Yesus kaya rela jadi miskin: Benarkah???

Kita yang ada di gereja Kharismatik pasti sering mendengar lagi ini dinyanyikan:
Yesus kaya rela jadi miskin…
Agar kita semua jadi kaya…
Saya buka thread ini tidak untuk menjelek2an denom ini. Tapi saya mau mengajak teman2 utk melihat Kebenaran. Silahkan bagi teman2 katolik atau protestan yg mau berkomentar saya buka pintu lebar2.

Kalau saya perhatikan, bait dari lagu itu mengambil ayat dari Firman Tuhan yg diambil dari 2 Korintus 8 : 9 yg tertulis:
(LAI): “Karena kamu telah mengenal kasih karunia Tuhan kita Yesus Kristus, bahwa Ia, yang oleh karena
kamu menjadi miskin, sekalipun Ia kaya, supaya kamu menjadi kaya oleh karena kemiskinan-Nya.”
(PB versi pemulihan): “Karena kamu telah mengenal anugerah Tuhan kita Yesus Kristus bahwa sekalipun ia
kaya, oleh karena kamu Ia menjadi miskin, supaya kamu menjadi kaya oleh karena kemiskinan-Nya.”

Apa yg menjadi masalah disini? Yg menjadi masalah adalah kata “kaya” itu sendiri. Kalangan kharismatik menelan mentah2 apa yg tertulis di sepotong ayat ini tanpa memperdulikan ayat2 pendukung sebelum atau sesudahnya sama seperti bapa2 gereja mereka yg mengajarkan melihat Alkitab sepotong2.
Sekarang, mari kita lihat ayat sebelumnya:
2 Korintus 8:7 :
“Maka sekarang, sama seperti kamu kaya dalam segala sesuatu, -dalam iman, dalam perkataan, dalam pengetahuan, dalam kesungguhan untuk membantu, dan dalam kasihmu terhadap kami- demikianlah juga hendaknya kamu kaya dalam pelayanan kasih ini.”
Perhatika kata2 Rasul Paulus yg saya bold:
Jadi, jelaslah yg dimaksudkan Rasul Paulus “kaya” disini TIDAK ADA HUBUNGANNYA dengan KEKAYAAN SECARA MATERI!!!Saya tidak tau siapa pengarang lagu ini. Kalau saja saya tau, saya akan maki2 dia, karena dia sudah MENYESATKAN ribuan bahkan mungkin jutaan jemaat denom ini.
Rasul Paulus tidak salah menuliskan ayat ini. Sesuai dengan petunjuk bapa gereja Martin Luther, membaca Alkitab tidak bisa diambil sepotong2, maka pengarang lagu ini sebenarnya MERACUNI pikiran umat kristen kharismatik! Saya sendiri besar di kharismatik bener2 nggak habis pikir dengan lagu ini.
Masih banyak lagu2 di kharismatik yg MERACUNI jalan pikiran jemaat. Saya akan beberkan satu persatu.

nah gw tanya balik… saat di bilang Dia rela miskin supaya kita menjadi kaya…

berarti klo bukan Materi dan kekayaan lainnya… yang anda maksud > “dalam iman, dalam perkataan, dalam pengetahuan, dalam kesungguhan untuk membantu, dan dalam kasihmu terhadap kami”

berarti Yesus rela menjadi miskin IMAN, miskin PERKATAAN, miskin PENGETAHUAN.,. dan miskin KESUNGGUHAN untuk membantu dan miskin KASIH… ? begitu ?

apakah kondisi ini yang anda percayai saat Yesus ada di DUNIA? bagaimana dia mengadakan muzizat2 kalau dia tidak memiliki Iman, KASIH ? dan mengajar memiliki kESUNGGUHAN dan PENGETAHUAN?

gw cuman pake Logika aja masbro… silahkan di tanggapi

Mungkin yg di maksud "miskin"nya Yesus adalah dgn Ia menjadi manusia.

Rasul Paulus mengatakan hal ini dalam konteks mengenai Pemberian kepada Orang-orang kudus yang kekurangan iman, perkataan, pengetahuan akan kebenaran, kesungguhan untuk membantu dan kasih bagi jemaat di Makedonia (perhatikan 2 Kor 8:1).
Rasul Paulus pelayanannya setelah YESUS naik ke sorga. Wajar saja kalau dia bilang kalau “kekayaan” Tuhan itu “ditransferkan” kepada jemaat di Makedonia. Bukankah Dia sudah ada di sorga waktu itu? Tidak ada masalah kalau kita diberikan “kekayaan” seperti itu karena YESUS sendiri sebenarnya limpah dengan semua hal itu.
Saya setuju dengan Simon, yg dimaksud “miskin” disini memang bukan secara materi, tapi lebih menunjuk pada “kesederhanaan” Yesus dalam wujudnya sebagai manusia.

Numpang tanya ya. Dalam konteks lirik lagu “Yesus rela jadi miskin supaya kita jadi kaya”, kekayaan apakah yang dimaksud?

