Yesus dicobai oleh iblis.

Yesus sebagai manusia dicobai oleh iblis.

Kita semua tahu bahwa Yesus adalah Tuhan, incarnasi sebagai manusia, tentu saja pencobaan iblis ini tidak akan berhasil.
Lalu apa maksud pencobaan ini !

Pertanyaan :
Tuhan mau berbicara apa, atau hikmah apa yang dapat kita ambil dari peristiwa ini ?

Mohon memberikan pendapat anda masing-masing.

Syalom.

TS tdk paham Yesus itu datang sbg apa?

dikirain ini thread pertanyaan dari member NON-Kristen
eh ternyata pertanyaan ini ada di thread “Diskusi kristen”

:slight_smile: #miris

Matius 4 :1-11
(1) Maka Yesus dibawa oleh Roh ke padang gurun untuk dicobai Iblis.
(2) Dan setelah berpuasa empat puluh hari dan empat puluh malam, akhirnya laparlah Yesus.
(3) Lalu datanglah si pencoba itu dan berkata kepada-Nya: “Jika Engkau Anak Allah, perintahkanlah supaya batu-batu ini menjadi roti.”
(4) Tetapi Yesus menjawab: “Ada tertulis: Manusia hidup bukan dari roti saja, tetapi dari setiap firman yang keluar dari mulut Allah.”
(5) Kemudian Iblis membawa-Nya ke Kota Suci dan menempatkan Dia di bubungan Bait Allah,
(6) lalu berkata kepada-Nya: “Jika Engkau Anak Allah, jatuhkanlah diri-Mu ke bawah, sebab ada tertulis: Mengenai Engkau Ia akan memerintahkan malaikat-malaikat-Nya dan mereka akan menatang Engkau di atas tangannya, supaya kaki-Mu jangan terantuk kepada batu.”
(7) Yesus berkata kepadanya: “Ada pula tertulis: Janganlah engkau mencobai Tuhan, Allahmu!”
(8) Dan Iblis membawa-Nya pula ke atas gunung yang sangat tinggi dan memperlihatkan kepada-Nya semua kerajaan dunia dengan kemegahannya,
(9) dan berkata kepada-Nya: “Semua itu akan kuberikan kepada-Mu, jika Engkau sujud menyembah aku.”
(10) Maka berkatalah Yesus kepadanya: “Enyahlah, Iblis! Sebab ada tertulis: Engkau harus menyembah Tuhan, Allahmu, dan hanya kepada Dia sajalah engkau berbakti!” .
(11) Lalu Iblis meninggalkan Dia, dan lihatlah, malaikat-malaikat datang melayani Yesus.

Ayat 1 di Matius pasal 4 diatas menyatakan bahwa Yesus dibawa Roh ke padang gurun untuk dicobai Iblis, berarti Yesus dicobai dari sisi naturenya sebagai manusia…

untuk apa?

Ibrani 4 :15
Karena kita sekarang mempunyai Imam Besar Agung, yang telah melintasi semua langit, yaitu Yesus, Anak Allah, baiklah kita teguh berpegang pada pengakuan iman kita.

Ibrani 4 :16
Sebab Imam Besar yang kita punya, bukanlah imam besar yang tidak dapat turut merasakan kelemahan-kelemahan kita, sebaliknya sama dengan kita, Ia telah dicobai, hanya tidak berbuat dosa.

Untuk turut “berempati” merasakan kelemahan-kelemahan kita…

Yesus dicobai atas 3 dosa utama yang berasal dari dunia, yang SO PASTI akan jadi cobaan dosa bagi kita sebagai manusia :

1 Yoh 2:16 Sebab semua yang ada di dalam dunia, yaitu keinginan daging dan keinginan mata serta keangkuhan hidup, bukanlah berasal dari Bapa, melainkan dari dunia.

Menjawab cobaan Iblis, Yesus selalu berkata “Ada Tertulis”
Teladan yang diberikan Yesus adalah “mengandalkan” dan berpegang pada firman Tuhan untuk cobaan yang berasal dari dunia ini

:afro:
Mengajarkan untuk berpegang pada firman Tuhan dan berpatokan pada Firman Tuhan , bukan jawaban yg berasal dari dunia ini… #BackToBible

Kayanya pernah ada pertanyaan sama percis… ya kan Mbah? Loe yang tanya juga soalnya…

Betul juga, malah saya lupa, maaf sudah pikun.

Daya ingat anda bagus sekali, terima kasih diingatkan.

Syalom.

maklum sdh mbah2 :smiley:

Selama 30 tahun tuhan Yesus adalah benar benar manusia
Tuhan adalh hakikatnya
jadipribadi tritunggal sang anak menjadi manusia selama tiga puluh tahun

Gbu

Betul Yesus adalah manusia, dan Yesus adalah juga Tuhan.

Lihat waktu Yesus berhadapan dengan orang yang kerasukan setan, mereka ketakutan dan berkata:
Mat.8: 29.
Dan mereka itupun berteriak, katanya: " Apa urusanMu dengan kami, hai Anak Allah ? Adakah Engkau kemari untuk menyiksa kami sebelum waktunya ?"

Pencobaan ini ada tiga macam, dimana pada umumnya manusia tidak akan tahan, kita akan memilih mundur, meninggalkan Yesus daripada harus mengalami salah satu macam dari ketiga pencobaan ini.

