Yoh 19:26-27 “Ibu, inilah, anakmu!” dan “Inilah ibumu!”

Pesan terakhir Yesus di kayu salib

Yoh 19:26-27 “Ibu, inilah, anakmu!” dan “Inilah ibumu!”

Dengan penebusan-Nya di kayu salib, Kristus telah membuka jalan keselamatan bagi semua orang. Dia telah memberikan Diri-Nya dengan sehabis-habisnya. Dia telah memberikan Tubuh dan Darah-Nya di kayu salib, yang telah diantisipasi dalam Perjamuan Suci (lih. Mat 26:26-29, Mar 14:22-25, Luk 22:19-20). Namun rupanya ini tidak cukup. Memandang dari kayu salib, Kristus melihat dua orang yang dikasihi-Nya, yaitu Ibu-Nya, Bunda Maria dan murid-Nya yang terkasih, rasul Yohanes. Dengan sisa-sisa nafas-Nya, Kristus memberikan pesan yang begitu penting kepada kita, yaitu pesan ketika Kristus memandang Ibu-Nya dan murid-Nya dan berkata “Ibu (RSV = Woman), inilah, anakmu!.. dan inilah ibumu” (Yoh 19:26-27). Dalam bukunya, uskup agung Fulton Sheen mengatakan bahwa dengan menyebut woman (perempuan) dan bukan ibu, maka Kristus menginginkan bahwa Bunda Maria bukan hanya menjadi bunda Kristus saja, namun dia menjadi bunda seluruh umat beriman. Inilah sebabnya Kristus menyerahkan ibu-Nya kepada kepada murid yang dikasihi-Nya – tanpa nama, untuk menyatakan bahwa perintah ini ditujukan kepada semua murid Kristus.

Sebaliknya Kristus juga menyerahkan murid-Nya untuk menjadi putera Bunda Maria. Satu-satunya anak Maria memang tidak tergantikan, yaitu Kristus. Namun, Kristus ingin memberikan hubungan yang baru antara Maria dengan seluruh umat beriman. Kristus menginginkan agar Maria dapat menerima seluruh umat beriman sebagai anaknya, karena Kristus sendiri hadir dan bersatu dalam diri setiap umat beriman, sama seperti Kristus sendiri mengumpamakan DiriNya sebagai pokok anggur dan seluruh ranting-ranting bersatu dengan-Nya (lih. Jn 15:5). Ini berarti, Kristus menginginkan agar Bunda Maria turut berpartisipasi dalam karya keselamatan Kristus dan memperlakukan seluruh umat beriman sebagai anaknya. Suka atau tidak suka, Kristus menginginkan hal ini dan memberikan Maria sebagai bunda bagi seluruh umat beriman. Kalau Kristus tidak berkeberatan untuk dididik oleh Maria dan Maria dipandang baik oleh Kristus sebagai Bunda Allah, maka siapakah kita yang memandang bahwa kita tidak perlu menghormati Bunda Maria, bahkan ada yang menyingkirkan Bunda Maria dari kehidupannya? Apakah ada seorang pria yang merasa bahwa pacarnya terlalu berlebihan karena dia menghormati ibunya juga?

Sumber: katolisitas.org

Suatu pemahaman yang keliru,
karena dgn jelas Tuhan Yesus berkata di dalam Injil Matius ketika Maria dan saudara2 -Nya mencari Dia sbb:
Matius 12:47 Maka seorang berkata kepada-Nya: “Lihatlah, ibu-Mu dan saudara-saudara-Mu ada di luar dan berusaha menemui Engkau.”

