YHWH = YESHUA

Shalom teman2,

Gara2 mengikuti perbincangan mengenai nama Tuhan Allah/Elohim,saya membuat thread ini. Untuk tambah2 pengetahuan saja, saya baru tahu bahwa ternyata menurut kepercayaan Yahudi sampai sekarang tidak ada yang bisa membaca Tentagram huruf YHWH, dengan alasan YHWH adalah nama Suci Tuhan dan hanya Imam Besar Agung saja yang bisa membaca /menyerukan Nama tsb saat dulu Bait Tuhan berdiri di Yerusalem,dan itupun hanya 1 tahun sekali saat Imam Besar dipenuhi Kemuliaan Tuhan(Shekinah Glory) saat masuk Ruang Maha Kudus untuk melakukan ibadah Penebusan/Yom kippur (baca Imamat deh). Berhubung Bait Tuhan belum berdiri maka sampai hari ini Rabbi Yahudi yang paling suci pun tidak ada yang bisa/berani menafsirkan arti Tentagram YHWH

Dan lagi hanya nabi2 dalam Perjanjian Lama yang dalam kondisi tertentu sedang kepenuhan Ruach Chadesh(Roh Kudus) saja yang bisa menyebutkan/menyerukan Tentagram YHWH. Jadi kalau kita orang Kristen menginjil ke orang Yahudi terutama Yahudi Ortodox ,lalu kita menyebut Yehova atau Yahweh maka mereka pasti tertawa karena Yehova/Yahweh adalah “Penafsiran Barat/Kristen” terhadap Huruf Tentagram YHWH.

Menurut mereka nanti yang bisa membaca dan menafsirkan Tentagram YHWH ini adalah Mesias saja(Apakah ini kebetulan?)

bukankah PB menjelaskan PL? dari itu maka Tentagram YHWH = Yeshua

…bagaimana pendapat teman2?Trims

Tentagram YHWH itu gimana sih bro?

ada website rujukan untuk pembelajaran. tks

TETRAGRAMMATON (Bahasa Yunani: τετραγραμματον, harfiah kata dengan empat huruf) adalah salah satu nama TUHAN nama dalam bahasa Ibrani, yang dieja (dalam aksara Ibrani); י (yod), ה (he), ו (vav), ה (he).
Kata ini ditulis dengan יהוה (YHVH) tetapi diucapkan dengan kata 'ADONAY (TUHAN) atau HA-SYEM (Sang-Nama).

Selengkapnya bisa dibaca artikel di http://www.sarapanpagi.org/yhvh-yehovah-study-kata-vt7.html#p22

Setuju, bisa baca YESUS KRISTUS adalah YHVH Perjanjian Lama
artikel di http://www.sarapanpagi.org/YESUS-KRISTUS-adalah-yhvh-vt41.html#p99

Atas pertanyaan bro di atas kayaknya sudah dijawab oleh bro sarapan pagi, trims

sori bro kalau boleh koreksi dari kalimat yang dicoret di atas , sebenarnya YHVH adalah Satu2nya NAMA TUHAN, sedangkan Elohim, El-Shaddai, Adonay dan Hashem semuanya adalah Atribut/Julukan.

kembali saya tegaskan bahwa YHVH adalah kalimat “tak terucapkan/tertafsirkan” di PL, hanya beberapa orang tertentu dan khusus yang sedang “kepenuhan Roh Kudus” saja yang bisa mengucapkannya.

Lucunya sekarang ini ada gerakan yang ingin mau memakai nama Yahweh/Yehovah padahal kalau jujur itu bukanlah penafsiran dari Tetagram YHVH,karena tidak ada manusia yang bisa mengartikan artinya kalau tidak “Kepenuhan Roh Kudus”.

Sebenarnya arti Tetagram YHVH sudah dibukakan artinya pada kita Umat Perjanjian Baru :

Act 4:12 Dan keselamatan tidak ada di dalam siapapun juga selain di dalam Dia, sebab di bawah kolong langit ini Tidak Ada Nama lain yang diberikan kepada manusia yang olehnya kita dapat diselamatkan."

