Yesus Kristus tidak disalibkan pada hari Jumat.

Seperti kita ketahui, Tuhan Yesus disalibkan tepat pada hari raya Paskah yang jatuh pada hari ke 14 bulan 1 penanggalan Yahudi.

Keluaran 12 (6) Kamu harus mengurungnya sampai hari yang keempat belas bulan ini; lalu seluruh jemaah Israel yang berkumpul, harus menyembelihnya pada waktu senja.

SESUDAH MENYEMBELIHNYA PADA HARI KE 14 TUHAN MENETAPKAN HARI KE 15 SBG HARI RAYA ROTI YG TIDAK BERAGI DIMANA ORANG2 TIDAK BOLEH BEKERJA.

Imamat 23 (5) Dalam bulan yang pertama, pada tanggal empat belas bulan itu, pada waktu senja, ada Paskah bagi TUHAN. (6) Dan pada hari yang kelima belas bulan itu ada hari raya Roti Tidak Beragi bagi TUHAN; tujuh hari lamanya kamu harus makan roti yang tidak beragi.
(7) Pada HARI PERTAMA PERAYAAN ITU (HARI KE 15) , kamu mengadakan pertemuan khusus. Jangan lakukan pekerjaan apa pun pada hari itu.

HARI RAYA KHUSUS INI (PADA HARI KE 15 BULAN PERTAMA) DITULISKAN SBG HARI RAYA SABAT KHUSUS OLEH YOHANES, YG DIMULAI SORE HARI SESUDAH TUHAN YESUS DISALIBKAN.

Yohanes 19 (31) Para penguasa Yahudi tidak mau mayat orang-orang yang disalibkan itu tetap tergantung di kayu salib pada hari Sabat, apalagi kali ini Sabat itu Hari Raya yang KHUSUS. Karena hari waktu Yesus disalibkan jatuh sebelum hari Sabat itu, orang-orang Yahudi minta izin kepada Pilatus untuk mematahkan kaki orang-orang yang sudah disalibkan dan menurunkan mayat-mayat itu dari kayu salib.

DALAM BAHASA INGGRIS DISEBUT SABBATH HIGH DAY
John 19:31 The Jews therefore, because it was the preparation, that the bodies should not remain upon the across on the sabbath day, (for that sabbath day was an HIGH DAY) besought Pilate that their legs might be broken, and that they might be taken away.

JADI HARI RAYA SABAT KHUSUS ITU JATUH PADA HARI KAMIS DAN BUKAN HARI SABTU SPT HARI SABAT YANG UMUM.

Sedangkan Yesus bangkit dari kematian pada hari pertama setelah Sabat mingguan, sehingga ada 2 Sabat yang dilewati.
Matius 28 (1) Setelah hari Sabat lewat, menjelang menyingsingnya fajar pada hari pertama minggu itu, pergilah Maria Magdalena dan Maria yang lain, menengok kubur itu.

Jadi Tuhan Yesus disalibkan hari Rabu siang, esoknya adalah hari Raya Sabat khusus dan Tuhan meninggal selama 3 hari yakni Kamis (Sabat khusus), hari jumat dan hari Sabtu (Sabat biasa), hari minggu pagi kuburanNya sudah kosong, TOTAL 3 hari dan 3 malam.

https://sightedmoon.com/wp-content/uploads/2017/03/3-days-3-nights.jpg

Besok tgl 7 April malam adalah peringatan hari sebenarnya perjamuan kudus ketika Tuhan dan 12 murid2 nya merayakan malam paskah dengan makan ROTI YG TIDAK BERAGI.

Bagi yg ingin sekedar memperingati sendiri bisa membuat roti sederhana dari terigu saja tanpa ragi dan memanggangnya.