12:48 Tetapi jawab Yesus kepada orang yang menyampaikan berita itu kepada-Nya: “Siapa ibu-Ku? Dan siapa saudara-saudara-Ku?”
12:49 Lalu kata-Nya, sambil menunjuk ke arah murid-murid-Nya: "Ini ibu-Ku dan saudara-saudara-Ku!
12:50 Sebab siapa pun yang melakukan kehendak Bapa-Ku di sorga, dialah saudara-Ku laki-laki, dialah saudara-Ku perempuan, dialah ibu-Ku."
GBU

Jika saya sedang memimpin rapat di kantor, dan ibu serta adik saya datang, mereka tetap harus menunggu di ruangan saya hingga saya selesai memimpin rapat. Saat itu, bahkan sekedar karyawan biasa bisa menginterupsi saya, tetapi tidak untuk keperluan pribadi. Bagaimana dengan anda?

Tetapi, saat saya akan menghembuskan nafas terakhir, atau orang tua saya akan menghembuskan nafas terakhir, ikatan emosional seorang anak terhadap ortunya, atau kebalikannya antara ortu dengan anaknya, sangat kuat. Bahkan ada orang tua yang menanti ajalnya hingga telah melihat seluruh anak-anaknya. Ruang ICU yang steril dan tidak boleh dimasuki oleh keluarga sekalipun, saat menjelang ajal, seluruh keluarga pasien diijinkan masuk oleh dokter. Pernahkah anda menyaksikan atau mengalaminya?

Nah, dari dua peristiwa yang saya tuliskan di atas, kira kira bisa anda bayangkan dan kembalikan kepada posisi JESUS?

Syalom

saya hanya merespon pandangan TS yg keliru di atas.
GBU

Saya koq tidak melihat kekliruan di dalam post TS, bro?

Karena memang seperti itulah yang terjadi, dimana sejak itu Maria menjadi ibu bagi Yohanes, dan tentu saja menjadi ibu bagi para rasul saat itu, sekaligus menjadi ibu bagi jemaat Kristen mula mula.

Seperti jelas tertulis pada surat Johannes kepada jemaatnya :

2Yoh 1:1 Dari penatua kepada Ibu yang terpilih dan anak-anaknya yang benar-benar aku kasihi. Bukan aku saja yang mengasihi kamu, tetapi juga semua orang yang telah mengenal kebenaran,

Syalom

anda menafsirkan Ibu yang terpilih itu sbg Maria?
Ini juga suatu kesalahan besar, surat itu ditujukan kpd seorg ibu yg saleh dan keluarganya (ada tafsiran yg nengatakan bahwa Ibu yg dimaksud bernama Kyria), dan ini dipertegas bahwa Ibu yang terpilih tsb bukan Maria. Silakan anda baca ayat 4: 2 Yoh :4 Aku sangat bersukacita, bahwa aku mendapati, bahwa separuh dari anak-anakmu hidup dalam kebenaran sesuai dengan perintah yang telah kita terima dari Bapa.
Apakah hanya separuh dari keluarga Maria yg menerima kebenaran?, tentunya tdk bukan?,
shg ayat 1 di atas sama sekali tdk menunjuk kpd Maria spt yg anda maksud.
GBU

Adalah baik jika tidak mudah menyatakan pendapat orang salah, bro.
Karena apa yang anda anggap benar, bukan berarti mutlak benar, begitupun apa yang anda katakan salah, dan tentu saja berlaku sebaliknya.

Dan sebagai forum diskusi, perbedaan dasar pemikiran adalah baik, dan justru menarik.
Tetapi, jika dalam pembicaraan awal, salah satu pihak sudah berkata ‘kamu salah’ maka diskusi tidak akan berkembang menjadi diskusi yang menarik, selain menjadi debat kusir yang saling menyalahkan.

Silahkan pertimbangkan lebih dulu tulisan saya ini, sebelum kita lanjut kepada pembahasan materi.

Syalom

saya mengatakan anda salah berdasarkan fakta ayat2 Alkitab,
bukan berdasarkan pendapat yg tdk dpt dipertanggung jawabkan
kecuali anda tdk mengakui kebenaran ayat2 selanjutnya, yg menerangkan ayat 1,
gak mungkin kan?
GBU

Anda mengatakan saya salah, dan saya juga bisa mengatakan anda salah, bro.

