Yesus Punya Keturunan, Maria tidak Perawan, dll: so what?......

Mohon pencerahan bro & sis sekalian ya…

Bejibun debat / dialog tentang hal-hal beginian.
Banyak orang memberi argumentasi dengan referensi biblikal dan literatur yang amat sahih untuk pro / kontra terhadap isu-isu spt ini.

Terus kalau sudah tahu mana yang benar atau mana yang salah, terus apa sih sebenernya?
Apa sih yg ingin dicapai dari debat spt itu?

Cuman kepuasan ego manusiawi kita aja (krn paling ahli menjawab?)
apa bener-bener ada pengaruhnya terhadap ajaran cinta kasih & keyakinan kita?

Gue suka bingung:

  1. Kalau Yesus memang bener punya keturunan, apa berarti Esensi & Teladan Yesus 2000 th lalu jadi berkurang nilainya?
  2. Kalau Yesus memang bener tidak punya, apa berarti ajarannya jadi lebih hebat & lebih bermanfaat bagi kita?
  3. dan lain-lain.

Mohon pencerahaannya gan…

Salam,

Kalau YESUS punya keturunan maka bakal lebih rame lagi mas…

Tuhan bersetubuh dengan manusia, lalu istrinya dapat status apa di sorga? Mengosongkan diri, lau datang ke dunia untuk menebus manusia koq malah ngrusin sex ? Koq kayak nabi agama sebelah ? Anaknya bagaimana jika masuk neraka? Lalu siapa keturunan YESUS yang sah, apakah gue, apakah loe, apakah dia. dsb. dll. dlsb.

Ada-ada saja

ana bilang , baca kitab bukan baca isu.
Lalu takdir tdk bs di PERANDAI ANDAIKAN krn nanti jwbny jg BERANDAI ANDAI.

wkwkwkwk… salah satu yang percaya cerita fiksi Dan Brown… ^^

ha ha ha, bisa aja imanjinasinya, sangat kreatip :wink:

GBU

Keyakinan bahwa YESUS tidak menikah/ tidak kawin/ punya nafsu seksual/ punya keturunan, bukan didasari oleh EGO yang menginginkan kepercayaan orang kepada KRISTUS takut berkurang, ataupun menganggap keyakinan ini lebih hebat dari yang lain.
Tetapi berdasarkan pemahaman akan kebenaran sbb:

  1. Alkitab adalah kebenaran yang tertinggi dan di dalam Alkitab tidak ada suatu ayat pun yang menunjukkan bahwa YESUS telah menikah atau ayat yang mengarah ke hal itu.

  2. YESUS adalah Tuhan dan juga manusia. Jelas disini fungsinya sebagai Tuhan , Ia adalah kudus dan tidak bisa bersatu dengan manusia yang penuh dosa. Kekudusan tidak dapat bersatu dengan dosa manusia. Allah sangat membenci dosa. Ingat Upah dosa adalah maut (Roma 6:23) dan semua manusia berdosa (Roma 3:23).

  3. Tuhan YESUS datang ke dalam dunia adalah untuk menyelamat kan manusia berdosa , hanya itu tidak ada hal lain dan itu telah dilakukanNya di atas kayu salib. Tentunya Ia harus benar-benar berkonsentrasi penuh. Di dalam Alkitab dapat kita baca bahwa Tuhan YESUS sibuk mengajar, menyembuhkan orang sakit, kerasukan setan, dsb.

  4. Kalau YESUS menikah dan melakukan perbuatan seksual , mungkin saja di dalam Matius 1 (silsilah ttg Tuhan YESUS) akan ada keturunan dari Tuhan YESUS.

  5. Meskipun dalam kebiasaan Yahudi menikah adalah suatu kewajiban, tetapi ada juga beberapa tokoh Alkitab seperti Paulus dan Barnabas dan Yohanes Pembabtis yang tidak menikah. Jadi tidak dapat disimpulkan bahwa karena kebiasaan begini maka Tuhan YESUS juga harus menikah dan melakukan perbuatan seksual.

  6. Kalaupun YESUS memang tidak menikah, bukan berarti pula YESUS dimungkinkan pernah melakukan perbuatan seksual, perbuatan hubungan-seksual diluar penikahan adalah zinah.
    Dan sesuai dengan ajaranNya sendiri YESUS mengajar tentang perzinahan, YESUS mengajar murid-muridNya menjunjung tinggi kesucian perkawinan. Bahkan perzinahan dalam pikiranpun sudah termasuk zinah (Matius 5:27-30). YESUS tidak melakukan perbuatan dosa ini karena didalam Dia tidak ada dosa

  1. KelahiranNya yang bukan hasil pembuahan benih laki-laki (hasil hubungan seksual), ataupun percampuran antara Roh Kudus dengan “sel telur dari manusia” yang mewarisi “gen debu” ex Adam, melainkan sepenuhnya Roh Kudus (Matius 1:20). Hal itu cukup memberikan alasan bahwa Yesus tidak melakukan hubungan seksual dengan manusia yang gen-debu nya sudah cemar (ex Adam), karena itu bukan kodratNya.
    Dia adalah Allah yang menjelma, kelahiranNya adalah dari Roh Kudus, benih ilahi yang murni :

