Yohanes 10:16 Apakah kandang? Siapa domba?

Damai bagimu RITA.

Mohon ijin, pingin nimbrung atas hal-hal yang ingin dijelaskan lebih lanjut.

Puji JESUS. Saya juga memandang perbedaan adalah wajar, sepanjang batas toleransi.

Bagaimana pendapat RITA atas hal bahwa kelompok-kelompok yang menyatakan diri sebagai pengikut KRISTUS, ternyata ada yang menggunakan bukan hanya i[/i] Alkitab saja? Kita tahu, Katolik (baik Roma atau orthodox dll) menggunakan Tradisi Suci dan Magisterium (setingkat Magisterium RK) sebagai bahan berdiskusinya. Apakah menurut RITA, kelompok itu boleh ikut berdiskusi mencari kebenaran Allah?

Sehingga kalau maish terjadi perbedaan penafsiran, silakan saja, disinilah yang dikatakan Paulus, perbedaan untuk di uji.
Dapat saya pahami.
Karena sering sekali , perbedaan memacu kita belajar, dan menyelidiki, ambillah positifnya masing masing.
Betul. Jika masing-masing pendiskusi ikhlas berdiskusi, dan kalau mungkin, menekan egonya dan ego kelompoknya, saya kira, hasil diskusi akan semakin bermutu. Kalau nyata-nyata pendiskusi, setelah masing-masing mengutarakan pikirannya dengan berbagai dasar argumen, ternyata tetap tidak bisa saling menerima pendapat pasangan diskusinya, maka pada saat itu pula masing-masing pendiskusi harus [i]legowo[/i] menyudahi diskusi, alias jadilah DISKUSI YANG GAGAL.

Baiklah, kita coba berdiskusi atas Yoh 10:16, Ada lagi pada-Ku domba-domba lain, yang bukan dari kandang ini; domba-domba itu harus Kutuntun juga dan mereka akan mendengarkan suara-Ku dan mereka akan menjadi satu kawanan dengan satu gembala. Ini sudah pernah kita bahas, tetapi kayaknya terputus.

Tentang domba-domba lain, yang bukan dari kandang ini, ada yang menafsirkannya bahwa yang dimaksud disitu ialah ada domba KRISTUS yang tidak berdarah Yahudi. Saya, mau tidak mau, suka tidak suka, setuju dengan itu, karena jika tidak setuju, berarti saya bukan domba KRISTUS.

Tentang akan menjadi satu kawanan dengan satu gembala, bagaimana ini? Kalau tidak salah ingat, RITA pernah menyatakan bahwa menurut RITA, pengertian dari satu kawanan satu gembala ialah bahwa setiap orang yang mengikut KRISTUS, dapat disebut satu kawanan, yaitu kawanan Pengikut KRISTUS, dan satu gembala, yaitu YESUS KRISTUS Sang Gembala Agung.

Jika demikian, berarti kelompok yang menyatakan diri Katolik, dan kelompok yang menyatakan diri Protestan, serta kelompok yang menyatakan diri Kharismatis, dan masih ada kelompok sempalan lainnya, adalah satu kawanan dan satu gembala?. (Urutan penyebutan itu berdasakan masa ‘lahirnya’). Apakah mungkin, gembala yang satu menggembalakan dengan teknik penggembalaan yang berbeda ketika menggembalakan kelompok A, teknik berbeda lagi menggembalakan kelompok B, dst?

Menurut saya, Yoh 10:16 itu menunjukkan bahwa YESUS ingin agar semua pengikutNya menjadi satu kawanan, dalam satu kandang yang sama, tidak ada lagi kandang lain, dan tidak ada yang di luar kandang.

Apakah mungkin? Ragawi YESUS sendiri sudah tidak di bumi lagi, bukan? Menurut pemahaman saya, tugas penggembalaan domba KRISTUS di bumi sudah didelegasikan oleh YESUS KRISTUS sendiri kepada muridNya. “Gembalakanlah domba-dombaKu,” begitu kata YESUS KRISTUS.

Damai, damai, damai.

Damai bagimu Husada.

Senang berdiskusi dengan anda, karena selalu damai damai damai, 3 kali .
Seperti kita dulu telah diskusi.

Yang penting diskusi jangan mencari siapa yang menag dan kalah.

Satu kawanan adalah orang orang percaya yang berserak di seluruh dunia, dengan satu gembala yaitu Tuhan YESUS KRISTUS.