Sebutkan, siapa lagi yang disebut oleh para Rasul sebagai Ibu yang terpilih, bro.
Silahkan…

acuan saya ayat2 Alkitab pd ayat2 yg anda tunjuk sendiri kan? :)> 2 Yohanes > baca 1-4
sedangkan acuan anada apa mengatakan saya salah?
GBU Bro

Alkitab? Alkitab dari hongkong?

Coba tunjukan kepada saya, bro, dari Alkitab anda itu, dimana dikatakan Ibu yang terberkati, selain yang dituliskan oleh Yohanes itu. Dari khayalan siapa anda mengatakan bahwa sang ibu tersebut bukan ditujukan kepada Maria.

Coba jangan berputar putar lah.

kita tdk sedang membahas ibu yg anda sebutkan itu, kita sdg bahas Surat 2 Yohanes
1:1 Dari penatua kepada Ibu yang terpilih dan anak-anaknya yang benar-benar aku kasihi. Bukan aku saja yang mengasihi kamu, tetapi juga semua orang yang telah mengenal kebenaran,
1:2 oleh karena kebenaran yang tetap di dalam kita dan yang akan menyertai kita sampai selama-lamanya.
1:3 Kasih karunia, rahmat dan damai sejahtera dari Allah Bapa, dan dari YESUS KRISTUS, Anak Bapa, akan menyertai kita dalam kebenaran dan kasih.
1:4 Aku sangat bersukacita, bahwa aku mendapati, bahwa separuh dari anak-anakmu hidup dalam kebenaran sesuai dengan perintah yang telah kita terima dari Bapa.

Ayat2 di atas sama sekali tdk menunjuk kpd Maria.
yang berputar2 itu siapa Bro? atau anda merasa berputar2 (pusing)?
dari tadi juga saya tdk beranjak dari ayat yg anda sebutkan.
anda tdk mau menerima Alkitab sbg kebenaran? :slight_smile:
Syarat FK hrs berdasarkan Alkitab, itu sdh saya penuhi ;D
GBU Bro

Ayat2 di atas sama sekali tdk menunjuk kpd Maria.

Saya tidak melihat anda melampirkan bukti apapun, bro.

Jika separo anak-anak (jemaat Kristen) ternyata memang tidak hidup dalam kebenaran. Jika itu yang anda mau pergunakan. terlebih lagi pada ayat 7.

2Yoh 1:7 Sebab banyak penyesat telah muncul dan pergi ke seluruh dunia, yang tidak mengaku, bahwa Yesus Kristus telah datang sebagai manusia. Itu adalah si penyesat dan antikristus.

Jika anda berpikir bahwa Johannes, menulis kepada sembarang wanita, dan menyebutnya sebagai ibu yang terberkati, dan berkisah tentang penyesat dan antikristus, dan anda masih menganggap anda mengerti Alkitab, maka ijinkan saya tertawa bro.

Betul sekali Bro Bruce,
ayat 1 dari 2 Yohanes itu tdk meunjuk kpd Maria
Itu dijelaskan oleh ayat 4
2 Yoh. 1:4 Aku sangat bersukacita, bahwa aku mendapati, bahwa separuh dari anak-anakmu hidup dalam kebenaran sesuai dengan perintah yang telah kita terima dari Bapa.
masa hanya separuh dari keluarga Maria?, yg bener aja Bro :slight_smile:
Jadi jelas Ibu yg terpilih dlm ayat 1 bukan Maria, apa ini masih gak jelas?

kalaulah ayat 4 dari 2 Yohanes itu anda tdk anggap sbg bukti yg sah, mau pakai bukti apalagi?
gak adalah bukti lain yg setara dgn Alkitab dlm hal otoritas dan kebenarannya.