Salam

Bro Kahlil, seperti yg saya katakan: silahkan baca 2 Kor 8:7. Disitu sudah dijelaskan, kaya dalam hal apa sebenarnya Yesus waktu ministrynya di dunia. Yg jelas, kaya disini tidak ada hubungannya dengan kekayaan secara materi.

Maaf, yang saya tanyakan bukan makna di ayatnya, melainkan “kaya” dalam lirik lagunya.

Salam

Oke.

Kalau saya perhatikan, bait dari lagu itu mengambil ayat dari Firman Tuhan yg diambil dari 2 Korintus 8 : 9 yg tertulis: (LAI): "Karena kamu telah mengenal kasih karunia Tuhan kita YESUS KRISTUS, bahwa Ia, yang oleh karena kamu menjadi miskin, sekalipun Ia [u]kaya[/u], supaya kamu menjadi kaya oleh karena kemiskinan-Nya." (PB versi pemulihan): "Karena kamu telah mengenal anugerah Tuhan kita YESUS KRISTUS bahwa sekalipun ia [u]kaya[/u], oleh karena kamu Ia menjadi miskin, supaya kamu menjadi [u]kaya[/u] oleh karena kemiskinan-Nya."

Oke.

Apa yg menjadi masalah disini? Yg menjadi masalah adalah kata "kaya" itu sendiri.

Masalah bagi siapa?
Bagi saya tidak.

Kalangan kharismatik menelan mentah2 apa yg tertulis di sepotong ayat ini tanpa memperdulikan ayat2 pendukung sebelum atau sesudahnya sama seperti bapa2 gereja mereka yg mengajarkan melihat Alkitab sepotong2.

Sekarang, mari kita lihat ayat sebelumnya:
2 Korintus 8:7 :
“Maka sekarang, sama seperti kamu kaya dalam segala sesuatu, -dalam iman, dalam perkataan, dalam pengetahuan, dalam kesungguhan untuk membantu, dan dalam kasihmu terhadap kami- demikianlah juga hendaknya kamu kaya dalam pelayanan kasih ini.”
Perhatika kata2 Rasul Paulus yg saya bold:
Jadi, jelaslah yg dimaksudkan Rasul Paulus “kaya” disini TIDAK ADA HUBUNGANNYA dengan KEKAYAAN SECARA MATERI!!!Saya tidak tau siapa pengarang lagu ini. Kalau saja saya tau, saya akan maki2 dia, karena dia sudah MENYESATKAN ribuan bahkan mungkin jutaan jemaat denom ini.
Rasul Paulus tidak salah menuliskan ayat ini. Sesuai dengan petunjuk bapa gereja Martin Luther, membaca Alkitab tidak bisa diambil sepotong2, maka pengarang lagu ini sebenarnya MERACUNI pikiran umat Kristen kharismatik!

Saya dari Karismatik dan rasanya saya tidak mnafsirkan bhw lagu itu semata bicara soal kekayaan materi.

So argumenmu gugur ya.

Saya sendiri besar di kharismatik bener2 nggak habis pikir dengan lagu ini.

Anda silakan nyanyikan lagu ini ssuai iman Anda.
Jika Anda beriman dg berkat materi, maka Tuhan akan mperhatikan iman Anda.
Jika Anda beriman dg berkat rohani, maka Tuhan akan mperhatikan iman Anda.

Buat apa ngurusi iman orang?

Saya ini sampai skrg masih jd di karismatik dan ktika saya nyanyikan lagu ini, saya mngimani smua berkat yg bisa saya imani.

Apa perlu saya ikut kotbah Bro utk hanya mbatasi di salah satu aspek berkat saja?
Lalu apa bedanya Bro dg para pendeta yg kotbah di mimbar dan semata mngasosiasikan berkat tsb dg materi?

Masih banyak lagu2 di kharismatik yg MERACUNI jalan pikiran jemaat. Saya akan beberkan satu persatu.

Apa yg Bro ajarkan sampai batas ttentu juga bisa meracuni jalan pikiran jemaat lho.


Skrg saya tanya sama Bro :

2 Kor 8:9
Karena kamu telah mengenal kasih karunia Tuhan kita Yesus Kristus, bahwa Ia, yang oleh karena kamu menjadi miskin, sekalipun Ia kaya, supaya kamu menjadi kaya oleh karena kemiskinan-Nya.

Pd saat hidup di bumi, Yesus Kristus itu dkatakan miskin.

Nah, dalam hal apa Yesus Kristus itu miskin ktika Ia mlayani di bumi?

Saya coba teruskan liriknya:
Allah Bapa perbarui kami dengan Roh-Nya
Agar nyata bahwa kami Anak Allah (CMIIW)
Menurut bro Kahlil, makna “kaya” apa yg sesungguhnya ingin disampaikan penulis lagu ini? Meskipun sang penulis bisa menyanggah arti “kaya” disini bukan materi, tapi jemaat awam tetap menganggap bahwa “kaya” disini ya “sugih”, “tajir”. Inilah yg membuat orang jadi mencibir kharismatik. Saya sendiri tidak rela kharismatik dicibir. Tapi lagu2 seperti ini terdengar menyamakan Tuhan dengan SAPI PERAH. Tuhan disuruh miskin! Terkutuklah manusia yang menyuruh Tuhannya jadi miskin!

