Yesus menambahkan kata "HIDUP" dibelakang kata "AIR" & kata "ROTI".

Yesus sendiri yang menambahkan kata “HIDUP” dibelakang kata “AIR”----> AIR HIDUP
Waktu Yesus bercakap-cakap dengan wanita samaria dekat sumur Yakub,
Yoh.4:13-14.
Jawab Yesus kepadanya: "Barangsiapa minum air ini, ia akan haus lagi, tetapi barangsiapa minum air yang akan Kuberikan kepadanya, ia tidak akan haus untuk selama-lamanya.
Sebaliknya air yang akan Kuberikan kepadanya, akan menjadi mata air didalam dirinya, yang terus-menerus memancar sampai kepada hidup yang kekal."

Yesus sendiri yang menambahkan kata “HIDUP” dibelakang kata “ROTI” ----> ROTI HIDUP
Yoh.6:26-27.
Yesus menjawab mereka: “Aku berkata kepadamu, sesungguhnya kamu mencari Aku, bukan karena kamu telah melihat tanda-tanda, melainkan karena kamu telah makan roti itu dan kamu kenyang.
Bekerjalah, bukan untuk makanan yang akan dapat binasa, melainkan untuk makanan yang bertahan sampai kepada hidup yang kekal, yang akan diberikan Anak Manusia kepadamu; sebab [color=blue]Dialah yang disahkan oleh Bapa, Allah, dengan meterai-Nya.

Disini Air dan Roti adalah minuman dan makanan untuk jasmani kita, Yesus datang kedunia untuk memberikan minuman AIR HIDUP dan makanan ROTI HIDUP untuk rohani, agar kita bisa bertahan sampai kepada hidup yang kekal, selamat kembali kerumah Bapa-Nya.

AIR HIDUP disini ialah percaya Yesus adalah Tu-han dan ROTI HIDUP disini ialah daging Yesus yang harus kita makan supaya kita dipersatukan dengan Yesus, agar kita bisa mengalami kebang-kitan mengikuti Yesus sebagai yang sulung.

Manusia hidup tanpa air badaniah akan mati; manusia hidup tanpa makanan badaniah akan mati, jadi kedua-duanya mutlak kita perlukan.
Demikian juga AIR HIDUP dan ROTI HIDUP, mut-lak kita perlukan untuk kehidupan kekal roh kita, maka dari itu AIR HIDUP & ROTI HIdup adalah janji Allah yang sudah dimeteraikan.
Dan keduanya merupakan satu kesatuan yang tid-ak dapat dipisahkan.
Yoh.6:35.
Kata Yesus kepada mereka: "Akulah Roti Hidup ; barangsiapa datang kepadaKu,(didalam Yesus), ia tidak akan lapar lagi, dan barangsiapa percaya kepadaKu, ia tidak akan haus lagi.

Banyak orang kristen menghindar masuk ke topik diatas, sebab mereka takut membuka topengnya.

Kalau topik mengenai, patung, paus, Maria , mereka paling senang, ngantuk-ngantuk juga terbangun, sehingga sebentar saja sudah berlembar-lembar, dan isinya saling memegahkan diri dan menghina yang lain, dengan caci maki dan pelecehan satu sama lain.

Topik mengenai AIR HIDUP dan ROTI HIDUP adalah syarat untuk dapat masuk ke sorga, sebab kedua-duanya adalah janji Allah Bapa yang sudah dimeteraikan.

