Yesus lebih rendah dari Bapa?

Kebanyakan para members Muslim dan SSY (saksi Yehova) ataupun free thinker mempersoalkan mengapa “posisi” Yesus lebih rendah dari Bapa?

sebenarnya sudah dijelaskan dalam Alkitab

Heb 2:9 (ITB) Tetapi Dia, yang untuk waktu yang singkat dibuat sedikit lebih rendah dari pada malaikat-malaikat, yaitu Yesus, kita lihat, yang oleh karena penderitaan maut, dimahkotai dengan kemuliaan dan hormat, supaya oleh kasih karunia Allah Ia mengalami maut bagi semua manusia.

(KJV+) ButG1161 we seeG991 Jesus,G2424 who was made a little lowerG1642 G1024 G5100 thanG3844 the angelsG32 forG1223 theG3588 sufferingG3804 of death,G2288 crownedG4737 with gloryG1391 andG2532 honour;G5092 thatG3704 he by the graceG5485 of GodG2316 should tasteG1089 deathG2288 forG5228 every man.G3956

ayat tersebut relevan dengan

Joh 3:16 Karena begitu besar kasih Allah akan dunia ini, sehingga Ia telah mengaruniakan Anak-Nya yang tunggal, supaya setiap orang yang percaya kepada-Nya tidak binasa, melainkan beroleh hidup yang kekal.

dan sesuai dengan

Php 2:5 Hendaklah kamu dalam hidupmu bersama, menaruh pikiran dan perasaan yang terdapat juga dalam Kristus Yesus,

Php 2:6 yang walaupun dalam rupa Allah, tidak menganggap kesetaraan dengan Allah itu sebagai milik yang harus dipertahankan,

Php 2:7 melainkan telah mengosongkan diri-Nya sendiri, dan mengambil rupa seorang hamba, dan menjadi sama dengan manusia.

Php 2:8 Dan dalam keadaan sebagai manusia, Ia telah merendahkan diri-Nya dan taat sampai mati, bahkan sampai mati di kayu salib.

Php 2:9 Itulah sebabnya Allah sangat meninggikan Dia dan mengaruniakan kepada-Nya nama di atas segala nama,

nah inilah suatu paradoksial bagi RASIO AGAMAWI MANUSIA

bahwa manusia dengan rasio duniawi-nya (bisa baca agamawi) menganggap bahwa sosok Allah adalah SUPER EGO yang harus selalu SUPERIOR, atau suatu hakekat kesadaran yang harus sadar bahwa diri-Nya sampai kapanpun tidak bisa menjadi “rendah” (dalam persepsi pemposisian secara hirarkis natural maupun supra natural)

padahal tanpa TUHAN ALLAH merendahkan Diri-Nya sendiri ada dua subtansi yang justru membuat TUHAN ALLAH tidak konsekuen

  1. Tuhan akan menjadi tidak konsekuen dan tidak relevan, kalau DIA sendiri tidak pernah memberikan teladan untuk merendahkan Diri-Nya, artinya manusia bisa “mengugat” Tuhan, sebagai Tuhan yang “omdo” (omong doang)

  2. Tuhan merendahkan Diri-Nya untuk suatu Misi yang adalah suatu totalitas dari penciptaan dan recana kekal-Nya

nah point pertama mengandung beberapa implikasi makna

  • bahwa Tuhan Yesus bukan sekedar merendahkan Diri-Nya untuk menjadi manusia, melainkan setelah IA menjadi manusia IA merendahkan Diri-Nya untuk mati sebagai orang terkutuk (dikayu salib)

  • artinya ada “pengandaan” dari teladan Tuhan Yesus, karena Dia tidak berhenti sampai menjadi manusia, ketika IA dihadapi dengan “cawan yang pahit” (berisi dosa) IA mengalami proses kedua yaitu merendahkan diri serendah-rendahnya

  • hakekat merendahkan diri (bukan sekedar merendahkan hati) berbeda dengan membuat diri menjadi rendah, inilah yang sering disalahpahami, artinya jika seorang Presiden duduk ditikar dihadapan rakyatnya bukan berarti sang presiden membuat dirinya untuk dinilai rendah oleh rakyatnya

  • nah dalam konteks allah yang primodial (perhatikan a-nya kecil bukan A besar), allah primodial yang impersonal tersebut menuntut “sesaji” berupa perasaan primodial yang artifisial, figur raja-raja/sulatn-sultan (secara antropologis) sudah merasuki kaedah agama tertentu sehingga membentuk sosok allah yang harus tidak bisa merendahkan Diri-Nya sendiri, (bedakan dengan membuat diri-nya rendah)

