YESUS MENGHALALKAN BABI

no no no… nurut peraturan sono… makan kaga cuci sebelumnya ~~> TERMASUK NAJIS!
makan babi ~~> TERMASUK NAJIS!

intinya…
maksud ‘basuhlah tangan sebelon makan’ dalem PL ~~> hidup, makan dari pekerjaan benar and baik.
AND ORANG2 ITU ANGGEP SOAL MAKAN KAGA CUCI TANGAN ~~> DOSA MELANGGAR TAURAT!

TERUS TUHAN YESUS JAWAB GLOBAL: “BUKAN YANG MASUK KEDALAM MULUT YANG MENAJISKANMU, TAPI YANG KELUAR DARI MULUT”!

JADI YANG DALEM OTAK ORANG2 ITU PAS ANGGEP KAGA CUCI TANGAN ADALAH NAJIS ~~> BUKAN SOAL KOTOR MAKANAN SEBAB KAGA CUCI TANGAN… TAPI SOAL DOSA MELANGGAR HUKUM AGAMANYA!!!

15:10 Lalu Yesus memanggil orang banyak dan berkata kepada mereka:
15:11 “Dengar dan camkanlah: bukan yang masuk ke dalam mulut yang menajiskan orang, melainkan yang keluar dari mulut, itulah yang menajiskan orang.”
15:12 Maka datanglah murid-murid-Nya dan bertanya kepada-Nya: “Engkau tahu bahwa perkataan-Mu itu telah menjadi batu sandungan bagi orang-orang Farisi?”
15:13 Jawab Yesus: “Setiap tanaman yang tidak ditanam oleh Bapa-Ku yang di sorga akan dicabut dengan akar-akarnya.
15:14 Biarkanlah mereka itu. Mereka orang buta yang menuntun orang buta. Jika orang buta menuntun orang buta, pasti keduanya jatuh ke dalam lobang.”
15:15 Lalu Petrus berkata kepada-Nya: “Jelaskanlah perumpamaan itu kepada kami.”
15:16 Jawab Yesus: “Kamupun masih belum dapat memahaminya?
15:17 Tidak tahukah kamu bahwa segala sesuatu yang masuk ke dalam mulut turun ke dalam perut lalu dibuang di jamban?
15:18 Tetapi apa yang keluar dari mulut berasal dari hati dan itulah yang menajiskan orang.
15:19 Karena dari hati timbul segala pikiran jahat, pembunuhan, perzinahan, percabulan, pencurian, sumpah palsu dan hujat.
15:20 Itulah yang menajiskan orang. Tetapi makan dengan tangan yang tidak dibasuh tidak menajiskan orang.”

Tuhan bilang 'YANG MASUK DALAM MULUT KAGA MENAJISKAN" ~~> GLOBAL!

YANG MENAJISKAN ~~>
Tetapi apa yang keluar dari mulut berasal dari hati dan itulah yang menajiskan orang.
Karena dari hati timbul segala pikiran jahat, pembunuhan, perzinahan, percabulan, pencurian, sumpah palsu dan hujat.
Itulah yang menajiskan orang. Tetapi makan dengan tangan yang tidak dibasuh tidak menajiskan orang."

PAHAM ?? :coolsmiley:

Sodara tidak mengerti bahwa ucapan Yesus kepada orang2 Farisi itu adalah untuk mengkoreksi kebiasaan orang2 Farisi yang biasa menyimpangkan pengertian Kitab Suci seturut dengan pengertian mereka sendiri; Dan dalam hal itu Yesus mengatakan:

Mat. 15:5-16 Tetapi kamu berkata: Barangsiapa berkata kepada bapanya atau kepada ibunya: Apa yang ada padaku yang dapat digunakan untuk pemeliharaanmu, sudah digunakan untuk persembahan kepada Allah, orang itu tidak wajib lagi menghormati bapanya atau ibunya…"

Perhatikan warna merah di atas dan pahami… bahwa dalam konteks itu Yesus MENYALAHKAN PERKATAAN MEREKA dengan mengatakan:
Mat. 15:11 “Dengar dan camkanlah: bukan yang masuk ke dalam mulut yang menajiskan orang, melainkan yang keluar dari mulut, itulah yang menajiskan orang.”