Sekarang ini belu kasak mata, masih indekost di seluruh gereja di muka bumi ini, bisa ada di katolik, Protestan, pentakosta, kharismatik dll.

Matt 24:31
Dan Ia akan menyuruh keluar malaikat-malaikat-Nya dengan meniup sangkakala yang dahsyat bunyinya dan mereka akan mengumpulkan orang-orang pilihan-Nya dari keempat penjuru bumi, dari ujung langit yang satu ke ujung langit yang lain.


Kisah Para Rasul 15

15:14 Simon telah menceriterakan, bahwa sejak semula Allah menunjukkan rahmat-Nya kepada bangsa-bangsa lain, yaitu dengan memilih suatu umat dari antara mereka bagi nama-Nya.

Ulangan 14
14:2 sebab engkaulah umat yang kudus bagi TUHAN, Allahmu, dan engkau dipilih TUHAN untuk menjadi umat kesayangan-Nya dari antara segala bangsa yang di atas muka bumi."

Jadi untuk dapat melihat dengan kasak mata, tidak dapat, nanti kalau kedatangan Tuhan yang kedua kali.

Bagaimana pendapat RITA atas hal bahwa kelompok-kelompok yang menyatakan diri sebagai pengikut KRISTUS, ternyata ada yang menggunakan bukan hanya (sola) Alkitab saja? Kita tahu, Katolik (baik Roma atau orthodox dll) menggunakan Tradisi Suci dan Magisterium (setingkat Magisterium RK) sebagai bahan berdiskusinya. Apakah menurut RITA, kelompok itu boleh ikut berdiskusi mencari kebenaran Allah?

Di Forum ini adalah tempat kita belajar Firman Tuhan dari masing masing orang yang berbeda denom, jadi saya tidak merasa harus melarang siapapun yang hendak belajar Firman Tuhan.

Karena walau tidak sama , tetapi kadang Tuhan dapat memakai siapa saja untuk membuka pikiran seseorang melalui Firman Tuhan.

Itu saya yakini, makanya saya selalu walau dimaki maki, saya teta menulis dan menyatakan kebenaran Tuhan, karena saya percaya Tuhan yang akan bekerja , bukan manusia yang sanggup merubah manusia.

Tuhanlah yang akan bekerja melalui FirmanNya , menyadarkan seseorang.

Kalau sudah sampai pada perbedaan yang tidak dapat di satukan pendapatnya, paling baik, katakanlah dengan jujur, saya berbeda pendapat dengan anda.

Kalau ada kesalahan yang di tunjuk , kaalu di terima, syukur, kalau tidak di terima, berpisahlah baik2, karena yang berhak menghakimi adalah Tuhan, kita wajib menyampaikan kesalahan, karena kalau tidak, kitalah yang harus menanggung, karena saudarmu salah , tidak di beritahukan.

Dan disini sering terjadi bentrok kalau di beritahukan kesalahan, biasanya yang di beritahukan marah , hehe.

Bagimu juga RITA.

Senang berdiskusi dengan anda, karena selalu damai damai damai, 3 kali . Seperti kita dulu telah diskusi.
Ya, mumpung suami RITA tidak ikut nimbrung (hehhehheee..bercanda).
[b]Yang penting diskusi jangan mencari siapa yang menag dan kalah.[/b]
Sepakat.
Satu kawanan adalah orang orang percaya yang berserak di seluruh dunia, dengan satu gembala yaitu Tuhan YESUS KRISTUS.

Sekarang ini belu kasak mata, masih indekost di seluruh gereja di muka bumi ini, bisa ada di katolik, Protestan, pentakosta, kharismatik dll.

Ooo… jadi menurut pemahaman RITA, Katolik, Protestan, Pentakosta, Kharismatik, dll itu bukan ‘kandang’ seperti yang disebut di Yoh 10:16? —…yang bukan dari kandang ini.