  • semakin terjadi kekacauan makna apabila ada argumen kan dia allah (a-nya kecil) masa tidak bisa membuat dosa “sim sala bim” bersih?, artinya dengan demikian allah tersebut membuat dirinya menjadi rendah. karena telah berlaku tidak konsisten dan tidak konsekuen, kalau manusia bisa diampuni dosanya mengapa iblis tidak?

kemudian sebelum lanjut ke implikasi dari butir kedua, barang kali ada yang mau menanggapinya

:slight_smile:

Posisi tinggi dan rendah mungkin didasarkan pada kemampuan dan kekuasaan-Nya. Tentunya semakin tinggi kemampuanNya semakin tinggi pula posisiNya.

Ya benar… yesus yg menurut mrk tuhan itu sendiri berdoa dan berharap Allah memakbulkan doanya… Yesus tidaklah begitu berkuasa tapi hairan mrk umat kristian bgtu menyebut yesus yesus yesus… mgkin krn yesus itu tuhan yg bisa dilihat oleh manusia krn yesus itu tuhan bertubuh manusia…

gara2 mahu melihat wajah tuhan, mgkin juga mrk bgtu membesarkan yesus…kalau mrk membesarkan Allah… justeru mrk tdk pernah lihat Allah…walhal mrk tahu yesus tdk punya kuasa apa pun…

orang buta melihat; orang lumpuh berjalan; orang mati dibangkitkan.

banyak lagi mukjizat yang dilakukan Yesus: jalan di atas air; ngerubah air jadi anggur; nenangin badai; nyambungin telinga yang udah dipotong; dsb.

Matius 28:18 : Yesus mendekati mereka dan berkata: "Kepada-Ku telah diberikan segala kuasa di sorga dan di bumi.

“Ketika Malaikat berkata: Hai Maryam, sesungguhnya Allah menggembirakan kamu dengan kalimat daripada-Nya namanya Al masih Isa Putra Maryam. Seorang terkemuka di dunia dan di akhirat dan termasuk orang yang terdekat dengan Tuhan”. Surat Ali Imron 3:45

“Demi Allah yang jiwaku di tangan-Nya, sesungguhnya telah dekat masanya Isa Anak Maryam akan turun di tengah - tengah kamu, Dia akan menjadi Hakim yang adil.” HSM 127, HSB 1090

(2 ayat yang dari al-quran saya cuma kopas saja)

Kerana sy mengatakan yesus tidak punya kuasa apa pun melainkan dgn izin Allah… kuasa yesus adalah dgn izin Allah… yesus sama spt Musa yg bisa merubah tongkatnya kepada seekor ular, Nabi Sulaiman yg bisa mempunyai kerajaan dikalangan manusia dan bangsa jin, Nabi Ibrahim yg bisa mhidupkan burung mati… itu adalah tanda2 kerasulan atau bukti bhwa Allah mengutus mereka utk membawa khabar gembira dari tuhan alam semesta…bukan bukti mrk sbg tuhan…

satu mukjizat yesus yg tdk diketahui umat kristian bahkan tidak percaya adalah yesus bisa berkata ketika bayi…krn org2 yahudi menghina Mary blaku zina… maka berkatalah yesus yg masih bayi itu…

tapi Yesus sendiri yang ngomong kog kalau Dia dan Bapa itu satu. ngeliat banyaknya mukjizat yang diizinkan Allah terjadi melalui Yesus, kaya nya udah jelas Yesus itu ‘orang’ yang seperti apa. pembual kah atau sebaliknya.

ya, ini kan tertulisnya di kitab suci saya, jadi saya maklum kalau anda tidak bisa menerimanya.

Benarkah demikian ?

Atau barangkali anda telah menafikan segala fakta yg tertulis dalam alkitab.

