Yesus diurapi - berapa x, kapan, dimana, oleh ?

sudah sempet baca di web bro sarpag, tapi rasanya belon puas.
temen2 Kristen disini mungkin ada yg bisa bantu ?

gak esensi siii, tapi kan gak ada salahnya kalo pingin tau ? :slight_smile:
soalnya akan ada beberapa yang ingin saya tanyakan.

salam.

[email protected]

YESUS diurapi satu kali.saja oleh Allah.saat stelah dibabtis Oleh Yohanes saat di tepi sungai yordan.
Dan YESUS di salib satu kali juga dan mati satukali juga dan bangkit satu kali juga selanjutnya naik kesorga satu kali juga,tinggal kita tunggu turun kedunia utuk yang kedua kalinya…?? Apakah [email protected] sudah siap secara lahir bathin menyongsong TYK yang kedua kalinya tsb…??
heheeh…Yang pertama saja kamu juga belum terima ya…?? palagi yang kedua ini…?? ga janji deh…hehheh…peace…peace…86n86

Salam GBU

duh… purba… maksud saya yang ini loh :

“Yesus di urapi” kepala judul pada Matius 26:6-13 -
juga “kepala judul” yg sama pada Injil2 yg laen.

saya gak tau soalnya di urapi itu = di baptis :slight_smile:

salam.

Betul, baptisan adalah juga pengurapan:

Act 10:38 yaitu tentang Yesus dari Nazaret: bagaimana Allah mengurapi Dia dengan Roh Kudus dan kuat kuasa, Dia, yang berjalan berkeliling sambil berbuat baik dan menyembuhkan semua orang yang dikuasai Iblis, sebab Allah menyertai Dia

bandingkan:

Luk 4:18 "Roh Tuhan ada pada-Ku, oleh sebab Ia telah mengurapi Aku, untuk menyampaikan kabar baik kepada orang-orang miskin; dan Ia telah mengutus Aku

Yesus membaca nats tersebut sebagai pernyataan atas nubuatan tentang diriNya di Perjanjian Lama (Isaiah 11:2-5)

Dalam (Mat 26:6-7, Markus 14:3, Yoh 12:1-3)Yesus juga ‘diurapi’ dengan minyak oleh perempuan. Dalam hal ini terjemahan Alkitab mengambil kata ‘mengurapi’ karena ritual pengurapan biasanya dengan menuangkan/mengolesi minyak.

Tentu saja pengurapan dilakukan oleh Tuhan.

nah, sekarang saya baru tau - kalo baptisan = pengurapan … :slight_smile:
makasih david.

maksudnya, perempuan2 itu adalah Tuhan yg menjelma ???
gak ngerti :char12:

lalu siapa2 aja perempuan itu sebenarnya ?
perempuan ? perempuan berdosa ? maria betani ?

dimana yg bener ?
di rumah simon parisi ? di rumah simon kusta ? di betani ?

berapa kali, Yesus di urapi ?
3 x ? di simon parisi, simon kusta dan betani ?

atau

apakah “Yesus di urapi” hanya 1x = di ke4 injil sama semua kejadiannya ?
simon parisi = simon kusta = betani ?
perempuan = perempuan berdosa = maria betani ?
pada 1 kejadian disaat 2 hari menjelang paskah ?

salam.

Bukan begitu. Pengurapan dapat diumpamakan dengan seseorang yang mendoakan orang lain. Yang melakukan doa adalah manusia. Tetapi yang mengabulkan adalah Tuhan.

Jadi, mengolesi dengan minyak hanyalah simbol. Sedangkan pengurapan yang sebenarnya dilakukan oleh Tuhan.

Pengurapan tidak selalu dilakukan melulu dengan mengolesi minyak. Sebab kuasa dan cara Tuhan tidak dapat dibatasi oleh manusia.

dan sebaliknya, sebenarnya pada tulisan asli tidak tercatat bahwa itu adalah anointing. Tetapi bahwa ritual mengolesi dengan minyak dikenal sebagai anointing, maka Alkitab terjemahan menerjemahkan itu sebagai anointing.

Yang dicatat oleh Injil sinopsis (Matius dan Lukas) saya tidak tahu, karena tidak dicatat di situ.

Tetapi yang di Injil Yohanes adalah Maria saudara Martha dan Lazarus.
( Lah bro bisa baca sendiri koq di situ. Bro mau menguji gw yah :slight_smile: )

Berdasarkan jawaban saya di atas, dan berdasar yang tertulis di Alkitab, mungkin bro bisa simpulkan sendiri lokasinya :slight_smile:
Coba bro jawab ntar gw kasih pendapat :stuck_out_tongue:

yach ampun…
mana mungkin saya yg nonKristen berani menguji iman Kristen :slight_smile:

Berdasarkan jawaban saya di atas, dan berdasar yang tertulis di Alkitab, mungkin bro bisa simpulkan sendiri lokasinya :) Coba bro jawab ntar gw kasih pendapat :p

saya baca itu di ke4 injil - ayat ttg “YESUS di urapi”, saya gak ngerti - lalu saya pergi ke web bro sarpag, masih kurang ngerti / puas - krn masih pingin tau :slight_smile:

ini pendapat saya, tolong diarahkan ya david ato temen laen :

kemungkinan 1 kejadian,

  1. karena semua terjadi di betani.
    (matius markus Yohanes mendukung di betani)
    Lukas, walo gak sebut betani, tapi namanya sama yaitu Simon.
    (matius markus sebut Simon kusta, Lukas Simon parisi = sama).

  2. karena semua dilakukan oleh perempuan.
    (matius markus lukas gak sebut nama perempuan)
    Yohanes jelas sebut - perempuan itu Maria betani

  3. karena semua menggunakan minyak yg mahal harganya
    (matius markus Yohanes mendukung minyak mahal)
    Lukas, walo gak sebut mahal - tapi buli2nya sama, buli2 pualam.

