Yohanes 8: 1-11. Perempuan yang berzinah

Ada beberapa pertanyaan yang muncul dalam pikiran agapelove:

  1. Sebenarnya apa yang Yesus tulis dengan jari-Nya di tanah?
  2. Mengapa Yesus membungkuk lalu menulis dengan jari-Nya di tanah?
  3. Apa yang saya lakukan kalau ada masalah kayak gini ke hadapan saya?

Bagaimana pendapat Anda?
Ketikkan yang rapi dan post. Jangan lupa berdoa sebelum mengetik!
Trims…
Thank you for you answer. God bless you… .


10 Lalu Yesus bangkit berdiri dan berkata kepadanya: “Hai perempuan, di manakah mereka? Tidak adakah seorang yang menghukum engkau?”
11 Jawabnya: “Tidak ada, Tuhan.” Lalu kata Yesus: “Akupun tidak menghukum engkau. Pergilah, dan jangan berbuat dosa lagi mulai dari sekarang.”

minta ampun dan jangan berbuat lagi.

JAWABAN nya adalah :

  1. Yesus menuliskan Dosa2 yg sudah dan sedang DILAKUKAN mereka, para penuntut Hukum Rajam kepada Wanita Penzinah tsb … Makanya setelah MENULIS, Tuhan Yesus berdiri dan berkata kepada Para Penuntut itu, “Barangsiapa yg TIDAK BER (melakukan) DOSA (yg ditulis-Nya itu) silahkan jadi Orang Pertama mengambil Batu dan melempar serta Merajam wanita ini !”
  2. Kalau TIDAK MEMBUNGKUK , gimana caranya menulis di Tanah, kan rasanya LUCU BANGET2 deh sis kalau Tanahnya yg mau ditulis Tuhan Yesus disuruh Bangkit Berdiri ??!! Iya 'kan ? BECANDA sis Agapelove !
    Yg TERSIRAT adalah kalau kita akan mengajar, menjatuhkan Sanksi dan Membuat suatu KEPUTUSAN … gak ada salahnya kita merendah bukan GALAK pasang Muka ANGKER sambil PILIN2 Kumis Jabriknya itu … bukankah secara KASAT MATA sis Agape sudah JUGA mengajarkannya kepada Hadirat Pembaca dalam kalimat … Jangan lupa berdoa sebelum … MELAKUKAN SEGALA SESUATU ! :afro: ;D
    3 Jawabannya mah sudah sis Agapelove sendiri berikan kok … Jangan lupa berdoa sebelum … MELAKUKAN SEGALA SESUATU ! :afro: ;D
  1. hmmm… masih rahasia sis… ^^
    Jika setelah tulisan itu TUHAN YESUS berkata demikian… berarti tulisan di tanah itu ada hubungannya dengan yang dikatakanNYA… dan hubungan itu biasanya sangat kuat menjadi pegangan dalam kemasyarakatan Israel… kemungkinan ada suatu kalimat yang ada dalam kitab para nabi… mungkin kira2… sesuatu yang menunjukan bahwa “Sejak kejatuhan Adam di dalam dosa… semua orang telah menjadi berdosa…”

  2. Mengapa dituliskan di tanah… mungkin yang dituliskanNYA adalah suatu kitab dan penunjuk pasal dan ayat … jika kita melihat cara kita membaca alkitab… mungkin jaman itu ada cara tersendiri untuk menunjukkan suatu kalimat dalam kitab2 para nabi…

  3. hmmm… dihadapan ya… berarti bukan sis yang melakukan… berarti orang terdekat yang mengalaminya… yang terakhir tidak saya sebutkan… ^^ Akan tetapi yang terpenting bagi kita… beritahukanlah segala sesuatu yang harus dikatakan… lihatlah dampaknya yang dihadapi orang tersebut… jika dia menunjukkan perubahan berarti dia sudah berubah… tidak usah ingat2 lagi apa yang dilakukannya dahulu… jika kita sendiri yang mengalaminya… biarlah segala sesuatu yang kita alami setelah kita bertobat… anggaplah merupakan suatu bentuk penebusan akan kesalahan kita dimasa lalu… biarlah hanya TUHAN yang melihat dan menilai…