Cuma perlu 10 menit utk membuat sedikit adonan terigu plus air sampai kalis, lebarkan dan panggang di kuali kering.

https://www.chabad.org/holidays/passover/pesach_cdo/aid/871715/jewish/What-Is-Passover-Pesach.htm?gclid=EAIaIQobChMI1omqipPT6AIVRHRgCh2Vog0MEAAYASAAEgINTvD_BwE

Kalau modalnya otak-atik ayat Alkitab, dibikin hari apa saja bisa, tidak hanya Kamis.
Tapi otak-atik ayat Alkitab secanggih apapun tidak dapat mengalahkan otoritas sejarah yang otentik. :slight_smile:

Salam

Anda umat Katolik tidak dipaksa utk percaya kok, monggo, sebab kepercayaan bahwa Tuhan Yesus disalibkan pada hari Jumat berasal dari Katolik dan tdk bisa menjelaskan bahwa Tuhan Yesus berada di perut bumi selama 3 hari 3 malam.

Mat 12 (40) Sebab seperti Yunus tinggal di dalam perut ikan tiga hari tiga malam, demikian juga Anak Manusia akan tinggal di dalam rahim bumi tiga hari tiga malam.

Anak Manusia meninggal selama hari Kamis (1 hari),
Jumat (1 hari), hari Sabtu (1 hari), hari minggu (1 hari)

Itu 4-hari, berarti Yesus bangkit pd hari ke-empat, dong, Bro!
Hitungan itu pasti digunakan Farisi utk menguatkan “bohong”-Nya
Kurasa semua perkataan Yesus mereka ingat2 agar nemu saat keseleo
“Sepandai-pandai tupai melompat, …” pikir mereka, atau spt yg lain juga

Tapi nyatanya tak digunakan, berarti sudah akur perihal waktunya
Tetua2 Yahudi ingat, Dia akan bangkit setelah tiga hari [Mat 27:63]
Rombak Bait Allah ini, dlm 3-hari Aku akan bangun kembali [Yoh 2:19]

Jadi, apa alasan Yahudi tak menggunakan data penting ini dihujamkan?
Semua murid-Nya pun Yahudi, Petrus yg paling vokal kalau protes
Nyatanya semua Yahudi akur rat soal hitungan hari ke-tiga itu
Dlm Talmud mereka pun hal ini tak ada yg berbunyi begitu

Gimana, Bro!

Memang rada rumit kita mengerti perhitungan hari2 mereka
Mungkin budaya perhitungan itu spt perhitungan bisnis hotel
Mis.:
Jika kita cekin jam 6 pagi, cekot jam 6 sore (12 jam) hrs bayar 2 hari
Sebab kita sudah melampaui dedlain bisnis, yaitu mis.jam 12 siang
Jika cekin jam 12 siang, cekot jam 12 siang (24 jam) bayar 1 hari

Salam Damai!

Maaf, saya bukan Katolik. Jadi saya tidak punya wewenang untuk menanggapi yang Anda sampaikan.

Salam

Di mana ada tertulis bahwa Yesus disalibkan pada Rabu siang ???

Yes, Bro @vk!

Jika Rabu sore mati-Nya berarti 5 hari dong
Rabu-Kamis-Jumat-Sabtu-Minggu bangkit
Artinya Ia bangkit pd hari yg ke lima
Jadi malah tambah ribet hitungan

Salam Damai!

Karena Anda menyinggung tentang Katolik, saya berasumsi bahwa Anda menolak sumber-sumber Katolik (dan saya memang tidak terlalu mengerti tentang sumber Katolik). Jadi berikut ini saya sampaikan referensi dari sumber non-Katolik:

Kotbah dan Refleksi Jumat Agung oleh Martin Luther:
https://lutheranreformation.org/theology/luthers-good-friday-sermon/
http://www.godrules.net/library/luther/129luther_b17.htm

Penghayatan Jumat Agung oleh John Calvin

https://www.reformedworship.org/article/december-1986/holy-week-celebrations

Rangkaian Jadwal Ibadah Jumat Agung-Paskah di Gereja Zwingli
https://www.zwingli.org/

Easter Prayer Vigil 2020

You’re Invited to Join Our Easter Prayer Vigil, Good Friday - Easter Sunday

This year we’re taking our vigil virtual in order to adapt to our current circumstances. We’re also opening it up to our friends at Trinity UCC and Emmanuel Lutheran churches. For more details about this year’s vigil and to sign up, please visit this Sign Up Genius page.