  4. karena respond YESUS stlh orang2/murid2 ngedumel, sama.
    (matius markus Yohanes mendukung)
    Lukas lebih condong “ngambil respond YESUS” ke Simon.

jadi maksud ke4 injil itu adalah “apa betul” menerangkan 1 even yg sama ?

salam.

Mat 26:2 “Kamu tahu, bahwa dua hari lagi akan dirayakan Paskah, maka Anak Manusia akan diserahkan untuk disalibkan.”

Mat 26:6 Ketika Yesus berada di Betania, di rumah Simon si kusta,
Mat 26:7 datanglah seorang perempuan kepada-Nya membawa sebuah buli-buli pualam berisi minyak wangi yang mahal. Minyak itu dicurahkannya ke atas kepala Yesus, yang sedang duduk makan.
Mat 26:8 Melihat itu murid-murid gusar dan berkata: “Untuk apa pemborosan ini?
Mat 26:9 Sebab minyak itu dapat dijual dengan mahal dan uangnya dapat diberikan kepada orang-orang miskin.”

Mat 26:12 Sebab dengan mencurahkan minyak itu ke tubuh-Ku, ia membuat suatu persiapan untuk penguburan-Ku.

Mar 14:1 Hari raya Paskah dan hari raya Roti Tidak Beragi akan mulai dua hari lagi. Imam-imam kepala dan ahli-ahli Taurat mencari jalan untuk menangkap dan membunuh Yesus dengan tipu muslihat,

Mar 14:3 Ketika Yesus berada di Betania, di rumah Simon si kusta, dan sedang duduk makan, datanglah seorang perempuan membawa suatu buli-buli pualam berisi minyak narwastu murni yang mahal harganya. Setelah dipecahkannya leher buli-buli itu, dicurahkannya minyak itu ke atas kepala Yesus.
Mar 14:4 Ada orang yang menjadi gusar dan berkata seorang kepada yang lain: "Untuk apa pemborosan minyak narwastu ini?

Mar 14:8 Ia telah melakukan apa yang dapat dilakukannya. Tubuh-Ku telah diminyakinya sebagai persiapan untuk penguburan-Ku.

Luk 7:36 Seorang Farisi mengundang Yesus untuk datang makan di rumahnya. Yesus datang ke rumah orang Farisi itu, lalu duduk makan.
Luk 7:37 Di kota itu ada seorang perempuan yang terkenal sebagai seorang berdosa. Ketika perempuan itu mendengar, bahwa Yesus sedang makan di rumah orang Farisi itu, datanglah ia membawa sebuah buli-buli pualam berisi minyak wangi.
Luk 7:38 Sambil menangis ia pergi berdiri di belakang Yesus dekat kaki-Nya, lalu membasahi kaki-Nya itu dengan air matanya dan menyekanya dengan rambutnya, kemudian ia mencium kaki-Nya dan meminyakinya dengan minyak wangi itu.
Luk 7:39 Ketika orang Farisi yang mengundang Yesus melihat hal itu, ia berkata dalam hatinya: “Jika Ia ini nabi, tentu Ia tahu, siapakah dan orang apakah perempuan yang menjamah-Nya ini; tentu Ia tahu, bahwa perempuan itu adalah seorang berdosa.”
Luk 7:40 Lalu Yesus berkata kepadanya: “Simon, ada yang hendak Kukatakan kepadamu.” Sahut Simon: “Katakanlah, Guru.”

Luk 7:44 Dan sambil berpaling kepada perempuan itu, Ia berkata kepada Simon: “Engkau lihat perempuan ini? Aku masuk ke rumahmu, namun engkau tidak memberikan Aku air untuk membasuh kaki-Ku, tetapi dia membasahi kaki-Ku dengan air mata dan menyekanya dengan rambutnya.
Luk 7:45 Engkau tidak mencium Aku, tetapi sejak Aku masuk ia tiada henti-hentinya mencium kaki-Ku.
Luk 7:46 Engkau tidak meminyaki kepala-Ku dengan minyak, tetapi dia meminyaki kaki-Ku dengan minyak wangi.
Luk 7:47 Sebab itu Aku berkata kepadamu: Dosanya yang banyak itu telah diampuni, sebab ia telah banyak berbuat kasih. Tetapi orang yang sedikit diampuni, sedikit juga ia berbuat kasih.”
Luk 7:48 Lalu Ia berkata kepada perempuan itu: “Dosamu telah diampuni.”
Luk 7:49 Dan mereka, yang duduk makan bersama Dia, berpikir dalam hati mereka: “Siapakah Ia ini, sehingga Ia dapat mengampuni dosa?”
Luk 7:50 Tetapi Yesus berkata kepada perempuan itu: “Imanmu telah menyelamatkan engkau, pergilah dengan selamat!”

vs

Joh 12:1 Enam hari sebelum Paskah Yesus datang ke Betania, tempat tinggal Lazarus yang dibangkitkan Yesus dari antara orang mati.
Joh 12:2 Di situ diadakan perjamuan untuk Dia dan Marta melayani, sedang salah seorang yang turut makan dengan Yesus adalah Lazarus.
Joh 12:3 Maka Maria mengambil setengah kati minyak narwastu murni yang mahal harganya, lalu meminyaki kaki Yesus dan menyekanya dengan rambutnya; dan bau minyak semerbak di seluruh rumah itu.
Joh 12:4 Tetapi Yudas Iskariot, seorang dari murid-murid Yesus, yang akan segera menyerahkan Dia, berkata:
Joh 12:5 “Mengapa minyak narwastu ini tidak dijual tiga ratus dinar dan uangnya diberikan kepada orang-orang miskin?”
Joh 12:6 Hal itu dikatakannya bukan karena ia memperhatikan nasib orang-orang miskin, melainkan karena ia adalah seorang pencuri; ia sering mengambil uang yang disimpan dalam kas yang dipegangnya.
Joh 12:7 Maka kata Yesus: “Biarkanlah dia melakukan hal ini mengingat hari penguburan-Ku.
Joh 12:8 Karena orang-orang miskin selalu ada pada kamu, tetapi Aku tidak akan selalu ada pada kamu.”