Pencobaan yang pertama adalah masalah : ”Menderita “
Yesus dalam keadaan lapar, diganggu dengan roti. Lapar berarti menderita, kalau Yesus mau makan roti, berarti Dia bebas dari penderitaan itu.Semua manusia takut menderita, apakah penderitaan tersebut karena lapar, atau berupa penyakit, atau mungkin ada tindasan atau ancaman dari manusia lain, kalau tidak menurut akan mengalami banyak kesulitan, disiksa atau dibunuh. Manusia pada umumnya akan memilih meninggalkan Yesus daripada harus menderita.

Pencobaan yang kedua adalah masalah:”uang“
Yesus dibawa ketempat yang tinggi dan diperlihatkan kekayaan dunia. Manusia pada umum-nya lebih memilih melepas Yesus daripada melepas hartanya. Contohnya seperti anak muda yang disuruh menjual semua hartanya dan mengikuti Yesus, dia tidak berani, sebab harta-nya banyak. (Luk,18:22 –23). Hal ini tidak berarti bahwa manusia tidak boleh kaya; bukan demikian maksudnya, sebab didunia pasti ada yang kaya, ada yang miskin. Hal ini Tuhan hanya ingin menekankan, antara uang dan Tuhan itu, kita memilih yang mana.

Pencobaan yang ketiga adalah masalah : “ Harga diri “
Yesus dibawa ke Yerusalem dan menempatkan dibubungan Bait Allah, lalu disuruh menjatuhkan diri kebawah. Iblis tahu, Yesus pasti bisa, tapi iblis ingin menguji dan mengguggah harga diri dan kesombongan Yesus. Yerusalem itu adalah lambang sorgawi, yang dimaksud ialah orang-orang rohani, bukan orang duniawi. Orang duniawi tidak perlu dicobai, sebab dia sudah menjadi hamba iblis. Bait Allah itu artinya jemaat,yaitu gereja Yesus. Bubungan itu berarti pimpinan-pimpinan gereja seperti Paus, Kardinal, Uskup, Pastor, dan bukan umat biasa. Manusia berani berkorban, kalau perlu sampai mati, kalau harga dirinya dilecehkan atau direndahkan. Orang yang harga dirinya tinggi ialah orang-orang yang kuat, pandai, berkuasa, hebat dan ber-prestasi, sehingga dia tersinggung sedikit saja sudah marah-marah dan tidak terima, serta membalas kembali.

Luk. 4 : 13.
Sesudah Iblis mengakhiri semua pencobaan itu, ia mundur dari padaNya dan menunggu waktu yang baik.

Setiap kejadian pada waktu Yesus masih ber-sama-sama dengan kita di dunia ini, akan merupakan pelajaran buat hidup kita selanjutnya.
Dikatakan diayat diatas; iblis menunggu waktu yang baik .
Waktu yang baik telah terjadi, dengan terjadinya bentrokan antara Paus Leo X dan Pastor Martin Luther. Kedua-duanya ada dibubungan Bait Allah.

1.) Karena uang paus Leo X, menjual surat indulgensi.

  1. ) Karena harga diri ,pastor Martin Luther yang sangat pandai itu merasa tersinggung dan protes. Protes tidak ditanggapi oleh Paus, malah dia diancam, maka Martin marah dan membakar buku-buku katolik.

3.) Karena takut menderita. Karena pengadilan di Worms, Martin kalah, dia bersembunyi takut dihukum, dan dengan segala cara dia berusaha untuk memenangkan pertandingan ini, dengan mengambil hati masyarakat jerman, melalui bukunya " On The Jew and Their Lies" agar orang Yahudi dianiaya, dan menghasut umat katolik agar meninggalkan gerejanya, melalui bukunya: "The Babylonian Captivity and the Church " dia menuduh bahwa kursinya paus itu adalah kursinya iblis.

Usahanya berhasil dengan baik, Martin menjadi terkenal dan pendukungnya semakin banyak.
Dia berhasil, terhindar dari hukuman yang seharusnya dia jalani.

Ketiga pencobaan didalam jemaat Yesus sebagai tubuh kristus, adalah merupakan penggenapan pencobaan pada waktu Yesus dicobai oleh iblis di padang gurun.

Yesus menjadi manusia, dan semua manusia pasti dicobai iblis dan dicobai oleh keinginannya sendiri. Simple :tongue:

GBU

Selama di dunia 30 tahun yesus adalah benar benar manusia (bukan manusia setengah dewa)
KETUHANAN NYA SELAMA 30 tahun v cuma karena AAL USULNYA SAJA
jadi segala keILAHIANNYA telah di tanggalkannya disurga (kemuliaannya , kuasa ilahinya otoritasnya pangkatnya dll) dan segalanya itu akan dikembalikan ketika sudah kembal kesurga

GBU

Pandangan anda bahwa Yesus itu bukan Tuhan, kalau anda bukan orang kristen, saya dapat memakluminya.
Akan tetapi kalau anda adalah seorang kristen, betul-betul memprihatinkan, berarti anda telah disesatkan oleh orang yang mengajar anda.

Anda katakan, bahwa ke IlahianNya telah ditanggalkannya disurga,
Kalau ditanggalkan, bagaimana Yesus dapat bangkit pada hari ketiga.
Bagaimana Yesus bisa menghidupkan Lazarus yang sudah mati 4 hari, dan sudah busuk badannya.
Bagaimana Yesus bisa menghardik badai, lalu segera reda.
Bagaimana Yesus bisa memperbanyak roti dan ikan, untuk 5000 orang.
Dan banyak lagi, kalau mau disebut satu per satu.