YESUS MENGHALALKAN BABI

apa saya menyebut agamamu ?

saya hanya menyebut orang dunia, artinya orang yang tidak mengenal TUHAN ALKITAB

29 kamu harus menjauhkan diri dari makanan yang dipersembahkan kepada berhala, dari darah, dari daging binatang yang mati dicekik dan dari percabulan.Jikalau kamu memelihara diri dari hal-hal ini, kamu berbuat baik. Sekianlah, selamat."

jadi atas dasar apa semua makanan itu halal ?

ROH KUDUS ? apa hubungannya dengan kamu. Kamu toh tidak mengenal ROH KUDUS.

kok bawa2 agama???

apakah di atas gw bawa2 agama2 ???

jawab sja pertanyaan yg ada dgn jawaban…bukan dgn pertanyaan jg bray…

lo bilang klo lo 100% smua argumen lo adalah berasal dari alkitab…

nah pertanyaan gw…apakah lo YAKIN hal itu bray???

jawab sja ntu bray…ada gw bawa2 agama disitu??? :coolsmiley:

perhtikan baik2 Reply#186 bray…

yakin 100% dari alkitab bray???

klo 100% dari alkitab…

ga akan ada topik seperti ini bray …

karena di dalam alkitab menceritakan,

sewaktu di bumi, Yesus tidak pernah menghalalkan umat kristiani makan babi.
Yesus juga tidak pernah mengharamkan umat kristiani makan babi.

kita liat topik’a :

maka skali lg…klo emang lo bray YAKIN semua argumen lo dari alkitab…

gw akan bilang topik ini ga ada… :slight_smile:

tp karena lo ga yakin sama alkitab…maka bisa lah…topik ini ada lo buat…

udeh dijawab ame bejo ntuh… ulang baca lagi coba. ;D

baca baik2 yg gw quote dibawah dan yg gw pertanyakan di atas tuh… :slight_smile:

sewaktu di bumi, [b]Yesus tidak pernah[/b] menghalalkan umat kristiani [b]makan babi. [/b] [b]Yesus juga tidak pernah[/b] mengharamkan umat kristiani [b]makan babi.[/b]

TOPIK membahas ttg apakah semasa hidupnya yesus secara tegas menghalalkan umat kristiani makan babi? bukan apakah ada ayat alkitab yg mengharamkan makan babi…
tetap di konteks saja…jgn di samar2in utk di bikin melenceng bray :slight_smile:

ada di sebutkan disitu apa kah agama lo bray??? :mad0261:

klo gw boleh jawab pertanyaan yg buat Bejo ini… :

ckckck… ROH KUDUS ada hubungannya sma gw bray… gw kenal Dia…kenal bngt, bahkan secara pribadi…

nah…ROH KUDUS itu kenal lo jg…kenal bngt malah…tp lo yg ga kenal Dia…

so…klo ga kenal sma Dia, ga usah ngemeng bawa2 Dia… :slight_smile: malah ngaco ga beraturan nanti bray…

ngemengin topik yg ada sja… :happy0025:

nggak ada gimana ?

di alkitab ada ayat yg mengharamkan babi, trus kalian bilang babi halal karena di halakan sama yesus, saya nanya dimana ada yesus menghalakan babi.

nggak pake kemana mana pun pake alkitab aja juga udah bisa bikin topik ini …

Kata siapa…?

Coba sodara baca ini:

Mat. 15:17 Tidak tahukah kamu bahwa segala sesuatu yang masuk ke dalam mulut turun ke dalam perut lalu dibuang di jamban?

Salam,

si WD mah orang kurang kerjaan. Biar dijelasin, kupingnya tetap tersumpel sama kebohongan yg dia dengar selama ini

dijawab yg mana ?

bilang kalo itu bukan keharusan hanya perbuatan baik … udah saya bold itu adalah keharusan
mengandalkan perbuata baik … udah saya tunjukkan itu keputusan roh kudus yg paulus sendiri menyampaikan ke umat supaya di jalankan

cuman untuk persembahan berhala (yg berarti ada yg haram ) …udah gue tunjukkin nggak cuman untuk berhala , dari darah binatang yg tercekik dan pencabulan juga haram … intinya tidak semua makanan halal

baca dari awal lagi om …capek ngulangi jawaban saya

segini aja argumentasi anda ?

Saya sudah berulang-ulang membacanya dari awal dan memahami bahwa soal makanan/minuman tidak ada hubungannya dengan kebenaran ajaran Yesus.