Injil Matius-Markus-Lukas :
Waktu = 2 hari sebelum Paskah
Lokasi = rumah Simon
pelaku = perempuan yang dikenal sebagai pendosa
Reaksi Yesus = mengampuni dosa perempuan itu

Injil Yohanes :
Waktu = 6 hari sebelum paskah
Lokasi = Rumah Lazarus (Saudara maria dan Martha)
pelaku = Maria saudara Martha dan lazarus
Reaksi Yesus = tidak ada

Perhatikan bahwa perempuan yang mengolesi minyak pada Matius-Markus-Lukas dikenal sebagai pendosa, dan reaksi Yesus adalah mengampuni dosanya.

Tetapi perempuan yang di Injil Yohanes adalah Maria yang sudah agak lama dikenal Yesus, dan sudah bergaul dengan Yesus. Maria yang ini bukan lagi seorang yang dikenal sebagai pendosa seperti yang di Matius-Markus-Lukas.

Karena baik lokasi,waktu, tempat, dan pelaku berbeda, maka:
Apa yang dicatat Injil Matius-Markus-Lukas adalah kejadian yang berbeda dengan yang dicatat Injil Yohanes.

pelaku = tidak disebut perempuan pendosa di Matius Markus.
reaksi Yesus = tdk disebut mengampuni dosa perempuan di Matius Markus.

Injil Yohanes : Waktu = 6 hari sebelum paskah Lokasi = Rumah Lazarus (Saudara maria dan Martha) pelaku = Maria saudara Martha dan lazarus Reaksi YESUS = tidak ada

maaf, saya pake yg bahasa inggrisnya hasil dari : http://alkitab.otak.info
(krn disitu dijejer ayat bhs indo, sehari-hari dan inggris) :

(1) SO SIX days before the Passover Feast, Jesus came to Bethany, where Lazarus was, who had died and whom He had raised from the dead.

6 hari sblm paskah, Yesus dateng ke Bethany - dimana (dikota itu) Lazarus yg sudah mati dan dibangkitkan olehNYA.

menurut saya dgn kalimat tsb, perjamuan tsb tidak serta merta 6 hari sblm paskah, dan tidak juga sertamerta terjadi di rumah Lazarus.

Dan terdapat reaksi Yesus kan :

yang intinya sama di Matius Markus Yohanes :

  1. org miskin selalu ada, tetapi Dia tdk selalu ada bersama murid2.
  2. untuk mengingat/persiapan hari penguburanNYA

giliran pernyataan Lukas yg sama dgn Yohanes :
meminyaki kaki Yesus, dan menyeka dgn rambut
(Maria Betani tdk diceritakan menangis di Yohanes,
perempuan disebut hdp dlm dosa di Lukas)

Reaksi murid/orang2 yg hadir :
bisa Yudas Iskariot - di Yohanes,
bisa ada 1 orang - di Markus,
bisa juga murid2 - di Matius

siapapun juga orangnya, inti reaksinya sama :
ngedumel ttg pemborosan memakai minyak mahal, lebih baik utk si miskin.
(bahkan Markus dgn Yohanes menyatakan 300 dinar).

Perhatikan bahwa perempuan yang mengolesi minyak pada Matius-Markus-Lukas dikenal sebagai pendosa, dan reaksi YESUS adalah mengampuni dosanya.

tidak disebut pendosa di Matius Markus, - tetapi “seorang perempuan”,
hanya di Lukas, disebut perempuan yang berdosa.

Juga di Matius Markus, tidak ada kalimat " ttg pengampunan" disana.
Hanya di Lukas - DAN itupun bukan suatu peristiwa “Yesus mengampuni”.

maaf… coba deh David baca lagi kalimat2 di Lukas tsb.
Menurut saya - saat itu Yesus tidak melakukan tindakan pengampunan dosa ke si perempuan.

Tetapi perempuan yang di Injil Yohanes adalah Maria yang sudah agak lama dikenal YESUS, dan sudah bergaul dengan YESUS. Maria yang ini bukan lagi seorang yang dikenal sebagai pendosa seperti yang di Matius-Markus-Lukas.

Betul, Maria sudah dikenal lama oleh Yesus. Dan Maria bukan lagi dikenal sebegai seorang pendosa seperti dulu - tetapi bukan di MatiusMarkus, melainkan hanya di Lukas.

Karena baik lokasi,waktu, tempat, dan pelaku berbeda, maka: Apa yang dicatat Injil Matius-Markus-Lukas adalah kejadian yang berbeda dengan yang dicatat Injil Yohanes.

setelah saya baca2 lagi itu ayat lbh seksama, beda lagi asumsinya saya yg sebelumnya berpendapat semua di ke4 injil itu satu kejadian yang sama.
(aneh ya, dibaca lagi dibaca lagi - bisa beda2 hasil penafsirannya :))

saya sependapat dgn david, ada 2x pengurapan.

Namun :

“pengurapan” di Lukas menurut saya beda waktu, dan sepertinya - beberapa orang yg hadir saat itu, kembali hadir lagi di “pengurapan” pada 2 hari menjelang Paskah.

sedangkan hal ttg “Yesus di urapi” pada Matius Markus Yohanes menurut saya adalah 1 even yang sama - di waktu tempat yg sama yaitu :
2 hari lagi paskah, di rumah Simon, perempuan adl Maria Bethany, reaksi murid/org ngedumel kemahalan, reaksi Yesus si miskin slalu ada + mengingat hari kematianNYA (yg sudah dekat).
perbedaan yg ada disini adl : pengurapan di kepala (MatiusMarkus) sedangkan di Yohanes disebut di kaki.

juga :

  1. “pengurapan” di Lukas kronologinya seperti lebih awal, krn ayat sblmnya masih ttg Yohanes Pembaptis…

  2. “pengurapan” di Lukas intisari pengajaran-nya berbeda dgn MatiusMarkusYohanes.