For those unfamiliar with Zwingli’s Easter Prayer Vigil, the vigil was begun a few years ago by our youth group and their leader. It was a time from the end of our Good Friday service until the start of our Easter Sunrise service when members of Zwingli would visit our chapel and spend time in continuous prayer using the prayer tools provided. No chapel visits this year, but the prayer tradition will go on!

Luther, Calvin, dan Zwingli adalah para reformator Protestan. Kalau mereka juga dianggap Katolik, maka saya tidak tahu lagi siapa yang layak disebut Protestan.

Salam

Dalam perjamuan kudus yang diperintahkan bukanlah untuk memperingati hari melainkan mengingat akan korban penebusanNya.

Paskah sesungguhnya bukanlah sekedar makan roti tak beragi dan minum anggur melainkan menerima korban penebusanNya yang memerdekakan manusia dari maut.

Jadi paskah enggak wajib harus pada hari tertentu dan enggak wajib juga harus makan roti dan minuman yg sama.

Bila anda hanya berkutat memaknai paskah dengan harus pada hari yg ini dan harus makan yg itu nampaknya kekristenan anda gk jauh beda dengan kekristenan sabat hari ke tujuh dan penganut ajaran wajib perpuluhan yg berbeda hanya substansinya dan sama-sama munafiknya.

Semoga masih ada nalar sehat tersisa.

TUHAN YESUS MEMBERKATI
ZheZhu

dari kalimat bro @zhezhu diatas ini, kutangkap bahwa saudara @zhezhu menganggap bahwa orang Kristen yang beribadah di hari Sabat hari yang ke 7 dan mengumpulkan sepersepuluh dari seluruh penghasilannya kepada Tuhan adalah orang orang munafik.

berkenankah sdr @ZheZhu untuk menjelaskan kalimat tersebut… ?

atas dasar apa sdr @zhezhu beranggapan bahwa Pemelihara Sabat hari ke 7 dan mengumpulkan Persepuluhan dari seluruh penghasilannya kepada Tuhan adalah orang orang munafik. ?

bolehlah jawaban bro ini diperkuat dengan ayat dari Firman Tuhan, atau Link dari internet, atau kalau tidak ada, boleh juga dari kesaksian pribadi ketika berhubungan dengan Pemelihara Sabat dan Pembayar Perpuluhan.

:slight_smile: :slight_smile: :slight_smile:
salam
TYM

Yesus dan para rasul menunjukkan contohnya mereka memperingati Paskah sesuai kalender Yahudi krn tgl 14 bulan itu adalah tgl keramat ketika mereka keluar dari Mesir sbg sebuah bangsa baru yg merdeka yg merupakan tgl pembuktian janji Tuhan kpd Abraham Ishak dan Yakub, sbg sebuah bangsa darimana Messiah akan diturunkan, oleh krn itu tentu saja mereka tdk akan sembarangan mengambil tanggal seenaknya utk memperingati paskah.

Demikian juga tgl 14 bulan Yahudi itu Yesus kembali disalibkan sbg Domba Allah yg hidup, bukan sekedar tgl sembarangan Tuhan tetapkan tgl tsb. krn hari itu sudah disiapkan Tuhan sbg hari penebusan umat manusia, makanya kalender Yahudi yg saya postkan diatas adalah tgl. penting peringatan paskah di Israel.

Orang Israel memperingati sesuai kalender Yahudi atau tidak spt di gereja anda sah2 saja, kenapa anda sekonyong2 menuduh orang munafik apa dasarnya ?