  1. “Yesus tidak memuanyai kuasa apapun”

         ataukah
    
  2. “Engkau tidak mau melihat (menutup mata) segala kuasa yang ada di tangan yesus”

1 Inilah wahyu Yesus Kristus, yang dikaruniakan Allah kepada-Nya, supaya ditunjukkan-Nya kepada hamba-hamba-Nya apa yang harus segera terjadi. Dan oleh malaikat-Nya yang diutus-Nya, Ia telah menyatakannya kepada hamba-Nya Yohanes.
2 Yohanes telah bersaksi tentang firman Allah dan tentang kesaksian yang diberikan oleh Yesus Kristus, yaitu segala sesuatu yang telah dilihatnya.
3 ¶ Berbahagialah ia yang membacakan dan mereka yang mendengarkan kata-kata nubuat ini, dan yang menuruti apa yang ada tertulis di dalamnya, sebab waktunya sudah dekat.
4 Dari Yohanes kepada ketujuh jemaat yang di Asia Kecil: Kasih karunia dan damai sejahtera menyertai kamu, dari Dia, yang ada dan yang sudah ada dan yang akan datang, dan dari ketujuh roh yang ada di hadapan takhta-Nya,
5 dan dari Yesus Kristus, Saksi yang setia, yang pertama bangkit dari antara orang mati dan yang berkuasa atas raja-raja bumi ini. Bagi Dia, yang mengasihi kita dan yang telah melepaskan kita dari dosa kita oleh darah-Nya—
6 dan yang telah membuat kita menjadi suatu kerajaan, menjadi imam-imam bagi Allah, Bapa-Nya, —bagi Dialah kemuliaan dan kuasa sampai selama-lamanya. Amin.
7 Lihatlah, Ia datang dengan awan-awan dan setiap mata akan melihat Dia, juga mereka yang telah menikam Dia. Dan semua bangsa di bumi akan meratapi Dia. Ya, amin.
8 “Aku adalah Alfa dan Omega, firman Tuhan Allah, yang ada dan yang sudah ada dan yang akan datang, Yang Mahakuasa.”
9 ¶ Aku, Yohanes, saudara dan sekutumu dalam kesusahan, dalam Kerajaan dan dalam ketekunan menantikan Yesus, berada di pulau yang bernama Patmos oleh karena firman Allah dan kesaksian yang diberikan oleh Yesus.
10 Pada hari Tuhan aku dikuasai oleh Roh dan aku mendengar dari belakangku suatu suara yang nyaring, seperti bunyi sangkakala,
11 katanya: “Apa yang engkau lihat, tuliskanlah di dalam sebuah kitab dan kirimkanlah kepada ketujuh jemaat ini: ke Efesus, ke Smirna, ke Pergamus, ke Tiatira, ke Sardis, ke Filadelfia dan ke Laodikia.”
12 Lalu aku berpaling untuk melihat suara yang berbicara kepadaku. Dan setelah aku berpaling, tampaklah kepadaku tujuh kaki dian dari emas.
13 Dan di tengah-tengah kaki dian itu ada seorang serupa Anak Manusia, berpakaian jubah yang panjangnya sampai di kaki, dan dadanya berlilitkan ikat pinggang dari emas.
14 Kepala dan rambut-Nya putih bagaikan bulu yang putih metah, dan mata-Nya bagaikan nyala api.
15 Dan kaki-Nya mengkilap bagaikan tembaga membara di dalam perapian; suara-Nya bagaikan desau air bah.
16 Dan di tangan kanan-Nya Ia memegang tujuh bintang dan dari mulut-Nya keluar sebilah pedang tajam bermata dua, dan wajah-Nya bersinar-sinar bagaikan matahari yang terik.
17 Ketika aku melihat Dia, tersungkurlah aku di depan kaki-Nya sama seperti orang yang mati; tetapi Ia meletakkan tangan kanan-Nya di atasku, lalu berkata: "Jangan takut! Aku adalah Yang Awal dan Yang Akhir,
18 dan Yang Hidup. Aku telah mati, namun lihatlah, Aku hidup, sampai selama-lamanya dan Aku memegang segala kunci maut dan kerajaan maut.

Hai… :slight_smile:

itu cuma mukjizat…bukan bererti yesus harus diklaim sbg tuhan hny kebetulan dia lahir tanpa proses spt manusia biasa… itu kenapa Allah juga tdk menampakkan malaikat kpd kita…Allah baru menguji manusia dgn kuasaNya dgn mjadikan manusia spt yesus…terus manusia berasa ajaib dan mengklaim yesus tuhan…itu baru sedikit Allah tunjukkan…

diluar sana byk kuasa Allah…renungkanlah… saya yakin kamu akan bertemu dan kenal Allah sebenar…jauh lebih agung dari harus mengklaim yesus yg cuma rasul Allah itu… Allah tidak perlu yesus…Allah sangat berkuasa… harus kenapa yesus ada dibumi… krn manusia perlu yesus yg merupakan utusan yg dilantik sbg khabar gembira dr Allah spy manusia tahu bersyukur kpd tuhan yg berkuasa… krn kuasa yesus adalah anugerah Allah kpd yesus juga kpd rasul2 yg dipilih…

ALLAH MAHA BESAR…

buat alexandra, silahkan jelaskan apa makna dari ayat ini

“Jangan takut! Aku adalah Yang Awal dan Yang Akhir,
dan Yang Hidup. Aku telah mati, namun lihatlah, Aku hidup, sampai selama-lamanya dan Aku memegang segala kunci maut dan kerajaan maut.”