Dengan demikian dapat sodara pahami bahwa apapun yang masuk ke dalam mulut seseorang –termasuk babi panggang– tidak menajiskan orang itu.

Paham?

Salam,

ini contoh NON KRISTEN yang maw ngajarin Kristen. :cheesy:

JALAN KESELAMATAN KRISTEN ~~> MELALUI TUHAN YESUS.

jalan keselamatan lu, kalu kaga makan babi seumur idup ? :afro:

1:9 yakni dengan keinsafan bahwa hukum Taurat itu bukanlah bagi orang yang benar, melainkan bagi orang durhaka dan orang lalim, bagi orang fasik dan orang berdosa, bagi orang duniawi dan yang tak beragama, bagi pembunuh bapa dan pembunuh ibu, bagi pembunuh pada umumnya,
~~> hukum taurat ntuh bwat ngekang kehendak nature adam yang selalu berlawanan dengan kehendak Allah.

5:24 Barangsiapa menjadi milik Kristus Yesus, ia telah menyalibkan daging dengan segala hawa nafsu dan keinginannya.

5:18 Akan tetapi jikalau kamu memberi dirimu dipimpin oleh Roh, maka kamu tidak hidup di bawah hukum Taurat.
5:22 Tetapi buah Roh ialah: kasih, sukacita, damai sejahtera, kesabaran, kemurahan, kebaikan, kesetiaan,
5:23 kelemahlembutan, penguasaan diri. Tidak ada hukum yang menentang hal-hal itu.

serahin diri lu kepada Tuhan Yesus biar ditolongin.
usaha lu kaga makan babi, de el el kaga membawa lu kepada keselamatan.
tiap detik elu berdosa, negatif thinking udeh termasuk dosa.

elu kaga bisam asuk surga dengan usaha lu sendiri.
satu2nya cuman kalu ditolongin Tuhan Yesus.

Fitnah besar terhadap Yesus.

TIdak jelas lagikah ayat ayat di bawah ini?

(17) "Janganlah menganggap bahwa Aku datang untuk menghapuskan hukum Musa dan ajaran nabi-nabi. Aku datang bukan untuk menghapuskannya, tetapi untuk menunjukkan arti yang sesungguhnya.(18) Ingatlah! Selama langit dan bumi masih ada, satu huruf atau titik yang terkecil pun di dalam hukum itu, tidak akan dihapuskan, kalau semuanya belum terjadi!(19) Oleh karena itu, barangsiapa melanggar salah satu dari perintah-perintah itu, sekalipun yang terkecil, dan mengajar orang lain berbuat begitu juga, akan menjadi yang paling kecil di antara umat Allah. Sebaliknya, barangsiapa menjalankan perintah-perintah itu dan mengajar orang lain berbuat begitu juga, akan menjadi besar di antara umat Allah. (Matthew 5:17)

The Bible and Holy Qur’an on Pork
(From The Book: The Truth About Pork)
by Brother Abdul Muhammad

In both Bible and Holy Qur-an Allah (God) condemns the touching & eating of swine flesh. If we agree that Allah (God) is the Best Knower, Foreknower & the All-knowing One, then surely He knows best what foods to eat and not to eat. We must ask the question, “Why does Allah (God) forbid the eating and touching of swine flesh in any form?” First let us look at what Allah (God) says about the eating of swine flesh in both Bible & Holy Qur-an:

Leviticus 11:7-8
"And the swine, though he divided the hoof, and be clovenfooted, yet he cheweth not the cud; he is unclean to you.
“Of their flesh shall ye not eat, and their carcass shall ye not touch; they are unclean to you.”