Filipi 2:8-11 ”Itulah sebabnya Allah sangat meninggikan Dia dan mengaruniakan kepada-Nya Nama di atas segala nama supaya dalam Nama Yesus bertekuk lutut segala yang ada di langit dan yang ada di atas bumi dan yang ada di bawah bumi, dan segala lidah mengaku: “Yesus Kristus adalah Tuhan,” bagi kemuliaan Allah, Bapa!”

Lalu bila memperhatikan di http://www.sarapanpagi.org/yhvh-yehovah-study-kata-vt7.html#p22
ada keterangan bahwa YHVH disebut /dipanggil/diakui sebagai Adonai(Tuhanku)dlm bahasa Ibrani atau kalau di Septuaginta Perjanjian Lama sebagai KURIOS,

coba bandingkan dengan Syahadat Keselamatan kita Roma 10:9 Sebab jika kamu mengaku dengan mulutmu, bahwa Yesus adalah Tuhan, dan percaya dalam hatimu, bahwa Allah telah membangkitkan Dia dari antara orang mati, maka kamu akan diselamatkan.

Di PL YHVH diakui/dipanggil sebagai Adonai/Kurios, lalu di PB dengan jelas Yeshua diakui/dipanggil sebagai Adonai/Kurios juga. Jadi sebenarnya cara pembacaan Tetagram YHVH sudah jelas dan bukan rahasia lagi!

Jadi Tetagram YHVH cara membacanya yang benar adalah YESHUA(Ibrani), dan karena Tuhan kita bukan Tuhan yang legalistik kalau pakai bahasa sehari-hari kita memanggil Dia Yesus.

Sengaja saya menulis “salah satu nama” bukan “satu-satunya” supaya jangan nama dalam bahasa Ibrani ini “diberhalakan.” TUHAN kita boleh disapa dalam berbagai bahasa. Kalau tidak, tentu saja dalam septuaginta bahasa Yunani tidak akan ada penggantian yang menyebut “TETRAGRAMMATON” menjadi KURIOS.
Kalau TUHAN hanya boleh disapa dalam bahasa Ibrani, maka Dia bukan TUHAN semesta Alam. Semesta Alam terdapat banyak bahasa. Ia tentu tahu ketika Ia dipanggil umatnya dalam berbagai bahasa.

kepada persoalan :
APAKAH YHVH NAMA SATU-SATUNYA?

Bagaimana dengan pendapat bahwa nama יהוה – YHVH adalah nama Tuhan satu-satunya?

Pengertian tsb didasarkan dari Zakharia 14:9. Namun kita perlu mengkaji secara tekstual ayatnya terutama mengenai kata terjemahan “satu-satunya”, yang sebenarnya “kurang-tepat” penggunaannya :

* Zakharia 14:9
LAI TB, Maka TUHAN akan menjadi Raja atas seluruh bumi; pada waktu itu TUHAN adalah satu-satunya dan nama-Nya satu-satunya."
KJV, And the LORD shall be king over all the earth: in that day shall there be one LORD, and his name one.
Biblia Hebraic Stuttgartensia (BHS), Hebrew with vowels,
וְהָיָה יְהוָה לְמֶלֶךְ עַל־כָּל־הָאָרֶץ בַּיֹּום הַהוּא יִהְיֶה יְהוָה אֶחָד וּשְׁמֹו אֶחָד׃
Translit, VEHAYAH YEHOVAH (baca: 'Adonay) LEMELEKH ‘AL-KAL-HA’ARETS BAYOM HAHU’ YIHYEH YEHOVAH (baca: 'Adonay) 'EKHAD 'USYEMO 'EKHAD
Septuaginta (LXX), και εσται κυριος εις βασιλεα επι πασαν την γην εν τη ημερα εκεινη εσται κυριος εις και το ονομα αυτου εν
Translit, KAI ESTAI KURIOS EIS BASILEA EPI PASAN TÊN GÊN EN TÊ HÊMERA EKEINÊ ESTAI KURIOS EIS KAI TO ONOMA AUTOU HEN.
Terjemahan kalangan Yahudi, JPST, And the LORD shall be King over all the earth; in that day shall the LORD be One, and His name one.