Lagipula anda sering menista orang di forum ini dgn kata2 : Semoga masih ada nalar sehat tersisa.
Sepertinya anda saja yg punya nalar di Forum Kristen ini.

Tidak ada kasih Tuhan yg diamanatkan ini dalam kata2 anda melainkan sekedar penistaan
Galatia 5:22-23 TB
Tetapi buah Roh ialah: kasih, sukacita, damai sejahtera, kesabaran, kemurahan, kebaikan, kesetiaan, kelemahlembutan, penguasaan diri. Tidak ada hukum yang menentang hal-hal itu

Memberkati tentu saja baik, tetapi apakah tidak ada hal yg lebih bermakna yg bisa anda perbuat utk masarakat luas ? Anda mungkin merasa sesuatu banget bisa memberkati orang dgn gaya klise spt itu, berkat apa yg bisa dirasakan oleh masarakat ?

Lebih baik anda menolong orang lain dan menjadi berkat bagi Lazarus2 miskin spt dibawah ini drpd koar2 kasih Tuhan di gereja, mempamerkan gedung denom yg indah spt istana sambil mengoplos ajaran perpuluhan. Yang kecil spt ini saja tdk ada orang2 gereja spt anda yg lakukan.

Apalagi ingat akan orang2 kecil dan membangunkan perumahan dan sekolah utk warga bantaran sungai spt yayasan Tzu Chi, atau rumah sakit utk keluarga2 pra sejahtera, bisanya membangun gedung gereja spt istana yg indah, bagi2 kata2 berkat yg sdh klise di internet sambil koar2 kasih Tuhan di gereja.

Bukan persoalan ibadah pada hari ini dan itu, melainkan yang penuh kemunafikan adalah mengharuskan/wajib hari ini dan itu dengan segala aturan yang mengikat menjadi ritual hari ini dan itu sebagaimana yg gereja anda lakukan.

Markus 2:27 (TB)
Lalu kata Yesus kepada mereka: "Hari Sabat diadakan untuk manusia dan bukan manusia untuk hari Sabat,

Bukan persoalan mengumpulkan persembahan persepuluhan /perduapuluhan atau bahkan perdelapanpuluhan melainkan yang mewajibkannyalah yang penuh kemunafikan.

Roma 12:1 (TB)
Karena itu, saudara-saudara, demi kemurahan Allah aku menasihatkan kamu, supaya kamu mempersembahkan tubuhmu sebagai persembahan yang hidup, yang kudus dan yang berkenan kepada Allah: itu adalah ibadahmu yang sejati.

Semoga masih ada nalar sehat tersisa.

TUHAN YESUS MEMBERKATI
ZheZhu

Camkan baik2 ya… Kekristenan bukanlah Yahudi.

Sudut pandang yang keliru seperti ini sering dilontarkan oleh kaum sebrang yang menolak Yesus sebagai Tuhan Juruselamat manusia.

Paskah bukanlah bicara harus makan roti tak beragi dan minum anggur pada hari khusus tertentu melainkan menerima korban penebusanNya.

Kapan harinya ?
bisa kapan saja karena masing2 orang mempunyai hubungan pribadi waktu yg berbeda-beda dengan diketika seseorang mau percaya dan menerima penebusan dari Yesus Kristus.

Dengan cara apa ?
Dengan cara percaya dan menerima bahwa Yesus Kristus adalah Tuhan yang telah menebus dosa-dosanya.

bukan harus dengan makan roti tak beragi minum anggur wajib pada hari khusus sebagaimana yang anda pahami menjadi ritual rutin yang penuh kemunafikan.

semoga masih ada nalar sehat.