[b]Matt 24:31[/b]Dan Ia akan menyuruh keluar malaikat-malaikat-Nya dengan meniup sangkakala yang dahsyat bunyinya dan mereka akan mengumpulkan [b]orang-orang pilihan-Nya [/b]dari keempat penjuru bumi, dari ujung langit yang satu ke ujung langit yang lain.
Jika dikaitkan dengan Yoh 10:16, [i]Ada lagi pada-Ku domba-domba lain, yang bukan dari kandang ini; domba-domba itu harus Kutuntun juga dan mereka akan mendengarkan suara-Ku dan mereka akan menjadi satu kawanan dengan satu gembala.[/i]Saya menduga, bahwa RITA mengartikan, [b]ada domba yg di dalam kandang, selain itu ada domba bukan dari kandang itu, yang harus dituntun oleh Yesus, agar menjadi satu kawanan dengan satu gembala dengan domba yang di dalam kandang[/b]. Bisa juga sih. Hasil akhirnya, ada domba yg di dalam kandang, ada domba yg bukan dari kandang itu, dituntun oleh Yesus Kristus, maka jadilah satu kawanan dengan satu gembala, meskipun sebagian di dalam kandang, dan sebagaian bukan dari kandang.

Namun, menurut pemahaman saya, kalau ada kelompok yang satu di dalam kandang, yang sekelompok lagi bukan dari kandang itu, kedua kelompok satu gembala, tetapi tidak dapat dikategorikan sebagai sekawanan. Karena, keduanya jelas dibedakan, dalam kandang, dan bukan dari kandang itu.

Kalau sudah sampai pada perbedaan yang tidak dapat di satukan pendapatnya, paling baik, katakanlah dengan jujur, saya berbeda pendapat dengan anda.
Hmmm, terima kasih. Untuk pengertian satu kawanan dengan satu gembala, kayaknya saya masih berbeda pengertian dari RITA. Menurut saya, ya jika ada kumpulan dalam kandang, dan ada kumpulan bukan dari kandang, itu bukan satu kawanan, tetapi dua kawanan. Sekawanan sudah dalam kandang, sekawanan lainnya bukan dari dalam kandang.

Damai, damai, damai.

Yoh 10:16

domba dlm kandang itu adalah kumpulan murid murid yesus dari kalangan israel.

yang bukan dari israel adalah domba domba lain itu.

apakah husada/orang katolik romawi lainnya adalah orang israel asil ?

Berdasarkan ayat apa anda mengatakan bahwa yang dimaksud domba dalam kandang itu adalah murid2 Jesus dari bangsa Israel, dan atas ayat mana anda mengatakan bahwa domba lain kandang itu adalah dari bangsa non-israel?

Syalom

14 Akulah gembala yang baik dan Aku mengenal domba-domba-Ku dan domba-domba-Ku mengenal Aku
15 sama seperti Bapa mengenal Aku dan Aku mengenal Bapa, dan Aku memberikan nyawa-Ku bagi domba-domba-Ku.
16 Ada lagi pada-Ku domba-domba lain, yang bukan dari kandang ini; domba-domba itu harus Kutuntun juga dan mereka akan mendengarkan suara-Ku dan mereka akan menjadi satu kawanan dengan satu gembala.
17 Bapa mengasihi Aku, oleh karena Aku memberikan nyawa-Ku untuk menerimanya kembali.

siapakah auidience yg mendengarkan kotbah yesus ? bukankah mereka adalah murid murid yesus asli bangsa israel ?

memangnya mereka yg mendengarkan perkataan yesus itu adalah orang katolik romawi ?

kenapa bruce sensitif dgn orang israel ?

Sekawanan domba “bukan dari kandang” itu sudah dibeli lunas sama Gembala atau cuma dititip numpang berteduh?

dari yoh 10:16 diatas

menurut bruce, siapakah domba domba dalam kandang yg dikatakan oleh YESUS itu ? apa alasannya ?
dan siapakah domba di luar kandang itu ? apa alasannya ?

silahkan diberi penjelasan.

Jadi pengertian israel atau bukan, itu berdasarkan penafsiran anda saja sis, betul?

Damai bagimu Jo.

Jo, pembahasan sudah melampaui apa yang Anda tanya. Pembahasan sekarang sudah pada pengertian atau penerjemahan atau pemaknaan satu kawanan dengan satu gembala. Menurut saya, satu kawanan itu tidak lagi terpisah antara yang didalam kandang dan dari luar kandang. Bila di luar kandang, seluruh domba di luar kandang, itulah sekawanan. Jika dalam kandang, seluruh domba di dalam kandang, itulah sekawanan. Jika ada yang di dalam kandang dan ada yang di luar kandang, itu bukan sekawanan, tetapi dua kawanan. Sekawanan dalam kandang, sekawanan lainnya di luar kandang. Begitu pemahaman saya. Tentang Israel dan Non Israel, itu sudah dilampaui di diskusi ini.