  1. Mohon dijelaskan makna MATA AIR didalam dirinya, yang terus-menerus memancar sampai kepada hidup yang kekal."
Yesus sendiri yang menambahkan kata "HIDUP" dibelakang kata "ROTI" ----> [b]ROTI HIDUP[/b] [i][u]Yoh.6:26-27.[/u] Yesus menjawab mereka: "Aku berkata kepadamu, sesungguhnya kamu mencari Aku, bukan karena kamu telah melihat tanda-tanda, melainkan karena kamu telah[b] makan roti [/b]itu dan kamu kenyang. Bekerjalah, bukan untuk makanan yang akan dapat binasa, melainkan untuk [b]makanan yang bertahan sampai kepada hidup yang kekal, yang akan diberikan Anak Manusia kepadamu[/b]; sebab [color=blue][b]Dialah yang disahkan oleh Bapa, Allah, dengan meterai-Nya.[/b]"[/i]
2. Mengapa Yesus berkata bahwa mereka mengikut Yesus karena [b][i]"kamu telah[b] makan roti [/b]itu dan kamu kenyang"?[/i][/b]
Disini Air dan Roti adalah minuman dan makanan untuk jasmani kita, Yesus datang kedunia untuk memberikan minuman AIR HIDUP dan makanan ROTI HIDUP untuk rohani, agar kita bisa bertahan sampai kepada hidup yang kekal, selamat kembali kerumah Bapa-Nya. AIR HIDUP disini ialah percaya Yesus adalah Tu-han dan ROTI HIDUP disini ialah daging Yesus yang harus kita makan supaya kita dipersatukan dengan Yesus, agar kita bisa mengalami kebang-kitan mengikuti Yesus sebagai yang sulung.
3. Pernahkah Tuhan Yesus memberi [b]Air Hidup dan Roti Hidup[/b] itu kepada para Pendengar-Nya ?
Manusia hidup tanpa air badaniah akan mati; manusia hidup tanpa makanan badaniah akan mati, jadi kedua-duanya mutlak kita perlukan. Demikian juga AIR HIDUP dan ROTI HIDUP, mut-lak kita perlukan untuk kehidupan kekal roh kita, maka dari itu AIR HIDUP & ROTI HIdup adalah janji Allah yang sudah dimeteraikan. Dan keduanya merupakan satu kesatuan yang tid-ak dapat dipisahkan.
4. Kapan dan dimana kita mendapatkan [b]Air Hidup dan Roti Hidup[/b] itu selama kita hidup didunia?
[i][u]Yoh.6:35[/u]. Kata Yesus kepada mereka: "Akulah [b]Roti Hidup[/b] ; barangsiapa [b]datang kepadaKu,(didalam Yesus)[/b], ia tidak akan [b]lapar[/b] lagi, dan barangsiapa[b] percaya[/b] kepadaKu, ia tidak akan[b] haus [/b]lagi.[/i]
5. Karena Tuhan Yesus sudah tidak berada dibumi, bagaimana caranya kita memakan Tubuh-Nya agar TIDAK LAPAR dan HAUS lagi ? Semoga Mbah Sam bisa menjelaskannya [u][b]DISINI[/b][/u] ! :coolsmiley: :happy0062:

Saya akan mencoba menjelaskan pelan-pelan satu persatu, sebatas kemampuan saya.

  1. Mohon dijelaskan makna MATA AIR didalam dirinya, yang terus-menerus memancar sampai kepada hidup yang kekal."

Awal persoalan: Yesus berbicara dengan wanita samaria, kalau engkau minum air dari sumur itu, engkau akan haus lagi, akan tetapi kalau minum air yang akan Ku berikan, engkau tidak akan haus lagi sebab didalam diri mu air itu akan tetap memancar sampai hidup yang kekal.

Pertama-tama kita melihat, apa maksud Yesus dengan memberikan air yang dinamakan AIR HIDUP itu ?
Air Hidup adalah kemampuan untuk dapat percaya kepada Yesus.
Yoh.7:37-38.
“Barangsiapa haus, baiklah ia datang kepadaKu dan minum !
Barangsiapa percaya kepadaKu, seperti yang dikatakan oleh Kitab Suci: Dari dalam hatinya akan mengalir aliran-aliran air hidup.”

Kemampuan untuk dapat percaya kepada Yesus, diberikan oleh Tuhan, kepada orang yang papa dan berharap kepada Tuhan.
Bagi orang yang bermegah merasa hidupnya tidak ada ketergantungan pada Tuhan, maka Tuhan tidak pernah mau memberikan kemampuan untuk percaya kepada Nya.
Sekalipun kita ngomongi sampai mati juga tidak akan percaya kepada Yesus.
Lihat ketika wanita samaria itu tahu bahwa Yesus mengetahui segalanya, dia langsung dengan rendah hati mengharap mendapatkan yang Yesus janjikan, dan dia langsung mendapatkannya, serta merta dia pulang dan memberitakan mengenai Yesus, berarti dia percaya.