  3. “pengurapan” di Lukas tdk trpdt reaksi murid/org yg ngedumel minyak mahal lebih baik utk si miskin.

TETAPI :
4. pengurapan di Lukas menyatakan perempuan (yg menurut saya sama tapi beda waktu - yaitu Maria Betani) yg melakukan hal menyeka dgn rambut.

kesimpulan akhir :

ada 2 x perminyakan.
tetapi evennya bukan MatiusMarkusLukas VS Yohanes,
melainkan MatiusMarkusYohanes VS Lukas.

hanya 1 orang pelaku yg melakukan perminyakan, Maria Bethany.

mohon tanggapan, baik oleh David maupun temen2 laen yg bisa bantu pengertian ttg hal ini… :slight_smile:

salam.

Di situ ada 3 kejadian.
Inilah urutannya :

Ada kejadian wanita berdosa meminyaki kaki Tuhan Yesus saat makan di rumah orang Farisi bernama Simon. Tuhan Yesus mengampuni wanita tsb.

Ada kejadian Maria meminyaki kaki Tuhan Yesus mnggunakan narwastu. Pristiwa ini tjadi di Betania di rumah Lazarus 6 hari sebelum Paskah. Tuhan Yesus berkata bhw hal tsb utk mengingatkan pada penguburan.

Ada kejadian wanita (anonim dan tdk dsebutkan berdosa) mengurapi kepala Tuhan Yesus mnggunakan minyak wangi yg mahal 2 hari sebelum paskah. Pristiwa ini terjadi di Betania di rumah Simon si kusta. Tuhan Yesus berkata bhw hal tsb utk mempersiapkan penguburan.

Bagaimana dg timeline-nya?

Kejadian kuncinya adalah : Kapan Tuhan Yesus dielu-elukan di Yerusalem.

[email protected]

ooohhh ayat ayat itu tah…??
Kalo cerita di Matius 26 : 6-13…?? ITU BUKAN URAPAN…broo…!!
Itu hanya kejadian langka saja seorang wanita ( fens nya TYK ) yang tiba tiba datang dan masuk keruangan lantas menuangkan minyak narwastu mahal keatas Tubuh TYK mulai dari kepala TYK…Saat TYK dan para murid2x NYA sedang duduk makan…Kejadian itu diartikan TYK BERBEDA…jika dibandingkan Pandangan para murid-muridnya…Pandangan para murid boleh dibilang " sok rohani", Tapi bagi TYK itu adalah hal biasa saja…hanya karena itu kejadian langka ( karena menuangkan minyak yang mahal )…Dalam perkataan TYK, SEBETULNYA MAU MENGINGATKAN / mengisyaratkan kepada murid musridNya…bahwa Dia sudah dekat waktunya untuk mengalami proses penagkapan…tapi semua murid belum menyadarinya…Maka terjadilah hal yang spektakuler tsb ( penuangan minyak wangi ydm )…dan moment tsb untuk memberi efek penyadaran bagi murid-muridNya akan waktu yang sudah dekat tsb…Tapi ya itu…dilanjutkan dengan perkataan perbandingan antara penguburan ( kematian ) dan kemiskinan…Yang artinya kematian TYK itu hanya sekali ( yang nanti akan disaksikan oleh para murid-murid Nya tsb) tapi kalau orang miskin bisa disaksikan kapapun saja oleh para murid-murid nya.

Jadi MENURUT SAYA : Kronologis kejadian tsb, mulai dari dtang ke rumah Simon, kemudian duduk makan dan datang perempuan menuangkan minyak wangi…dstnya …dstnya…itu memberi pembelajaran bagi MURID-MURID TYK…mengenai Kematian HANYA SATU KALI BAGI TYK…
tapi…??? heheheh para murid tidak menyadarinya sama sekali…efeknya yang lain…bahkan TYK mengatakan bahwa setiap pekabaran Khabar Baik…nantinya pasti cerita wanita tsb pasti dikenang…dan secara implisit disitu pula TYK menyatakan bahwa DIA akan mati,dan hanya sekali saja…

Kiranya begitu broo…

Salam GBU

walah… malah ada 3 kejadian…:slight_smile: - 3 pelaku perempuan berbeda.

perbedaan no.2 dan no.3 :
no.2 di kepala + “persiapan” dan no.3 di kaki + “mengingat”.

6 hari sblm Paskah kalimat pembuka menurut saya, masih bisa kemungkinan perjamuan tidak berarti langsung saat 6 hr sblm Paskah.

dimana Lazarus tinggal di kota itu menurut saya, masih bisa kemungkinan bhw perjamuan bukan di rumah Lazarus

tdk disebutkan nama wanita di no.2, menurut saya menurut saya masih bisa kemungkinan perempuan Maria Bethany.

Simon Kusta, menurut saya bisa kemungkinan ayah Yudas, Simon Iscariot.
Dgn demikian di Yohanes - Yudaslah (murid) yg berani ngedumel… - krn kejadian tsb berlangsung di rumah ayahnya… :slight_smile:

bagaimana dgn kesamaan pada kejadian no2 dgn no3 ?
di Bethany, 300 dinar pure-nard narwastu, menyeka dgn rambut, murid/org ngedumel, Yesus : “Biarkanlah dia” + “si miskin selalu ada”,

saya juga mendapati, MatiusMarkus itu sepertinya “ANTI” utk menyebut salah satu nama dari Lazarus dan saudari2nya - tdk demikian dgn Lukas.

