Yudas Iskariot Kehilangan Keselamatan atau Tidak?

Sepakat.

Sepakat DAN ente juga tidak tahu kan reaksi masing-masing ketika konfrontasi tersebut terjadi? Buktinya? Tuh di atas, masih ada yang ngomong 'AKU NGGAK PERNAH DENGER EHHHHH". So ada yang percaya dan ada yang belum/tidak percaya.

Sob, ente pasti hapal dong Yoh 3:16?

Sob, ente pasti hapal dong Yoh 3:16?

Sob, ente pasti hapal dong Yoh 3:16?

Sob, ente pasti hapal dong Yoh 3:16?

Sob, ente pasti hapal dong Yoh 3:16?

Sob, ente pasti hapal dong Yoh 3:16? Ane sedikit bersilogisme yah :

Karena begitu besar kasih Allah akan dunia ini, sehingga Ia telah mengaruniakan Anak-Nya yang tunggal, supaya setiap orang yang percaya kepada-Nya tidak binasa, melainkan beroleh hidup yang kekal.
Karena begitu besar kasih Allah akan dunia ini, sehingga Ia telah mengaruniakan Anak-Nya yang tunggal, supaya setiap orang yang tidak percaya kepada-Nya [s]tidak[/s] binasa, melainkan beroleh hidup yang tidak kekal.
Hmm, berdasarkan POV ente, "ada yang ditarik dan ada yang tidak ditarik", IMO sebelas duabelas sama TULIP dong, "ada yang dipilih dan ada yang tidak dipilih". Whatever, so be it.

PS : Soal TULIP-nya jangan dibahas di sini ya, Sob. OOT.

anda mengalir ke laut, mengalir ke danau, naik ke gunung, itu urusan anda, nggak ada kaitannya dengan kebenaran ajaran bray …

mungkin mulai aja dari pengertian pelagian dan semi pelagian, agar anda memiliki sense untuk takut dibilang sesat …

kalo anda mulai dengan freewill, …, ya sampai dunia kiamat, manusia tetap nyaman dengan dirinya sendiri kayak kodok hidup mau direbus, sampai lembek dia tetap merasa nyaman sebelum akhirnya tahu dia segera jadi kodok rebus …

semoga anda ngerti apa yg saya maksud …

Sob, (bray disini artinya Sobat, bokan Bos ya … hehehe harap maklum)

dugaan anda sangat tetapt, saya hapal Yoh 3:16

saya katakan kepada anda Sob, ANDA MENGASUMSIKAN KATA “PERCAYA” dalam Yoh 3:16 sebagai MURNI FREEWILL …

disitulah kelemahan anda, ASUMSI terlalu besar !!!

Padahal Rasul Yohanes mengutip percakapan Tuhan Yesus dengan Nikodemus di DALAM PASAL YANG SAMA … PASAL 3

bayangkan Sob : DI DALAM PASAL YANG SAMA YOHANES PASAL 3 …

dan uraian TUHAN YESUS bertentangan bingit dengan ASUMSI BESAR anda itu …

saya tidak perlu uraikan disini, anda baca aja YOHANES 3 keseluruhan … lalu ceritakan disini, BAGAIMANA SEORANG BISA SELAMAT (aka Masuk Kerajaan Allah) :afro:

@shadow,

masih ditunggu lho hasil bacaan anda dari Yohanes 3, percakapan Tuhan Yesus dengan Nikodemus …

Rupanya anda salah menafsirkan arti freewill ya ? pantas , freewill bukan berarti hidup nyaman, santai ,masa bodoh seperti kodok direbus (mana ada kodok hidup direbus nyaman aja)… tetapi usaha positif dari manusia untuk melakukan kehendak Allah dengan takut dan gentar, seperti mengerjakan keselamatan itu, bro , jadi jangan berprasangka buruk.negatif dengan pemahaman freewill bro… :afro:

Mmm, sepertinya ente “sedikit” belum paham maksud dari kata “percaya” yang ada Yoh 3:16 itu yah. Kalo begitu, sebelum masuk ke Yoh 3 secara keseluruhan, berikut ane copas quote dari @SarapanPagi mengenai studi kata “percaya” pada Yoh 3:16 LAI-TB :

Ada tanggapan, Sob?

biar kerangkanya bagus, kayaknya mulai aja anda masuk dari ekstrim Pelagius, lalu ke semi-pelagius … supaya dapat sense sesatnya …

kalo jempol untuk freewill, sudah saya katakan, sampai ke langit pun kodok rebus enjoy …

kayaknya diskusi dengan anda kayak debat kusir susah ketemunya yang sudah benar dibuat muttar mutar , gak ada kemajuan diskusi ini percuma debat dengan orang yang terlalu merasa paling benar dan menghakimi orang lain.cape deh … :angel:

Kenapa tidak nyambung?