“Nama-Nya satu-satunya”, ושמו אחד ; 'USYEMO 'EKHAD", kata אחד - 'EKHAD (Arab: 'AHAD) di samping bermakna “satu”, “esa” juga bermakna “unik”, dengan pengertian tidak dapat dibandingkan dengan yang lain, inilah konteks dalam ושמו אחד ; 'USYEMO 'EKHAD" Zakharia 14:9.

Jika YHVH adalah nama “satu-satunya” dengan pengertian tidak ada nama yang lain (sesuai selera pengagum NAMA YAHWE), maka bakal tabrakan dengan ayat-ayat lain, misalnya:

* Amos 5:27
LAI TB, dan Aku akan membawa kamu ke dalam pembuangan jauh ke seberang Damsyik," Firman Tuhan, yang nama-Nya Allah semesta alam.
KJV, Therefore will I cause you to go into captivity beyond Damascus, saith the LORD, whose name is The God of hosts.
Hebrew,
וְהִגְלֵיתִי אֶתְכֶם מֵהָלְאָה לְדַמָּשֶׂק אָמַר יְהוָה אֱלֹהֵי־צְבָאֹות שְׁמֹו׃ ף
Translit, VEHIGLEYTI 'ETKHEM MEHAL’AH LEDAMASEQ 'AMAR YEHOVAH (baca: 'Adonay) 'ELOHEY-TSEVA’OT SYEMO
JPST, Therefore will I cause you to go into captivity beyond Damascus, saith He, whose name is the LORD God of hosts.

Amos menulis אלהי־צבאות שמו ; ELOHEY TSEVA’OT SYEMO, harfiah “Allah Pasukan nama-Nya” atau “nama-Nya adalah 'ELOHEY TSEVA’OT”, ini berarti masih ada nama Sang Khalik lainnya (yang berbeda dengan “NAMA” yang terdapat dalam Zakharia 14:9).

Alkitab mencatat masih banyak nama-nama lain, selain Amos 5:27. Kita cek ayat-ayat lainnya :

* Daniel 2:20
LAI TB, Berkatalah Daniel: ‘Terpujilah nama Allah dari selama-lamanya sampai selama-lamanya, sebab dari pada Dialah hikmat dan kekuatan!
KJV, Daniel answered and said, Blessed be the name of God for ever and ever: for wisdom and might are his:
Biblia Hebraic Stuttgartensia (BHS), Hebrew with vowels,
עָנֵה דָנִיֵּאל וְאָמַר לֶהֱוֵא שְׁמֵהּ דִּי־אֱלָהָא מְבָרַךְ מִן־עָלְמָא וְעַד־עָלְמָא דִּי חָכְמְתָא וּגְבוּרְתָא דִּי לֵהּ־הִיא׃
Translit, ‘ANEH DANIYE’L VE’AMAR LEHEVE’ SYEMEH DI-'ELAHA MEVARAKH MIN-‘ALMA’ VE’AD-‘ALMA’ DI KHAKHMETA’ UGEVURETA’ DI LEH-HI’
JPST, Daniel spoke and said: Blessed be the name of God from everlasting even unto everlasting; for wisdom and might are His;

Alkitab mencatat hal positif tentang Hagar yang secara khusus ia didatangi oleh Malakh YHVH :

* Kejadian 16:13
LAI TB, Kemudian Hagar menamakan TUHAN yang telah berfirman kepadanya itu dengan sebutan: “Engkaulah El-Roi.” Sebab katanya: “Bukankah di sini kulihat Dia yang telah melihat aku?”
KJV, And she called the name of the LORD that spake unto her, Thou God seest me: for she said, Have I also here looked after him that seeth me?
Hebrew,
וַתִּקְרָא שֵׁם־יְהוָה הַדֹּבֵר אֵלֶיהָ אַתָּה אֵל רֳאִי כִּי אָמְרָה הֲגַם הֲלֹם רָאִיתִי אַחֲרֵי רֹאִי׃
Translit interlinear, VATIQRA’ {dan ia memanggil} SYEM-YEHOVAH {nama TUHAN} HADOVÊR {yang berfirman} 'ELEYHA {kepadanya} 'ATAH {Engkau} 'EL {Allah} RO’I {melihatku} KI {bahwa} 'AMRAH {ia [Hagar] berkata} HAGAM {bukankah juga} HALOM {bukankah di sini} RA’ITI {Aku melihat} 'AKHAREI {sesudah Dia} RO’Î {melihatku}
JPST, And she called the name of the LORD that spoke unto her, Thou art a God of seeing; for she said: ‘Have I even here seen Him that seeth Me?’