Kejadian kuncinya adalah : Kapan Tuhan YESUS dielu-elukan di Yerusalem

saya belum ketemu maksud kunci diatas ? :slight_smile:
kejadiannya adalah ke-esokan harinya - yg menurut saya 1 atau beberapa hari sebelum hari Dia disalibkan.

yang saya liat :
ayat2 di MatiusMarkusYohanes “Rencana membunuh Yesus” semua langsung di ikuti oleh kejadian “Yesus di urapi”.

Menurut saya, kemungkinan besar yg Yohanes bilang bhw Maria Betani pernah meminyaki kaki Yesus (sblm peristiwa pengurapan di hari raya roti tak beragi ini) itu adalah di masa pengurapan yg terdapat di ayat Lukas. (beda waktu).

dan yang sangat saya ingin tau,

kapankah hari Paskah (Passover) itu ?
kalo Paskah adalah hari Minggu yaitu hari kebangkitan Yesus,
maka jadi aneh - di MatiusMarkus 2 hari sebelum Paskah, bagaimana bisa Yesus diurapi pada hari Jum’at hari yg sama Dia disalibkan ?

tetapi kalau hari Paskah itu adalah 7 hari, hari senen ketemu hari minggu (minggu=puncaknya Paskah), maka Paskah itu sendiri berada didalam ke7 hari tsb, yg disebut hari(hari) Paskah - perayaan hari raya roti tak beragi.

ya saya gak tau itu - bahwa itu bukan urapan.
saya kan nonKristen, jadi karena semua injil bikin kepala judul “Yesus di urapi” maka saya pikir ya itulah tentang pengurapan (bukan pengkudisan…hahahaha, becanda loh).

Jadi MENURUT SAYA : Kronologis kejadian tsb, mulai dari dtang ke rumah Simon, kemudian duduk makan dan datang perempuan menuangkan minyak wangi..dstnya ..dstnya...itu memberi pembelajaran bagi MURID-MURID TYK..mengenai Kematian HANYA SATU KALI BAGI TYK.. tapi...??? heheheh para murid tidak menyadarinya sama sekali..efeknya yang lain..bahkan TYK mengatakan bahwa setiap pekabaran Khabar Baik..nantinya pasti cerita wanita tsb pasti dikenang..dan secara implisit disitu pula TYK menyatakan bahwa DIA akan mati,,dan hanya sekali saja..

Kiranya begitu broo…

Salam GBU

betul, diawal post saya kan sudah sadari - gak esensi ttg kronologis detailnya yg mana yg bener…yg penting inti sari pengajarannya.

namun tetep saya liat, intisari pengajarannya berbeda :
MatiusMarkusYohanes => Yesus hanya datang 1 x
Lukas => pengampunan dosa yg lebih banyak menghasilkan cinta lbh banyak.
(tdk disinggung sama sekali ttg persiapan kematianNYA di Lukas).

tetapi, bukan intisari pengajaran yg ingin saya tau - melainkan kesimpulan yang mana yg bener akan kronologi ayat2 dgn kepala judul “Yesus di urapi” pada ke4 injil tsb.

makasi purba.

salam.

Tidak dkatakan 3 prempuan yg berbeda, mlainkan 3 kejadian yg berbeda.
2 wanita dsebutkan anonim sdgkn 1 lagi bernama Maria.
Bisa-bisa saja ini mrujuk pd wanita yg sama walau kmungkinannya kecil.

perbedaan no.2 dan no.3 : no.2 di kepala + "persiapan" dan no.3 di kaki + "mengingat".

Tul.

[i]6 hari sblm Paskah[/i] kalimat pembuka menurut saya, masih bisa kemungkinan perjamuan tidak berarti langsung saat 6 hr sblm Paskah.

Patokannya bukan itu.

[i]dimana Lazarus tinggal di kota itu[/i] menurut saya, masih bisa kemungkinan bhw perjamuan bukan di rumah Lazarus

Taukah kamu bhw Maria dan Marta tinggal di rumah Lazarus?

[i]tdk disebutkan nama wanita di no.2[/i], menurut saya menurut saya masih bisa kemungkinan perempuan Maria Bethany.

Mungkin sih mungkin saja.

Simon Kusta, menurut saya bisa kemungkinan ayah Yudas, Simon Iscariot. Dgn demikian di Yohanes - Yudaslah (murid) yg berani ngedumel... - krn kejadian tsb berlangsung di rumah ayahnya... :)

Mungkin sih mungkin saja.

bagaimana dgn kesamaan pada kejadian no2 dgn no3 ? di Bethany, 300 dinar [i]pure-nard[/i] narwastu, menyeka dgn rambut, murid/org ngedumel, YESUS : "Biarkanlah dia" + "si miskin selalu ada",

Anda lupa dengan volumenya?
Di kejadian 2, minyaknya 1/2 kati.
Di kejadian 3, minyaknya 1 buli.

saya juga mendapati, MatiusMarkus itu sepertinya "ANTI" utk menyebut salah satu nama dari Lazarus dan saudari2nya - tdk demikian dgn Lukas.

Krn bisa saja wanita itu bukan Maria dari Betania.

Kejadian kuncinya adalah : Kapan Tuhan YESUS dielu-elukan di Yerusalem

saya belum ketemu maksud kunci diatas ? :slight_smile:
kejadiannya adalah ke-esokan harinya - yg menurut saya 1 atau beberapa hari sebelum hari Dia disalibkan.

yang saya liat :
ayat2 di MatiusMarkusYohanes “Rencana membunuh YESUS” semua langsung di ikuti oleh kejadian “YESUS di urapi”.

Menurut saya, kemungkinan besar yg Yohanes bilang bhw Maria Betani pernah meminyaki kaki YESUS (sblm peristiwa pengurapan di hari raya roti tak beragi ini) itu adalah di masa pengurapan yg terdapat di ayat Lukas. (beda waktu).

