Yesus hidup =nabi,Yesus mati=Tuhan

aku mw nanya emang ada di Alkitab bahwa sewaktu Yesus hidup kita mengakuinya sebagai nabi tp setelah mati kita mengakui sebagai Tuhan…
Tolong penjelasannya/ayat Alkitab nya .Jbu

Yesus bukan nabi…Yesus adalah Tuhan, dan yesus tdk mati, dia pernah mati di salib, tapi bangkit lagi…

Silahkan ayat2nya…

aku percaya yesus adalah Tuhan…
Yesus dng isa apakah berbeda?

Setahu saya sama saja, knp? pernah ketemu?

Baik belum disalib ataupun stlh Yesus disalib Dia tetap Tuhan nabi :smiley:

jd salah y klw kita bilang Yesus adalah Nabi sekaligus Tuhan…

Ga mungkinlah Tuhan sekaligus nabi, atau sebaliknya. Sama saja dirinya menyuruh dirinya sendiri dong. Saat yesus bicara=tuhan bicara, tuhan ada dlm yesus–>ke manusia, kalau nabi= Tuhan–>ke nabi–> ke manusia.

Salam…

Gelar untuk Yesus Kristus lengkap dan sempurna, Ia bukan hanya Nabi tetapi juga sebagai Imam dan Raja, untuk penjelasan lebih lanjut mungkin anda bisa baca-baca di: http://www.sarapanpagi.org/kristologi-vf5.html atau yang lebih fokus http://www.sarapanpagi.org/nabi-seperti-musa-vt556.html

Salam

YESUS mendapat gelar Tuhan sejak Dia lahir:

* Lukas 2:11
LAI TB, Hari ini telah lahir bagimu Juruselamat, yaitu KRISTUS, [u]Tuhan[u], di kota Daud
KJV, For unto you is born this day in the city of David a Saviour, which is CHRIST the Lord.
TR, οτι ετεχθη υμιν σημερον σωτηρ ος εστιν χριστος κυριος εν πολει δαβιδ
Translit interlienar, hoti etekhthê humin sêmeron sôtêr hos estin khristos kurios {Tuhan} en polei dabid

Kedudukan YESUS sebagai Tuhan atas semesta alam juga diteguhkan oleh Dia sendiri :

* Yohanes 13:13
LAI TB, Kamu menyebut Aku Guru dan Tuhan, dan katamu itu tepat, sebab memang Akulah Guru dan Tuhan
KJV, Ye call me Master and Lord: and ye say well; for so I am.
TR, υμεις φωνειτε με ο διδασκαλος και ο κυριος και καλως λεγετε ειμι γαρ
Translit, humeis phôneite me ho didaskalos kai ho kurios kai kalôs legete eimi gar

Disamping mendapat Gelar Tuhan, dalam masa Inkarnasi-Nya, YESUS KRISTUS juga digelari “nabi” oleh orang-orang di sekitarnya :

* Matius 21:11
LAI TB, Dan orang banyak itu menyahut: “Inilah nabi YESUS dari Nazaret di Galilea.”
KJV, And the multitude said, This is JESUS the prophet of Nazareth of Galilee.
TR, οι δε οχλοι ελεγον ουτος εστιν ιησους ο προφητης ο απο ναζαρετ της γαλιλαιας
Translit, hoi de okhloi elegon houtos estin iêsous ho prophêtês ho apo nazaret tês galilaias

Allah mengutus Allah atau Tuhan mengutus Tuhan atau Tuhan mengutus diri-Nya sendiri itu hal biasa… bahkan sejak Perjanjian Lama telah menuliskan itu:

* Yesaya 55:11
LAI TB, demikianlah firman-Ku yang keluar dari mulut-Ku: ia tidak akan kembali kepada-Ku dengan sia-sia, tetapi ia akan melaksanakan apa yang Kukehendaki, dan akan berhasil dalam apa yang Kusuruhkan kepadanya.
KJV, So shall my word be that goeth forth out of my mouth: it shall not return unto me void, but it shall accomplish that which I please, and it shall prosper in the thing whereto I sent it.
Hebrew,
כֵּן יִהְיֶה דְבָרִי אֲשֶׁר יֵצֵא מִפִּי לֹא־יָשׁוּב אֵלַי רֵיקָם כִּי אִם־עָשָׂה אֶת־אֲשֶׁר חָפַצְתִּי וְהִצְלִיחַ אֲשֶׁר שְׁלַחְתִּיו׃
Translit interlinear, KEN {demikian} YIHYEH {ia akan menjadi} DEVARI {firman-Ku} ‘ASYER {yang} YETSE’ {ia keluar} MIPI {dari mulut-Ku} LO’-YASYUV {tidak ia akan kembali} 'ELAY {kepada-Ku} REYQAM {sia-sia} KI {bahwa} 'IM-'ASAH {ia akan melaksanakan} 'ET-'ASYER {yang} KHAFATSTI {Aku berkenan} VEHITSLIAKH {dan ia berhasil} 'ASYER {yang} SYELAKHTIV {Aku utus kepadanya}

