You guys better do this!

Sebaiknya kalian pengurus2 FK harus memuat penjelasan2 dari hamba2 Tuhan yang kompeten untuk setiap perdebatan yang ada di forum ini. Bagus sekali kalau kalian membuka forum mengenai dunia kekristenan, tapi perlu kalian sadari kalau forum kalian ini juga mengundang orang2 non kristen yang banyak mengundang perdebatan dalam setiap topik yang mereka buka. Saya pandang perdebatan2 ini apabila tidak dijawab atau diselesaikan dengan benar akan menimbulkan bukan hanya pertanyaan besar dalam benak pembaca, tapi lebih dari itu hal ini akan menimbulkan keragu-raguan kepada mereka yang baru bertumbuh.

Menurut saya langkah yang saya sarankan adalah sangat penting karena di forum ini banyak perdebatan2 yang sifatnya doktrinal, repot kalau partisipan menjawabnya dengan asal2an atau hanya sekedar tahu sedikit, bisa-bisa mereka yang baru bertumbuh, akibat mengadopsi statement yang salah yang mereka dapatkan dari perdebatan yang ada di forum ini akhirnya menjadi kristen yang tidak sehat.

Adanya ulasan atau penjelasan yang benar dari setiap perdebatan yang ada di forum ini membuat perdebatan berakhir, si non kristen menjadi tahu tapi bersikap ngga mau tahu, postingan jadi ga tambah panjang, yang baru kristen jadi punya wawasan yang benar, and finally everyone happy.

thanx

Kan sudah ada moderator…
:smiley:

yup…
Stuju bro…
Sbab bukan untuk pribadi saja forum ini…
Melainkan untuk umum…
Siapapun akan terpengaruh scara langsung atau tidak langsung saat masuk ke forum ini…

Kebanyakan orang bila urusan dengan Tuhan…
Mereka menganggapnya adalah KEBENARAN MUTLAK…

Khususnya bagi mereka yg masih terbilang baru dalam membangun kerohaniaannya…

Kadang banyak partisipan2 hanya untuk berpikir untuk dirinya sendiri…

Bnyk motivasi membuat mereka post tanpa melihat imbas postingan mereka thdp orang lain apalagi mereka pembaca2 terbilang baru…

Gol saya dalam berposting atau himbauan juga kepada another participants…

Memberikan iklim2 yg sehat, pandangan2 yg sehat yg bisa dikonsumsi (ditelaah)…

Dan menjadi pegangan yg sehat juga untuk dapat di aplikasikan buat hidup mereka…

Karena yg lebih nyata adalah aplikasinya dalam hidup…

Bukan jadi pemain handal berpost disini…
Atau poster paling banyak, paling disegani, paling ditakuti, paling …
Masih banyak lagi…

Posting yang sehat hati pun senang dan damai…

masalahnya moderator itu kompeten ngga untuk menutup perdebatan? maksudnya menutup adalah dengan memberikan penjelasan yang benar mengenai topik yang diperdebatkan. Liat deh di setiap perdebatan yang ada di forum ini, cthnya; memperdebatkan mengenai Yesus, Bapa dan Roh Kudus, itu berbahaya sekali, itu ngga bisa dijawab asal2an.
Kalo untuk menangkal kelakarnya non kristen sih gampang aja, saya tinggal bilang; “Tuhan saya mau 3 kek, mau 2 kek, mau 1 kek, terserah Dia dong, orang Dia Tuhan kok, ngga ada yang bisa ngatur Tuhan!” nah gampang kan? karna mau jawab apa aja tetep aja mereka ngga akan terima. Perlu kalian tau kalau kebanyakan pertanyaan dari mereka bukan karena mereka ingin tahu, tapi kebanyakan (ngga semuanya lho ya) cuma mau mengolok-olok ajaran kristen aja. Tapi kan forum ini juga dibaca sama orang2 yang “baru kristen”, mereka ini nih yang masih terombang-ambing imannya, mereka masih gampang terbawa oleh berbagai-bagai pengajaran, jangan sampe iman mereka bertumbuh ke arah yang salah karena dapet penjelasan yang salah dari partisipan di forum ini.

kalo memang moderator berfungsi untuk memberikan penjelasan yang benar mengenai topik yang diperdebatkan, ya mereka harus bener2 melakukan pekerjaan mereka dong!! Perdebatan jangan dibiarkan berlarut-larut tanpa penjelasan yang bener.

Ya itulah kerjaan moderator, moderator kan dipilih bukan asal pilih…
Tapi juga susah klo moderator harus online terus, mereka kan punya kerjaan sendiri.

Bagaimana kalau Yoshua Ponggawa mencalonkan diri jadi moderator saja?
You guy can do this better!
:smiley:

@Kahlil i rather sit and enjoy the show :stuck_out_tongue:

Katanya takut yang lain salah jalan, tapi koq ga mau bantu ya?
Hehehe
:happy0025:

@ladesman sorry brother, gw juga masih harus banyak blajar. Takutnya nanti gw udah buta menuntun orang buta pula nyahaha…

miahahahahhaaa…yang begini nih…giliran protes,berdiri di barisan paling depan…giliran di tunjuk malah merunduk…piye tho,mas yos???
http://www.laymark.com/i/m/m094.gif

gw cuma becanda :smiley: FKers disini ngga ada yang buta! jangan ada yang marah yak

@TS
klo buta juga, koq tau salah jalan ya?
Hehehe…

kan gw bilang yang kompeten, mba, Bee. kalo saya mah ngga kompeten :smiley:

jangankan tau jalan, orang buta bisa ngebedain yang mana yang serebu dan yang mana yang sepuluh rebu dan yang mana yang du puluh rebu lho :smiley:

He he…
Jadi ribet juga ya TS…?