Semoga bermanfaat…
TUHAN YESUS memberkati…

Dengan bermain dalam MUNGKIN, KIRA2 dan KEMUNGKINAN diatas … pernah ada satu Pendeta yg cukup BERANI dan Ekstrem menafsirkan bahwa tg Tuhan Yesus tuliskan ITU adalah mereka2, Penuntut Hukum Rajam itu, adalah Orang2 Munafik yg BAHKAN pernah MENCICIPI si Wanita Pezinah itu. Dan Tuhan Yesus menulis NAMA2 mereka dan TGL2 mereka mencicipinya … makanya mereka saking malunya LARI TER BIRIT2 ketakutan dan Malu Besar atas Ke Munafikan mereka itu !
Ya, namanya juga MUNGKIN, KIRA2 dan KEMUNGKINAN … semua BEBAS ber EKSPRESI dan ber APPRESIASI … gitu kali ya ?! :coolsmiley: :happy0062:

:afro: :afro: :happy0025:

Kalo yang sis inginkan adalah jawaban “sebenarnya” yang identik dengan fakta… setahu sy nda tercatat detail kejadian tersebut (apa yang ditulis ditanah) pada alkitab.
Hanya bisa menjawab secara tafsir saja.

IMHO:

  1. Nama seluruh orang farisi, yahudi yang hadir disitu.
    Ayat rujukan: Yer. 17:13 = mereka yang menyimpang dari Kebenaran shall be written in the earth.
    O LORD, the hope of Israel, all that forsake thee shall be ashamed, and they that depart from me shall be written in the earth, because they have forsaken the LORD, the fountain of living waters.

  2. Untuk menjawab pertanyaan orang2 itu dan melanjutkan statemen-Nya.
    Ayat rujukan: Yoh. 8:7-9
    8:7 Dan ketika mereka terus-menerus bertanya kepada-Nya, Iapun bangkit berdiri lalu berkata kepada mereka: “Barangsiapa di antara kamu tidak berdosa, hendaklah ia yang pertama melemparkan batu kepada perempuan itu.
    8:8 Lalu Ia membungkuk pula dan menulis di tanah.
    * (Tuhan menulis nama mereka satu persatu berikut PENYIMPANGAN yang pernah mereka lakukan… lalu mungkin Tuhan Yesus memanggil nama orang disitu satu persatu sesuai nama2 yang ditulis-Nya ditanah)
    8:9 Tetapi setelah mereka mendengar perkataan itu, pergilah mereka seorang demi seorang, mulai dari yang tertua. Akhirnya tinggallah Yesus seorang diri dengan perempuan itu yang tetap di tempatnya.

Sedangkan alasan Tuhan membungkuk dan menulis ditanah yang pertama, MUNGKIN Tuhan menulis nas ayat PL (idunno) yang menyebabkan orang2 disitu mempertanyakan…
Ayat rujukan: Yoh. 8:6
8:6 Mereka mengatakan hal itu untuk mencobai Dia, supaya mereka memperoleh sesuatu untuk menyalahkan-Nya. Tetapi Yesus membungkuk lalu menulis dengan jari-Nya di tanah.

  1. Listening - Believing - Obeying FIRMAN IMAN dari ROH KUDUS dalam hati sis.

hahahah… namanya juga masih rahasia… ^^ jadi yang paling bisa dikatakan adalah kemungkinan dan kira2… ^^

Terimakasih bro Liliput atas tanggapannya…^^

Yap Bro, Kembali Kasih ! Ngomong2 yg Nanya kok gak kelihatan batang hidungnya lagi, ya ?
KETIDURAN, kali ya ?