Skalian saja Bro protes sama Rasul Paulus dan katakan :
Jangan ditulis-tulis itu soal Yesus Kristus jadi miskin supaya kita jadi kaya.
Tar jemaat awam yg mbaca akan mnafsirkan semata pada berkat materi.

Lalu Bro kirim surat ke LAI minta supaya ayat itu dhapuskan saja.

Sbgmn sudah saya tuliskan :
Smua tergantung iman dan pmahaman tiap-tiap orang.

Jika mreka mngimani sbg berkat materi, maka itu urusan mreka dg Tuhan.

Org Kristen itu ada yg anak-anak, ada yg dewasa, ada jg yg stengah-stengah.
Ada yg sungguh-sungguh, ada asal-asalan, ada yg tobat-kumat.

Lagu itu mjd berkat bg mreka yg Tuhan ingin berkati.
Jika tidak, maka skalipun mreka nyanyikan ratusan kali, mreka tidak mdapat berkatnya dan dg sndirinya pmahaman mreka akan lagu itu brubah.

Kalau bro Sip bisa bantu copaskan ayat yg jadi kontroversi itu dari bahasa Yunani mungkin lebih jelas. Tks.

:cheesy: :huh:

kayaknya maksud dari lagu itu adalah menggambarkan betapa dia mencintai manusia, Dia yg adalah Raja rela menjadi manusia, lahir di kandang domba untuk menebus dosa manusia spy manusia layak masuk kerajaan sorga.

mau mereka mencibir lagunya ya terserah, yg penting mereka yg tau artinya dan menyanyikannya dgn sikan hati benar pasti menyenangkan hati Tuhan.

biasanya memang penonton lebih panas dr pemaen, org ga ngerti komentarnya memang lebih banyak dibandingkan yang merasakan langsung :cheesy:

Berarti harus ada pihak yang meluruskan makna lagu tersebut pada jemaat awam. Jadi bukan salah lagunya atau ayatnya.

Salam

Apa bisa juga dikatakan terkutuklah manusia yang menyuruh Tuhannya mati di kayu salib demi keselamatan manusia?

gampang aja lion

kalau kamu tidak suka dgn grj karismatik, ya jangan melangkahkan kakimu masuk ke grj karismatik
kalau kamu tidak suka dgn grj katolik , ya jangan melangkahkan kakimu masuk ke grj katolik
kalau kamu tidak suka dgn grj reformed, ya jangan melangkahkan kakimu masuk ke grj reformed.

beres kan ??

Gak bisa gitu dong…kita kan juga gak rela orang-orang lain tersesat :char11: :char11:

Coba kalian bayangkan, Tuhan kita nggak kurang baik kayak apa? Nyawanya saja Dia korbankan untuk menyelamatkan kita dari kebinasaan. Eh, masih ada lagi yg menuntut Dia untuk jadi miskin.
Kebenaran macam apa yg bisa kita pertahankan untuk kasus ini? Apa kata mereka diluar Kristen terhadap hal ini?
Contoh: “Bro, gua denger Tuhan lu Yesus itu mau mati untuk nebus dosa2 manusia ya?” Saya jawab: “IYa.” Trus dia nanya lagi: “Tapi bro, Dia kok ya mau2nya sih memperkaya umatNya juga sementara Dia jadi miskin?” “Kalo gitu bener kata orang ya, loe kalo mau kaya materi jangan cari dukun, jangan cari suhu, jangan ngundang jin, cari Yesus aja, udah lu selamet masuk sorga dijamin lu, dikasih kaya lagi!” “Enak, kan?”
Apa yg mau anda katakan? Dia berdalih semua ada di Alkitab!

Berarti orang itu termasuk jemaat awam seperti yang Anda sebutkan.

Sebagai jemaat yang bukan awam( :slight_smile: ), bagaimana kalau Anda saja yang menjelaskan pada jemaat awam itu supaya tidak salah paham/sesat.
Anda bisa memberitahu pada mereka bahwa yang dimaksud dengan “kaya jadi miskin” ialah bahwa Ia rela kehilangan kemuliaan di Sorga dan menjadi kutuk karena dosa.

Galatia 3:13
Kristus telah menebus kita dari kutuk hukum Taurat dengan jalan menjadi kutuk karena kita, sebab ada tertulis: “Terkutuklah orang yang digantung pada kayu salib!”

Salam

sangat sependapat ^^

Sepertinya yang paling tahu tatkala adalah Tuhan dan hati nurani yang buat lirik lagu itu sendiri tatkala mencipta lagu itu ., dan bukan perkiraan orang lain , ataupun pembelaan diri sekarang.

Tuhan yesus memberkati
Han