wah anda memang gak paham Alkitab Bro,
oleh sebab itu biasakan baca dan renungkan sendiri, jangan hanya berdasarkan kata org dgn otoritas ttt.
Ayat 7 itu Yohanes sdg memperingatkan ibu dlm ayat1 tadi, yg bukan Maria.
Sama sekali Yohanes tdk menyebut ibu yg terberkati tuh? atau anda melihat sesuatu yg tdk saya lihat dlm Alkitab?
Silakan anda tertawa bersama saya karena membayangkan keluguan anda ;D
GBU Bro Bruce

Mungkin karena anda yang tidak percaya Tritunggal, bro. Yang menjadikan anda sangat keliru dan semakin lama semakin ngawur. Dari post reply anda di atas sungguh terlihat. Anda bukan menjawab, tetapi justru mulai melakukan ad hominem. Agak menyedihkan bagi orang yang mengaku telah paham Alkitab seperti pengakuan anda, bro.
Kasihan sekali.

Sekali lagi, coba buktikan dengan ayat Alkitab anda, bukti bahwa Ibu Yang Terpilih itu bukan ditujukan kepada Maria. Ingat, anda yang menyatakan saya salah, maka adalah wajar bahwa anda yang HARUS MAMPU MEMBUKTIKAN bahwa saya salah, bukan sebaliknya.

Silahkan, bro, jangan ber ad hominem lagi, malu-maluin untuk orang se’hebat’ anda.

Buktikan dengan kecerdasan, bukan dengan ngotot dan ad-hominem.

Monggo… :azn:

Haha, memang kasian sekali melihat anda yg sdh kehabisan kata2 utk menjawab
anda mau report lagi? haha, silakan Bro, skr sdh tdk ada yg tersembunyi lagi, semua sdh saya sampaikan kpd moderator :slight_smile:

anda ini tdk sadar sdg menyangkal kebenaran Alkitab lho Bro, silakan baca lagi!!!

Yang malu2in itu siapa Bro Bruce :slight_smile:
saya yg menjunjung tinggi kebenaran Alkitab atau anda yg tdk mengakuinya?
Trus yg kelihatan ngotot dan TIDAK ALKITABIAH itu siapa ;D
GBU BRo

@paul

Bro, saya menyatakan pendapat saya, dan anda menyatakan pendapat saya salah.
Maka silahkan anda buktikan bahwa saya salah.

Tidak usah berputar putar seperti orang kurang pendidikan.
Satu hal yang perlu anda ketahui, bahwa anda mengacau di thread ini, bro.

Maka, tidak usah mengacau lebih banyak lagi. Silahkan anda buktikan kalau saya keliru, atau anda tutup mulut dan minggir. Tidak usah berargumen seperti orang kurang waras.

SIlahkan, saya tunggu.

Report?

Oke, ini.

[b]Kepada Moderator, saya melaporkan bahwa member pa_ul bukanlah penganut Trinitas, karenanya yang bersangkutan adalah terlarang untuk posting di board yang dikhususkan bagi penganut Trinitas.

Mohon ditertibkan.

Syalom[/b]

anda tdk sedang tidur kan Bro?
sdh beberapa kali saya sampaikan spt ini:

kalau anda tdk mau menerima fakta yg ada di Alkitab dan Alkitabiah itu
silakan anda yg minggir, karena FK hanya mnegakui fakta berdasarkan Alkitab
Bagiamana? anda atau saya yg hrs minggir?
saya Yg Alkitabiah atau anda yg tdk Alkitabiah yg hrs minggir?
apa perlu tanya moderator spy adil?;D
GBU Bro

AYAT yang anda berikan itu sama sekali tidak membantah tulisan saya bro.

Entah apakah anda bebal, atau memang mau mengacau saja?
Berkali kali melampirkan ayat yang tidak ada sangkut pautnya, dan tidak membantah apapun.

Rupanya memang parrragh, lebih besar mulut anda daripada otak anda, bro.

Silahkan anda beres beres saja, karena anda tidak berhak berada di board ini, bro, anda termasuk aliran luar, bukan penganut Trinitarian kan? Atau mau menyangkal?

;D