Deuteronomy 14:8
"And the swine, because it divideth the hoof, yet cheweth not the cud, it is unclean unto you: ye shall not eat of their flesh, nor touch their dead carcass

Here Allah (God) clearly states that the flesh of swine is forbidden to eat and touch. Bible Scholars agree with the Most Honorable Elijah Muhammad, that the King’s meat spoken of in Daniel Ch. 1:8 is referring to swine flesh. In that story Daniel and the three Hebrew boys, followed the instruction of the Best Knower, the Foreknower and the All-knowing One, Allah (God). In the end they were healthier by not eating the King’s meat and drinking his drink. Some of us make the mistake of thinking that the advent of Jesus suspends the Law Allah (God) gave to Moses. Let’s examine Jesus’ words concerning the Law Allah (God) gave to Moses.

Matthew 5:17-19
"Think not that I (Jesus) am come to destroy the law, or the prophets: I am not come to destroy, But to fulfill.
"For verily I say unto you, Till heaven and earth pass, one jot or one tittle shall in no wise pass from the law , till all is fulfilled.
“Whosoever therefore shall break one of these least commandments, and shall teach men so, he shall be called least in the kingdom of heaven: but whosoever shall do and teach them, the same shall be called great in the kingdom of heaven.”

Allah (God) continues his condemnation of the swine as follows:

Isaiah 65:2-4

I have spread out my hands all the day unto a rebellious people, which walketh in a way that was not good, after their own thoughts;

people that provoketh me to anger continually to my face; that sacrificeth in gardens, and burneth incense upon alters of brick;

Which remain among the graves, and lodge in the monuments, eating swine’s flesh, and the broth of abominable things is in their vessels."

Isaiah 66:17

“They that sanctify themselves, and purify themselves in the gardens behind one tree in the midst, eating swine’s flesh, and the abomination, and the mouse, shall be consumed together, saith the Lord.”

http://www.emtecfilms.com/page22/page22.html

mohon maaf WHISPERING DEATH tidak dapat menlajutkan diskusi karena dibanned oleh moderator dengan alasan membawa ajaran agama lain.

selama diskusi selalu WHISPERING DEATH mengambil dasar seluruh argumennya dari alkitab dan tiada sekalipun membawabawa sumber lain selain alkitab.

mudah mudahan dilain waktu bisa diteruskan.

salam

he he iya, kasih tau juga araharah, jangan bawain kitab nya disini, ntar kena banned juga…

bukan nya mau tidak menghargai, namun karena FK ini hanya mentolerir siapa aja, pihak siapa yang mau bertanya, dan berbagi dan bertukar pikiran dengan sumber kristen sendiri…

salam…

kalo anda lihat dari awal tidakpernah sekalipun WHISPERING DEATH membawa sumber argumen lain selain alkitab .
argumennya selalu menggunakan ayat alkitab.
menurut saya permasalahannya bukan ada disitu. tapi ya itu hak moderator. silahkan saja

y sdh…

mari sama2 mengheningkan cipta bersama2…

kiranya si WD tenang di alamnya yg baru…

wkwkwkwk… ;D ;D ;D ;D

*baru mw gw kejar abis2an ntu org macam si sizxbn…

eh dah ke alam laen rupanya…y sdh lah… :afro: :afro:

YANG MASUK KE MULUT!!!
mengapa Yesus bilang “yang masuk ke mulut”??? padahal konteksnya tentang tradisi cuci tangan…
cuci tangan bukan proses makan, proses MEMASUKAN makanan itulah “makan”.
tidak perlu spesifik ke makanan apa?? daging hanya bagian dari makanan…
tidak perlu spesifik ke daging babi, …

KONTEKS pembicaraan dalam kitab itu adalah jelas tentang orang farisi mempermasalahkan pelanggaran tradisi “cuci tangan sebelum makan”.
tapi mengapa Yesus menjawab tentang “apa yang dimasukan ke mulut/dimakan” (proses sesudah cuci tangan), bukan tentang “cuci tangan” itu sendiri, proses sebelum makan. karna yg dipermasalahkan orang farisi bukan apa yang dimakan. melainkan apa yg seharusnya dilakukan sebelum makan.
apakah Yesus salah mengerti pertanyaan orang farisi??