Ini adalah perkataan Yesus sendiri. Silahkan jelaskan

  1. apakah makna kata : “Yang Awal dan Yang Akhir”

  2. siapakah yang dapat dan layak untuk di sebut sebagai “Yang Awal dan Yang Akhir”

  3. siapakah manusia yg memiliki kuasa atas “maut dan kerajaan maut”

Saia jawab dengan ayat dalam Kitab Suci saia saja:

Kisah Para Rasul 4:12
Dan keselamatan tidak ada di dalam siapapun juga selain di dalam Dia (TUHAN YESUS KRISTUS), sebab di bawah kolong langit ini tidak ada nama lain yang diberikan kepada manusia yang olehnya kita dapat diselamatkan."

itu ayat dr kitab yg sdh ditulis oleh mrk yg ingin mengklaim yesus sbg tuhan… saya tdk mahu ulas… apatah lagi dlm byk versi… itu bukan ayat dr yesus itu sdh terjemahan oleh Paul… boleh jadi itu firman Allah yg mengatakan Allah yang Awal dan yang akhir… jangan salahkan saya atas ini krn sy tdk suka kitab kamu yg sdh ditulis oleh byk org… yg tdk asli dr bahasa yg keluar dr mulut yesus…

Jadi jelas, yang terjadi adalah : engkau sendiri yang telah menutup mata dan tidak mau melihat segala kuasa yg ada pada yesus

Why 5:13 Dan aku mendengar semua makhluk yang di sorga dan yang di bumi dan yang di bawah bumi dan yang di laut dan semua yang ada di dalamnya, berkata: “Bagi Dia yang duduk di atas takhta dan bagi Anak Domba, adalah puji-pujian dan hormat dan kemuliaan dan kuasa sampai selama-lamanya!”

Akan tiba waktunya, semua mahluk di bumi dan di surga akan memuliakan BAPA dan Yesus di sorga.

Engkau menolak yesus, itu adalah pilihanmu sendiri. Karena kelak, yesus akan menghakimi segala bangsa,

Kitab Wahyu adalah terjemahan dari Paul?
Alexandra, Anda ini benar-benar tidak tahu, pura-pura tidak tahu, atau memang tidak mau tahu?
Salam

itu ayat dr kitab yg sdh ditulis oleh mrk yg ingin mengklaim YESUS sbg tuhan.... saya tdk mahu ulas.. apatah lagi dlm byk versi... itu bukan ayat dr YESUS itu sdh terjemahan oleh Paul.... boleh jadi itu firman Allah yg mengatakan Allah yang Awal dan yang akhir..... jangan salahkan saya atas ini krn sy tdk suka kitab kamu yg sdh ditulis oleh byk org... yg tdk asli dr bahasa yg keluar dr mulut YESUS................

rupanya kamu masih termakan oleh dongeng berkaitn dgn Paulus. hahahaha

sejak kapan kitab wahyu di terjemahkan oleh Paulus,

jangan terlalu naiflah mbak. Kamu sendiri yg rugi

keselamatan kamu, kamu sendiri lah yang ambil keputusan. Mengapa kamu mau dengar bualan ttg Paulus yg mengganti2 itu.

Baca dulu postingan bro Tony…itu alasan disebalik kata2 YESUS mengapa Dia lebih rendah dari Bapa-Nya, mengerti apaaaaaaaaaaaaaaaaaa (kayaknya ngga pernah sih)? Cisciscis…sana sini mau2 aja disuapin!

Orang ini sana sini cuma buang angin busuk. Orang ini mendengar kata2 ustaz atau kiyai tanpa sendiri membuat penelitian, seperti burung beo…mengulang2 kata2 orang, cisciscis…sebegini rendah kualitas ilmu muslim2.