Yesus pernah berkata: IMAN, HARAPAN & KASIH.
Bagi orang yang percaya, jadi ber-iman kepada Yesus, mereka mempunyai harapan dan kasih.
Hidup tanpa harapan adalah hidup asal hidup tanpa mempunyai tujuan.
Hidup dengan harapan adalah hidup bersemangat dan penuh suka cita, sehingga bisa menyalurkan kasih, disini yang dikatakan: “dirinya akan menjadi mata air yang terus-menerus memancar sampai kepada hidup yang kekal.”

Pertanyaan ke. 2, bersambung…

BAGUS, Mbah dengan Penjelasan2 seperti diatas maka Sajian Mbah Sam menjadi Lengkap Full Deserve dan Minuman Penyegarnya ! :afro: ;D
Ditunggu Kelanjutan hidangan penyambbung rASA dan RAGA itu lho oleh pembaca DISINI !

Saya akan mencoba menjelaskan pertanyaan yang kedua, kalau salah mohon dikoreksi dan kalau ada yang kurang jelas mohon ditanyakan.

Banyak orang mencari dan mengikut Yesus, hanya masalah keduniawian, misalnya: masalah kesuccesan, kesembuhan, kemakmuran, dan didalam hal ini Yesus mengambil contoh yaitu masalah makanan untuk tubuh kita.
Pertanyaan: Mengapa masalah keduniawian ini, Yesus mengambil contoh berupa roti yang dapat mengenyangkan tubuh kita ?
Jawab: Seperti sebelumnya yang ada di Yohanes 4, Yesus ingin menerangkan masalah AIR HIDUP untuk rohani kita, Dia berbicara dengan wanita Samaria mengenai air yang bisa menghilangkan kehausan tubuh kita; demikian juga sekarang yang ada di Yohanes 6, Yesus ingin menerangkan masalah ROTI HIDUP untuk rohani kita, Dia berbicara mengenai roti yang bisa mengenyangkan tubuh kita.

Kita baca sekali lagi ayat Yohanes tsb.
Yoh.6:26-27.
Yesus menjawab mereka: “Aku berkata kepadamu, sesungguhnya kamu mencari Aku, bukan karena kamu telah melihat tanda-tanda, melainkan karena kamu telah makan roti itu dan kamu kenyang.
Bekerjalah, bukan untuk makanan yang akan dapat binasa, melainkan untuk makanan yang bertahan sampai kepada hidup yang kekal, yang akan diberikan Anak Manusia kepadamu; sebab Dialah yang disahkan oleh Bapa, Allah, dengan meterai-Nya.

Ayat tsb diatas sungguh amat penting, maka oleh Yesus diberi awalan kata “sesungguhnya” dan Yesus berkata bahwa yang akan Dia berikan sudah dimeteraikan oleh Allah Bapa.
Jadi artinya, harus dan mutlak kita lakukan.

Pertanyaan: Apa yang dimaksud oleh Yesus “bukan karena kamu telah melihat tanda-tanda”, ?
Jawab: Yang dimaksud oleh Yesus tanda-tanda itu ialah “ROTI HIDUP”.
Maka selanjutnya oleh Yesus masalah ROTI HIDUP ini diuraikan panjang lebar sejelas-jelasnya, mulai dari ayat Yoh 6: 25 sampai Yoh 6:71.

Pertanyaan ke-3, bersambung…

Yesus telah disahkan oleh Allah Bapa dengan meterai-Nya, untuk memberikan makanan yang bertahan sampai kepada hidup yang kekal !

Pertanyaan buat semua teman-teman di forum ini.

Makanan apa yang dimaksud oleh Allah Bapa, yang akan diberikan oleh Yesus ?

Mohon semua ikut menjawab !

Kita semua mengerti arti “disahkan oleh Allah Bapa dengan Meterai-Nya”

Artinya: Harus, mutlak kita lakukan dan tidak boleh ditawar-tawar lagi, kalau kita masih mau diselamatkan sampai kerumah Bapa di sorga.

Pertanyaan: Mengapa umat kristen segan menanggapi Topik diatas, padahal mereka mengerti apa arti dimeteraikan itu amat sangat penting ?

Jawab: Sebab dari 30 ribu denominasi gereja kristen yang beraneka ragam itu, semuanya memakai topeng beridentitas Yesus, mereka takut membuka topengnya sehingga kelihatan belangnya.

