Yesus dicobai oleh iblis.

Semua kejadian pada waktu Yesus, Tuhan ingin berbicara kepada kita, dengan peristiwa kejadian itu.

Misalnya : Barabas dibebaskan, dan Yesus di hukum.
Yesus tertidur diburitan kapal, pada waktu badai mengancam.
Dan banyak lagi kejadian yang disebutkan pada waktu Yesus.

Pertanyaan :

Dengan kejadian pada waktu Yesus dicobai oleh iblis, di padang gurun itu, Tuhan mau berbicara apa kepada kita semua ??
Mat. 4 : 1 - 11.

Kalau untuk semua tawaran iblis yang menggoda sudah ada tertulis jawaban untuk menolaknya.

Salah satunya adalah :
Jangan mau kalu disuruh Iblis untuk Terjun dari tempat Tinggi :tongue:

GBU

1 Maka Yesus dibawa oleh Roh ke padang gurun untuk dicobai Iblis.
2 Dan setelah berpuasa empat puluh hari dan empat puluh malam, akhirnya laparlah Yesus.
3 Lalu datanglah si pencoba itu dan berkata kepada-Nya: “Jika Engkau Anak Allah, perintahkanlah supaya batu-batu ini menjadi roti.”
4 Tetapi Yesus menjawab: “Ada tertulis: Manusia hidup bukan dari roti saja, tetapi dari setiap firman yang keluar dari mulut Allah.”
5 Kemudian Iblis membawa-Nya ke Kota Suci dan menempatkan Dia di bubungan Bait Allah,
6 lalu berkata kepada-Nya: “Jika Engkau Anak Allah, jatuhkanlah diri-Mu ke bawah, sebab ada tertulis: Mengenai Engkau Ia akan memerintahkan malaikat-malaikat-Nya dan mereka akan menatang Engkau di atas tangannya, supaya kaki-Mu jangan terantuk kepada batu.”

7 Yesus berkata kepadanya: “Ada pula tertulis: Janganlah engkau mencobai Tuhan, Allahmu!”

8 Dan Iblis membawa-Nya pula ke atas gunung yang sangat tinggi dan memperlihatkan kepada-Nya semua kerajaan dunia dengan kemegahannya,
9 dan berkata kepada-Nya: “Semua itu akan kuberikan kepada-Mu, jika Engkau sujud menyembah aku.”
10 Maka berkatalah Yesus kepadanya: “Enyahlah, Iblis! Sebab ada tertulis: Engkau harus menyembah Tuhan, Allahmu, dan hanya kepada Dia sajalah engkau berbakti!”
11 Lalu Iblis meninggalkan Dia, dan lihatlah, malaikat-malaikat datang melayani Yesus

Mosok sih si Mbah gAK TAHU…??

Iblis itu GAK MAHA TAHU, padahal di Percobaan ke 2 udeh sedikit Tuhan Yesus membuka Jati Dirinya dalam kata2 …Tuhan , Allahmu !
Pas di Percobaan ke 3 baru deh si Iblis KAGET ter BELIAK…sebab cuma TUHAN ALLAH yg BOLEH dan BISA mengusir “nya” !
Mosok Pemilik Alam Semesta kok ditawarin Milik-Nya Sendiri !
Mosok Sang Pencipta dikirain bisa MATI KELAPARAN dan gak bisa mencipta Roti
Mosok Sang Kekal bisa MATI cuma gara2 jatuh dari tempat yg tinggi.
Makanya SAAT Tuhan Yesus ku di COBA2 ama si Iblis, Hatinya sudah tertawa GELI melihat ke SONGONG an si Iblis yg Tidak Tahu itu !
Sama halnya dengan Peristiwa Kelahiran Nabi Musa yg akan membuat Kitab Taurat dan Kelahiran Tuhan Yesus, Iblis gak tahu akan lahir dari wanita yg mana…makanya semua Bayi yg Lahir SAAT ITU, semuanya DIBANTAI dengan menggunakan Tangan Penguasa SAAT ITU !

Nah ITU yg sempat gue’ tanyain ama Guru Agungku, ROH KUDUS soal Pencobaan di Padang Gurun itu !!!

