Yesus dimuliakan diatas gunung

Matius

17:1 Enam hari kemudian Yesus membawa Petrus, Yakobus dan Yohanes saudaranya, dan bersama-sama dengan mereka Ia naik ke sebuah gunung yang tinggi. Di situ mereka sendiri saja.

17:2 Lalu Yesus berubah rupa di depan mata mereka; wajah-Nya bercahaya seperti matahari dan pakaian-Nya menjadi putih bersinar seperti terang.

17:3 Maka nampak kepada mereka Musa dan Elia sedang berbicara dengan Dia.

17:4 Kata Petrus kepada Yesus: “Tuhan, betapa bahagianya kami berada di tempat ini. Jika Engkau mau, biarlah kudirikan di sini tiga kemah, satu untuk Engkau, satu untuk Musa dan satu untuk Elia.”

saya hanya penasaran, bagaimana murid2 langsung mengenali bahwa yg sedang berbicara dgn Yesus adalah Musa dan Elia, kan hidup mereka beberapa ratus tahun sebelum peristiwa tsb.

ada yg bisa menjelaskan?

peace…

Dalam penglihatan, informasi tentang apa yang dilihat disertakan dalam bentuk pikiran kepada orang yang melihat penglihatan itu.

Seperti dalam mimpi biasa, orang yang bermimpi bisa melihat seorang atau sesuatu yang dikenalnya, padahal rupa orang atau benda yang dilihat dalam mimpi itu bisa sepenuhnya tidak sama dengan rupanya yang nyata. Namun orang yang bermimpi itu tahu apa itu yang dilihatnya.
Orang yang bermimpi sering mengingat warna sesuatu yang telah dilihat dalam mimpinya, padahal penelitian menemukan bahwa kebanyakan mimpi hanya dilihat hitam putih, namun orang dapat mengingat warna sesuatu yang dimimpinya…

Matius 17:3 Maka nampak kepada mereka Musa dan Elia sedang berbicara dengan Dia.

Ketiga rasul ini mengenal Musa dan Elia, sebab dalam roh mereka diberitahukan/ diperkenalkan.
Ketiga rasul ini belum pernah bertemu Musa maupun Elia.

Hal yang sama seperti kejadian orang kaya dan Lazarus.
Matius 16:23 Orang kaya itu juga mati, lalu dikubur. Dan sementara ia menderita sengsara di alam maut ia memandang ke atas, dan dari jauh dilihatnya Abraham, dan Lazarus duduk di pangkuannya.
Matius 16:24 Lalu ia berseru, katanya: Bapa Abraham, kasihanilah aku. Suruhlah Lazarus, supaya ia mencelupkan ujung jarinya ke dalam air dan menyejukkan lidahku, sebab aku sangat kesakitan dalam nyala api ini.

Orang kaya tersebut juga mengenal Abraham, walaupun mereka hidup di jaman yang jauh berbeda.

Salam.

Mungkin lebih dari atribut yang digunakan oleh kedua nabi besar tersebut…
Musa sering diidentikan dengan 2 loh batu yang berisi 10 hukum TUHAN dan Elia sering diidentikan dengan api…

anyway, thanks pendapatnya…
setidak2nya saya jd tahu dr pandangan rekan2…
thanks.

benar, Musa dan Elia hidup beberapa ratus / ribu tahun sebelumnya.
tetapi waktu Musa dan Elia bercakap dengan Yesus, pasti Yesus dapat mengenal mereka dan Yesus menyebut nama mereka, sehinga petrus dan temannya tahu, bahwa yang datang itu adalah Musa dan Elia.

pertama.petrus bersama Yesus masuk bersamadi dalam kemlian Yesus yangsementara,karena kemlian itu akhirnya terangkat lagi, maka Petrusdapat Info lewat percakapan Musadan Elia kepada Yesu. ke dua itulah namanya penglihatan, seperti Musa bisa tau tulis Penciptaan Jagad ini padahal Musa belum ada, bahkan Adam pun entah di mana saat itu. ketiga. memang Yesus sengaja bawa Petrus dkk dalam maksud setelah penderitaan mengikut Yesus kemulian akan menyusul, Mat 16:25 -27. maranatha.

kamu baca baik baik ayat ayat dibawah ini :
tidak sama dengan statement mu

17:1 Enam hari kemudian Yesus membawa Petrus, Yakobus dan Yohanes saudaranya, dan bersama-sama dengan mereka Ia naik ke sebuah gunung yang tinggi. Di situ mereka sendiri saja.