TUHAN YESUS MEMBERKATI
ZheZhu

entah aku yang salah baca, atau bro @Zhezhu yang tidak mengerti arti ayat yang bro @zhezhu sendiri kutip…
tapi dugaanku, bro @zhezhu tidak paham ayat yang bro @zhezhu sendiri kutip.

ayat itu berkata bahwa hari Sabat diadakan untuk Manusia. sederhananya begini: hari Sabat ada dibuat untuk untuk manusia., entah dari sudut pandang mana bro @zhezhu melihat sehingga berkesimpulan ayat tersebut berkata bahwa pemelihara Sabat hari ke 7 adalah munafik…
seriyuuuss bro masih gagal paham akuh, :smiley:

Roma 12:1 (TB) Karena itu, saudara-saudara, demi kemurahan Allah aku menasihatkan kamu, supaya kamu mempersembahkan tubuhmu sebagai persembahan yang hidup, yang kudus dan yang berkenan kepada Allah: itu adalah ibadahmu yang sejati.

sama juga dengan ayat ini…
tolong bro @zhezhu jelaskan, apa hubungannya ayat ini dengan perkataan bro @zhezhu yang berkata bahwa orang yang bayar Perpuluhan adalah orang munafik…

[b]TUHAN YESUS MEMBERKATI[/b] [b]ZheZhu[/b]

amin,
Tuhan pasti selalu memberkati bro…

salam

Masih belum paham juga ?

Markus 2:27 (TB)
Lalu kata Yesus kepada mereka: "Hari Sabat diadakan untuk manusia dan bukan manusia untuk hari Sabat,

Saya analogikan begini :

makan diadakan untuk manusia bukan manusia untuk makan.

Sabat itu adalah makan untuk manusia, lalu anda sebagai manusia menempatkan makan hanya pada hari ke tujuh. apakah benar anda hanya makan pada hari ke tujuh ? tidak !
kenyataannya anda butuh makan disetiap harinya dan demikian jugalah yang dilakukan oleh para ahli taurat yang dikecam keras oleh Sang Firman Hidup yaitu Yesus Kristus karena memperlakukan sabat dengan penuh kemunafikan.

makan disetiap hari demikian juga dengan memelihara sabat.

Seandainya saja anda mau lebih teliti menggali firman Tuhan maka anda akan sadar bahwa yang anda dan gereja anda lakukan mengenai memelihara sabat hanya hari ke tujuh adalah suatu kemunafikan

Matius 26:40 (TB)
Setelah itu Ia kembali kepada murid-murid-Nya itu dan mendapati mereka sedang tidur. Dan Ia berkata kepada Petrus: "Tidakkah kamu sanggup berjaga-jaga satu jam dengan Aku?

dan sebaliknya bila manusia untuk makan, apakah benar anda sebagai manusia untuk makan ?

Saya tidak pernah berkata demikian, silahkan anda simak kembali baik-baik semua pernyataan saya.

semoga masih ada nalar sehat yg tersisa.

TUHAN YESUS MEMBERKATI
ZheZhu

Diskusi tentang persepuluhan dan hari Sabat bisa dilanjutkan ke topik lain yang sesuai.
Postingan yang keluar topik setelah ini akan saya hapus. Harap maklum.

Salam

Pada ayat yang anda kutib tidak menjelaskan bahwa Allah sedang menempatkan sabat pada hari ke tujuh.

Justru pada ayat yang anda kutib itulah yang dimaksudkan Yesus bahwa “hari sabat diadakan untuk manusia”.dan Yesus mengatakan “bukan manusia untuk hari sabat”

Ya ternyata anda dan gereja anda telah gagal paham sehingga menjebloskan diri kedalam jurang yang penuh kemunafikan.

Semoga masih ada nalar sehat tersisa.

TUHAN YESUS MEMBERKATI
ZheZhu

bro nggak baca ya tulisan Moderator :slight_smile: :),
kalau mau bahas tentang sabat atau perpuluhan silahkan membahasnya di topik yang berhubungan dengan itu,
kalau bro tertarik untuk membahas Hari Sabat lebih lanjut,
silahkan melanjutkan diskusi di topik berikut ini saja… https://forumkristen.com/index.php?topic=24710.350, nanti saya akan ikut nimbrung ke sana…

monggo…

salam
TYM