Yesus adalah Tuhan

Emangnya di PL ada perwakilan ! ah teolog ngaco !

Kalau ini siapa wakilin siapa ?

Salah satu contoh aja :

Kel3:4
Dan YAHWEH melihat bahwa dia menyimpang ke samping memeriksanya.
Dan Elohim memanggil ia dari tengah-tengah semak berduri itu …

Salam.

hahaha… diktatnya sama seperti punya @RinduKebenaran… basi…

@TegasFirman, kalao anda pinter, siapa bapa mereka yang Yesus maksud di atas ?

kalo gak tahu diam aja. ;D

Ah anda ini gimana, kan sudah saya bilang elohim itu Yesus, ya otomatis IEUE itu diwakilkan oleh Yesus.

salem.

Mendingan jadi Wakil dari pada mewakilin/utusan !

Lho bukankah anda katakan hanya Abba adalah YAHWEH, kalau ya Yesus bukan YAHWEH dan Yesus memang mewakilan / kuasa / utusan dari YAHWEH, itu kan maksud anda ?

Betul, IEUE satu-satunya Tuhan yang benar, sang Bapa yang memberikan otoritas/wewenang/kuasa kepada Yesus, sang Putra.

Silahkan download Yohanes 17:3 versi ISA 2,15 dengan terjemahan:

telah sama kehidupan yang kekal bahwa mereka boleh menjadi mengetahui Engkau satu-satunya Tuhan yang benar dan siapa yang Engkau memberikan kuasa, Yesus Kristus


Terimakasih atas ketegasan anda bahwa Abba anda adalah satu2nya Tuhan yang benar !

Sialahkan masuk Sixbentarian berkomentar.

Salam.

Hehehe… takut ya bro untuk ngebahasnya? ;D

Ya tunggu @hayatek bisa mampu gak ?

Sodara sendiri mampu gak? ;D

Mampunya saya adalah menulis anda mengakui sbb :

Pernyataan @davidbull ternyata diakui oleh @sizxbn sendiri :

Nih diperkuat lain idensitas tapi mirip, tapi kapasitasnya sama, yakni saling dukung mendukung ! :

Sudah apalagi @Ben, mau muter2 dan nyenyel lagi !

Salam.

Kalo ngutip pernyataan orang jangan dipotong2 dong… kebiasaan nafsir ayat ya? :slight_smile:

Lengkapnya pernyataan saya seperti ini:

hehehehe…

Menyangkut bangsa di PL :

  1. Seluruh bumi Kejadian 4;26 dan Jos 8:35 bukan termasuk orang diluar bangsa Israel ? Jadi Tuhan memilih itu adalah YAHWEH atau Abba ?

  2. Bukankah berbahagialah bangsa yang Elohimnya YAHWEH ? atau berbahagialah bangsa yang TUHANnya adalah Abba ?

Jawab dua duanya ya !

Terimakasih.

Yahweh adalah satu-satunya Eloah yang Mahakuasa; Bapa bagi bangsa Israel.
'Aßßà adalah satu-satunya El/Theon yang Benar; Bapa bagi seluruh bangsa.

Salam,

Jawab dulu pertanyaan saya, baru anda berkomentar ! Jelas ! Jangan jadi orang licik !

Jawab hai manusia yang punya hikmat ! kecuali manusia yang bodooh dan bebal yang tidak mau menjawab pertanyaan diskusi !

Yoh
5:39 Kamu menyelidiki Kitab-kitab Suci, sebab kamu menyangka bahwa oleh-Nya kamu mempunyai hidup yang kekal, tetapi walaupun Kitab-kitab Suci itu memberi kesaksian tentang Aku,

5:40 namun kamu tidak mau datang kepada-Ku untuk memperoleh hidup itu.

Apakah terjemahannya benar: dan firman itu adalah Tuhan, dari ISA 2,15


Pola awal:

Di dalam pertamanya adalah firman, dan firman itu ada dekat/dalam persiapan Tuhan,

Pola akhir:

dan firman itu adalah Tuhan.

Pertanyaannya:

Pola akhir kok tidak sama dengan pola awal, bukankah itu pola yang sama di ISA 2,15?

tks.

salem.

Menurut saya, kalau terjemahannya firman itu adalah Tuhan, jika digabungkan dengan ayat 14:

Joh 1:14 Dan Firman itu sudah menjadi daging dan berdiam di antara kita. Dan kita telah melihat kemuliaan-Nya, yaitu kemuliaan sebagai yang tunggal dari Bapa, penuh anugerah dan kebenaran.

Artinya dominan bahwa Tuhan itu menjadi manusia.

Bandingkan dengan:

Joh 3:16 Sebab Tuhan demikian mengasihi dunia ini, sehingga Dia mengaruniakan Putra-Nya yang tunggal, supaya setiap orang yang percaya kepada-Nya tidak akan binasa, melainkan dapat memperoleh hidup kekal.

Pengertian antara:

Tuhan menjadi manusia.

dengan:

Dia mengaruniakan Putra-Nya yang tunggal,

samakah??

salem.

Sedangkan kalau terjemahannya dalam pola yang sama semuanya, maka:

dan Tuhan itu adalah firman.

Arti dominannya: Tuhan menyatakan diri-Nya melalui firman (Yesus)

digabungkan dengan:

Joh 1:14 Dan Firman itu sudah menjadi daging dan berdiam di antara kita. Dan kita telah melihat kemuliaan-Nya, yaitu kemuliaan sebagai yang tunggal dari Bapa, penuh anugerah dan kebenaran.

Menjadi klop, karena firman itu telah menjadi manusia, menggenapi apa yang di ayat 1.

Dan juga bagian terakhir ayat 1 itu sejajar dengan:

Joh 1:18 Tidak seorang pun pernah melihat Tuhan; Dia, Putra tunggal yang ada pada dekapan Bapa, Dialah yang telah menyatakan-Nya.

Col 1:15 Dialah gambar Tuhan yang tidak kelihatan, yang sulung dari segala ciptaan,

salem.