Kalau anda sekalian memang hanya beriman kepada Yesus, dan tidak beriman kepada gereja anda masing-masing, mari masuk ke topik disini, kita bahas dan berdiskusi secara sehat dan jujur, dan jangan menyinggung gereja orang lain.

Kembali kemasalah hukum Taurat dan penggenapan yang dilakukan oleh Yesus.

Air dan Roti adalah benar-benar minuman dan makanan untuk tubuh manusia, agar manusia tidak haus dan tidak lapar, sehingga manusia tidak mati.

Air dan Roti itu oleh Yesus telah digenapi, menjadi Air Hidup dan Roti Hidup untuk roh kita, agar roh kita tidak mati dan tetap hidup dibangkitkan mengikuti jejak Yesus sebagai yang sulung.

Tentu saja mengenai Air Hidup dan Roti Hidup ini hanya bisa dilihat dengan mata iman.

Sepertinya topik lama? Saya pernah menanggapi hal ini… Mengapa diulang lagi. Seingat saya juga anda yang posting.

Bagaimana menaggapinya bila… hanya bisa dilihat dengan mata iman?

Semua orang mengetahui bahwa Yesus telah dikandung dan dilahirkan oleh Maria, dan hidup tumbuh dari bayi sampai dewasa.
Semua orang mengenal Yesus adalah seorang manusia.
Kita orang kristen harus percaya dan mengakui bahwa Yesus adalah Tuhan, sebagai syarat utama untuk mendapatkan keselamatan.
Dengan logika manusia tidak masuk diakal, hanya dengan mata iman, kita bisa menerima Yesus adalah Tuhan.

Bagaimana anda menanggapinya ?

Hal itu sangat jelas.

“Karena itu tadi Aku berkata kepadamu, bahwa kamu akan mati dalam dosamu; sebab jikalau kamu tidak percaya, bahwa Akulah Dia, kamu akan mati dalam dosamu.” (Yohanes 8:24)

Salam mbah sam

Yesus adalah Tuhan >> Buktinya banyak di Alkitab, mulai dari nubuat, kelahiran, pembabtisan, kesaksian, penyaliban, kematian dan kebangkitan
Sedangkan ROTI HIDUP yg harus benar2 dimakan mata iman saya belum sampai disana. Bagaimana caranya anda bisa meyakinkan saya bila mata iman saya belum sampai disana?

Sama halnya dengan pastur yg berkata “km tidak percaya dgn Yesus? Itu krn Roh Kudus belum turun kepadamu, krn tidak seorangpun mengaku Yesus adalah Tuhan sebelum Roh Kudus turun padanya”
(I Korintus 12:3 Karena itu aku mau meyakinkan kamu, bahwa tidak ada seorangpun yang berkata-kata oleh Roh Allah, dapat berkata: “Terkutuklah Yesus!” dan tidak ada seorangpun, yang dapat mengaku: “Yesus adalah Tuhan”, selain oleh Roh Kudus)

Disini saya berpikiran terbuka, hanya saja maksud saya disini hanyalah jgn membuat diskusi yg verifikasinya harus dgn mata iman, kan susah saya mengertinya :’(

Ok, sekian saja. Silahkan lanjutkan pemaparannya brother mbah.sam :afro:
Saya menyimak saja :happy0025:

GBU

Dear belajar lagi,

Yang anda katakan itu benar, percaya/iman adalah pemberian Tuhan.
Kalau Tuhan tidak memberikan pada seseorang, biar di omongi sampai kita teler, mereka tetap tidak akan sanggup untuk bisa percaya.
Tuhan akan memberikan kesanggupan untuk percaya/beriman kepada semua orang, maka Tuhan Yesus berkata beritakan Injil keseluruh dunia.

Pertanyaan: Kepada siapa Tuhan memilih seseorang untuk diberi kesanggupan percaya atau beriman ?
Jawab: Kepada semua orang yang rendah hati, membuka diri dan berharap kepada Tuhan

Contoh: Wanita samaria itu berkata dengan rendah hati dan berharap meminta kepada Yesus, berikanlah air hidup itu padaku. Maka pada saat itu juga kesanggupan untuk percaya diberikan oleh Yesus, dan wanita itu segera pergi kekampung dan memberitakan kepada semua orang mengenai Yesus.