Kamu buka Alkitab,
Lihat kejadian ke-2 (di Yohanes) dan kejadian ke-3 (di Markus).
Lalu kamu cari di kitab Markus dan Yohanes, kapan Tuhan Yesus dielu-elukan di Yerusalem.

Kamu juga buka kitab Lukas.
Cari kapan Tuhan Yesus dielu-elukan di Yerusalem.
Phatikan jarak waktunya.

[u][b]dan yang sangat saya ingin tau, [/b][/u]

kapankah hari Paskah (Passover) itu ?
kalo Paskah adalah hari Minggu yaitu hari kebangkitan YESUS,
maka jadi aneh - di MatiusMarkus 2 hari sebelum Paskah, bagaimana bisa YESUS diurapi pada hari Jum’at hari yg sama Dia disalibkan ?

Kamu keliru mnafsirkannya.
Bukan 2 hari sblm Tuhan Yesus disalibkan, mlainkan 2 hari sebelum paskah.
Pd hari Paskah itu Tuhan Yesus belum dsalibkan dan belum diserahkan.

Mat 26:2
“Kamu tahu, bahwa dua hari lagi akan dirayakan Paskah, maka Anak Manusia akan diserahkan untuk disalibkan.”

Ini artinya Anak Manusia akan diserahkan utk disalibkan SETELAH PASKAH.

HEHEHEH…INTI PEMBELAJARANNYA SAMA kok BROO…!! baik di kitab Lukas
maupun Matius…Ilham Roh Kudus sebagai Firman TUHAN dalam ALkitab adalah sama…Karena yang memberi iLHAM pada PARA PENULIS iNJIL itu dari TUHAN yang sama …Tuhan YANG ESA itu juga…hehehe

Malahan SEBETULNYA YANG MENJADI INTI BAGI KAMU ITU.tuh.?? adalah…
Kamu belum dapat memahaminya Bahwa Kitab LUKAS itu dibuat…lantas ditujukan kepada siapa…Orang yahudi kek…orang bukan yahudi kek…orang yuani kek…atau orang yang belum mengenal TYK…??
Begitu pula kitab Matius…dan kitab lainnya…Markus, Yohanes…

Jadi jika membaca kitab Injil jangan heran dan jangan bingung dulu kenapa berbeda nuansanya…berbeda gaya behasanya…dan lain lainnya…Tapi Inti AJARANNYA TETAP SAMA DAN TAK BERBEDA SATUSAMA LAINnya…MALAH SALING MELENGKAPI…/ SALING MENGGENAPI…

Salam GBU

Kejadian di mana Yesus membangkitkan Lazarus punya jeda waktu yang cukup lama, di mana itu dicatat pada Yoh 11.

Joh 11:43 Dan sesudah berkata demikian, berserulah Ia dengan suara keras: “Lazarus, marilah ke luar!”
Joh 11:44 Orang yang telah mati itu datang ke luar, kaki dan tangannya masih terikat dengan kain kapan dan mukanya tertutup dengan kain peluh. Kata Yesus kepada mereka: “Bukalah kain-kain itu dan biarkan ia pergi.”
Joh 11:45 Banyak di antara orang-orang Yahudi yang datang melawat Maria dan yang menyaksikan sendiri apa yang telah dibuat Yesus, percaya kepada-Nya.
Joh 11:46 Tetapi ada yang pergi kepada orang-orang Farisi dan menceriterakan kepada mereka, apa yang telah dibuat Yesus itu.
Joh 11:47 Lalu imam-imam kepala dan orang-orang Farisi memanggil Mahkamah Agama untuk berkumpul dan mereka berkata: “Apakah yang harus kita buat? Sebab orang itu membuat banyak mujizat.
Joh 11:48 Apabila kita biarkan Dia, maka semua orang akan percaya kepada-Nya dan orang-orang Roma akan datang dan akan merampas tempat suci kita serta bangsa kita.”
Joh 11:49 Tetapi seorang di antara mereka, yaitu Kayafas, Imam Besar pada tahun itu, berkata kepada mereka: “Kamu tidak tahu apa-apa,
Joh 11:50 dan kamu tidak insaf, bahwa lebih berguna bagimu, jika satu orang mati untuk bangsa kita dari pada seluruh bangsa kita ini binasa.”
Joh 11:51 Hal itu dikatakannya bukan dari dirinya sendiri, tetapi sebagai Imam Besar pada tahun itu ia bernubuat, bahwa Yesus akan mati untuk bangsa itu,
Joh 11:52 dan bukan untuk bangsa itu saja, tetapi juga untuk mengumpulkan dan mempersatukan anak-anak Allah yang tercerai-berai.
Joh 11:53 Mulai dari hari itu mereka sepakat untuk membunuh Dia.
Joh 11:54 Karena itu Yesus tidak tampil lagi di muka umum di antara orang-orang Yahudi, Ia berangkat dari situ ke daerah dekat padang gurun, ke sebuah kota yang bernama Efraim, dan di situ Ia tinggal bersama-sama murid-murid-Nya.
Joh 11:55 Pada waktu itu hari raya Paskah orang Yahudi sudah dekat dan banyak orang dari negeri itu berangkat ke Yerusalem untuk menyucikan diri sebelum Paskah itu. …kronologis pada Yoh 12 yang sedang kita bahas berlanjut dari sini…
Jadi sesudah membangkitkan Lazarus Yesus sempat keluar dari Bethany untuk jangka waktu tertentu.

Pada Matius-Markus-Lukas peristiwa terjadi di rumah Simon dan pada waktu yang sama. Maka perempuan yang dicatat adalah sama. Memang apa yang dicatat ketiga Injil ini tidak sama persis, karena apa yang dicatat saling komplementer (saling melengkapi). Jadi kita akan menyimpulkan bahwa apa yang dicatat di Lukas misalnya, adalah applicable terhadap Matius-Markus (kendati pun tidak ditulis di situ). Karena masing-masing Injil meliput peristiwa dari ‘angle’ yang berbeda.