Secara tatabahasa, Hagar memberi kepada YHVH dengan nama אל ראי - 'EL RO’I.

Demikian pula Abraham memanggil nama TUHAN dengan אל עולם - 'EL 'OLAM :

* Kejadian 21:33
LAI TB, Lalu Abraham menanam sebatang pohon tamariska di Bersyeba, dan memanggil di sana nama TUHAN, Allah yang kekal.
KJV, And Abraham planted a grove in Beersheba, and called there on the name of the LORD, the everlasting God.
Hebrew,
וַיִּטַּע אֶשֶׁל בִּבְאֵר שָׁבַע וַיִּקְרָא־שָׁם בְּשֵׁם יְהוָה אֵל עֹולָם׃
Translit, VAYITA 'ESYEL BIVER SYAVA VAYIQRA-SYAM BESYEM YEHOVAH (baca: 'Adonay) 'EL 'OLAM
JPST, And Abraham planted a tamarisk-tree in Beer-sheba, and called there on the name of the LORD, the Everlasting God.

Bahkan Allah sendiri menamakan diri-Nya dengan אל קנא - ‘EL QANA’ :

* Keluaran 34:14
LAI TB, Sebab janganlah engkau sujud menyembah kepada allah lain, karena TUHAN, yang nama-Nya Cemburuan, adalah Allah yang cemburu.
KJV, For thou shalt worship no other god: for the LORD, whose name is Jealous, is a jealous God:
Hebrew,
כִּי לֹא תִשְׁתַּחֲוֶה לְאֵל אַחֵר כִּי יְהוָה קַנָּא שְׁמֹו אֵל קַנָּא הוּא׃
Translit, KI LO TISYTAKHAVEH LE’EL 'AKHER KI YEHOVAH (baca ADONAY) QANA SYEMO 'EL QANA HU
JPST, For thou shalt bow down to no other god; for the LORD, whose name is Jealous, is a jealous God;

Semuanya ayat diatas menggunakan kata Ibrani שמ - SYEM, nama.

Note : Study kata “NAMA,” bisa dibaca di http://www.sarapanpagi.org/nama-vt182.html#p366

menanggapi penjelasan di atas, kembali pada pertanyaan sekaligus pernyataan saya semula:

Bukankah PB menjelaskan PL?

dari ayat2 PB yang dipaparkan sudah jelas bahwa Nama di atas segala nama adalah Nama YESUS, yang di PL tersembunyi dalam huruf Tetagram YHVH

Mengenai El Shadai ,ELOHIM,YHVH Jireh adalah panggilan/atribut.

Pragmatisnya sebagai contoh; belum pernah dalam penginjilan seseorang harus mengakui El-Shadai/ELOHIM sebagai Tuhan dan Juruselamat

Dalam pengusiran setan belum pernah saya dengar mengusir dengan Nama ELOHIM.

Tapi kita juga tahu bahwa kita tidak legalistis disini. Dalam pujian penyembahan kita juga memanggil YESUS sebagai ELOHIM,El-shadai dll. Mungkin saya perjelas sedikit pernyataan saya sebelumnya

YHVH yang dibaca Yeshua adalah NamaNya, sedang ELOHIM,El-Shadai dll adalah julukan bagi Dia. Iman saya sih begitu

Mengenai YHVH sebagai Tuhan segala bangsa terlihat dengan jelas,orang Yahudi memanggilnya YESHUA, orang barat memanggilNya JESUS, orang Indonesia YESUS, orang Arab memanggilNya ISA, orang Jepang memanggilNya
YASO, org Yunani IESOU…kesimpulannya Nama YHVH berlaku bagi segala suku bangsa dan bahasa
:angel:

Ya benar, YHWH adalah Yesus tapi juga Bapa dan Roh Kudus.

