidak akan mati semuanya, tetapi kita semuanya akan diubah, 52 dalam sekejap mata, pada waktu bunyi nafiri yang terakhir. Sebab nafiri akan berbunyi dan orang-orang mati akan dibangkitkan dalam keadaan yang tidak dapat binasa dan kita semua akan diubah.

Orang jahat akan dibangkitkan utk dihukum ketika orang2 saleh datang bersama Yesus turun dari sorga setelah mereka di sorga selama 100o tahun (Ayub 21:30,32, Dan 12:2, Yoh 5:29, Kis 24:15, Why 20:5, Why 20:13,14).

Demikian, semoga bermanfaat.

Salam, JBU, Jericho, J.

Sudah pernah dibahas sebelumnya:

Apakah cukup jelas? :slight_smile:

Bagaimana penjelasannya, bila dikaitkan dengan 1 Petrus 3:19-20 ???
1 Petrus 3:19 dan didalam ROH itu juga Ia pergi memberitakan Injil kepada roh-roh yang didalam penjara,
1 Petrus 3:20 yaitu kepada roh-roh mereka yang dahulu pada waktu Nuh tidak taat kepada Elohim…

Bukankah roh manusia sudah kembali kepada Elohim karena roh manusia adalah Nafas Elohim ?
Menurut Bro, roh manusia sudah tidak memiliki entitas, kesadaran, jadi bagaimana penjelasannya ?

Tolong dong, linknya dibantu; mungkin saya harus ke topik itu dahulu, baru dapat diskusi di topik ini.

wujud orang setelah mati … semenjak saya belum pernah mengunjungi sorga jadi jawabnya … au ah elap