17:2 Lalu Yesus berubah rupa di depan mata mereka; wajah-Nya bercahaya seperti matahari dan pakaian-Nya menjadi putih bersinar seperti terang.

17:3 Maka nampak kepada mereka Musa dan Elia sedang berbicara dengan Dia.

17:4 Kata Petrus kepada Yesus: “Tuhan, betapa bahagianya kami berada di tempat ini. Jika Engkau mau, biarlah kudirikan di sini tiga kemah, satu untuk Engkau, satu untuk Musa dan satu untuk Elia.”

IMO, penglihatan itu terjadi di alam roh,
murid2 Yesus bisa mengenali mereka karena di alam roh tidak ada hambatan utk mengenal mereka,
seperti kisah Lazarus dan orang kaya yg sdh disinggung oleh salah satu teman,
demikian kita juga kalau sdh berada di surga, akan mengenal para pendahulu kita.
GBU all.

Jawaban pa_ul itu sangat jelas. Penglihatan di alam roh tidak sama dengan menonton film, tetapi jauh lebih dalam dan sempurna…

kalo saya sih bukan di alam roh…
karena saat itu Petrus Bertanya dalam ayat 17:4 Kata Petrus kepada Yesus: “Tuhan, betapa bahagianya kami berada di tempat ini. Jika Engkau mau, biarlah kudirikan di sini tiga kemah, satu untuk Engkau, satu untuk Musa dan satu untuk Elia.”

fakta:
1.Mereka masih ada di gunung
2.Di alam roh buat apa mendirikan kemah?
3.Petrus bercakap2 dengan Yesus secara “face 2 face”

kemungkinan:
1.Petrus mendengar percakapn mereka sehinga tau siapa 2 orang yang lain.
2.Yesus Memperkenalkan mereka
3.benar denga ciri2 mereka yang dapat dikenali secara umum…(ngk tau juga sih apa)

Apakah ketika masuk ke alam roh harus berpindah tempat?
Apakah murid2 sadar kalau mereka dibawa ke alam roh?
Apakah di alam roh tdk dpt bercakap2 face to face?
GBU

Musa dan Elia dalam bentuk tubuh kemuliaan, sehingga dapat dilihat oleh siapa saja, seperti tubuh ketika Yesus bangkit.

:smiley: Jannet, apa tidak kontradiksi jika kita beranggapan demikian (di atas) :coolsmiley:
:azn: Bukan-kah Yesus Kristus-lah yang merupakan kebangkitan pertama yang sulung :happy0062:
YESUS KRISTUS adalah dasar dari kebangkitan manusia untuk memperoleh Tubuh Kemuliaan
Salam… JBU

Elia, tanpa melalui kematian, tetapi DIA DIROBAH MENJADI TUBUH KEMULIAAN DAN TERANGKAT KE SORGA.

Musa meninggal :

Ul. 34 " 5 ¶ Lalu matilah Musa, hamba TUHAN itu, di sana di tanah Moab, sesuai dengan firman TUHAN.
6 Dan dikuburkan-Nyalah dia di suatu lembah di tanah Moab, di tentangan Bet-Peor, dan tidak ada orang yang tahu kuburnya sampai hari ini.

teta[i mayat musa tidak ditemukan

Yud 1:9 Tetapi penghulu malaikat, Mikhael, ketika dalam suatu perselisihan bertengkar dengan Iblis mengenai mayat Musa, tidak berani menghakimi Iblis itu dengan kata-kata hujatan, tetapi berkata: “Kiranya Tuhan menghardik engkau!”