@ alex,

FYI, kitab Wahyu ditulis +/- 30 tahun sesudah kematian Paulus, jadi bagaimana anda bisa mengatakan kitab itu diputarbalik oleh Paulus! Saya sarankan anda belajar dari Om Google, sila klik ‘kitab wahyu’ atau ‘Book of Revelation’ dan caritau tarikh penulisannnya dan tarikh kematian Paulus (kayaknya ngga mau sih) DAN BANDINGKAN. Ini sepertinya saya mengatakan bahwa AQ ditulis dalam bahasa Jerman, bagaimana anda melihat kemanpuan saya??? How pathetic…

Bedanya ialah para nabi melakukan mukjizat atas kuasa Allah, bedanya juga orang diluar sana melakukan mukjizat atas kuasa kegelapan. Yesus memlakukan mukjizat ATAS KUASANYA SENDIRI! Nah, itulah bedanya!!! How pathetic…baca Injil, sila dapat konfirmasi dari sana bukan dari ustaz2 dan kiyai2 yg cuma pinter dalam menyebarkan dongeng. Kalu anda dengar dari para pembuat dongeng tanyalah ke mereka, jangan ke pihak kristiani, emangnya kami yg membuat dongeng ini, cisciscis…ada2 saja muslim ini kalo pada ngomongan!!!

Ada orang seberang mau diskusi dengan pihak Kristiani tapi menolak sebarang upaya pihak Kristiani mengutip ayat2 Al-Kitab…jadi untuk apa diskusi???

@Alexandra
bener tuh kata tmn2 saya diatas…
kebanyakan orang2 diluar sana yg ga tau Alkitab cuma tau sisi luarnya doank, tanpa melihat seluruh isinya…
makanya kalo mau tau semua, baca seluruh Alkitab, jangan cuma setengah2!!!

Kami yg orang Kristen aja perlu ketelitian membaca (agar jangan sampai salah tafsir dan malah membuat persepsi salah apalagi buruk tentang Tuhan Yesus)
Sekarang bagaimana dengan kamu yg ku yakin pegang (langsung) Alkitab aja ga mau apa lagi ngebaca…
Pasti persepsi kamu lebih ngelantur lagi…

Alkitab itu memang perjanjian barunya terdapat beberapa kitab yg ditulis oleh Paul, tapi bukan berarti dia menulis semua kitab itu… WAHYU bukan tulisan Paul

sekarang coba jelaskan hal ini…

Makanya kalo mau mengkritik dan beradu argumen, coba kamu cari tau segala sesuatu tentang Alkitab sampai dengan sejarah2nya (kalo kamu rajin), bukan kami ingin menarik km sebagai Kristen dengan menyuruh2 kamu membaca serta Alkitab kami
Tapi coba renungkanlah apa yg kamu tuliskan itu pasti tanpa berpikir panjang untuk menepis kalo Yesus itu bukan Tuhan…

Kalo kamu bertanya kenapa ada Yesus dan kenapa Yesus banyak melakukan Mujizat pada orang sakit…

Itu karena Manusia perlu pembuktian yg lebih nyata mengenai Allah/Tuhan. Sekarang coba aja kamu kasih AQ sama orang atheis, pasti mereka ga percaya karena jarang ada bukti autentik, paling2 hanya tokoh2 penyebaran agamamu. Apalagi kita yang Kristen dan jelas2 memiliki bukti autentik (salib, dll), mereka ga segampang itu percaya.
Dan buat apa Tuhan berfirman ini itu— masa Tuhan itu cuma omong doank? Kan aneh—
Oleh karena itu Allah datang ke dunia dalam wujud manusia (Yesus), secara ga langsung hal itu juga menepis anggapan beberapa manusia yg menganggap kalau Tuhan itu cuma ngomong doank, biar DIA bisa melihat langsung betapa perjuangan manusia untuk memenuhi apa yg Tuhan Firmankan pada mereka…

Dan juga Misalkan begini, ada orang yg bisa jadi kaya karena berusaha tanpa minta kuasa Tuhan… yang kelihatan kan usahanya dia doank seiring waktu berjalan,
Sedangkan bagaimana dg orang yg sakit parah yg udah ga bisa disembuhkan seperti buta permanen tiba2 bisa Yesus sembuhkan??? Itu kan NYATA jelas kelihatan kalau mukjizat terjadi…

Silakan renungkanlah baik2 :slight_smile: Tuhan Memberkati

Mt 28:18 Yesus mendekati mereka dan berkata: "Kepada-Ku telah diberikan segala kuasa di sorga dan di bumi.