Hal ini dapat kita bandingkan misalnya ketika TV-One dan Metro TV meliput peristiwa yang sama. Apa yang diberitakan TV-One mungkin ada yang tidak diberitakan oleh Metro TV (dan sebaliknya), tetapi pada dasarnya keduanya meliput kejadian yang sama.

Tetapi peristiwa yang dicatat di Injil Yohanes terjadi di rumah Lazarus dan pada waktu yang berbeda dengan ketiga Injil tadi. Demikian juga pelakunya adalah Maria, yang bukan dikenal sebagai pendosa.

Sori penjelasannya singkat. Jika ada yang kurang bisa dibahas lagi

[quote="Siip post:14, topic:174549"] [i]dimana Lazarus tinggal di kota itu[/i] menurut saya, masih bisa kemungkinan bhw perjamuan bukan di rumah Lazarus [/quote] Taukah kamu bhw Maria dan Marta tinggal di rumah Lazarus?

saya nggak tau…,
belon ketemu ayatnya secara explisit mereka serumah :slight_smile:

bagaimana dgn kesamaan pada kejadian no2 dgn no3 ? di Bethany, 300 dinar [i]pure-nard[/i] narwastu, menyeka dgn rambut, murid/org ngedumel, YESUS : "Biarkanlah dia" + "si miskin selalu ada",

Anda lupa dengan volumenya?
Di kejadian 2, minyaknya 1/2 kati.
Di kejadian 3, minyaknya 1 buli.

he-he-he… kan mungkin aja minyak dgn volume 1/2 kati itu berada didalam 1 buli…, kan Maria Bethany pasti membawa minyak itu didlm suatu wadah… :slight_smile:

dan kalopun memang benar MatiusMarkus adl peristiwa beda dg Yohanes, menurut saya betapa bodohnya murid2 di MatiusMarkus sampai mengulang apa yg sudah pernah di “ngedumelkan” Yudas saat peristiwa pengurapan di Yohanes - hanya beda dalam hitungan hari… :slight_smile:

dan Yesuspun sampe harus mengulang reaksinya yg intinya sama :
orang-orang miskin selalu ada dan persiapan/mengingat hari penguburanNYA - cuma dalam hitungan hari…:slight_smile:

saya juga mendapati, MatiusMarkus itu sepertinya "ANTI" utk menyebut salah satu nama dari Lazarus dan saudari2nya - tdk demikian dgn Lukas.

Krn bisa saja wanita itu bukan Maria dari Betania.

bukan di ttg hal pengurapan maksud saya, melainkan diseluruh ayat2.
Sedangkan masih terjumpa nama Maria dan Marta di Lukas…:slight_smile:

Kamu buka Alkitab, Lihat kejadian ke-2 (di Yohanes) dan kejadian ke-3 (di Markus). Lalu kamu cari di kitab Markus dan Yohanes, kapan Tuhan YESUS dielu-elukan di Yerusalem.

Kamu juga buka kitab Lukas.
Cari kapan Tuhan YESUS dielu-elukan di Yerusalem.
Phatikan jarak waktunya.

sudah saya baca2 di MatiusMarkusLukas. Memang beda ama Yohanes.
Di 3 injil pertama, setelah dielu elukan - Yesus menyucikan Bait Allah - baru muncul peristiwa “Yesus di urapi”,

dan di Yohanes - setelah Yesus dielu elukan (stlh kejadian pengurapan) tidak ada di ikuti cerita Yesus menyucikan Bait Allah.

Namun di Yohanes peristiwa Yesus menyucikan Bait Allah, ada tertulis di ayat sebelum ayat “Yesus di urapi”.

dgn demikian peristiwa menyucikan Bait Allah itu terjadi sebelum “Yesus di urapi”, hanya saja di Yohanes mungkin gak ceritain bhw sblm menyucikan - Yesus sempat di elu elukan…:slight_smile:

[u][b]dan yang sangat saya ingin tau, [/b][/u]

kapankah hari Paskah (Passover) itu ?
kalo Paskah adalah hari Minggu yaitu hari kebangkitan YESUS,
maka jadi aneh - di MatiusMarkus 2 hari sebelum Paskah, bagaimana bisa YESUS diurapi pada hari Jum’at hari yg sama Dia disalibkan ?

Kamu keliru mnafsirkannya.
Bukan 2 hari sblm Tuhan YESUS disalibkan, mlainkan 2 hari sebelum paskah.
Pd hari Paskah itu Tuhan YESUS belum dsalibkan dan belum diserahkan.

Mat 26:2
“Kamu tahu, bahwa dua hari lagi akan dirayakan Paskah, maka Anak Manusia akan diserahkan untuk disalibkan.”

Ini artinya Anak Manusia akan diserahkan utk disalibkan SETELAH PASKAH.

wah… terus terang saya gak ngerti … :slight_smile:

Paskah itu sebenernya dirayakan hari Jum’at ato Minggu sih ?
Apakah hari Paskah adl hari penyaliban ataukah hari kebangkitan ?

kalo kata2 yg saya warna biru diatas terjadi setelah paskah (Yesus disalibkan setelah Paskah), jadi hari apa itu jatuhnya saat Yesus disalibkan ?

bisa ada yg tolong jelasin ?

BTT :
dan di Yohanes - saya liat ada ayat lain, yang menyatakan bahwa Maria Bethany SUDAH PERNAH melakukan hal pengurapan, sebelum perisitiwa pengurapan yg ada di Yohanes ini.