Supaya kagak melebar kita persempit ruang lingkupnya sesuai topik.
Mas mepermasalahkan daging babi. Adakah anjuran untuk tidak makan binatang haram misalnya babi di Act 15:29 ? Sesuai ajaran Yesus, daging babi yang masuk melalui mulut tidak menajiskan orang, nantinya keluar lagi ke toilet. :tongue: Tapi jangan bikin harga mati juga, karena dengan makan daging babi kita bisa menyebabkan orang lain tersandung sehingga jadi tidak boleh (tidak bolehnya bukan karena daging itu sendiri tapi karena aspek lain yang lebih penting).

Jadi jelas bahwa makan dan tidak makan bukan karena najis pada dirinya sendiri, tetapi karena pertimbangan lain. Pertimbangan tertentu bisa menyebabkan kita makan, pertimbangan tertentu menyebabkan kita tidak makan. makan atau tidak makan, bisa saja keduanya memuliakan Allah dan berbuat baik untuk sesama. Karena letak persoalan yang sebenarnya bukan di makanan itu sendiri.

Untuk hal-hal lain silahkan dibuat topik baru dan kita diskusikan :slight_smile:
( misalnya mau bahas makanan bekas berhala sebenarnya boleh atau tidak boleh , silahkan bikin topik baru. )

GBU

Permasalahannya bukan ayat alkitab atau ayat yang lain.

Kalau Anda menggunakan ayat alkitab tapi meninjaunya dengan mindset non-alkitab, sama saja dengan membawa ajaran keyakinan lain.
Tidak ada kompromi dalam hal ini.
Untuk mencegah hal ini terjadi kembali, harap perhatikan dan patuhi peraturan forum:

Salam

jd gmna dgn topik ini om momod??
di teruskan atau gmna???

Ya biar sajalah bro, masa orang gak mau babi disuruh suka.
Nanti kalau dia ketagihan, kita juga yang repot.

;D ;D

saya tidak ingin terlibat dalam diskusi ini.
dari argumen WD yg saya baca, dia hanya mencoba menyelaraskan ucapan yesus dengan konteks pembicaraan. bukannya saya mau membela tapi menurut saya itu adalah hal wajar dalam memahami perkataan org dengan melihat konteks pembicaraan. justru aneh memahami perkataan org tapi mengabaikan konteks pembicaraan.

menurut saya sungguh sayang pediskusi sebagus dia di bann. tapi ya itu hak moderator sih.

eaaa…di banned kan bisa bikin ID baru :rolleye0014:

anda ini tolol atau apa???..baca board!!!

“Pertanyaan Dari Member Non-Kristen
Board khusus bagi member non-Kristen yang ingin menyampaikan KRITIKAN atau pertanyaannya mengenai iman kristen”

whispering death tidak pernah membawa keyakinan nya untuk dianut oleh member forum ini. kami hanya mengikuti petunjuk yang ada di board depan…bahwa kami boleh mengkritik atau menyampaikan pertanyaan.
kalau memang mengkritik tidak diperkenankan dalam forum ini, silahkan ganti atau hapus saja keterangan yg ada pada board, atau hapus menu board untuk non kristen. Sebaiknya anda belajar lagi tentang bagaimana cara menjadi moderator yang baik. Moderator yang baik adalah moderator yang netrral, hanya bisa mengawasi jalan nya diskusi, bukan sibuk menilai secara subyek atas dasar penilaian pribadi konyol.

setiap kali bejobejo sudah turun tangan mengacaukan diskusi…justru malah org yg menggunakan logika dalam berdiskusi yg anda Banned…sebaiknya anda banned si bejo itu, demi reputasi forum ini.