* Matius 1:20
LAI TB, Tetapi ketika ia mempertimbangkan maksud itu, malaikat Tuhan nampak kepadanya dalam mimpi dan berkata: "Yusuf, anak Daud, janganlah engkau takut mengambil Maria sebagai isterimu, sebab anak yang di dalam kandungannya adalah dari Roh Kudus
TR Translit, tauta de autou enthumêthentos idou aggelos kuriou kat onar ephanê autô legôn iôsêph huios dabid mê phobêthês paralabein mariam tên gunaika sou to gar en autê gennêthen ek pneumatos estin hagiou

* Lukas 1:35
LAI TB, Jawab malaikat itu kepadanya: "Roh Kudus akan turun atasmu dan kuasa Allah Yang Mahatinggi akan menaungi engkau; sebab itu anak yang akan kaulahirkan itu akan disebut kudus, Anak Allah.
TR Translit, kai apokritheis ho aggelos eipen autê pneuma hagion epeleusetai epi se kai dunamis hupsistou episkiasei soi dio kai to gennômenon hagion klêthêsetai huios theou

* Yohanes 1:14
Firman itu telah menjadi manusia, dan diam di antara kita, dan kita telah melihat kemuliaan-Nya, yaitu kemuliaan yang diberikan kepada-Nya sebagai Anak Tunggal Bapa, penuh kasih karunia dan kebenaran.
TR Translit, kai ho logos sarx egeneto kai eskênôsen en hêmin kai etheasametha tên doxan autou doxan hôs monogenous para patros plêrês kharitos kai alêtheias

Berbeda dengan apapun dan siapapun, kelahiran Yesus sungguh bukan kelahiran yang “muatanNya” berasal dari fisik dunia.
Ia tidak diciptakan dari debu dan tanah seperti Adam. Juga tidak mengandung unsur dari tulang rusuk dunia seperti Hawa.
Dia tidak membawa gen-debu, gen-tulang, atau bahkan gen ibu-Nya!

Yesus membeberkan kepada semua, dari mana anda, saya dan Dia berasal : "Kamu berasal dari bawah, Aku dari atas; kamu dari dunia ini, Aku bukan dari dunia ini, sebab Aku keluar dan datang dari Allah :

* Yohanes 8:23,42
8:23 LAI TB, Lalu Ia berkata kepada mereka: "Kamu berasal dari bawah, Aku dari atas; kamu dari dunia ini, Aku bukan dari dunia ini
TR Translit, kai eipen autois umeis ek tôn katô este egô ek tôn anô eimi humeis ek tou kosmou toutou este egô ouk eimi ek tou kosmou toutou
8:42 LAI TB, Kata Yesus kepada mereka: "Jikalau Allah adalah Bapamu, kamu akan mengasihi Aku, sebab Aku keluar dan datang dari Allah. Dan Aku datang bukan atas kehendak-Ku sendiri, melainkan Dialah yang mengutus Aku
TR Translit, eipen oun autois ho iêsous ei ho theos patêr humôn ên êgapate an eme egô gar ek tou theou exêlthon kai êkô oude gar ap emautou elêlutha all ekeinos me apesteilen

Amin.

syalom

sangat menarik pertanyaan saudara cadangdata. memang sangat banyak sekali simpang siur dimana2 saudaraku.
satu-satunya sumber pengajaran yang sahih mengenai kisah Kristus hanya melalui pengajaran Gereja Roma yang telah bertahan selama berabad-abad. Hanya itu saja, karena jika tidak akan terjadi isu dan simpang siur dimana-mana. Gereja sudah merumuskan yang tepat sesuai dengan wewenang yang diembanya. syalom.

syalom

kisah yang terdapat di buku dan brown adalah sangat tidak benar. syalom

Hati hari kena ban !!!
kembali ke topic ,… so what gitu lho !!

GBU

Bukannya termakan isu novel atau artikel2 aneh aneh gitu sih…

Cuma:

  1. Kitab suci itu kan BUKAN Dokumen Historis,
    yang memang harus pasti akurat detail-detail remeh temeh nya.
    Misal, Yesus menunggang keledai ke Yerusalem, apa keledainya beli, atau disumbang, atau ngembat dari kandang sebelah, kan tidak relevan terhadap esensi ajaran christianism kan?

  2. Sehingga SUDAH TEPATKAH sikap kita terhadap teks-teks yang tertulis di Kitab Suci?
    a. Apakah kita pertahankan mati-matian huruf-per-huruf, kata-per-kata nya secara hardcore? hehe…
    b. Apakah kita sudah mampu mengambil esensi / intisari ajarannya, sehingga tidak terpengaruh dengan hal-hal formalistik, ceremonial, atributif dan lainnya?
    c. Apakah kita lantas bersikap apriori, karena ternyata ada detil-detil di kitab suci yang secara arkeologis dan historis tidak akurat?
    d. Atau gimana?

  3. Balik ke Laptop lagi…
    Jadi kalau ternyata emang bener atau salah, gimana ya enaknya sikapnya menurut bro & sis semua?