Yohanes 11 :
(1) Ada seorang yang sedang sakit, namanya Lazarus. Ia tinggal di Betania, kampung Maria dan adiknya Marta.

terlihat belum eksplisit bahwa mereka tinggal serumah. :slight_smile:

(2) Maria ialah perempuan yang pernah meminyaki kaki Tuhan dengan minyak mur dan menyekanya dengan rambutnya.

Sayangnya gak disebut kapan dan dimana saatnya, sehingga saya menduga bahwa saatnya itu adalah saat pengurapan yg terjadi di Lukas.

makasi siip atas masukannya.

salam.

seberapa lamanya “cukup lama” jeda waktu tsb :)?
saya rasa hanya dalam hitungan hari, kalo kita baca :

Pada waktu itu hari raya Paskah orang Yahudi sudah dekat dan banyak orang dari negeri itu berangkat ke Yerusalem untuk menyucikan diri sebelum Paskah itu. …

Pada Matius-Markus-Lukas peristiwa terjadi di rumah Simon dan pada waktu yang sama. Maka perempuan yang dicatat adalah sama.

Tetapi peristiwa yang dicatat di Injil Yohanes terjadi di rumah Lazarus dan pada waktu yang berbeda dengan ketiga Injil tadi. Demikian juga pelakunya adalah Maria, yang bukan dikenal sebagai pendosa.

dgn demikian menurut david pengurapan terjadi 2x - 2 even berbeda :

  1. pengurapan yg pertama terjadi di Yohanes (6 hari sblm paskah)
  2. pengurapan yg ke2 terjadi di MatiusMarkusLukas (2 hari sblm paskah)

salahkah saya kalo nganggep murid2 bodoh, krn dlm hitungan hari - “ngedumelnya” mereka ulangi lagi dan yg dpt respond yg sama lagi dr YESUS ?
he-he-he… :slight_smile:

lalu kapan pengurapan Maria Bethany yg dimaksud Yohanes 11:2 ?
krn sudah pasti, kalo ini dianggap gaya bahasa - tetap tidak mungkin menerangkan kalimat yg cerita dari penggalan kalimat itu sendiri belum disampaikan.

Sori penjelasannya singkat. Jika ada yang kurang bisa dibahas lagi

loh kok sori ? malah saya terimakasih dpt penjelasanmu…:slight_smile:

Dari pndpt bbrp teman lain disini - beda2 lagi.
dengan demikian, saya nyadar - bhw pertanyaan saya ini, bisa mendapat jawaban berbagai versi…dan tdk akan bisa dpt jawaban pasti… :slight_smile:

bukan saya mencari kesalahan2 Alkitab,
hanya saja saya emang seneng dan ingin tau yg mana yg bener ttg kronologinya.

makasi david.

salam.

PS : bisa tolong bantu saya ttg hari Paskah jatuh hari apa ? :slight_smile:

sebetulnya saya gak mempermasalahkan beda nuansa dan beda gaya bahasa, karena saya sendiri juga udah nyadar, bisa botak kepala atas bawah kalo ngotot muter2 cuma krn beda nuansa dan gaya bahasa… :slight_smile:

tetapi, bukan intisari pengajaran yg ingin saya tau - melainkan kesimpulan yang mana yg bener akan kronologi ayat2 dgn kepala judul “YESUS di urapi” pada ke4 injil tsb. :slight_smile: :slight_smile: :slight_smile:

salam.
PS : bisa tolong bantu saya ttg hari Paskah jatuh hari apa ? :slight_smile:

Menurut para ahli ada kemungkinan sekitar 2 bulan. Lamanya bukan ada pada ayat yang bro sebutkan, tetapi dinformasikan pada ayat berikut:

Joh 11:54 Karena itu Yesus tidak tampil lagi di muka umum di antara orang-orang Yahudi, Ia berangkat dari situ ke daerah dekat padang gurun, ke sebuah kota yang bernama Efraim, dan di situ Ia tinggal bersama-sama murid-murid-Nya.

Sesudah tinggal selama durasi tertentu di Efraim (diperkirakan Ia tinggal di situ selama 2 bulan), barulah terjadi ayat yang bro sebutkan itu (Yoh 11:55)

Yang dicatat ngedumel di Injil Yohanes adalah Yudas Iskariot. Kan sudah dicatat bahwa si Yudas Iskariot ini mata duitan, gak tahan kalo lihat sesuatu yang tidak bisa diuangkan (wong Yesus aja diuangkan oleh Yudas, apalagi minyak).

Bro tentu pernah ketemu orang yang punya ‘something wrong’. Misalnya saja kleptomania. Mereka punya kecenderungan sikap yang itu-itu terus. Hari ini ketangkap mencuri, eh besok mencuri lagi.

Mungkin begitulah kira-kira gambaran mental Yudas kalo melihat peluang dalam hal uang, suka gelisah. Dan tentunya Yudas semakin gemas melihat ada minyak mahal terbuang percuma di depan matanya, tanpa bisa mendatangkan uang, apalagi ini kali yang kedua. (Jika Yudas jadi Rhoa Irama, pasti dia membatin: “TER-LA-LU” hehe)

Pengurapan yang dimaksud oleh Yoh 11:2 tentu saja adalah pengurapan yang tertulis pada Yoh 12.

Perlu diingat bahwa Injil bukanlah buku harian. Semuanya tercatat setelah semua yang ditulis tersebut terjadi seluruhnya.
Ayat pada Yoh 11:2 sebagai antisipasi ayat selanjutnya yang tertulis pada pasal 12 (walaupun peristiwa yang direferensikan tersebut belum terjadi ditinjau dari waktu saat itu). Hal seperti ini biasanya menggunakan tensis Aorist.

Begitulah kalau masuk di cyber-world.

Bro akan mendapat 1001 macam pendapat, berbaga macam pandangan, tentang hal apa pun. Dari yang nyelenah hingga yang sangat nyeleneh.

Welcome to the jungle. Hehe.