Demikian juga dengan perkataan anda: Sedangkan ROTI HIDUP yg harus benar2 dimakan mata iman saya belum sampai disana. Bagaimana caranya anda bisa meyakinkan saya bila mata iman saya belum sampai disana?

Jelas saya tidak bisa memaksakan seseorang untuk percaya/beriman bahwa roti yang oleh Yesus dinyatakan sebagai tubuhNya adalah benar-benar telah berubah menjadi segumpal daging, walaupun kenyataannya yang kita lihat adalah tetap roti.

Kembali seperti halnya “AIR HIDUP.” yaitu percaya bahwa Yesus adalah Tuhan.
Demikian juga, seseorang tidak akan diberi kesanggupan untuk percaya/beriman menerima roti yang diberikan oleh Yesus itu adalah benar-benar telah berubah menjadi segumpal daging, untuk dimakan, apabila orang itu hatinya masih beku, tidak rendah hati, berharap dan meminta kesanggupan untuk percaya/beriman dengan yang diucapkan oleh Yesus sendiri.

Anda sudah percaya bahwa Yesus adalah Tuhan, mengapa anda masih ragu dengan yang dinyatakan oleh Yesus sendiri bahwa roti itu adalah tubuhNya !
Mat.26:26-28.
26 —“Ambillah, makanlah, inilah tubuhKu.”
27 —"Minumlah, kamu semua, dari cawan ini.
28 —Sebab inilah darahKu, darah perjanjian, yang ditumpahkan bagi banyak orang untuk pengampunan dosa
.

Sekali lagi, saya tidak bisa memaksa anda, kalau anda sendiri masih tidak percaya dengan kata-kata Yesus dan berharap dengan kerendahan hati.

Saya berikan ayat yang lain.
Yoh.6:51.
Akulah roti hidup yang telah turun dari sorga. Jikalau seorang makan dari roti ini, ia akan hidup selama-lamanya, dan roti yang Kuberikan itu ialah dagingKu, yang akan Kuberikan untuk hidup dunia.

Ucapan Yesus itu cukup jelas dan tegas, tidak perlu diperdebatkan lagi, tinggal anda mau menerima atau tidak.
Ingat AIR HIDUP dan ROTI HIDUP adalah janji Allah yang sudah dimeteraikan, berarti kalau anda menolak salah satu dari kedua itu, kensekuensinya kira-kira anda tahu.

Shalom,
Saya berdoa, semoga Tuhan Yesus membuka hati anda.

Apakah salah menurut TS, Yesus mengatakan demikian ??

AKULAH ROTI HIDUP, SIAPA YANG MAKAN TIDAK LAPAR LAGI.
AKULAH SUMBER AIR KEHIDUPAN, SIAPA YANG MINUM TIDAK HAUS LAGI…

macam macam aje ;D

Maaf, kalau saudara saya tanggapi, harga diri saya tidak ada.

Sebab motivasi anda, mengajak ribut, tidak bersahabat dan mencari musuh.

Jadi lebih baik saya menghindar.

apakah salah menurut anda, YESUS MENGATAKAN AKULAH ROTI HIDUP ??

Manusia tanpa minum air, tubuhnya akan mati,
Manusia tanpa makan roti (makanan) , tubuhnya akan mati.

Umat Israel waktu di padang gurun dalam perjalanan ke tanah perjanjian, yang mereka butuhkan adalah air dan roti.
Akhirnya oleh Allah disediakan air yang keluar dari 12 sumber dan roti yang berupa manna diturunkan dari langit.

Sekarang kita berbicara masalah rohani.
Yesus datang kedunia untuk menjaga agar roh kita tetap hidup dan dikembalikan ke rumah BapaNya.
Agar roh manusia tetap hidup maka Yesus menyediakan Air Hidup dan Roti Hidup.
Jadi Yesus menambahkan kata “HIDUP” dibelakang kata “AIR” & kata “ROTI”

AIR HIDUP yaitu manusia harus percaya/beriman bahwa Yesus adalah Tuhan.
ROTI HIDUP yaitu manusia harus disatukan dengan Yesus, agar kebangkitannya bisa mengikuti kebangkitan Yesus.