Perhatikan bahwa “firman-Ku” itu selanjutnya menggunakan kata ganti orang ketiga. Selanjutnya perhatikan kata שלחתיו - SYELAKHTIV. Kata ini berasal dari kata שלח - SYALAKH, “mengutus”, seperti Nuh “mengutus” seekor burung gagak dan merpati saat air bah, Tuhan “mengutus” malaikat-Nya (Kejadian 24:7), dan ini salah satu ayat populer dengan kata שלח - SYALAKH.

* Keluaran 3:14
LAI TB, Firman Allah kepada Musa: AKU ADALAH AKU Lagi firman-Nya: “Beginilah kaukatakan kepada orang Israel itu: AKULAH AKU telah mengutus (SYALAKH) aku kepadamu.”
KJV, And God said unto Moses, I AM THAT I AM: and he said, Thus shalt thou say unto the children of Israel, I AM hath sent me unto you.
Hebrew,
וַיֹּאמֶר אֱלֹהִים אֶל־מֹשֶׁה אֶהְיֶה אֲשֶׁר אֶהְיֶה וַיֹּאמֶר כֹּה תֹאמַר לִבְנֵי יִשְׂרָאֵל אֶהְיֶה שְׁלָחַנִי אֲלֵיכֶם׃
Translit interlinear, VAYO’MER {dan Dia berfirman} 'ELOHIM {Allah} 'EL-MOSYEH {kepada Musa} 'EHEYEH {Aku akan ada} 'ASYER {yang} 'EHEYEH {Aku akan ada} VAYO’MER {dan Dia berfirman} KOH {demikian} TO’MAR {engkau harus berkata} LIVENEI {kepada anak-anak} YISERA’EL {Israel} 'EHEYEH {Aku akan ada} SYELAKHANI {mengutus Aku} 'ALEYKHEM {ke atas kalian}

Bukankah Allah dapat “mengutus” firman-Nya seperti Yesaya 55:11 di atas?

YESUS KRISTUS “diutus” Bapa, datang ke dunia dalam daging (inkarnasi) untuk melakukan misi penyelamatan bagi umat manusia, sama sekali tidak mengecilkan Hakikat YESUS sebagai Tuhan dan Allah.

Artikel terkait : http://www.sarapanpagi.org/kontradiksi-perjanjian-baru-vt543-20.html#p1031

Blessings,
BP
January 31, 2011

Wah, lengkap sekali, thanks sarapan pagi.

Tapi bukankah kalau nabi itu manusia biasa yg di pilih tuhan untuk menyampaikan pesannya? berbeda dgn yesus yg langsung dari dirinya sendiri yg pada hakekatnya adalah firman tuhan yg hidup. Tapi memang yesus sendiri berkata “bapa yg mengutus aku…”, hanya saja jelas sekali ada perbedaan dgn nabi2 sebelumnya yg pada hakekatnya penyampai firman tuhan dan bukan firman tuhan yg hidup…Apakah “firman tuhan yg hidup” dapat di sebut jg sbg nabi?

Salam…

  • Matius 21:11 Dan orang banyak itu menyahut: “Inilah nabi YESUS dari Nazaret di Galilea.”

Disini Yesus tidak menolak di sebut nabi oleh orang2
Yerusalem …
Trus apakah orang yerusalem itu belum menjadi pengikut Yesus (blm mengenal Yesus).
Btw terimakasih untuk penjelasannya.Jbu

Yesus dalam hal ini mempunyai 2 hakikat “manusia” dan “Tuhan,” dalam keberadaanNya sebagai manusia, Dia tidak hanya digelari “Nabi” yang lebih keren, ada yang lebih rendah dimana Dia juga disebut sebagai “Hamba,” lihat penjelasannya di http://www.sarapanpagi.org/hamba-vt86.html#p191

Gelar-gelar Yesus itu ada banyak:

Yesus Kristus adalah Hamba Allah
Yesus Kristus adalah Nabi
Yesus Kristus adalah Guru
Yesus Kristus adalah Raja
Yesus Kristus adalah TUHAN, Tuan diatas segala tuan

masih bingung?

Good.