:smiley:
@jannet, masalah tentang, Elia, Henokh dan Musa kita sama-sama pernah membahasanya di-suatu topik berapa waktu lalu tatpi maaf saya lupa-lupa di-topik mana :mad0261:

Hal ini-lah salah satu penyebab yang menimbulkan pertanyaan dari pihak luar :rolleye0014: kalau YESUS KRISTUS bukan yang sulung karena ada HENOKH dan ELIA yang mendahului-Nya disamping itu ada MELKISEDEK yang hidupnya kabarnya kekal :rolleye0014:

Salam

[email protected]

Dari bukti ayat yang anda tampilkan tsb…kami setidaknya di paksa untuk menafsirkan apa yang menjadi jawabannya terhadap pertanyaan yang ada dalam benak anda tsb bukan…?? Yaitu …kenapa Murid Yesus sampai mampu mengenal siapa gerangan yang sedang berbicara dng Tuhan Yesus tsb. Padahal tidak ada poin di setiap ayat tsb menjelaskan kenapa sampai mereka mengenal sosok yan ada tsb sbg MUSA dan Elia…bukan…?? Atau poin yang menjelaskan Kenapa bukannya Henokh atau Abraham dikedua sosok tsb…??

Nah…berarti persosllan pokoknya dari pertanyaan anda itu adalah " konteks kenapa mampu mengenali " bukan…??
Kalau kita telaah cerita Alkitab, sering Tuhan Yesus Kristus secara terang-terangan mengeluarkan perintah / AJAKAN dari mulut-NYA sendiri untuk suatu peristiwa mengikuti DIA…Misalnya menyeberang menggunakan perahu penangkap ikan meneyberangai danau…dll. Begitupun ajakan Tuhan untuk mengiringi DIA naik keatas gunung tertinggi…

Jika kita cermati…setiap apa yang diinginkan Oleh Tuhan untuk mengiringi Dia PASTI PUNYA TUJUAN…Namun Tuhan Tidak menjelaskan tujuan tsb dng menjelaskannya secara ucapan / verbal terlebih dahulu…Tetapi Tuhan mengajarkan prinsip cara kerja-NYA dahulu kepada kita , siapapun itu orangnya ( termasuk Muridnya sendiri …saat itu ) DIMANA dasar utamanya adalah untuk melIhat…untuk menyaksikan…dan untuk memposisikan kita yang ikut mengiringi Dia menjadi saksi otentik…yang mau IA tunjukan kepada kita Tujuan-NYA dari mengiringi DIA tsb…
Nah…dari situ barulah bagi siapapun yang MENGIRINGI DIA…Maka Tuhan memberikan Anugerah pada orang tsb sehingga memiliki kemampuan yang dibutuhkan oleh orang tsb untuk melihat dan menyaksikan KEMULYAAN TUHANNYA dng sesadar-sadarnya…Bukan menyaksikan layaknya seperti orang yang mabuk dan berhalusinasi.
Atau dianggap melihat dalam dunia roh…?? hehehe…Padahal semuanya peristiwa itu ya terjadi di nunia fana / fisik bisa menjejak tanah…

Jadi kesimpulaannya menurut saya, beberapa ayat yang anda sajikan tsb. ( Mat 17 : 1-4 )…sama sekali tidak membicarakan masalah Roh sama sekali Baik Roh Allah mupun Roh manusia sekalipun…jadi ya jangan di paksakan untuk dirafsirkan bahwa para murid Tuhan Yesus tsb terlibat di puncak Gunung dalam masalah ROH segala macam…
Karena itu tidak relefan…Tafsir ya menafsir…tapi hendaklah yang relevan bukan…??
Wong ada inisiative tawaran Petrus untuk membuat kemah / tenda segala kok…!!

Salam GBU.

:afro: Yang masih ragu mari kita perhatikan ayat-ayat berikut :coolsmiley: ( perhatikan yang di birukan )
Mat 17:3 Maka nampak kepada mereka Musa dan Elia sedang berbicara dengan Dia.
Mat 17:4 Kata Petrus kepada Yesus: “Tuhan, betapa bahagianya kami berada di tempat ini. Jika Engkau mau, biarlah kudirikan di sini tiga kemah, satu untuk Engkau, satu untuk Musa dan satu untuk Elia.”