SIMAK KEMBALI TITLE YG ADA PADA BOARD KHUSUS NON KRISTEN!!!

kalo itu terserah WD nya

Klu saya mengatakan makanan yg MASUK ke mulut itu HALAL, yg ndk halal makanan yg kadarluarsa, beracun dll yg bersifat merugikan kesehatan…

Nah yg keluar dari mulut itu baru haram, jadi so perhatikan cara anda berbicara
Ini dia yang suka memfitnah, menipu, memprovokasi, dan segala kejahatan yg bersifat dari ucapan yg …
itulah dikatakan lidah bermulut ular berbisa…

Yesus menghalalkan BABI…saya jawab IYA…YESSS…gitulohh…

Mungkin maksudnya mengkritik boleh, sepanjang tidak melanggar aturan yang lain.
Misalnya seperti kata om Mod bahwa Alkitab diartikan menurut sudut pandang Qu’ran, menurut om Mod itu termasuk melanggar. Entah itu terjadi dalam kegiatan mengkritik atau bukan. :slight_smile:

Ya gw kagak tau sih persisnya, cuman kira-kira aja.

GBU

ea…karena lo terlalu pinter…jadinya komentar lo seperti di atas bray… ;D

Board khusus bagi member non-Kristen yang ingin menyampaikan kritikan atau pertanyaannya mengenai iman Kristen

lo baca baik2…dalemin artinya baik2…jgn cuma selewat doang bacanya…
trus bandingkan dgn komentar / penjelasan momod Kahlil :

Permasalahannya bukan ayat alkitab atau ayat yang lain. Kalau Anda [b][b]menggunakan ayat alkitab[/b][/b] tapi [b]meninjaunya dengan mindset non-alkitab[/b], [b][b]sama saja dengan membawa ajaran keyakinan lain. [/b][/b] [b]Tidak ada kompromi dalam hal ini.[/b]

dasar kalian2 mengkritik itu apa kira2 bray ??? :

  • karena mw “ngetes” doang ?
  • karena ga sesuai dgn “kepercayaan” lo ?
  • menurut lo pribadi iman Kristen itu ga bener???

silahkan kritik sampe se kritis2’a…tp biasanya…klo kritikan itu slalu ter-mentahkan…terjawab de el el…
maka akan ktwn [tnpa disadari si pengkritik] niat yg sebenarnya, knapa smpe dia mengkritik :slight_smile:

Untuk bertanya…silahkan bertanya sampe seeeeepuasnya ttg iman Kristen…
tapi yg namanya bertanya…TERNYATA ga semuanya memerlukan jawaban…
karena ada yg bertanya padahal dia sdh tau apa jawabannya :wink:
dan…klo bertanya, dan mendapatkan jawaban…klo kurang puas, monggo tnyakan lg…
tapi klo sdh di jelaskan seeeeejelas2nya mse kurang puas dgn jawaban tsb…
gw sarankan…MENDING GA USAH NANYA… :wink:
adat org bertanya itu karena dia membutuhkan jawaban…
jadi kadang wajar aja klo ada kalimat kya gini… “Lo nanya tp lo sendiri yg sewot!!!

dan klo sdh ktwn udang di balik bakwannya…maka…
Tidak ada kompromi bray… :happy0025: :happy0025:

kenapa sampe ga ada kompromi??? skali lg gw bilang…baca baik2 penjelasan boardnya…
lalu bandingkan dgn penjelasan momod Kahlil…gtu aja ko repot :slight_smile:
terima bagus… ga terima ya sdh gpp…pilihan lo itu bray… :happy0025:

**ni gw lg sarapan brenebon bray…daging babi’a lembuuut bngt… + tinoransa wew…sedep.!!