Waspada dengan tiga senjata iblis untuk mencobai manusia

Masalah perut
Masalah kekayaan
Masalah kehormatan

Sama seperti Yesus, maka kita yang telah percaya kepadaNyapun akan merasakan seperti itu yaitu pencobaan dari si jahat, dan pencobaan tersebut isinya adalah seperti yang diutarakan bro Krispus, selain itu tersirat pengertian begini…bahwa waktu Yesus dicobai, Ia merasakan bujukan yang paling kuat dari si jahat yang berusaha membelokkan Dia dari misi-Nya (Maka Yesus dibawa oleh Roh ke padang gurun untuk dicobai Iblis - Mat 4:1). Maka Yesus mengingatkan bahwa keinginan Iblis adalah membelokkan misi kita, yaitu melakukan kehendak Bapa.
Lalu berkatalah Iblis kepada-Nya: “Jika Engkau Anak Allah, suruhlah batu ini menjadi roti.” (Luk 4:3). Yesus tahu siapa diri-Nya, tetapi Ia belum menguji kekuasaan-Nya. Bukankah setiap saat Dia dapat mengeluarkan tenaga Ilahi-Nya ketika badan-Nya lemah karena lapar ? bukankah Dia juga dapat turun dari salib untuk menyelamatkan diri-Nya ?
Yesus tidak mau melayani diri sendiri, Ia mempunyai cita-cita yang lebih tinggi dan karena itu iblis membawa Dia ke tempat yang lebih tinggi. Dengan mengenal orang-orang sebagaimana adanya, Yesus dicobai supaya memperlihatkan kepada orang banyak siapa Diri-Nya dan untuk memanipulasi mereka. Ia dicobai untuk berkompromi dan supaya mempergunakan senjata iblis yang tidak menghormati kebenaran maupun kemerdekaan suara hati, karena iblis bisa memberikan kepada mereka apa saja dan kepada siapa saja yang disukainya (Kata Iblis kepada-Nya: "Segala kuasa itu serta kemuliaannya akan kuberikan kepada-Mu, sebab semuanya itu telah diserahkan kepadaku dan aku memberikannya kepada siapa saja yang kukehendaki. – Luk 4:6).

Yesus telah memilih untuk melayani Allah saja, iblis bertanya ‘mengapa Engkau tidak memulai khotbah-Mu dengan suatu yang seru atau melakukan sesuatu yang heboh, seperti menjatuhkan Diri dari tempat yang tinggi ke tengah-tengah orang banyak yang sedang berdoa di kenisah ? tidakkah Engkau percaya, bahwa Allah akan mengerjakan keajaiban bagi-Mu ?’. Saat ini iblis juga mempergunakan kata-kata dalam Kitab Suci di dalam menggoda orang sewaktu membacanya, misalnya seorang dapat berpikir bahwa dengan iman yang kuat, seorang akan selalu sehat dan berhasil. Yesus mengingatkan kita tentang kekeliruan suatu ‘iman’ yang mencoba menyingkirkan salib. Yesus sendiri tidak menuntut mukjzat dari Bapa-Nya untuk menghindari penderitaan karena penghinaan dan penolakan, yang merupakan nasib para utusan Allah, karena ini berarti menantang Allah dengan dalih ‘percaya kepada-Nya’.

T : Dengan kejadian pada waktu Yesus dicobai oleh iblis, di padang gurun itu, Tuhan mau berbicara apa kepada kita semua ??

J : Tuhan Yesus menggunakan ayat-ayat Alkitab (tertulis) dalam menghadapi godaan Iblis

Jawaban Yesus yang Pertama :
Matius 4:4 Tetapi Yesus menjawab: “Ada tertulis: Manusia hidup bukan dari roti saja, tetapi dari setiap firman yang keluar dari mulut Allah.”

Jawaban Yesus yang Kedua :
Matius 4:7 Yesus berkata kepadanya: “Ada pula tertulis: Janganlah engkau mencobai Tuhan, Allahmu!”

Jawaban Yesus yang Ketiga :
Matius 4:10 Maka berkatalah Yesus kepadanya: “Enyahlah, Iblis! Sebab ada tertulis: Engkau harus menyembah Tuhan, Allahmu, dan hanya kepada Dia sajalah engkau berbakti!”

Back To Bible

Salam

Pesan moral-nya yang bisa diambil dari situ adalah: kalau mau terjun dari tempat tinggi harus pakai parasut. :happy0025:
Dont try this at home.