@Cinta Bhinneka ingin mengetahui pandangan atau pemahaman @JNT terhadap Mat 7:7 “Mintalah, maka akan diberikan kepadamu; carilah, maka kamu akan mendapat; ketoklah, maka pintu akan dibukakan bagimu”. Apa maksud Tuhan Yesus Kristus mengajarkan agar pengikut-Nya meminta, mencari, dan mengetuk, jika sejak semula Tuhan Yesus Kristus sudah menetapkan siapa yang diselamatkan dan siapa yang tidak diselamatkan?

Kenapa reply ato respon @JNT ngalor-ngidul, mondar-mandir, wara-wiri, lontang-lantung kemana-mana? Yang ingin @Cinta Bhinneka ketahui ialah, bagaimana pemahaman @JNT terhadap ajaran Tuhan Yesus Kristus di Mat 7:7 itu, bila @JNT memepercayai bahwa Tuhan Yesus Kristus sudah menetapkan sejak semula siapa saja yang selamat, dan siapa saja yang tidak selamat? Tidak perlu berteori pajang kali lebar kali tinggi. Akan memperbesar kenihilan saja. :ashamed0004: (terpingkel-pingkel sampai menitikkan air mata, seolah-olah ada nihil besar dan ada nihil kecil :smiley: )

Salam logika macam-macam.

Saya juga mengikuti diskusi ini dengan membacanya dari awal, tapi saya tidak bisa menyimpulkan apa-apa, malah saya semakin bingung.
Supaya tidak bingung, saya ingin kebali menanyakan sesuai ke topik bahasan yaitu " Apakah Yudas Iskariot Kehilangan Keselamatan atau tidak.

Jika jawabannya adalah Yudas kehilangam keselamatan, berati Yudas sudah pernah berada dalam keadaan selamat.
Apakah ada bukti2 alkitabiah bhw Yudas sudah pernah selamat?
Apa tanda2 orang yg sudah selamat?

Mohon tanggapannya
Tks GBU

maka pertanyaannya selanjutnya adalah , apakah Yudas sudah pernah selamat? dan apa buktinya di Alkitab ?

Pertanyaan maut dari Bung wilefhas62. Ikut menyimak.

welcome bro wilef :slight_smile:

sebenarnya apa yang bro tanyakan sudah dijawab
setidaknya dari POV saya

Wah bro mrt_bla, ini bukan pertanyaan maut, ini benar-benar bertanya karena tidak paham.
Mungkin karena diskusinya terlalu tinggi, saya kurang mampu menyimak. :slight_smile:

Tks Bro HenHen

Dari POV anda saya menyimpulkan bhw Yudas kehilangan keselamatan karena Yudas ahirnya bunuh diri.

Saya berpandangan bhw Yudas tidak kehilangan keselamatan tapi “tidak mendapat keselamatan” karena jika Yudas kehilangan keselamatan, berarti Yudas sudah pernah selamat.
Ini pandangan saya, yang belum tentu benar.

Secaa logika, bro, apakah mungkin Jesus memilih Judas menjadi rasulNya, jika Judas memang tidak akan selamat?

tak mengapa
kita berbeda pandangan

untuk hal ini saya bisa bilang saya hampir yakin benar hahaha
sebabnya ya itu
namun apabila percaya Yudas tidak mendapat keselamatan, siap2 saja kalau dipilih Yesus masuk neraka, jangan protes ya

:slight_smile:

Keselamatan gak bisa dilihat secara pukul rata. Harus dilihat zaman-nya.
Sebelum karya salib genap, bangsa Israel di bawah perjanjian taurat. Keselamatan berdasarkan darah kambing domba yang bersifat menutupi dosa, bukan menghapus dosa. Jadi Yudas tidak bisa disebut kehilangan/tidak kehilangan keselamatan, karena keselamatan pada waktu itu bersifat temporal, bukan kekal.

Yang bold itu, punya ayat pendukungnya, atau hanya pemikiran anda?

alkitab bilang : Allah tak berubah dahulu sekarang dan selamanya

cara menyelamatkan manusia itu ga berubah dari dulu sekarang dan selamanya

umat PL beriman kepada darah domba korban
umat PB beriman kepada darah Yesus
iman itulah yang diperhitungkan sebagai kebenaran dimata Tuhan

umat Israel itu dari sejak dahulu sudah dipersiapkan untuk kedatangan Yesus sebenarnya

makanya alkitab jelaskan :

Ibrani 10

  1. Di dalam hukum Taurat hanya terdapat bayangan saja dari keselamatan yang akan datang, dan bukan hakekat dari keselamatan itu sendiri. Karena itu dengan korban yang sama, yang setiap tahun terus-menerus dipersembahkan, hukum Taurat tidak mungkin menyempurnakan mereka yang datang mengambil bagian di dalamnya.
  2. Sebab jika hal itu mungkin, pasti orang tidak mempersembahkan korban lagi, sebab mereka yang melakukan ibadah itu tidak sadar lagi akan dosa setelah disucikan sekali untuk selama-lamanya.
  3. Tetapi justru oleh korban-korban itu setiap tahun orang diperingatkan akan adanya dosa.
  4. Sebab tidak mungkin darah lembu jantan atau darah domba jantan menghapuskan dosa.

Apakah Bro yakin Yudas Selamat?