yesus anak manusia

“KARENA ANAK MANUSIA JUGA DATANG BUKAN UNTUK DILAYANI, MELAINKAN UNTUK MELAYANI DAN MEMBERIKAN NYAWA-NYA MENJADI TEBUSAN BAGI BANYAK ORANG.” (MARKUS 10:45). PADA AYAT TERSEBUT YESUS SENDIRI YANG MEMBERI KESAKSIAN BAHWA DIA ADALAH ANAK MANUSIA, YANG AKAN MEMBERIKAN NYAWANYA SEBAGAI TEBUSAN BAGI BANYAK ORANG. YESUS TIDAK PERNAH MENDAKWAHKAN KEMANA-MANA BAHWA DIA ANAK TUHAN. KARENA DIA TAHU PERSIS BAHWA DIA HANYALAH SEORANG ANAK MANUSIA YANG DILAHIRKAN OLEH IBUNYA, MARIA. JIKA YESUS ITU TUHAN, TENTU DIA BISA MENGAMPUNI DOSA MANUSIA, TANPA HARUS MENGORBANKAN NYAWANYA SENDIRI.

YESUS Anak Manusia

Anak Manusia (υιος του ανθρωπου - huios tou anthrôpou)

Anak Manusia adalah sebutan bagi Yesus Kristus, seringkali Yesus Kristus memakai istilah ini sebagai ganti kata diri-Nya :

Istilah “Anak Manusia” menekankan aspek kemanusiaan Yesus Kristus, meskipun tidak menutup kemungkinan sisi lain yaitu aspek keilahian, namun aspek keilahian ini lebih sering ditonjolkan dengan istilah “Anak Allah”.

Yesus Kristus adalah Allah, sekaligus sebagai manusia. Perhatikan ayat dibawah ini, bagaimana Yesus Kristu ’mengganti’ istilah “Anak Allah” menjadi “Anak Manusia” The Son of Man (Yohanes 1:49-51). Hubungan antara surga dengan dunia tergantung baik pada tabiat manusiawi Yesus Kristus maupun tabiat ilahi-Nya.

* Yohanes 1:49-51
1:49 LAI TB, Kata Natanael kepada-Nya: “Rabi, Engkau Anak Allah, Engkau Raja orang Israel!”
KJV, Nathanael answered and saith unto him, Rabbi, thou art the Son of God; thou art the King of Israel.
TR, απεκριθη ναθαναηλ και λεγει αυτω ραββι συ ει ο υιος του θεου συ ει ο βασιλευς του ισραηλ
Translit, apekrithê nathanaêl kai legei autô nathanaêl rabbi su ei ho huios tou theou su eih ho basileus ei tou israêl

1:50 LAI TB, Yesus menjawab, kata-Nya: “Karena Aku berkata kepadamu: Aku melihat engkau di bawah pohon ara, maka engkau percaya? Engkau akan melihat hal-hal yang lebih besar dari pada itu.”
KJV, Jesus answered and said unto him, Because I said unto thee, I saw thee under the fig tree, believest thou? thou shalt see greater things than these.
TR, απεκριθη ιησους και ειπεν αυτω οτι ειπον σοι ειδον σε υποκατω της συκης πιστευεις μειζω τουτων οψει
Translit, apekrithê iêsous kai eipen autô hoti eipon soi hoti eidon se hupokatô tês sukês pisteueis meizô toutôn opsei

1:51 LAI TB, Lalu kata Yesus kepadanya: “Aku berkata kepadamu, sesungguhnya engkau akan melihat langit terbuka dan malaikat-malaikat Allah turun naik kepada Anak Manusia.”
KJV, And he saith unto him, Verily, verily, I say unto you, Hereafter ye shall see heaven open, and the angels of God ascending and descending upon the Son of man.
TR, και λεγει αυτω αμην αμην λεγω υμιν απ αρτι οψεσθε τον ουρανον ανεωγοτα και τους αγγελους του θεου αναβαινοντας και καταβαινοντας επι τον υιον του ανθρωπου
Translit, kai legei autô amên amên legô humin ap arti opsesthe ton ouranon aneôgota kai tous aggelous tou theou anabainontas kai katabainontas epi ton huion tou anthrôpou

Istilah “Anak Manusia” dan istilah “Anak Allah”. Menunjukkan hubungan antara surga dengan dunia tergantung baik pada tabiat manusiawi Yesus Kristus maupun tabiat ilahi-Nya.

Perhatikan ayat berikut :

* Yohanes 3:13.
LAI TB, Tidak ada seorangpun yang telah naik ke surga, selain dari pada Dia yang telah turun dari surga, yaitu Anak Manusia.
KJV, And no man hath ascended up to heaven, but he that came down from heaven, even the Son of man which is in heaven.
TR, και ουδεις αναβεβηκεν εις τον ουρανον ει μη ο εκ του ουρανου καταβας ο υιος του ανθρωπου ο ων εν τω ουρανω
Translit, kai oudeis anabebêken eis ton ouranon ei mê ho ek tou ouranou katabas ho huios tou anthrôpou

Ditinjau dari satu sisi, ayat di atas pun mengacu kepada kemanusiaan Yesus Kristus, dan terlalu banyak untuk ditelaah satu demi satu.

Istilah “Anak Manusia” muncul lebih dari 30 kali dalam Injil Matius, 15 kali dalam Injil Markus, 25 kali dalam Injil Lukas, dan selusin dalam Injil Yohanes. Di luar Injil, kata ini muncul dalam Kisah Para Rasul 7:56, dua kali dalam kitab Wahyu.

Artikel terkait:
http://www.sarapanpagi.org/yesus-anak-allah-vt34.html#p79

Saint Gregory of Nazianzus:
“That which is not assumed is not healed, but that which is united to God is saved.”

Topik dikunci karena sudah terjawab.

Tuhan Yesus memberkati