Menyakini YHWH adalah Bapa, Anak dan Roh Kudus tidak memperkosakan keesaan Allah wong Bapa, Anak dan Roh Kudus bukan Tiga Allah yg berdiri sendiri melainkan pribadi-pribadi dari hakikat Allah yg satu/tunggal adanya. Sama spt org Yahudi menyakini Dabar YHWH dan Ruah YHWH tidak terpisahkan dari hakikat YHWH itu, sama spt Dabar YHWH dan Ruah YHWH bukan Dua YHWH di samping YHWH itu demikian juga Firman-Nya dan Roh-Nya bukan dua Allah disamping Allah yg maha esa!

ia memang YHWH tidak dapat di bahasakan… YHWH paham kok kalau kita menyembah Tuhan Yesus artinya kita menyembah Yehosua yang adalah dari Tuhan yang di tulis YHWH

PUJI TUHAN … Tuhan kita mengerti segala Bahasa ! :afro: bukan seperti Tuhannya sebelah yang ngertinya cuma Bahasa ARAB ( diluar bahasa arab maka Tuhan AWLLOH butuh Translater wkwkwkw :cheesy: ;D kasihan deh :mad0261: )

setuju :slight_smile:
sembah Tuhan dalam Roh dan Kebenaran. . Tuhan melihat hati. .

bahkan kalau saya menulis TUHAN atau tuhan atau Tuhan atau tUhAn bahkan Allah saya yakin TUHAN gak marah selama bukan bermaksud melecehkan. . karena TUHAN melihat hati. .

:slight_smile:

Banyak orang yang menolak menyembah Bapa Yahweh dengan berkata kalau Nama Yahweh itu adalah 4 huruf mati yang dikenal dengan Tetragrammaton yang tidak bisa diucapkan. Pendapat yang seperti ini sebenarnya adalah pendapat yang mengada-ada dan tanpa dasar sama sekali, mari kita pecah perkataan Tetragramaton itu. Tetra artinya empat, Grammat artinya huruf dan tone artinya bunyi, jadi Tetragramaton itu artinya justru empat huruf yang bisa bunyi.

Orang berkata YHWH tidak bisa bunyi karena memakai pola pikir orang goyim (non Yahudi), yang tidak terbiasa dengan huruf YHWH itu, sama seperti huruf KPD YTH, coba tanyakan pada orang Amerika atau orang yang bukan Indonesia, merekapun juga akan berkata kalau huruf itu juga tidak ada artinya, dan kalau orang Amerika akan berkata: KE PI DI WAY TI EDS, dan mereka juga akan berkata kalau huruf itu disebut meaningless atau tidak mempunyai arti, tetapi coba tanyakan sama orang Indonesia, dia pasti akan berkata kalau KPD YTH itu memiliki arti “Kepada yang terhormat”.

Coba renungkan kalau betul YHWH itu tidak mempunyai arti kenapa dalam kitab suci berbahasa Jawa ditulis Yehuwah dan dalam kitab suci berbahasa China juga berbunyi Yek’hohwa, hal ini saja sudah membuktikan kalau YHWH itu bisa berbunyi, walau agak beda dengan vocal aslinya yang berbunyi YAHWE (“H” nya tidak kedengaran) dan bila ditulis dalam huruf latin menjadi YAHWEH.

YHWH adalah nama diri (proper name) Bapa, dan nama inilah yang telah terbukti membawa keselamatan bagi bangsa Israel.

El, ELOHIM adalah generic name yang berarti Tuhan.

El Shaddai, El Roi, El Qana, El Echad, ELOHIM Tsebaoth ini adalah nama Tuhan yang diberikan oleh manusia karena sifatNya, kekaryaanNya, keberadaanNya.
Bro Sarpag memberi contoh El Qana, siapa yang memberi nama El-Qana ? YHWH sendiri ataukah Musa ? Coba perhatikan, tak ada statement dari ELOHIM bahwa Dia memberi namaNya sendiri El Qana.

