Yohanes 1:1 & Yoh 20:31

Injil Yohanes.

1:1 Pada mulanya adalah Firman; Firman itu bersama-sama dengan Allah dan Firman itu adalah Allah.

&

20:31 tetapi semua yang tercantum di sini telah dicatat, supaya kamu percaya, bahwa Yesuslah Mesias, Anak Allah, dan supaya kamu oleh imanmu memperoleh hidup dalam nama-Nya.

pada Yohanes 1:1 ditulis bahwa Firman/Yesus adalah Allah.

pada Yohanes 20:31 ditulis bahwa tujuan injil Yohanes adalah untuk menyatakan bahwa Yesus adalah Mesias(yang diurapi Allah), Anak Allah.

silahkan saudara dan saudari menanggapi!

salam

Firman adalah Allah
Yesus adalah Anak Allah.
Yesus adalah Allah (menurut mereka2)

Ada 2 kemungkinan menurut hemat saya bila berdasarkan terjemahan diatas adalah benar.
a. pasal 1 salah/korup karena pasal 20 menegaskan yang sebenarnya.
b. pasal 20 salah, karena menilai pasal 1 itu 100% benar.

Atau dgn cara konklusi, Yesus adalah Anak Firman. ???

iya saudaraku.

sekalipun dalam Yohanes 1:1 tertulis Firman/Yesus adalah Allah tetapi pada ayat2 yang ditulis dalam injil Yohanes tidak pernah menyebutkan Yesus = Allah seperti yang tertulis di Yoh. 1:1.

Perjanjian Baru : Yohanes : 1
1:34 Dan aku telah melihat-Nya dan memberi kesaksian: Ia inilah Anak Allah."

Perjanjian Baru : Yohanes : 1
1:49 Kata Natanael kepada-Nya: “Rabi, Engkau Anak Allah, Engkau Raja orang Israel!”

Perjanjian Baru : Yohanes : 5
5:25 Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya saatnya akan tiba dan sudah tiba, bahwa orang-orang mati akan mendengar suara Anak Allah, dan mereka yang mendengarnya, akan hidup.

Perjanjian Baru : Yohanes : 10
10:36 masihkah kamu berkata kepada Dia yang dikuduskan oleh Bapa dan yang telah diutus-Nya ke dalam dunia: Engkau menghujat Allah! Karena Aku telah berkata: Aku Anak Allah?

Perjanjian Baru : Yohanes : 11
11:4 Ketika Yesus mendengar kabar itu, Ia berkata: “Penyakit itu tidak akan membawa kematian, tetapi akan menyatakan kemuliaan Allah, sebab oleh penyakit itu Anak Allah akan dimuliakan.”

Perjanjian Baru : Yohanes : 11
11:27 Jawab Marta: “Ya, Tuhan, aku percaya, bahwa Engkaulah Mesias, Anak Allah, Dia yang akan datang ke dalam dunia.”

Perjanjian Baru : Yohanes : 19
19:7 Jawab orang-orang Yahudi itu kepadanya: “Kami mempunyai hukum dan menurut hukum itu Ia harus mati, sebab Ia menganggap diri-Nya sebagai Anak Allah.”

Perjanjian Baru : Yohanes : 20
20:31 tetapi semua yang tercantum di sini telah dicatat, supaya kamu percaya, bahwa Yesuslah Mesias, Anak Allah, dan supaya kamu oleh imanmu memperoleh hidup dalam nama-Nya.

dari pengakuan Yohanes pembaptis, Natanael, martha bahkan Yesus sendiri tidak pernah mengatakan seperti yang tertulis di Yohanes 1:1.

mengenai Yesus = Anak Firman, ada baiknya kita coba bertanya pada para trinitarian.

salam

Memang begitu cara Non-Trinitas tukang comot sana dan sini, emang pengertian Rasul Yohanes hanya Yoh1:1 lalu dihubungkan dengan Yoh 20:31 ? Itu nama teolog semau sendiri alias kacao balau !

Sekarang saya mau bertanya pada anda !

Sebenaranya Yesus-mu itu diciptakan atau diperanakan ?

Mengenai Yesus adalah anak Firman itu karangan siapa ? Jangan dibuat2 oleh anda Non-Trinitas ah !

Tapi tidak bisa terbantahkan bahwa teolog Abba-mu diciptakan oleh YHVH-ku bukan diperanakan o!eh YHVH-ku !

Matius 28:17-28 korup, Yoh1 korup, Kitab Paulus gak ngerti perkataan Yesus, tapi anda kalau ke persekutuan anda dalam tempat ibadah suci yg anda anggap suci itu ternyata kitab suciNya tercemar dengan ragi2 racun berbisa dan " Najis ", emangnya Abba-mu mengizinkan kitabNya tercemar ? [b]dimana kesucian Abba-mu berfirman melalui kitab-Nya ?

Coba tanyain penganut2 agama lainnya, apakah kitabnya mereka mau dianggap ada sebagian tercemar racun berbisa alias NAJIS ?[/b] Pasti semua pemeluk agama didunia mengatakan : TIDAK ! bahkan mereka masing2 akui kitab-Nya bener2 suci gak tercemar racun / najis sedikit-pun ! Jadi mereka akan menganggap agama-mu adalah agama gile, ada kitabnya dicemari racun gak dibuang kok dibawa2 ke tempat ibadah yang suci ! GAWAT !

Mana ada kitab suci tertulis Anak Firman ? kacao juga anda ini sama dengan @L.O.T !