Damai, damai, damai.

Damai bagimu Mantik.

Pembahasan belum sampai pada jual-beli atau titip-tumpang. Masih pada pengertian sekawanan dengan satu gembala. Gembalanya sudah sama-sama dipahami, ialah YESUS KRISTUS.

RITA mengartikan sekawanan itu ialah semua domba KRISTUS.
Husada mencoba mengartikan sekawanan dikaitkan dengan kandang. Bila namanya sekawanan dikaitkan dengan kandang, bila sedang berada di luar kandang, seluruh domba di luar kandang. Bila berada di dalam kandang, seluruh domba di dalam kandang. Itu yang saya artikan sekawanan.

Bila ada domba yang di luar kandang, ada domba yang di dalam kandang, itu namanya dua kawanan, yaitu sekawanan di luar kandang, sekawanan lainnya di dalam kandang. Meskipun gembalanya bisa saja adalah satu.

Damai, damai, damai.

ikutan bertanya ya , siapa tahu husada mau memberi penjelasan.

siapakah yg didalam kandang dan siapakah yg duluar kandang itu ?

saiki kulo ngartos mas.

baru sampai sekawanan = sekumpulan toh mas?

kalau ada sekawanan domba tersesat di luar kandang, maka sudah disebut sekawanan lain, meskipun sesungguhnya adalah bagian dari sekawanan secara keseluruhan.

piye mas?

Tuhan Yesus mengatakan yang didalam kandang itu , adalah bangsa Israel, sedangkan yang di luar kandang adalah bangsa2 lain di seluruh dunia.

Kandang adalah TUBUH KRISTUS, jadi domba bangsa Israel dan domba bangsa 2 lain dari seluruh dunia.

Semuanya masih berserak di seluruh dunia, pada kedatangan Tuhan ke dua kali, baru di jadikan satu oleh malaikat2.

Semoga berguna .

ingin penjelasan Sis…
sebenarnya kandang mengacu pada tubuh Yesus atau bangsa israel?

lalu bagaimana pandangan dari pihak katolik ?

siapa yg didalam kandang dan siapa yg diluar kandang ?

apakah maksud protestan org kristen katolik dan protestan harus masuk kandang israel atau yahudi?

bukan masuk kandangnya israel, tapi masuk dalam keluarga KRISTUS. Yg punya kandang itu KRISTUS, bukan punya israel.

bgt kan sis rita ?

I strongly believe, that other catholic member can speak for themself without having you interfere in the middle, so please let them answer the question first, and may be you can ask any question after that.

It’s called ADAB in Indonesian culture.

cheers.

Damai bagimu Jo.

Baiklah, kita kembali ke ayat diskusi, Yoh 10:16 Ada lagi pada-Ku domba-domba lain, yang bukan dari kandang ini; domba-domba itu harus Kutuntun juga dan mereka akan mendengarkan suara-Ku dan mereka akan menjadi satu kawanan dengan satu gembala.Jo, perhatikan yang saya tebalkan itu. Menurut pemahaman saya, apapun yang nanti diartikan dengan /kandang/ itu, yang pasti, pada saat kalimat itu disabdakan oleh Yesus, mereka sedang berada di dalam /kandang/ yang dimaksud.

Yesus bilang, ada lagi padaku domba-domba lain, yang bukan dari kandang ini, artinya, bahwa Yesus masih memiliki domba yang pada saat kalimat itu disabdakan Yesus, masih berada di luar kandang tempat mereka berbicara itu. Tidak hanya domba yang berdarah Israel, tetapi juga domba yang berdarah bukan Israel. Semua domba Kristus yang sedang berada di luar kandang tempat ayat itu disabdakan, dikatakan Yesus, harus dituntunNya.

Ke mana dituntun? Secara hurufiah, tidak disebut kemana domba-domba Kristus tersebut akan dituntun. Hanya saja, jika kita kembali mengingat bahwa mereka sedang berbicara dalam /kandang/, terbukti dari penggunaan kata /ini/, sepertinya tidak berlebihan menyimpulkan bahwa Yesus akan menuntun domba-domba milikNya itu ke /kandang ini/ juga. Setelah berhasil menuntun domba-domba itu ke kandang yang sama, maka jadilah domba-domba itu satu kawanan dengan satu gembala.

Itu pengertianku, bagaimana dengan pengertian bejobejo?

Damai, damai, damai.