Nabi=utusan allah, Yesus=allah datang sendiri…

penjelasan bagus sy suka…
Klw yang lain penjelasan terlalu diplomatis membuat saya jadi bingung,…

good…

Saya punya ilustrasi untuk menjelaskan ttg antara yesus vs nabi:

Ada seorang direktur yg tinggal di jakarta dan mempunyai sebuah pabrik di kota bogor dgn 100 karyawan. Suatu waktu si direktur ingin mengeluarkan suatu kebijaksanaan, yaitu bahwa setiap karyawan wajib untuk tdk membawa HP saat jam kerja di pabrik. Ada 2 tindakan yg bisa dia lakukan:

Tindakan 1: (ilustrasi nabi)
Maka dia memanggil satu karyawannya (si A) dan dia perintahkan untuk memberitahu karyawan yg lainnya perihal kebijaksanaannya tsb. Lalu si A pun menyampaikan ini kpd karyawan2 lainnya dan juga menempel tulisan di tembok. Hasilnya? Banyak karyawan yg tdk percaya kepada si A. Siapa lu? sok ngaku2 mengatasnamakan bos memerintah kami? bukankah kamu itu si A yg tiap hari ngurusin gudang? lalu rame2 karyawan2 mencemooh si A.

Tindakan2 : (ilustrasi Yesus)

Dari pada menyuruh karyawannya, maka si bos berinisiatif untuk datang sendiri ke pabrik dan memberitahukan kebijaksanaannya lewat mulutnya sendiri. Dia kumpulkan semua karyawannya dlm satu ruangan dan dia mulai memberitahu mereka ttg kebijaksanaannya yg baru secara langsung. Banyak karyawan yg percaya atau yg sudah pernah melihat si bos dan segera mengikuti perintah bos, tapi ada jg yg tetap ngeyel, tdk percaya/ ragu karena belum pernah melihat si bos dan masih mengantongi HP saat kerja.

Saya masih belum bisa menerima bahwa yesus adalah tuhan yg mengutus tuhan. Mungkin istilah “mengutus” kurang tepat diterapkan di sini.

Salam…

Hai…@Simonsez

Berarti [email protected] belum memahami dengan benar mengenai Azas TRITUNGGAL…ya…??? pasti dong achh…!!
Kalau broo sudah paham dan mengimani ini dengan iman percaya…maka
secara otomatis…pertanyaan ini tidak akan keluar dari mulut…ehh tangan anda…hehheh

Brooo…sebetulnya itulah inti sarinya kita dapat memahami /mengenal ALLAH DAN TYK DALAM IMAN KRISTIANI…Artinya memahami dan mengamini…Tapi kalu terus dikejar dengan pola pikir manusia yang serba terbatas…maka kita keblinger sendiri…Kuncinya hanya IMAN PERCAYA.

Tapi ngemeng ngemeng Broo sendiri sudah pernah dapat penjelasan yang kira kira dapat mencapai pengertian AZAZ TRITUNGGAL apa belon selama ini…?? Mungkin dari pendeta lain di luar gembala gereja broo sekarang bergereja…??? Terimakasih.

Salam GBU

Bro shipiroz,

Maksudnya pertanyaan saya yg mana? Apakah krn saya mempermasalahkan “Tuhan mngutus Tuhan?”. Karena bg saya “kata” mengutus tidak bisa di gunakan untuk utusan itu sendiri, ini mungkin masalah tata bahasa. Apakah bro shipiroz berpendapat bahwa yesus=nabi? Kalau ilustrasi saya kurang tepat mohon di koreksi…

Salam…

Tuhan Yesus adalah Anak Allah yang datang sebagai manusia, Dialah yang menciptakan dunia dan seluruh isi Nya, Dia adalah Allah yang kekal.

Tuhan Yesus di panggil sebagai Nabi, Raja , Imam, Guru, semuanya berhubungan dengan pekerjaan pelayanan Nya selama di dunia ini.

Tuhan Yesus sebagai Nabi, karena memang Allah Bapa mengutus Allah Anak untuk misi penebusan dosa2 manusia. Nabi adalah yang di utus Allah untuk pekerjaan Allah.

Tuhan Yesus sebagai Imam, karena Tuhan Yesus adalah pengantara antara manusia yang berdosa dengan Allah , seperti imam pada jaman Perjanjian Lama.

Tuhan Yesus sebagai Raja, karena Tuhan Yesus menjadi Raja seperti yang di nubuat kan oleh Perjanjian Lama, Dia lah yang akan memimpin kita di taman Eden ynag baru.

Tuhan Yesus sebagai Guru, karena selama Tuhan Yesus di dunia, Tuhan Yesus mengajarkan dan memberi teladan pada kita, bagaimana seharusnya kita hidup menurut kehendak Allah.