Sekarang saya mau bertanya pada anda !

Sebenaranya Yesus-mu itu diciptakan atau diperanakan ?

Mengenai Yesus adalah anak Firman itu karangan siapa ? Jangan dibuat2 oleh anda Non-Trinitas ah !

Tapi tidak bisa terbantahkan bahwa teolog Abba-mu diciptakan oleh YHVH-ku bukan diperanakan o!eh YHVH-ku !

kalo yg ini bagaimana bro

Yohanes 1:14 Firman itu telah menjadi manusia, dan diam di antara kita, dan kita telah melihat kemuliaan-Nya, yaitu kemuliaan yang diberikan kepada-Nya sebagai Anak Tunggal Bapa, penuh kasih karunia dan kebenaran.

saat Firman menjadi Manusia, Firman menjadi siapa?
trus Anak Tunggal Bapa itu siapa?
Bapa itu siapa?

Salam

bila menurut paham anda, maka jawabannya adalah sbb:
saat Firman menjadi Manusia, Firman menjadi siapa? Allah
trus Anak Tunggal Bapa itu siapa? Yesus / Firman/Allah
Bapa itu siapa? Bapa nya Yesus, Bapa nya Firman, Bapa nya Allah.

berarti kesimpulan bro CB itu benar, Allah punya Allah juga, Allah ber-Allah.
Logika konsep trinitas itu kacau balau… serius bro…

Jadi siapa Bapa nya Yesus?
Sebaiknya kembali kepada perkataan Yesus, bahwa Bapa adalah satu2nya Allah yang benar.

nah itulah yang menjadi permasalannya mas bro.

saat firman menjadi manusia, Firman = Yesus

saat Firman naik ke surga, fiman menjadi apa?

a. Allah

b. Anak Allah

salam

sejak kapan Allah menjadi Pribadi?
kalo disebelah itu Allah adalah nama Pribadi, kok jadi sama dengan sebelah nih?

trus kalo ikut konsep anda, berarti Bapa itu adalah Firman. karena hanya Bapa satu2nya Allah bagi anda.
itu sebabnya anda punya konklusi Yesus adalah Anak Firman

Salam :slight_smile:

a dan b benar.

anda manusia, kalo anda punya anak jadi anak manusia, apakah anak manusia itu bukan manusia?
Ex lain. kutu punya anak namanya anak kutu. apakah anak kutu itu bukan kutu?

Salam

makanya saya nanya kepada anda bro.

Bukankah Allah mu itu ada 3 pribadi, jadi anda itu penganut trinitas atau bukan sih?

kasih tahu gak ya :monkeys40:

kalo anda masih ragu, boleh liat vote salah satu member disini

Salam

saya paham maksud anda.

Bapa adalah mahluk Ilahi (Allah)

Anak adalah Mahluk Ilahi (Allah)

Roh Kudus adalah Ilahi (Allah)

menurut anda, Bapa dan Anak Allah berbeda ya?

trus jika seorang trinitarian menuliskan :

Bapa = YHVH, Anak = YHVH, Roh Kudus = YHVH

apakah penilaian anda?

salam

:afro: Yup

trus jika seorang trinitarian menuliskan :

Bapa = YHVH, Anak = YHVH, ROH KUDUS = YHVH

apakah penilaian anda?


sudah tepat. karena YHVH bukan nama diri, YHVH adalah “AKU ADALAH AKU”

yg tidak tepat itu begini :

Bapa = Anak = Roh Kudus

Salam

menurut kamus TB. LAI :

TUHAN adalah Salinan dari nama Allah Israel, yaitu Yahweh

apakah itu nama pribadi Allah Israel atau bukan??

salam

YHVH bukan nama pribadi untuk pembeda, YHVH adlh sebutan mulia dan KUDUS untuk Allah Israel yang Esa
YHVH adalah Bapa, Anak dan Roh kudus , YHVH adalah Allah yg Esa

kalo boleh saya analogikan sederhana seperti ini (analogi ini tidak begitu tepat, hanya bisa dipandang dari 1 sudut saja)

Lampu,
Lampu bukan nama pribadi untuk pembeda.
neon, pijar, led, mercury, dll semuanya itu adalah Lampu.

semoga anda mengerti maksud saya.

Salam

berarti hanya ada satu lampu yang benar donk…

sesuai dgn perkataan Yesus, Engkau, satu-satunya Allah yang benar. gimana anda menjelaskannya?

penjelasan saya sederhana, dan sudah ada di post saya yg anda quote itu, tinggal tambah penekanan saja

neon, pijar, led, mercury, dll semuanya itu adalah BENAR BENAR Lampu.

Salam

Joh 1:1 Pada awalnya ada Firman, dan Firman itu ada bersama Tuhan, dan Firman itu adalah Tuhan.

Joh 20:31 Namun hal-hal ini telah ditulis agar kamu percaya bahwa YESUS-lah Mesias, Putra Tuhan, dan supaya kamu dapat memiliki hidup dengan percaya dalam Nama-Nya.

Yesus memang Putra Tuhan,

maksud dari Yohanes 1:1 pengertian tersiratnya.

Putra melakukan tugas dari Bapa, kuasa Bapa, kuasa Tuhan, maka disebut Firman itu adalah Tuhan.

Namun pengertian sebenarnya; Yesus bukan Tuhan,

tetapi Putra Tuhan. Dan ini tidak bertentangan dengan Yohanes 1:1.