Tapi smangat bro…

Ga usah jadi moderator aja bro…

Jadi partisipan aja…
Yg membri iklim seperti suasana rohmu…

Pasti memberi sumbangsih…

Mungkin we must say thanks 4 what moderator have been done and contributed…

Sbab mereka juga pasti mumet atau tiada kata tidak mumet tiap hari bila membaca postingan2 yg beredar…

Bisa kayaq lagu…

No mumet No day…

He he…

God bless all

@Tamboenz Well siapa yang memulai, dia juga yang harus komit untuk jalanin. Tapi pasti banya lah FKers yang lain terbeban untuk bantu supaya situs ini jadi berkat bukan batu sandungan

Silahkan baca dulu visi misi sebelum tanya pertanyaan yang sudah ada jawabannya.

Bukan tujuan forum ini untuk mengajar, melainkan sebagai “sarana” diskusi.
Kalau mau seperti yang anda bilang, ya forum ini seharusnya ditutup saja karena saya sendiri tidak kompeten. Saya yang adalah pendiri / webmaster / admin hanyalah mahasiswa akuntansi yang tidak tahu teologi apa2.

Tetapi memang pada saat saya membuka forum ini, bukan tujuan saya untuk membuat ini sebagai tempat orang bertanya dan saya / teman2 moderator menjawab.

Forum ini dibuat dengan tujuan menjadi “sarana diskusi”; menjadi tempat bagi member2 lain saling tanya jawab dan menyampaikan pendapat mereka.

Tugas moderator adalah menjaga agar semua member dan diskusi berada dibawah peraturan yang sudah ditetapkan (silahkan baca peraturan forum).

Team moderator bukan dibuat dengan tujuan bahwa mereka lah yang akan diwajibkan menjawab semua pertanyaan member.

Ini bukan hal yang baru diangkat sekarang. Bahkan ada yang mengusulkan FK mengankat staff yang kompeten menjawab pertanyaan member. Berikut adalah quote response saya:

Mungkin sebaiknya kalian kaji ulang, saya akui pemikiran kalian itu kreatif dengan mendirikan forum ini, tapi kalian harus memikirkan juga dampak yang timbul dari apa yang kalian create.

Kalian ga bisa menjawab begitu saja “memang bukan tujuan saya membuat tempat ini sebagai tempat orang bertanya dan saya/teman2 moderator menjawab”. Kalian harus menyadari kalau forum yang kalian buat ini telah dijadikan wadah bukan hanya untuk berdiskusi dan atau mengemukakan pendapat, tapi juga wadah untuk memberikan penjelasan-penjelasan yang belum tentu benar dari sebuah diskusi, dan penjelasan-penjelasan yang belum tentu benar itu yang berbahaya kalau diaplikasikan oleh orang2 yang “baru kristen”.

Kalau memang bukan moderator yang bertugas untuk memberikan penjelasan/ulasan yang benar mengenai sebuah diskusi, maka mau ga mau moderator harus mencari nara sumber yang terpercaya untuk memberikan penjelasan yang berkenaan dengan subjek lalu kemudian dimuat ke dalam situs ini.

Yang saya khawatirkan bukan bercampurnya doktrin antara satu atau lebih denominasi gereja, itu ga masalah, karena semua denominasi gereja saya anggap tidak ada yang salah. Tapi perlu kalian sadari; Yang menabur benih bukan hanya kita (anak2 Tuhan) tapi iblis juga menabur (Matius 13:24-30, Matius 13:36-43). Jangan iblis menggunakan kesempatan yang ada disini untuk memberikan penjelasan yang sepertinya alkitabiah tapi sebenarnya menyesatkan (Amsal 14:12).

Kita tahu saat ini adalah akhir jaman, dan guess what…; iblis menggunakan hal2 yang bungkusnya alkitabiah, atau kelihatannya seperti Tuhan untuk mengelabui manusia, kalau kalian tidak percaya silahkan baca Matius 24:3-15 (anda cermati ayat 15 yang mengatakan “…Pembinasa keji berdiri ditempat kudus…”)

Ini cuma saran dari saya, dan bukan untuk mengundang perdebatan. Kalo sudah ada dua orang (termasuk saya) yang menyarankan hal yang sama kepada kalian, bukankah lebih bijak bagi kalian untuk mengambil sebuah tindakan, atau kalian memerlukan satu orang lagi untuk menyarankan halyang sama?

Thanx

Memang saran ini bagus, tetapi seperti yang saya bilang: ini bukan hal yang baru. Hal ini bahkan sudah terpikirkan oleh saya bulan-bulan pertama berdirinya forum ini. Tetapi sepertinya anda belum juga mengerti posisi forum ini.

Tanggapan saya diatas sudah sangat jelas kenapa forum ini berjalan sedemikian. Silahkan baca kembali.

Topik ini saya tutup.