Sedangkan proper name Tuhan di PL adalah YHWH.
Lalu apa arti nama YHWH ?
Ya memang YHWH (Yahweh) yang terdiri dari 4 huruf Ibrani yaitu YOD, HE, WAW, HE jika ditanya apakah memiliki arti, memang memiliki arti.
Huruf Ibrani sesungguhnya adalah merupakan bentuk gambar yang disederhanakan namun memiliki arti, misalnya saja huruf ALEPH, huruf ini memiliki arti Satu atau Ekhad atau tunggal atau Esa, ALEPH Merupakan Silence Word (Kata yang kadang tidak dibaca – maka suka disebut huruf tenang. sedangkan huruf BETH yang adalah huruf ke dua memiliki arti Rumah, sedangkan GIMEL juga memiliki arti Unta karena memang bentuk huruf menyerupai GAMAL (Camel) atau unta yang lehernya panjang, sedangkan DALET memiliki arti pintu, karena bentuk huruf ini seperti pintu (Dales), begitulah seterusnya, huruf2 Ibrani dari ALEPH sampai TAW memiliki arti. Nah sekarang kita akan melihat arti dari 4 huruf YOD, HE, WAW, HE.

YOD artinya adalah Penciptaan dan Metafisika, YOD juga memiliki arti tangan terbuka menjadi gambaran sebagai tangan Tuhan yang selalu terbuka siap untuk menolong kita dalam segala kesulitan,YOD juga memiliki arti Dia atau He dalam bahasa Inggris sebagai gender laki-laki.

HE artinya adalah Sifat ketuhanan (Divinity), Sopan santun (Gentility), Khusus (Specificity) Kitab Talmud menerangkan Tuhan dengan menggunakan huruf Yod dan He (dibaca Yah) sebagai sang pencipta.

WAW artinya adalah Penebusan, Transformasi, Penyelesaian.
Jadi jelaslah sudah kalau Nama YAHWEH itu memiliki arti SANG PENCIPTA ADALAH TUHAN YANG MENEBUS MANUSIA (DARI LUMPUR DOSA).

Anda menyatakan bahwa: Jika YHVH adalah nama “satu-satunya” dengan pengertian tidak ada nama yang lain (sesuai selera pengagum NAMA YAHWE), maka bakal tabrakan dengan ayat-ayat lain; apa benar bro ???

Ini disebabkan anda menganggap bahwa Elohim adalah proper name dari Tuhan, atau El Roi, El Qana, El Olam dsb, memang betul itu juga nama panggilan untuk YHWH, namun nama-nama semacam El, Elohim, El Roi, El Olam, El Qana, El Shadai bukanlah proper name Tuhan.

Proper name Tuhan satu-satunya adalah YHWH. Orang Cina melafalkan Yehowa, orang Jerman melafalkan Jehovah, orang Jawa melafalkan Jehuwa, kami melafalkan Yahweh, dsb.

Bro Sarpag, apa benar pada huruf YHWH antara huruf Y dan H ada nikudim syeva ? Tolong referensinya bro.

Shalom.

tambahan atas apa yang dijelaskan sist endang, mari kita lihat rahasia dari nama YHVH itu:
check this video out:
REVEALED! THE SECRET NAME OF GOD - Amazing Last Days Revelation (Hidden “code”)

ternyata YHVH berarti : behold hand behold nail, lihat tangan lihat paku

REVEALED! -The Secret Name of Jesus - (Hidden Code- Hebrew Ideograms)

wah saya baru tahu, makasih info videonya :smiley:

GBU!

wuedaaann, selamat, anda baru saja memberi alasan untuk mendeklarasikan perang.
selamat juga, anda juga telah memberikan stempel buruk terhadap Tuhan anda sendiri, dan umatNya
karena sekarang orang orang punya alasan kuat untuk bilang
“seperti itukah umatMu? berhati busuk?” sori, saya ganti kata busuknya jadi “tidak baik”

sekarang bisakah anda lihat tutur kata dan esensi nya? serta bahayanya sebuah status?
perhatikan lagi status anda ketika anda bermasyarakat, ketika anda berexpresi membawa status anda sendiri, ya resiko sendiri, tapi ketika anda membawa status sebuah komuniti, wacth out!

hati hati kawan, bahaya, sungguh bahaya, gara gara anda, 1 nyawa bisa terancam

ya memang, saya juga kurang setuju dengan diskusi yang kurang sopan.
I Kor 14:40 “Tetapi segala sesuatu harus berlangsung dengan sopan dan teratur.”