GBU

kalau mau menang & berhasil dalam pelayanan kpd Tuhan,
harus kalahkan Iblis yg sering mendompleng di keinginan tubuh kita,
jadikan Firman Tuhan senjata yg ampuh & satu2nya utk kalahkan Iblis
.
Hasilnya Kita melihat bahwa di setiap pelayanan Tuhan Yesus di dunia, Iblis selalu menyingkir. :afro:
GBU all.

tapi itu kan nge-quote dari perjanjian lama :char11: :char11:
;D ;D ;D joke ya

BTT: kalo mau ikut setan, kita bisa hidup ‘seneng’ di dunia ini.

adalah

  1. keinginan daging
  2. keinginan mata
  3. keangkuhan hidup.

Yesus tidak terpengaruh oleh celoteh iblis.

Artinya : Yesus adalah juga anak manusia

Salam

Yesus adalah juga anak manusiabetul Bro :afro:…makanya dengan adanya SIKAP PANUTAN dengan contoh "Diri-Nya’ , diharapkan agar “Yang SULUNG” aja BISA maka kita sebagai suadara2 muda-Nya ya KUDU BISA juga menolak kalau : Tachta (kekuasaan), Harta (buat blkni Roti dan makanan)dan dengan Wewenang yg kita miliki lalu dipanas panasin si Iblis agar kita mau nunjukkin ke BISA an kita biar dapat NAMA (Terjun Bebas menggunakan Power dari Jabatan GENCET ke bawah , lalu kita gunakan jurus dengan gaya SDSB…Sudomo Datang Semua Beres di zaman ORBA dulu) …Tuhan Yesus mengharapkan kita tetap RENDAH HATI dan melayani sesama bila kita ingin menjadi PEMIMPIN !

Telah banyak jawaban beragam tetapi semuanya berdasarkan Firman Tuhan juga kan bro…jadi kalo kita baca tanggapan sobat2 semua, banyak sekali pesan baik secara moral maupun Firman Tuhan yang telah disampaikan. Saya percaya bahwa pesan Tuhan tersebut adalah untuk mendidik kita bagaimana cara mengalahkan si Jahat, si pendusta yaitu iblis itu sendiri. Mari kita hidup berkemenangan… :afro: :afro:

Terima kasih teman-teman atas penafsiran yang telah anda berikan.
Semuanya benar, sebab ada dasar Alkitabnya.

Disini saya mencoba menjabarkan lebih luas dari ayat-ayat mengenai Yesus dicobai di Padang Gurun.

Pencobaan ini ada tiga macam, dimana pada umumnya manusia tidak akan tahan, kita akan memilih mundur, meninggalkan Yesus daripada harus mengalami salah satu macam dari ketiga pencobaan ini.

Pencobaan yang pertama adalah masalah : ”Menderita “
Yesus dalam keadaan lapar, diganggu dengan roti. Lapar berarti menderita, kalau Yesus mau makan roti, berarti Dia bebas dari penderitaan itu.Semua manusia takut menderita, apakah penderitaan tersebut karena lapar, atau berupa penyakit, atau mungkin ada tindasan atau ancaman dari manusia lain, kalau tidak menurut akan mengalami banyak kesulitan, disiksa atau dibunuh. Manusia pada umumnya akan memilih meninggalkan Yesus daripada harus menderita.

Pencobaan yang kedua adalah masalah:”uang“
Yesus dibawa ketempat yang tinggi dan diperlihatkan kekayaan dunia. Manusia pada umum-nya lebih memilih melepas Yesus daripada melepas hartanya. Contohnya seperti anak muda yang disuruh menjual semua hartanya dan mengikuti Yesus, dia tidak berani, sebab harta-nya banyak. (Luk,18:22 –23). Hal ini tidak berarti bahwa manusia tidak boleh kaya; bukan demikian maksudnya, sebab didunia pasti ada yang kaya, ada yang miskin. Hal ini Tuhan hanya ingin menekankan, antara uang dan Tuhan itu, kita memilih yang mana.

Pencobaan yang ketiga adalah masalah : “ Harga diri “
Yesus dibawa ke Yerusalem dan menempatkan dibubungan Bait Allah, lalu disuruh menjatuhkan diri kebawah. Iblis tahu, Yesus pasti bisa, tapi iblis ingin menguji dan mengguggah harga diri dan kesombongan Yesus. Yerusalem itu adalah lambang sorgawi, yang dimaksud ialah orang-orang rohani, bukan orang duniawi. Orang duniawi tidak perlu dicobai, sebab dia sudah menjadi hamba iblis. Bait Allah itu artinya jemaat,yaitu gereja Yesus. Bubungan itu berarti pimpinan-pimpinan gereja seperti Paus, Kardinal, Uskup, Pastor, dan bukan umat biasa. Manusia berani berkorban, kalau perlu sampai mati, kalau harga dirinya dilecehkan atau direndahkan. Orang yang harga dirinya tinggi ialah orang-orang yang kuat, pandai, berkuasa, hebat dan ber-prestasi, sehingga dia tersinggung sedikit saja sudah marah-marah dan tidak terima, serta membalas kembali.