Mrk 9:5 Kata Petrus kepada Yesus: “Rabi, betapa bahagianya kami berada di tempat ini. Baiklah kami dirikan tiga kemah, satu untuk Engkau, satu untuk Musa dan satu untuk Elia.”

Luk 9:33 Dan ketika kedua orang itu hendak meninggalkan Yesus, Petrus berkata kepada-Nya: “Guru, betapa bahagianya kami berada di tempat ini. Baiklah kami dirikan sekarang tiga kemah, satu untuk Engkau, satu untuk Musa dan satu untuk Elia.” Tetapi Petrus tidak tahu apa yang dikatakannya itu.

Yeh 34:14 Di padang rumput yang baik akan Kugembalakan mereka dan di atas gunung-gunung Israel yang tinggi di situlah tempat penggembalaannya; di sana di tempat penggembalaan yang baik mereka akan berbaring dan rumput yang subur menjadi makanannya di atas gunung-gunung Israel.

Yeh 40:2 dalam penglihatan-penglihatan ilahi ke tanah Israel dan menempatkan aku di atas sebuah gunung yang tinggi sekali. Di atas itu di hadapanku ada yang menyerupai bentuk kota.

Mi 4:1 Akan terjadi pada hari-hari yang terakhir: gunung rumah TUHAN akan berdiri tegak mengatasi gunung-gunung dan menjulang tinggi di atas bukit-bukit; bangsa-bangsa akan berduyun-duyun ke sana,

Mat 4:8 Dan Iblis membawa-Nya pula ke atas gunung yang sangat tinggi dan memperlihatkan kepada-Nya semua kerajaan dunia dengan kemegahannya,

Mat 17:1 Enam hari kemudian Yesus membawa Petrus, Yakobus dan Yohanes saudaranya, dan bersama-sama dengan mereka Ia naik ke sebuah gunung yang tinggi. Di situ mereka sendiri saja.

Mrk 9:2 Enam hari kemudian Yesus membawa Petrus, Yakobus dan Yohanes dan bersama-sama dengan mereka Ia naik ke sebuah gunung yang tinggi. Di situ mereka sendirian saja. Lalu Yesus berubah rupa di depan mata mereka,

Why 21:10 Lalu, di dalam roh ia membawa aku ke atas sebuah gunung yang besar lagi tinggi dan ia menunjukkan kepadaku kota yang kudus itu, Yerusalem, turun dari sorga, dari Allah.
:slight_smile: Disitu dikatakan Gunung yang Tinggi
:slight_smile: Dalam kasus YESUS dan Satan, kerajaan yg dimaksud adalah Kerajaan Dunia, jadi bukan Kerajaan di Bumi

Salam … JBU

Musa Elia dan Henokh, berbeda dengan Yesus.

Ketika Yesus mati, maka orang percaya yang mati, mereka bangkit.

:azn: Ok the @jannet, karena kalau kita teruskan akan mengarah kepada debat kusir :smiley:
Meski memang akan menimbulkan pertanyaan baru dari pernyataan @jannet di-atas, yaitu jika YESUS beda dengan Musa, Elia dan Henokh berarti YESUS KRISTUS datang kedunia beda dengan Manusia/bukan sebagai Manusia dong … !!!
:slight_smile: Tertapi ya sudah tidak usah diteruskan ok :coolsmiley:

Ketika Yesus mati, maka orang percaya yang mati, mereka bangkit.
Nah disinilah salah satu masalah yg menimbulkan pertanyaan yg berhubungan dengan masalah di-atas :) 51 Dan lihatlah, tabir Bait Suci terbelah dua dari atas sampai ke bawah dan terjadilah gempa bumi, dan bukit-bukit batu terbelah, 52 dan kuburan-kuburan terbuka dan banyak orang kudus yang telah meninggal bangkit. 53 [i]Dan [b]sesudah kebangkitan Yesus[/b], merekapun keluar dari kubur, lalu [b]masuk ke kota kudus[/b] dan menampakkan diri kepada banyak orang.[/i]