:afro: akhir-akhir ini memang lagi banyak pembahasan Nama Tuhan yang paling Benar :mad0261: ada yang mempertahan bahwa YHWH bisa dibaca menjadi Yahweh dan juga ada beberapa penafsiran yang lain (Yehweh, Yehova, Yehuwa dll), :azn: Tapi menurut pendapat saya berdasarkan pengalaman pribadi (rohani dan iman) tentang TUHAN YANG ESA (sesembahan yang ESA)
:mad0261: sebagai Orang yang masih perlu terus diajar dan ditutun, pendapat saya adalah :happy0025:
Pada Mulanya Gelapa Gulita, ROH Sesembahan (Allah)melayang di atas Permukaan Air/Samudara (Alama Roh/Supra Natural). Kemudian di Injil Yohanes ada tertulis, pada mulanya adalah FIRMAN dan Firman itu bersama-sama dengan Sesembahan (Allah) dan FIRMAN itu adalah Sesembahan (Allah), dan juga ada tertulis FIRMAN itu telah menjadi MANUSIA, Maaf saya tidak ahli menggunakan ayat-ayat tapi saya menyampaikan Isi kitab suci yang sedari balita saya dengar dan ada dihati :coolsmiley:
:afro: Konsep TUHAN yang kita sembah adalah ROH! :afro:
jadi inti sarinya adalah :angel: Firman itu juga adalah Roh maka Firman yang jadi Manusia itu juga Roh (YESUS setelah bangkit, Tubuh Manusianya adalah Roh yang ada dalam Dia juga Roh) ANAK MANUSIA yang ROH. Setelah DIA/ANI kembali kepada BAPA ROH Dia sepenuhnya adalah ROH itu sendiri dalam batasan “TUBUH ROH” yang inilah yang dilhat oleh mereka yang dikaruniai melihat/berjumpa dengan TUHAN YESUS, yang ada tertulis duduk disebelah kanan “BAPA ROH” (maksudnya bukan ada kanan dan ada kiri tapi tempat yang UTAMA). Dari TUBUH ROH yang didalamNya ADA ROH yang ada dalam BAPA ROH, ROH yang didalamNya diGelari ROH KUDUS inilah yang dicurahkan kepada kita masing-masing sebagai Roh Kudus yang tinggal didalam kita. INGAT… ROH TUHAN itu tidak terbatas, tidak terikat pada ruang dan waktu. jadi jelas ANAK ada di dalam BAPA dan BAPA ada di dalam ANAK dan ROH KUDUS ada di dalam ANAK dan BAPA ada di dalam ROH KUDUS dan ROH KUDUS adalam di dalam BAPA.
Karena kita mendapat bagian Roh Kudus yang berasal dari ROH KUDUS ANAK yang berada Dalam ROH BAPA yang juga ada Dalam ROH KUDUS ANAK maka kita menjadi Anak-anakNya.
:afro: sehingga BAPA dan ANAK dan ROH KUDUS adala ESA/SATU sehingga NamaNYA juga ESA/SATU yaitu “YESUS KRISTUS” karena ada Tertulis NAMANYA akan disebut orang BAPA Yang Kekal, RAJA DAMAI dan PENASEHAT Yang AJAIB. dan juga ada tertulis “Bukankah Nama itu AJAIB” yang menjadi penentu apakah kita menyebut NAMANYA tepat karena dialek, logat dan terjemahan manusia adalah ROH KUDUS itu sendiri (apakah kita mengucapkan karena Iman atau karena kebiasan atau karena dikatakan Ibraninya/Aramnya = Yehosua/Yeshua) “NAMA ITU AJAIB” nama yang telah menjadi saksi kehidupan Rohani Anak-anak TUHAN selama ini adalah YESUS/JESUS, mohon petunjuk “Salam Damai Sejahterah” :afro: :happy0025:

bukannya YHWH itu artinya “Aku adalah Aku” ya… ?