Luk. 4 : 13.
Sesudah Iblis mengakhiri semua pencobaan itu, ia mundur dari padaNya dan menunggu waktu yang baik.

Setiap kejadian pada waktu Yesus masih ber-sama-sama dengan kita di dunia ini, akan merupakan pelajaran buat hidup kita selanjutnya.
Dikatakan diayat diatas; iblis menunggu waktu yang baik .
Waktu yang baik telah terjadi, dengan terjadinya bentrokan antara Paus Leo X dan Pastor Martin Luther. Kedua-duanya ada dibubungan Bait Allah.

1.) Karena uang paus Leo X, menjual surat indulgensi.

  1. ) Karena harga diri ,pastor Martin Luther yang sangat pandai itu merasa tersinggung dan protes. Protes tidak ditanggapi oleh Paus, malah dia diancam, maka Martin marah dan membakar buku-buku katolik.

3.) Karena takut menderita. Karena pengadilan di Worms, Martin kalah, dia bersembunyi takut dihukum, dan dengan segala cara dia berusaha untuk memenangkan pertandingan ini, dia menghasut rakyat jerman, dan katolik dia tuduh sebagai gereja iblis, supaya umat katolik keluar dari gerejanya dan menjadi pengikutnya. Usahanya berhasil dengan baik, Martin menjadi terkenal dan pendukungnya baik di Jerman, maupun di Europa bagian utara semakin banyak. Dia berhasil, terhindar dari hukuman yang seharusnya dia jalani.

Demikianlah yang disebutkan didalam Alkitab, sudah digenapi.

iblis tahu, apa yang dihadapi oleh Yesus ketika setelah dia berpuasa 40 hari 4o malam.
dia menawarkan :

1. keinginan daging = makan =

Luk 4 : 3 Lalu berkatalah Iblis kepada-Nya: “Jika Engkau Anak Allah, suruhlah batu ini menjadi roti.”
4 Jawab Yesus kepadanya: “Ada tertulis: Manusia hidup bukan dari roti saja.”

2. keinginan mata :

Luk 4 : 5 Kemudian ia membawa Yesus ke suatu tempat yang tinggi dan dalam sekejap mata ia memperlihatkan kepada-Nya semua kerajaan dunia.

6 Kata Iblis kepada-Nya: "Segala kuasa itu serta kemuliaannya akan kuberikan kepada-Mu, sebab semuanya itu telah diserahkan kepadaku dan aku memberikannya kepada siapa saja yang kukehendaki.

7 Jadi jikalau Engkau menyembah aku, seluruhnya itu akan menjadi milik-Mu."

8 Tetapi Yesus berkata kepadanya: “Ada tertulis: Engkau harus menyembah Tuhan, Allahmu, dan hanya kepada Dia sajalah engkau berbakti!”

3. keangkuhan hidup - kesombongan

Luk 4 : 9 Kemudian ia membawa Yesus ke Yerusalem dan menempatkan Dia di bubungan Bait Allah, lalu berkata kepada-Nya: "Jika Engkau Anak Allah, jatuhkanlah diri-Mu dari sini ke bawah,

10 sebab ada tertulis: Mengenai Engkau, Ia akan memerintahkan malaikat-malaikat-Nya untuk melindungi Engkau,

11 dan mereka akan menatang Engkau di atas tangannya, supaya kaki-Mu jangan terantuk kepada batu."

12 Yesus menjawabnya, kata-Nya: “Ada firman: Jangan engkau mencobai Tuhan, Allahmu!”

sama juga ketika “ular” berhadapan dengan hawa : keinginan mata, keinginan daging dan keangkuhan hidup.

ketiga keinginan ini ada dalam kehidupan kita, tetapi bagaimana kita bisa mengendalikan. . .

1Yoh 2:16 Sebab semua yang ada di dalam dunia, yaitu keinginan daging dan keinginan mata serta keangkuhan hidup, bukanlah berasal dari Bapa, melainkan dari dunia.