Salam,

yg jelas ayat itu konteksnya dalam rangka menjawab pertanyaan org farisi nggak ada hubungan dengan halal dan haramnya makanan seperti disimpulkan di ayay 20.
jadi kalo ada yg bilang yesus menghalakan babi pake ayat itu …oot namanya

beneran… udeh dijawab ame bejo… ;D
gw ulang dah…

maseh kaga ngarti juga ? ok ok… gw jelasin. ;D

elu ngebacanya begini nih:
15:29 kamu harus menjauhkan diri KAGA BOLEH MAKAN dari makanan yang dipersembahkan kepada berhala, dari darah, dari daging binatang yang mati dicekik dan dari percabulan. Jikalau kamu memelihara diri dari hal-hal ini, kamu berbuat baik. Sekianlah, selamat."

gw ngebacanya begini nih: (fokusnye pada larangan BERTINDAK, bukan pada hal memakan itu sendiri… tapi kalu maw ngotot soal makan… is ok tetep nyambung)~~>
kamu harus menjauhkan diri dari :
~ : PERBUATAN/TINDAKAN membuat makanan kemudian mempersembahkan kepada berhala, lalu memakan makanan itu (The prohibition is against the ritual worship of another god(PAGAN). It was fairly common in ancient Rome.)

~ : PERBUATAN/TINDAKAN PERTUMPAHAN darah (murder,de el el) atawa makan dari HASIL membunuh, menumpahkan darah orang lain (assasin, rampok, de el el)

~ : PERBUATAN/TINDAKAN MEMBUNUH BINATANG SEMENA2 TANPA SEMBELIH; atawa MAKAN HIDUP2 BINATANG ITU.

~ : PERBUATAN/TINDAKAN PERCABULAN atawa MAKAN DARI HASIL PERCABULAN.

diambil dari:
33:25 Oleh karena itu katakanlah kepada mereka: Beginilah firman Tuhan ALLAH: Kamu makan daging dengan darahnya, kamu melihat juga kepada berhala-berhalamu dan kamu menumpahkan darah–apakah kamu akan tetap memiliki tanah ini?
33:26 Kamu bersandar pada pedangmu, kamu melakukan kekejian dan masing-masing mencemari isteri sesamanya–apakah kamu akan tetap memiliki tanah ini?

kalu pertanyaan lu ‘semasa hidup-Nya’… Tuhan Yesus selamanya HIDUP KEKAL!

beda kalu pertanyaan lu ‘semasa dalam keadaan-Nya sebagai manusia nature adam’

Mat. 15:11 “Dengar dan camkanlah: bukan yang masuk ke dalam mulut yang menajiskan orang, melainkan yang keluar dari mulut, itulah yang menajiskan orang.”
Mat. 15:18 Tetapi apa yang keluar dari mulut berasal dari hati dan itulah yang menajiskan orang.
Mrk. 7:23 Semua hal-hal jahat ini timbul dari dalam dan menajiskan orang."

yang bilang ‘kaga ade hubungan dengan halal haramnya makanan adalah ELU’

SEBAB… ORANG2 ITU ANGGEP MAKAN TANPA MEMBASUH TANGAN TERLEBIH DULU ADALAH NAJIS MENURUT PERATURANNYA!

AND TUHAN YESUS JELASIN… MAKSUDNYE NTUH BUKAN APA YANG MASUK DALAM MULUT YANG MENAJISKAN, TAPI YANG KELUAR DARI MULUT!

TERUS KENAPE DIBAGIIN PERATURAN MENCUCI TANGAN ~~> BIAR ORANG NYADAR… MAKANLAH DENGAN ‘TANGAN YANG BERSIH/SUCI’

TANGAN YANG SUCI/BERSIH’ ~~> MAKAN DARI PEKERJAAN YANG BAIK, YANG BENAR!
BUKAN MAKAN DARI HASIL RAMPOK, MEMBUNUH, SEMENA2 PADA BINATANG, DE EL EL!

JAWABAN TUHAN YESUS UDEH TEGAS BANGET… GLOBAL… SEMUANYA APAPUN YANG MASUK DALAM PERUT KELUAR KE JAMBAN… YANG MENAJISKAN ADALAH YANG KELUAR DARI MULUT!

dalemin dulu pelan2 ajaran Kristen… open mind…
:wink:

Semua jawaban Yesus atas pertanyaan orang2 Farisi mengandung kebenaran.

Orang2 Farisi selalu menguduskan dirinya dari makanan2 yang dianggapnya haram seturut dengan adat-istiadat / kebiasaan nenek moyang mereka; Tetapi Yesus dalam hal ini mengatakan:

Mat. 15:11 “Dengar dan camkanlah: bukan yang masuk ke dalam mulut yang menajiskan orang, melainkan yang keluar dari mulut, itulah yang menajiskan orang.”

Salam,

ini adalah contoh pemelintiran ayat

ucapan yesus itu disimpulkan di ayat 20

bahwa yg bisa menajiskan org itu perkataanya bukan makan pake cuci tangan apa nggak …

pikiranmu keluar konteks pembicaraan.

om omongan yesus itu disimpulkan di ayat 20
yg bisa menajiskan org itu omongannya bukan makan nggak cuci tangan …ok
karena kontek pembicaraannya adalah makan nggak cuci tangan
jangan oot hanya karena pengen memaksakan kesimpulan.